Penambahan Nama Di Akte Kelahiran

Sejumlah orang merasa kurang puas mempunyai nama yang telah anda berikan oleh orang tua dan tercatat dalam data kependudukan. Hingga akhirnya orang tersebut memilih untuk melakukan penambahan nama di akte kelahiran yang dimiliki. Baik penambahan nama dari keluarga besar atau mengikuti nama belakang sang suami maupun dengan nama lainnya.

Tentang Penambahan Nama Di Akte

Baca juga: persyaratan perubahan nama di paspor

 

Jika anda termasuk dalam orang tersebut yaitu ingin menambah nama yang telah ada sekarang dan masih bingung untuk tata cara beserta prosedurnya. Maka kami hadir sebagai jasa penambahan nama di akte kelahiran siap membantu anda. Hingga anda tidak perlu bingung lagi terkait hal tersebut.

Baca juga: cara menambahkan nama keluarga marga

 

Adapun informasi selebihnya dapat anda simak dalam pembahasan berikut:

 

Penambahan Nama Di Akte Kelahiran

Penambahan Nama Di Akte Kelahiran

Tidak dapat anda pungkiri bahwa sebagian orang ingin melakukan tindakan berupa penambahan nama di akte kelahiran miliknya. Hal tersebut pun karena oleh berbagai macam masalah yang anda hadapi. Mulai dari untuk memenuhi kebutuhan dokumen tertentu sampai dengan nama yang terlalu pendek hingga butuh penambahan dengan nama lain.

Baca juga: cara ganti nama anak

 

contoh akta kelahiran barcode

 

Penambahan nama sendiri bisa juga sering orang dengan istilah perubahan nama yang  seseorang miliki. Yang mana pelaksanaan akan pergantian nama tersebut orang dasarkan oleh penetapan pihak pengadilan. Hal semacam ini pun sudah teratur oleh pihak pemerintah yang tercantum dalam Peraturan Presiden. Tentunya dengan mengikuti berbagai macam prosedur serta memenuhi persyaratan yang telah tetap.

Baca juga: jasa pengurusan tambah nama di pengadilan

 

penambahan nama di akte Berikut Penjelasannya!.

 

alasan Penambahan Nama di Akte Kelahiran 

Melakukan perubahan dari nama yang anda miliki memang boleh secara hukum. Baik untuk mengurangi nama yang ada, atau justru menambah nama tersebut bahkan merubah nama yang ada menjadi nama lain. Setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa harus melakukan hal demikian. Bagi yang penasaran tentang beberapa alasan dari orang yang ingin merubah namanya adalah seperti berikut:

  Bagaimana Proses Tambah Nama di Pengadilan

 

1. Malu

Alasan pertama yang anda miliki dan oleh seseorang kenapa lebih memilih untuk melakukan penambahan nama orang akte kelahiran miliknya lantaran malu menggunakan nama tersebut. Teman-temannya sering menjadikan nama yang abda berikan atau oleh orang tuanya sebagai bahan olok-olok sehingga membuat orang yang memiliki nama tersebut menjadi malu bahkan minder atau tidak percaya diri.

Baca juga: mengubah nama anak

 

Alasan Penambahan Nama di Akte Kelahiran 

Orang yang melakukan pengajuan perubahan nama ini bisa orang tua itu sendiri untuk mengganti nama anaknya. Bisa juga sang pemilik dari nama yang akan anda ubah itu sendiri. Dengan melakukan pergantian nama tersebut, anda harapkan orang yang bersangkutan mampu menghilangkan rasa malu yang anak miliki bahkan rasa minder yang sempat anak rasakan.

Baca juga: prosedur syarat dan cara tambah nama

 

2. Kesalahan Pengetikan

Alasan lain yang menjadi pemicu seseorang mengajukan permohonan perubahan nama yang anda miliki selama ini yaitu lantaran salahnya pengetikan nama yang anda lakukan. Pasalnya hal ini bisa berakibat pada sejumlah aspek seperti perbedaan data ijazah yang anda miliki dengan data penting lainnya. Dampak ini pun bisa berlanjut di kemudian hari.

 

Baca juga: bagaimana proses tambah nama di pengadilan

Alasan Lain Penambahan Nama di Akte Kelahiran 

 

Anak atau orang yang bersangkutan akan mengalami kesulitan ketika melakukan pengurusan suatu administrasi lantaran perbedaan data tersebut. Untuk itu anda ajukan untuk melakukan penyamaan data yang ada di akte kelahiran dengan berbagai dokumen penting lain. Melakukan perubahan nama ini juga bisa mempermudah seseorang ketika anda hadapkan dengan perkara administrator.

Baca juga: ingin tambah nama seperti ini prosedurnya

 

3. Ingin Menambah Nama Orang Tua

Cara yang biasanya anda pakai ketika sang ayah memiliki nama belakang atau bisa juga orang sebut dengan nama marga. Ternyata dapat anda jadikan salah satu hal yang mampu meningkatkan derajat sang anak. Sementara bagi anak itu sendiri, keberadaan dari nama belakang yang anda miliki bisa menjadi identitas terdiri bagi anak itu tadi.

Baca juga: cara mengurus penambahan nama di pengadilan

 

Apa saja alasan Penambahan Nama di Akte Kelahiran 

4. Nama Terlalu panjang atau Pendek

Mempunyai nama yang terlampau panjang atau bahkan sebaliknya yaitu terlampau pendek bisa menjadi permasalahan bagi pemiliknya. Misalnya saja ketika masih kecil, anak bisa saja merasa kesulitan untuk menyebutkan namanya lantaran terlampau panjang. Hingga dengan mempunyai nama yang cukup singkat bisa membuat anak juga lebih gampang menjalankan sosialisasi yang anda lakukan.

Baca juga: persyaratan penambahan nama di pengadilan

 

Akan tetapi jika nama yang anda miliki terlalu pendek biasanya membuat bingung lantaran mempunyai nama yang sama dengan anak yang lain. Dengan demikian perlu adanya penambahan nama supaya bisa anda bedakan. Misalnya saja seperti nama Siti itu ada banyak orang. Untuk memperjelasnya maka anda lakukan penambahan nama di akte kelahiran supaya bisa membedakan antara satu Siti dengan Siti lainnya.

Baca juga: tata cara perubahan atau ganti nama

 

Macam-macam alasan Penambahan Nama di Akte Kelahiran 

5. Sering Sakit-sakitan

Hal lain yang juga membuat orang ingin menambah nama yang anda miliki lantaran sering mengalami Sakit-sakitan. Alasan ini menjadi satu dari beberapa alasan yang paling banyak anda pakai oleh seseorang untuk mengganti namanya. Menurut kepercayaan yang masih tersebar di sejumlah wilayah Indonesia.

Baca juga: ubah nama di akte kelahiran

 

Menyebutkan bahwasanya anak yang sering mengalami sakit-sakitan anda nilai keberatan dari nama yang anda berikan oleh orang tua. Mengingat ini hanya sebuah cerita saja, namun dengan melakukan perubahan nama yang ada. Harapannya anak yang bersangkutan bisa segera pulih seperti sedia kala.

Baca juga: bagaimana cara tambah nama suami

 

Beberapa alasan Penambahan Nama di Akte Kelahiran 

Syarat Melakukan Penambahan Nama Di Akte Kelahiran

Jika anda lihat secara umum memang terdapat sejumlah hal yang harus anda lengkapi untuk bisa melakukan pengajuan ganti nama yang ada di akte kelahiran. Beberapa persyaratan tersebut meliputi sejumlah dokumen, misalnya saja mulai dari surat permohonan sampai dengan SKCK.

Baca juga: persyaratan ganti nama di akta kelahiran

 

Berikut beberapa syarat yang anda butuhkan untuk melakukan perubahan nama yang anda miliki:

  Langkah-Langkah Pengurusan Perubahan Nama

Berikut Penjelasannya!.

 

prosedur penambahan nama di akte 
  • Pertama ada surat permohonan dari orang yang ingin merubah nama, pastikan surat ini sudah diberikan tanda tangan yang disertai materi.
  • Berikutnya ada salinan dari dokumen identitas seperti KTP dari pihak pemohon.
  • Lanjutkan dengan menyertakan sejumlah salinan dokumen penting seperti dokumen KK, lalu akte kelahiran, akte pernikahan maupun persalinan.
  • Sertakan juga salinan dari surat kenal lahir yang bisa diperoleh dari bidan atau bisa juga dari rumah sakit, lurah ataupun kades.
  • Tidak lupa untuk melengkapinya dengan salinan dari surat keterangan yang berasal dari kantor Desa terkait permohonan untuk melakukan ganti nama.
  • Bagi orang dewasa syarat pergantian nama dari seseorang harus disertakan SKCKnya.
  • Lengkapi dengan berbagai macam surat penting yang lain seperti Paspor, kemudian polisi, lalu sertifikat dan masih banyak lagi.
  • Pihak pemohon dianjurkan untuk mempunyai alamat email, kemudian nomor handphone, lalu KTP dan juga nomor rekening.

baca juga : persyaratan ganti nama

 

Persyaratan Penambahan nama di akte

Perlu diketahui oleh anda bahwa seluruh persyaratan yang telah ditetapkan tersebut harus dibawa ketika melakukan persidangan, baik yang berbentuk asli sekalipun. Nantinya juga terdapat biaya yang dinamakan dengan biaya panjar yang dilakukan pengiriman melalui Bank BRI.

Baca juga: jasa ganti nama terpercaya 100 konsumen puas

 

prosedur penambahan nama di akte 

Jasa Penambahan Nama di Akte Kelahiran

Bagi orang yang sibuk dengan beragam kegiatan padat serta belum mengetahui beragam proses dan persyaratan yang harus dilengkapi untuk merubah nama. Maka kami hadir sebagai jasa penambahan nama di akte kelahiran siap membantu anda dalam memproses nama yang sesuai dan sah di depan hukum. Dengan begitu diharapkan orang yang bersangkutan lebih percaya diri.

Baca juga : persyaratan akta kelahiran anak diluar nikah

 

  Proses Banding Ganti Nama di Pengadilan

Dari sejumlah persyaratan yang ditetapkan menurut sebagian orang cukup rumit hingga orang yang bersangkutan merasa butuh bantuan dari pihak lain. Untuk itu kami di sini selaku jasa penambahan nama di akte kelahiran bersedia membantu anda dalam memperoleh nama yang anda inginkan. Pilih kami dan proses perubahan nama yang anda lakukan bisa berlangsung lebih mudah.

Baca juga :Tata Cara Perubahan Atau Ganti Nama

 

Jasa Penambahan Nama di Akte Kelahiran