Cara Ganti Nama Anak

Pemberian nama pada anak merupakan hal yang sangat wajib untuk dilakukan orang tua ketika anak baru lahir. Namun dalam pemberian nama sebaiknya memberikan nama yang mempunyai arti yang baik. Terkadang ada arti dari nama sang anak yang kurang baik sehingga orang tua ingin menggantinya. Oleh karena itu, orang tua harus mengetahui cara ganti nama anak.

Baca juga: persyaratan perubahan nama di paspor

cara ganti nama anak adalah 

Memang banyak orang tua yang merasa nama yang di berikan kepada buah hati memiliki arti yang tidak baik. Karena pada dasarnya pemberian nama merupakan doa untuk anak tersebut. Selain itu, mengganti nama sang buah hati tentu tidak semudah itu. Mengapa demikian? Karena ada beberapa prosedur agar nama anak bisa tergantikan.

Baca juga: cara menambahkan nama keluarga marga

 

GANTI NAMA ANAK

 

bagaimana cara ganti nama anak 

Seperti yang di jelaskan sebelumnya bahwa nama dari orang tua kepada anak merupakan doa untuk anak tersebut. Jika arti dari nama anak tidak bagus bisa saja berpengaruh terhadap sifat nantinya. Lantas apa saja alasan lainnya dari orang tua? Berikut penjelasan terkait alasan orang tua mengganti nama anak:

  Dampak Psikologis Ganti Nama

 

1. Terjadi Kesalahan Pengetikan Nama | Cara Ganti Nama Anak

Alasan yang kerap kali di tuturkan oleh orang tua mengapa ingin mengganti nama sang buah hati karena terjadinya kesalahan pengetikan. Di mana kesalahan pengetikan ini biasanya terdapat pada dokumen penting antaranya KTP, KK, dan lain sebagainya. Jika terjadi seperti ini tentu nama anak di akta kelahiran berbeda dengan dokumen tersebut.

Baca juga: jasa pengurusan tambah nama di pengadilan

 

Apabila terjadi perbedaan dengan penulisan nama yang ada di akta kelahiran dengan dokumen penting tentu menjadi pengaruh besar. Pengaruh ini yakni dapat menimbulkan permasalahan terkait administrasi kependudukan. Maka dari itu, sangat untuk segera mengganti nama yang sesuai dengan akta kelahiran.

Baca juga: penambahan nama di akte kelahiran

prosedur cara ganti nama anak 

2. Anak Sering Sakit-sakitan | Cara Ganti Nama Anak

Pada zaman sekarang ini, masih kerap kita temui di kalangan masyarakat yang percaya terkait pengaruh nama untuk kesehatan anak. Jika nama anak mempunyai arti yang tidak baik tentu dapat membuat anak tersebut sakit-sakitan. Bukan hanya sering sakit-sakitan saja, namun anak menjadi rewel sehingga membuat orang tua kewalahan.

Baca juga: mengubah nama anak

 

Untuk menghilangkan sikap tersebut sehingga orang tua lebih memilih meminta pendapat petuah. Tujuannya agar bisa mendapat nama yang mempunyai arti baik untuk buah hatinya kelak utamanya dalam masalah kesehatan. Dengan begitu, jika sudah mengganti nama agar anak tetap sehat selama hidupnya tanpa sakit-sakitan lagi.

Baca juga: prosedur syarat dan cara tambah nama

 

3. Ingin Menambahkan Nama Orang Tua | Cara Ganti Nama Anak

Nah, alasan lain mengapa mengganti nama anak karena ingin menambahkan nama ayah kandung anak. Di mana banyak kita temui nama sang anak tidak mencantumkan nama ayahnya di belakang namanya. Adapun tujuan orang tua ingin menambahkan nama ayah kandung untuk mengangkat derajat sang anak.

Baca juga: bagaimana proses tambah nama di pengadilan

 

Cara Ganti Nama

 

Dengan adanya nama ayah maupun marga di belakang nama anak tersebut tentu akan lebih mudah di kenal di kalangan masyarakat. Bukan hanya itu saja, nama tersebut juga bisa sebagai identitas tersendiri untuk buah hati nantinya. Anak akan lebih di hormati selama hidupnya karena terlahir dari keluarga terpandang dengan melihat nama belakang anak.

Baca juga: ingin tambah nama seperti ini prosedurnya

 

4. Nama Anak Terlalu Panjang

Ada juga orang tua yang memberikan nama untuk buah hati pada saat lahir dengan nama yang panjang. Jika anak mempunyai nama yang panjang tentu dapat menimbulkan sebuah permasalahan di kemudian hari. Contohnya saja, anak yang baru belajar menulis nama tentu akan sulit menuliskan namanya sendiri di bangku sekolah.

Baca juga: cara mengurus penambahan nama di pengadilan

 

Bukan hanya sulit menulis nama, namun juga sulit jika ingin menyebutkan namanya pada saat perkenalan. Oleh karena itu, nama anak harus di ganti sehingga tidak kesulitan dalam menulis atau menyebutnya. Nantinya proses sosialisasi anak dengan sebayanya maupun dalam masyarakat akan lebih mudah.

Baca juga: persyaratan penambahan nama di pengadilan

Berapa Biaya cara Ganti Nama Anak di Akta Kelahiran?

Dalam proses mengganti nama sang buah hati tentu tidak lepas dari adanya biaya yang harus orang tua keluarkan. Memang biayanya tentu tidak sedikit, di mana orang tua harus menyediakan uang berkisar Rp300.000. Namun biaya ini nantinya akan berguna untuk keperluan sidang.

Baca juga: tata cara perubahan atau ganti nama

 

Biaya ini akan di bayarkan pada Ketua Pengadilan Negeri. Sedikit informasi bahwa perubahan nama untuk akta kelahiran tentunya tidak mengeluarkan biaya atau gratis. Begitu pun dengan perubahan nama pada kartu kependudukan yang juga gratis. Setelah melakukan penggantian ini, di harapkan untuk melakukan syukuran atau aqiqah pada anak.

Baca juga: ubah nama di akte kelahiran

 

Cara Ganti Nama Anak di Akta Kelahiran

Dalam proses mengganti nama untuk seorang anak tentu mempunyai cara yang dapat orang tua lakukan. Di mana cara untuk mengganti nama buah hati dengan melakukan pengajuan permohonan terlebih dahulu. Adapun cara ganti nama anak selengkapnya :

  Melakukan Pembelaan Hukum Terhadap Penolakan Ganti Nama

 

Cara Ganti Nama Anak di Akta Kelahiran

 

1. Mengajukan Surat Permohonan Mengganti Nama

Cara untuk mengganti nama anak adalah dengan mengajukan surat permohonan perubahan nama. Memang cara ganti nama anak dengan membuat pengajuan yang akan di ajukan nantinya ke Pengadilan Negeri setempat. Sedikit informasi bahwa ketika melakukan permohonan sebaiknya menyertakan landasan posita.

Baca juga: bagaimana cara tambah nama suami

 

Bukan hanya itu, landasan permintaan atau petitum pun harus ada. Adapun yang di maksud dengan posita ini yakni ketentuan dari perundang-undangan untuk perubahan nama. Berbeda halnya dengan petitum yang artinya sebagai permintaan pemohon berdasarkan dengan keinginannya.

Baca juga: persyaratan ganti nama di akta kelahiran

2. Melaporkan Permohonan ke Dispendukcapil

Jika sudah melakukan pengajuan permohonan perubahan nama, maka cara ganti nama anak selanjutnya adalah melaporkan permohonan ke Dispendukcapil. Memang laporan ini harus anda lakukan apabila sudah memperoleh penetapan dari Pengadilan Negeri. Di mana penetapan ini berkaitan dengan persetujuan untuk merubah nama dari pemohon.

Baca juga: jasa ganti nama terpercaya 100 konsumen puas

 

Untuk masa pelaporan ini tentunya mempunyai jangka waktu yakni hanya 30 hari saja. Apabila seorang pemohon tidak melakukan pelaporan maka pemohon akan terkena sanksi. Bentuk sanksi berupa berupa sanksi administrasi atau denda sebesar Rp1.000.000 untuk orang yang bersangkutan. Memang denda ini harus anda bayar oleh pihak pemohon jika melampaui batas.

  Perubahan Nama Dalam Dokumen Tagihan Utilitas

3. Proses Pencatatan Pinggir Akta Kelahiran

Cara ganti nama anak yang terakhir adalah mengikuti proses pencatatan pinggir pada akta kelahiran. Di mana proses ini oleh PPS atau Pejabat Pencatatan Sipil di tempat pemohon mengajukan permohonan. Catatan pinggir tersebut nantinya akan di lampirkan pada register untuk akta pencatatan sipil.

 

Bukan hanya untuk akta tersebut, namun juga sebagai kutipan dari akta pencatatan tersebut. Adapun tujuan catatan pinggir ini sebagai tanda bahwasanya pemohon melakukan perubahan nama. Hal inilah mengapa proses perubahan nama pada akta kelahiran tidak gampang.

 

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan alasan oleh orang tua mengapa ingin mengganti nama anaknya. Selain itu, untuk memudahkan dalam mengganti nama tentu sudah di jelaskan bagaimana cara ganti nama anak. Dengan melihat berbagai proses  di harapkan membuat orang tua tidak sulit melakukannya.

 

Setelah mendapatkan salinan putusan pengadilan, maka langkah selanjutnya adalah anda mendatangi kantor dinas kependudukan dan catatan sipil (disduk capil) untuk mendaftarkan putusan pengadilan tersebut. Akta kelahiran anda yang lama akan di berikan catatan seperti di bawah ini :

PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi