Syarat Tambah Nama

Nama merupakan pemberian yang sudah melekat pada diri seseorang semenjak di rinya lahir. Kendati demikian, ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang ingin menambahkan namanya. Agar hal ini bisa tercapai, perlu memahami prosedur syarat dan cara tambah nama yang benar. Apalagi nama merupakan hal yang berkaitan langsung dengan berbagai urusan hukum.

Baca juga: persyaratan perubahan nama di paspor

syarat tambaha nama adalah

Apabila Anda ingin menambahkan nama, terdapat proses yang panjang. Mulai mengumpulkan persyaratan hingga mengikuti persidangan dan menanti hasilnya. Berdasarkan penjelasan dalam UU 23 tahun 2006, pergantian nama termasuk peristiwa penting dalam kependudukan sama halnya kelahiran, kematian, perkawinan, dan lainnya. Sebelumnya mari mengenal seputar syarat serta prosedur yang berkaitan dengan penggantian/penambahan nama.

Baca juga: cara menambahkan nama keluarga marga

 

PENGERTIAN NAMA

Apa Saja Syarat Tambah Nama ?

Pada hakikatnya, menambah nama berarti melakukan perubahan terhadap nama yang terdapat di akta kelahiran. Hal ini tentu berkaitan dengan merubah identitas, sehingga perlu dengan proses hukum melalui pengadilan negeri. Prosedur syarat dan cara tambah nama cukup rumit, karena hasil akhirnya adalah berubahnya nama pada identitas utama penduduk yaitu KTP.

Baca juga: cara ganti nama anak

 

Untuk merubah KTP ini, Dinas Kependudukan akan memerlukan dokumen utama yang menjadi syarat mutlak, yakni akta kelahiran. Maka Anda harus mengganti nama pada akta lahir terlebih dahulu untuk dasar perubahan nama. Setelah nama berganti, barulah Anda dapat melakukan proses berikutnya.

Baca juga: jasa pengurusan tambah nama di pengadilan

 

syarat syarat tambah nama 

Sebelum mulai, ada beberapa persyaratan utama untuk mengajukan perubahan nama, yakni:

  Perubahan Nama Dalam Dokumen Pendidikan

SYARAT MENAMBAH NAMA

  • Surat permohonan yang sudah ada tanda tangan pemohon. Di beri materai 6.000 kemudian di fotokopi sebanyak 2 eksemplar.
  • Fotokopi BPKB, 1 lembar.
  • Salinan KTP dari pemohon, 1 lembar.
  • Fotokopi akta nikah, 1 lembar.
  • Kartu keluarga (fotokopi), 1 lembar.
  • Fotokopi kartu SHM, 1 lembar.
  • Fotokopi buku tabungan.
  • Fotokopi ijazah (apabila permintaan ganti nama berhubungan dengan ijazah), 1 lembar.
  • KTP dua saksi dalam bentuk fotokopi, masing-masing orang 1 lembar (tidak perlu di beri materai).
  • Fotokopi SKCK.

 

Dari seluruh persyaratan yang ada di atas poin yang paling penting yaitu surat permohonan. Bukan tanpa alasan, surat ini akan di tujukan langsung kepada ketua dari pengadilan negeri tempat pemohon berdomisili. Dalam surat permohonan wajib memuat penjelasan lengkap mengenai penggantian nama. Hal ini berperan besar terhadap pertimbangan dari pihak pengadilan.

Baca juga: penambahan nama di akte kelahiran

 

Prosedur  dan Syarat Tambah Nama di Pengadilan

Setelah menyiapkan dokumen sesuai persyaratan yang berlaku, Anda dapat segera memulai prosedur penambahan nama. Prosedur syarat dan cara tambah nama melalui Pengadilan Negeri. Anda dapat mengunjungi Pengadilan Negeri terdekat untuk menyampaikan permohonan. Berikut cara lengkap untuk menyelesaikan proses tambah nama:

 

1. Memperkirakan dan Memastikan Biaya Mencukupi

Sediakan biaya untuk mengganti nama. Setiap prosedur hukum tentu memerlukan biaya, maka pastikan sudah menyediakan biaya yang cukup. Umumnya biaya yang untuk menambah nama mulai dari minimal 100 ribu. Akan tetapi, keseluruhan biaya bisa berbeda tergantung jalannya proses (misalnya ada data yang kurang lengkap atau hambatan lainnya).

 

Biaya Syarat Tambah Nama

Biaya ini sesuai dengan kuitansi resmi (Skum). Hal ini tergantung dengan seberapa jauh alamatnya. Pemohon tidak boleh untuk menambahkan biaya di luar yang sudah tercantum dalam Skum. Pastikan biayanya sudah mencukupi agar tidak menghambat proses mengganti nama Anda. Perhitungkan juga biaya untuk hal-hal yang di luar dugaan.

Baca juga: mengubah nama anak

2. Mengajukan Permintaan Tambah Nama

Ajukan permintaan untuk tambah nama menuju pengadilan negeri. Dalam prosedur syarat dan cara tambah nama ini, penting untuk membawa seluruh persyaratan untuk melakukan registrasi. Selanjutnya petugas akan memeriksa, mendaftarkan, kemudian menetapkan jadwal untuk sidang. Dalam sidang ini nantinya akan di pimpin oleh hakim tunggal.

Baca juga: bagaimana proses tambah nama di pengadilan

3. Mendatangi Persidangan dengan Membawa Saksi

Datang sesuai tanggal serta waktu yang sudah di tetapkan pada waktu registrasi. Ajak serta dua orang yang berperan sebagai saksi. Keduanya akan di mintai keterangan untuk menguatkan alasan mengapa Anda ingin menambah nama. Umumnya sidang ini berjalan singkat, biasanya selesai dalam satu atau dua kali sidang.

Baca juga: ingin tambah nama seperti ini prosedurnya

 

Sidang Untuk Syarat Tanbah Nama

Jarak antara satu sidang dengan selanjutnya adalah satu minggu, untuk memberi Anda waktu untuk persiapan. Secara keseluruhan, waktu dalam penambahan nama juga dapat berbeda sesuai kerumitan kasusnya. Pada umumnya akan selesai dalam satu bulan. Apabila hakim melihat terdapat ketidaksesuaian dengan tujuan atau aturan, bisa saja permohonannya batal.

Baca juga: cara mengurus penambahan nama di pengadilan

Kelancaran sidang berhubungan dengan kelengkapan persyaratan serta alasan yang kuat. Tentunya tidak dapat begitu saja menerima alasan, karena jika demikian akan banyak orang mengganti nama tanpa berpikir panjang. Untuk itu siapkan alasan serta argumen yang kuat untuk meyakinkan hakim bahwa perubahan ini memang perlu.

Baca juga: persyaratan penambahan nama di pengadilan

4. Melapor ke Disdukcapil

Setelah melakukan prosedur syarat dan cara tambah nama, hakim akan membuat keputusan apakah pengajuan penambahan nama di ganti atau tidak. Apabila permohonannya di kabulkan, Anda akan di berikan surat penetapan dari Pengadilan Negeri. Fungsi dari surat ini yakni untuk mengurus perubahan pada akta kelahiran di Dinas Kependudukan serta Pencatatan Sipil.

Baca juga: tata cara perubahan atau ganti nama

Dokumen Syarat Tanbah Nama 

Datang ke Disduk dengan membawa surat ketetapan hakim yang sudah di berikan, baik dalam bentuk asli maupun fotokopi untuk membuktikan keabsahan dokumen. Selanjutnya dokumen ini akan di periksa oleh pihak yang bertugas, kemudian masuk menuju daftar antrian. Anda bisa memeriksa sampai di mana prosesnya melalui situs resmi dari Dinas Pendidikan.

Baca juga: ubah nama di akte kelahiran

 

  Tindakan Hukum Terkait Ganti Nama Di Pengadilan

Akta yang berisi pencatatan sipil nantinya di terbitkan maksimal 30 hari sejak di terimanya dokumen penetapan. Dengan selesainya akta ini, Anda bisa mengurus penambahan nama untuk surat penting atau identitas seperti KTP, perbankan, dan sebagainya.

Baca juga: bagaimana cara tambah nama suami

Jasa Syarat Tambah Nama di Pengadilan Negeri

Sekarang Anda telah mengetahui prosedur syarat dan cara tambah nama. Cukup banyak dokumen yang perlu di siapkan untuk mengajukan permohonan, terlebih prosedurnya yang terbilang rumit. Tidak sedikit orang yang kesulitan dalam memenuhi dokumen persyaratan maupun mengurus perizinannya. Apabila mengalami hal seperti ini, sebaiknya Anda memanfaatkan bantuan jasa terpercaya untuk menambah nama.

Baca juga: persyaratan ganti nama di akta kelahiran

 

Kami hadir sebagai perusahaan yang mengutamakan kualitas pelayanan dengan menjaga kepercayaan dari klien. Telah berdiri sejak 2008, kami telah mengantongi izin resmi dari serikat hukum serta HAM. Di tangan biro jasa yang terpercaya, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen yang di butuhkan kemudian prosesnya akan kami bantu hingga selesai.

Baca juga: jasa ganti nama terpercaya 100 konsumen puas

 

Syarat Jasa Tambah Nama di Pengadilan Negeri

Biro Jasa Urus Syarat Tambah Nama 

Keuntungan menggunakan jasa kami yaitu Anda dapat turut memantau proses permohonannya. Selain itu juga menghemat biaya karena melakukan perubahan mandiri memerlukan banyak biaya, terlebih banyaknya kemungkinan yang dapat terjadi. Apabila mengalami kesulitan, ada konsultan berkompetisi yang siap membantu Anda selama jam kerja.

Baca juga : ganti nama di akte lahir dan catatan pinggir akta kelahiran

 

  Syarat Hukum Ganti Nama di Pengadilan

Melihat mobilitas tinggi serta pentingnya efisiensi di zaman seperti sekarang, kami memahami bahwa banyak orang memiliki kesibukan. Tidak perlu ragu, sekarang semua orang dapat ganti nama. Segera hubungi nomor yang tertera untuk berkonsultasi seputar kebutuhan Anda untuk menambah nama ke Pengadilan Negeri.

Baca juga : ganti nama ikut nama suami

PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi