Cara Mengurus Penambahan Nama di Pengadilan

Mengenal Cara Mengurus Penambahan Nama

Urus Penambahan Nama di Pengadilan – Ada banyak alasan seseorang mengganti atau menambahkan nama di dokumen penting, misalnya menikah atau mengurus paspor. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti cara mengurus penambahan nama di Pengadilan. Pengajuan perkara ini cukup merepotkan karena Anda harus menyiapkan sejumlah dokumen dan mengikuti serangkaian persidangan.

Baca juga : persyaratan perubahan nama di paspor

 

Cara Mengurus Penambahan Nama Adalah

Prosedur persidangan tersebut dilaksanakan untuk membuktikan status perubahan nama seseorang diterima atau tidak. Proses ini akan dibagi menjadi dua tahapan sehingga Anda perlu menghadirinya bersama saksi dan pengacara. Jika pengajuan anda di terima, nantinya Anda bisa segera mengurus perubahan dokumen lain di lembaga pemerintahan yang berwenang.

Baca juga: cara menambahkan nama keluarga marga

 

Syarat Cara Mengurus Penambahan Nama

Sebelum meminta pengajuan, mari simak pembahasan mengenai syarat dan cara mengurus penambahan nama di pengadilan serta rekomendasi jasa pengurusan terpercaya yang perlu anda ketahui.

Baca juga : jasa ganti nama ktp

 

Jasa urus penambahan Nama di pengadilan

 

Bagaimana Cara Mengurus Penambahan Nama

Mengumpulkan berkas persyaratan sepertinya menjadi faktor utama ketika ingin mengurus dokumen. Berkas ini nantinya akan anda sesuaikan dengan cara urus penambahan nama di Pengadilan. Inilah sejumlah dokumen yang harus anda persiapkan oleh pemohon, antara lain:

Baca Juga : jasa ganti nama terpercaya 100%

1. Menyiapkan Surat Pengajuan ke Pengadilan Negeri

Seperti dokumen lainnya, Anda perlu melengkapi berkas persyaratan dan memahami cara mengurus penambahan nama di Pengadilan terlebih dahulu. Anda harus menyiapkan Surat Pengajuan untuk anda serahkan ke Pengadilan Negeri agar dokumen segera anda proses. Kemudian, cetak dan beri tanda tangan surat dengan anda sertai materai.

Baca juga: cara ganti nama anak

 

Anda juga bisa menyalin soft copy dari Surat Pengajuan yang belum di tandatangani ke dalam disk atau CD. Setelah itu, cantumkan nomor telepon aktif di surat tersebut supaya pihak yang terkait dapat menghubungi jika ada hal penting. Nantinya dokumen ini akan anda serahkan bersama dengan persyaratan lainnya.

Baca juga: jasa pengurusan tambah nama di pengadilan

 

  Peran Notaris Dalam Proses Pembaharuan Identitas Setelah Ganti Nama Di Pengadilan

Mempersiapkan Berkas Urus Penambahan Nama di Pengadilan

2. Membawa Salinan Kartu Identitas

Selanjutnya, Anda wajib melampirkan salinan KTP, KK (Kartu Keluarga), Akte Kelahiran yang akan anda gynakan sebagai data pendukung untuk proses Urus Penambahan Nama di Pengadilan. Salinan dokumen tersebut harus anda tempel materai dan bisa anda legalisir di kantor pos terdekat. Anda dapat menanyakannya langsung ke petugas pos untuk prosedur legalisir.

Baca juga: penambahan nama di akte kelahiran

 

Setelah itu, Anda akan anda arahkan untuk mengumpulkan dokumen tersebut ke kantor Pengadilan. Anda dapat meminta bantuan melalui jasa pengurusan dari Jangkar Groups. Kami akan memberikan layanan terbaik untuk mengurus dokumen sesuai prosedur dan menjamin keasliannya jika selesai anda ajukan.

Baca juga: mengubah nama anak

Prosedur Cara Mengurus Penambahan Nama

Setelah mengetahui apa saja persyaratan pengajuannya, Anda perlu mempelajari tentang tata cara mengurus perubahan nama di Pengadilan. Pada umumnya Anda akan kami minta untuk menjalani persidangan untuk memastikan status pengajuan anda di terima atau tidak. Berikut ini serangkaian prosedur mengurus pengajuan yang perlu anda ketahui, antara lain:

Baca juga: prosedur syarat dan cara tambah nama

 

PROSEDUR Urus Penambahan Nama di Pengadilan

 

1. Menyerahkan Syarat Cara Mengurus Penambahan Nama ke Pengadilan

Tata cara mengurus penambahan nama di Pengadilan dapat di mulai dari mempersiapkan dokumen persyaratan. Dokumen yang perlu anda serahkan seperti salinan KK, KTP, Akte Kelahiran serta Surat Pengajuan. Anda bisa mengambilnya ke kantor Pengadilan Negeri setempat di bagian Perdata. Tanyakan pada bagian informasi mengenai ketentuan dan prosedur lebih lanjut.

Baca juga: bagaimana proses tambah nama di pengadilan

 

Semua data pada persyaratan akan kami terima serta di input oleh petugas di bagian registrasi. Setelah itu, bagian Informasi akan memberikan Bukti Pendaftaran Permohonan. Anda akan di minta melakukan pembayaran melalui bank dan serahkan bukti transaksi ke petugas Informasi. Terakhir, data Anda akan segera di input di sistem milik Pengadilan Negeri.

Baca juga: ingin tambah nama seperti ini prosedurnya

 

MENYERAHKAN SYARAT KE PENGADILAN Urus Penambahan Nama

 

2. Menunggu Jadwal Sidang

Prosedur selanjutnya adalah menunggu jadwal panggilan untuk melakukan sidang pertama di Pengadilan Negeri. Anda kemungkinan akan menjalani dua kali tahapan persidangan yaitu sidang pertama dan penetapan. Jika tidak kunjung menerima surat panggilan, sebaiknya Anda perlu mengeceknya via online di situs resmi Pengadilan di daerah masing-masing.

Baca juga: persyaratan penambahan nama di pengadilan

 

  Proses Perubahan Nama Pada Dokumen Resmi

Cukup ketikkan nama Anda pada laman pencarian lalu bisa melihat jadwal sidang yang akan atau sedang berlangsung.  Anda juga bisa melihat jadwal milik orang lain karena laman tersebut berisi perkara yang di tangani oleh Pengadilan Negeri Setempat.

Baca juga: tata cara perubahan atau ganti nama

 

MENUNGGU JADWAL SIDANG Penambahan Nama Pengadilan

 

3. Menghadiri Sidang Pertama

Jika telah mendapat surat panggilan untuk sidang pertama, Anda harus membawa  persyaratan berupa dokumen asli KTP, KK, Surat Pengajuan dan Akte Kelahiran yang telah anda legalisir di kantor Pos. Anda juga harus menghadirkan dua orang saksi sebagai pendamping ketika proses persidangan berlangsung. Kedua saksi ini wajib membawa KTP asli dan foto copy untuk syarat.

Baca juga: ubah nama di akte kelahiran

 

Sebelum sidang di mulai, Anda perlu memastikan jika kedua saksi tersebut mengetahui alasan mengapa ingin mengganti atau menambah nama. Hal tersebut anda lakukan supaya tidak kebingungan jika anda di tanya oleh hakim. Pastikan pula membawa saksi dari keluarga atau teman dekat mengingat pengajuan penambahan nama ini kemungkinan dapat di terima maupun di tolak.

Baca juga: bagaimana cara tambah nama suami

 

MENGHADAPI SIDANG PERTAMA MENUNGGU JADWAL SIDANG Penambahan Nama Pengadilan

Sidang Cara Mengurus Penambahan Nama

Pada umumnya hakim akan mengumumkan secara langsung jadwal Sidang Penetapan setelah proses persidangan tahap pertama selesai anda laksanakan . Nantinya Anda bisa mendatangi kantor Pengadilan setempat sesuai jadwal yang telah ada informasi oleh hakim. Panggilan Sidang Penetapan ini bisa anda lakukan kembali setelah menunggu selama kurang lebih 7 hari dari persidangan pertama.

Baca juga: persyaratan ganti nama di akta kelahiran

4. Sidang Penetapan

Sidang Penetapan ini anda laksanakan untuk memberikan keputusan akhir mengenai status pengajuan penambahan nama, baik di tolak maupun di terima. Pihak Pengadilan akan menilai dari beberapa faktor misalnya nama yang akan anda tambahkan masih berkaitan dengan hubungan keluarga. Inilah yang membuat proses pengajuannya menjadi lebih mudah untuk dia terima.

Baca juga: jasa ganti nama terpercaya 100 konsumen puas

 

SIDANG PENETAPAN

 

Anda kami sarankan untuk segera mengurus perubahan nama pada Akta Kelahiran apabila telah mendapatkan Surat Penetapan. Pihak Pengadilan Negeri biasanya memberikan waktu selama 30 hari setelah penerbitan surat tersebut. Proses perubahan Akta Kelahiran ini dapat anda urus ke kantor Disdukcapil setempat sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku.

Baca juga : permohonan ganti nama

Tahap Cara Mengurus Penambahan Nama

Cara mengurus penambahan nama di Pengadilan bisa anda bilang tidak mudah karena Anda perlu menyerahkan dokumen dan identitas asli maupun salinan. Kemudian, dokumen tersebut akan kami periksa kelengkapannya dan akan di serahkan ke kantor Pengadilan Negeri terkait. Salinan dari berkas tersebut juga harus anda lengkapi materai dan telah anda legalisir di kantor Pos setempat.

Baca juga : persyaratan mengganti nama

 

Langkah Cara Mengurus Penambahan Nama

Setelah pengumpulan persyaratan selesai, Anda akan di minta untuk mengisi layanan E-court. Layanan berbasis online ini di sediakan oleh Pengadilan untuk memudahkan pemohon melakukan pendaftaran, pembayaran, mengetahui jadwal sidang, dan lain sebagainya. Jasa dari Jangkar Groups bersedia mengarahkan Anda untuk mengakses E-court, agar tidak terjadi kesalahan.

Baca juga : cara ganti nama anak

 

  Proses Pengurusan Ganti Nama Bagi Pasangan Yang Menikah

Jasa Pengurusan Penambahan Nama di Pengadilan  Terpercaya

 

Langkah pertama, Anda perlu mengisi E-Filling untuk mendaftarkan perkara penambahan nama via online. Lalu, unggah dokumen persyaratan dengan format, font, ukuran file yang telah ditentukan. Anda akan dikenakan biaya panjar yang harus dibayarkan melalui sistem transfer bank atau virtual account. Biasanya pembayaran ini dibatasi waktu sehingga Anda disarankan untuk cepat melunasi.

Baca juga : tata cara perubahan atau ganti nama

TATA TERTIB DI RUANG SIDANG PENGADILAN

Prosedur Cara Mengurus Penambahan Nama

Selanjutnya, Anda akan menerima surat pemanggilan sidang melalui email. Pastikan Anda selalu memeriksa pesan email supaya tidak ketinggalan informasi tentang jadwal sidang. Proses persidangan ini harus dihadiri sendiri dengan membawa saksi. Anda juga dapat menggunakan jasa pengacara untuk membantu mendampingi ketika persidangan berlangsung.

Baca juga : persyaratan ganti nama di akta kelahiran

 

Jangkar Groups akan siap menyediakan pengacara sebagai pendamping di persidangan. Staf kami memiliki latar belakang tentang hukum sehingga bisa dengan mudah membantu proses mengurus perubahan nama. Kami memastikan untuk selalu memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik, sehingga dokumen Anda bisa diselesaikan secara efisien.

Baca juga : jasa ganti nama di pengadilan negeri

 

Informasi Cara Mengurus Penambahan Nama

Itulah pembahasan lengkap mengenai dokumen persyaratan dan cara mengurus penambahan nama di Pengadilan yang wajib diketahui. Pastikan Anda menyiapkan persyaratan yang diperlukan dengan teliti sebelum diserahkan ke kantor Pengadilan Negeri. Jangkar Groups siap membantu dan mendampingi Anda saat persidangan dengan pengacara profesional serta berpengalaman.

Baca juga : prosedur hukum ganti nama