Ubah Nama di Akte Kelahiran

Ubah Nama di Akte Kelahiran Terdaftar

Nama merupakan identitas penting yang harus di catat secara resmi sejak dini. Pencatatan nama ini harus Anda di lakukan di akta kelahiran agar terdaftar di negara secara resmi. Meski sudah di lakukan pencatatan ada saja orang yang ingin mengubah nama yang tertera di akta. Namun, ubah nama di akte kelahiran ini tidak bisa di lakukan dengan mudah.

Baca juga: persyaratan perubahan nama di paspor

 

Ubah Nama di Akte Kelahiran adalah 

Ada berbagai poin yang harus Anda perhatikan untuk proses pengurusannya. Alasannya juga harus jelas. Jika ingin mengganti nama dengan alasan yang tidak penting, maka tidak akan di terima. Untuk penyelesaian prosesnya sendiri bermacam-macam, tergantung alasan pengubahannya.

Baca juga: cara menambahkan nama keluarga marga

 

Berikut adalah semua poin yang perlu di pahami:

Ubah Nama di Akte Kelahiran

Alasan Ubah Nama di Akte Kelahiran

Sebelum mulai mengubah nama, maka Anda harus tahu dulu apa alasan untuk mengubahnya. Jika di lihat dalam daftar, tentu ada banyak alasan berbeda yang mendasarinya. Ubah nama di akte kelahiran juga harus disertai alasan yang masuk akal atau logis. Karena jika tidak, maka segala prosesnya tidak akan bisa diselesaikan.

Baca juga: cara ganti nama anak

 

  Aturan Ganti Nama Yang Mengikuti Aturan Dan Etika Profesi

contoh akta kelahiran barcode

Aturan Ubah Nama di Akte Kelahiran

bisa melakukan perubahan nama sesuai dengan aturan yang berlalu. Pada uraian ini, akan di berikan alasan-alasan perubahan nama yang logis beserta pembahasannya. Inilah daftarnya:

 

Tata Cara Ubah Nama di Akte Kelahiran

1. Salah Ketik oleh Petugas yang Mengurus Akta Kelahiran

Alasan pertama kenapa nama dalam akta kelahiran perlu di ganti adalah karena kesalahan ketik. Permasalahan seperti ini masih sering terjadi di masyarakat, mungkin Anda juga termasuk. Jika mengalami hal semacam ini, maka harus di lakukan revisi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang tersedia di kawasan masing-masing.

Baca juga: jasa pengurusan tambah nama di pengadilan

 

Karena jika tidak di lakukan perubahan, maka nama yang berbeda tersebut akan berpengaruh di berbagai dokumen lainnya. Apabila di setiap dokumen nama yang di pakai ada perbedaan, maka akan menyulitkan pemilik nama. Maka dari itu, pastikan untuk segera melakukan perubahan secara cepat sebelum di pakai untuk berbagai dokumen lainnya.

Baca juga: penambahan nama di akte kelahiran

 

2. Nama Terlalu Pendek atau Terlalu Panjang

Selain alasan pertama tadi, ada juga alasan lain yang mendasari perubahan nama yaitu nama yang terlalu pendek atau panjang. Memang benar jika orang tua ingin memberi nama unik, atau yang panjang sekali pun. Namun jika Anda memberi nama terlalu panjang pada anak, tentu saja akan menyulitkannya di kemudian hari.

Baca juga: mengubah nama anak

 

Semakin panjang namanya, maka anak akan kesulitan memasukkan namanya di dokumen lain yang di perlukan. Selain terlalu panjang, nama yang terlalu pendek juga termasuk dalam permasalahan lainnya. Karena jika terlalu pendek, maka akan banyak nama lain yang menyamai dan akan tercatat sama di dinas kependudukan.

3. Arti Nama Ternyata Buruk

Setiap nama yang di berikan orang tua pasti memiliki arti tersendiri. Jika anak sudah menginjak usia dewasa, arti nama yang ternyata buruk pasti akan membuat terganggu. Maka tidak jarang ada orang yang menggantinya karena merasa arti namanya membawa dampak buruk karena artinya sendiri juga buruk.

Baca juga: prosedur syarat dan cara tambah nama

 

Maka dari itu, alasan ini juga termasuk logis untuk di lakukan. Jika memang di rasa nama tersebut membuat Anda mendapat kejadian buruk atau bernasib buruk, maka tidak ada salahnya mengganti nama. Alasan semacam ini akan di terima oleh pihak berwenang karena termasuk alasan yang masuk akal dan bisa di pertimbangkan.

baca juga: bagaimana proses tambah nama di pengadilan

 

  Alasan Permohonan Ganti Nama Ditolak Di Pengadilan

4. Ingin Menambah Marga Keluarga

Untuk alasan ubah nama di akte kelahiran, menambah marga juga masuk dalam alasan logis lainnya. Hal ini biasanya di lakukan oleh wanita yang baru menikah dan ingin menambah marga suami di belakang namanya. Sehingga, proses menambah nama juga perlu di lakukan di akta kelahiran. Selain poin ini, ada juga kemungkinan lain yang bisa terjadi.

Baca juga: ingin tambah nama seperti ini prosedurnya

 

Misanya saja jika ingin menambah marga keluarga meski sudah dalam usia dewasa. Menambah marga keluarga juga termasuk hal penting jika dalam keluarga tersebut memiliki tradisi yang serupa. Maka dari itu, proses ini juga bisa di lakukan dan akan di terima alasannya oleh pihak berwenang saat di lakukan prosesnya.

Baca juga: cara mengurus penambahan nama di pengadilan

PROSES UBAH NAMA

Proses Ubah Nama di Akte Kelahiran

Lalu, apakah proses ubah nama di akte kelahiran harus di lakukan di pengadilan? Jawabannya adalah iya. Hal ini sudah sesuai dengan poin aturan yang berlaku. Untuk melakukan revisi nama di akte kelahiran, pihak Dispendukcapil pasti akan meminta surat putusan dari pengadilan tentang perubahan nama yang telah di setujui.

Baca juga: persyaratan penambahan nama di pengadilan

 

Untuk memproses di pengadilan ini, ada beberapa berkas yang harus di penuhi. Setiap dokumen penting untuk di bawa di pengadilan. Jika kurang, maka proses ganti nama di akte kelahiran juga akan berpengaruh secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa berkas yang diperlukan untuk proses di pengadilan:

 

Berkas Ubah Nama di Akte Kelahiran

  • Salinan dokumen penting seperti KK, KTP orang tua, akta kelahiran yang salah, ijazah jika memang sudah memiliki, dan buku nikah orang tua.
  • Materai 6000 yang sudah di segel dengan cap pos.
  • Surat keterangan dari pihak desa jika alasan penggantiannya adalah kesalahan ketik. Jika alasan perubahan selain salah ketik, maka tidak perlu melampirkan surat keterangan dari desa.
  Proses Peninjauan Ganti Nama Di Pengadilan

 

Jika semua berkas sudah siap, maka bisa langsung di bawa untuk mendaftar di pengadilan dengan tambahan dua saksi. Dapatkan jadwal sidang, lakukan sidang, dan dapatkan keputusan. Nantinya, putusan pengadilan itulah yang perlu di bawa ke Dispendukcapil untuk melanjutkan proses yang perlu di lakukan.

Baca juga: tata cara perubahan atau ganti nama

 

JASA UBAH NAMA DI PENGADILAN

 

Waktu Ubah Nama di Akte Kelahiran

Proses ubah nama di akte kelahiran dari awal hingga akhir bukanlah proses yang mudah. Maka dari itu, jika Anda ingin melakukan proses ini harus memiliki waktu dan tenaga yang banyak. Jika memang tidak memiliki waktu yang luang, maka prosesnya tidak akan bisa selesai dengan cepat karena harus menyesuaikan dengan kesibukan masing-masing.

Baca juga: bagaimana cara tambah nama suami

 

Untuk menyelesaikan permasalahan ini, maka Anda bisa memilih jasa pengurusan yang kami tawarkan. Dengan jasa kami, proses ubah nama di dokumen akta kelahiran bisa selesai dengan cepat dan baik. Anda hanya perlu menyiapkan berkas yang di butuhkan dan biaya yang sepadan dengan aturan yang telah ditetapkan.

Baca juga: persyaratan ganti nama di akta kelahiran

 

Biaya Ubah Nama di Akte Kelahiran

Untuk biaya sendiri, Anda tidak perlu khawatir. Karena biaya yang di butuhkan sangat terjangkau. Hal ini tentu saja sebuah solusi yang tepat. Jika Anda melakukan semua prosesnya sendiri, maka anda harus mengeluarkan waktu, tenaga, dan uang yang besar. Tapi jika memakai jasa kami, Anda hanya perlu menyerahkan dokumen dan uang untuk pembiayaannya.

Baca juga: jasa ganti nama terpercaya 100 konsumen puas

 

Jasa Urus Ubah Nama di Akte Kelahiran

Sangat mudah, bukan? Solusi ini sangat pas bagi orang yang sibuk bekerja atau orang awam yang masih bingung untuk mengurusnya. Kami memang jasa yang memberi kemudahan kepada pelanggan. Maka tidak heran jika banyak orang yang sudah membuktikan kualitas jasa yang kami berikan untuk diselesaikan.

Baca juga : persyaratan akta kelahiran anak diluar nikah

 

Jika Anda masih bingung bagaimana detail dan proses nama di akte kelahiran yang bisa di lakukan, maka langsung saja hubungi kami. Maka akan kami berikan semua informasi mendetail yang di perlukan. Dengan layanan yang kami berikan, Anda akan sangat di mudahkan dalam segala prosesnya.

Baca juga : persyaratan akta kelahiran anak

PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi