Bagaimana Cara Tambah Nama Suami

Mengubah nama belakang setelah menikah merupakan salah satu budaya barat yang sering di terapkan oleh seorang wanita. Hal ini banyak di temui di Indonesia dan sudah lumrah terjadi. Misalnya saja seperti artis Sharena Delon, yang mana sebelumnya Sharena Gunawan dan mengikuti nama belakang suaminya yaitu Ryan Delon. Lantas sebenarnya bagaimana cara tambah nama suami yang tepat dan legal di mata hukum?

Baca juga: persyaratan perubahan nama di paspor

 

Cara Tambah Nama Suami

Tentunya perubahan nama tersebut bisa di bilang menjadi lebih menarik karena untuk menunjukkan hubungan kedekatan keluarga. Jika Anda berkeinginan untuk menggantinya dan mengambil nama belakang suami, maka ada beberapa hal yang perlu di ketahui berikut ini:

Baca juga : jasa ganti nama ktp

Alasan Tambah Nama Suami

Sebelum mengetahui bagaimana cara tambah nama suami, tentunya ada beberapa alasan mengapa banyak wanita menambahkan nama suami sebagai nama belakang. Hal di dasari oleh pengaruh budaya barat atau Eropa. Perubahan ini di pengaruhi oleh konsep patriarki, di mana segala kepemilikan seorang istri di berikan kepada suami. Sehingga nama pun di ubah mengikuti nama sang suami untuk menunjukkan kedekatan hubungan keluarga.

Baca juga: cara menambahkan nama keluarga marga

 

Tidak hanya itu, hal ini kerap kali berfungsi untuk memberitahukan ke khalayak umum bahwa suami istri merupakan keluarga yang baik. Serta menunjukkan pula bahwa nama keluarga tersebut melambangkan sebuah kesatuan terutama setelah keduanya telah mempunyai anak.

Baca juga: cara ganti nama anak

Persyaratan Tambah Nama Suami

Proses perubahan nama belakang atau bagaimana cara tambah nama suami ini memang cukup rumit apabila tidak mengerti bagaimana langkah-langkah maupun apa saja persyaratannya. Berikut inilah beberapa persyaratan perlu di lengkapi untuk memudahkan prosesnya, yaitu antara lain:

  Perubahan Nama Dalam Dokumen Akta Kelahiran

 

  • Surat permohonan untuk pengajuan ke pengadilan negeri
  • Surat pernyataan dan persetujuan dari pihak suami untuk di pakai namanya. Hal ini menjadi sebuah bukti tidak keberatan untuk memudahkan proses penambahan nama suami pada nama belakang.
  • Kartu identitas pemohon berupa KTP/ SIM
  • Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran pemohon
  • Paspor WNI dan Paspor WNA untuk pemohon
  • Kutipan Akta Pernikahan Suami dan Istri

Baca Juga : jasa ganti nama terpercaya 100%

 

Dengan melengkapi persyaratan yang ada tersebut, tentu saja langkah berikutnya yaitu melakukan pengurusan penambahan nama suami sesuai prosedur seperti di bawah ini. Jika Anda mengalami kesulitan atau tidak mempunyai waktu luang,  maka bisa memanfaatkan jasa kami. Terjamin tim profesional Jangkar Groups akan memberikan pelayanan terbaik dan dalam waktu seminim mungkin.

Baca juga: jasa pengurusan tambah nama di pengadilan

 

Prosedur Tambah Nama Suami

Setelah mengetahui beberapa alasan penambahan nama suami pada nama belakang dan juga persyaratannya, tentunya Anda patut menyimak bagaimana prosedurnya. Sehingga nantinya proses perubahan nama jadi lebih mudah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut, yaitu antara lain:

Baca juga : permohonan ganti nama

1. Mengajukan Permohonan Tambah Penggantian Nama

Langkah mudah bagaimana cara tambah nama suami yang pertama yaitu dengan cara melakukan pengajuan surat permohonan penggantian nama ke Pengadilan Negeri terdekat. Surat ini tidak memiliki format resmi, sehingga Anda dapat meniru beberapa contoh yang ada di internet dan mengubahnya sesuai kebutuhan. Jangan lupa pula tuliskan alasan yang kuat mengapa ingin mengubah nama di dalam surat tersebut.

Baca juga: penambahan nama di akte kelahiran

 

Tanpa adanya hal ini tentu saja proses tidak bisa berjalan lancar. Sehingga pastikan bahwa semuanya telah di lakukan secara benar. Barulah langkah selanjutnya adalah menunggu jadwal sidang untuk menerima hasil keputusan pengadilan. Biasanya proses akan berjalan sekitar satu bulan dan tergantung kesibukan pengadilan itu sendiri.

Baca juga: mengubah nama anak

 

  Perubahan Nama Dalam Dokumen Identitas Perizinan

Namun yang perlu di ketahui bahwa tidak semua permohonan di setujui, maka pastikan telah memberikan alasan yang tepat dan sebenar-benarnya di awal. Hal ini bisa menjadi kunci bahwa Anda benar-benar serius dan memiliki keinginan kuat untuk mengubah nama. Di jamin permohonan dapat di setujui sesuai ekspektasi.

Baca juga: prosedur syarat dan cara tambah nama

2. Mengurus ke Catatan Sipil

Setelah permohonan di setujui oleh Pengadilan Negeri, maka Anda nantinya akan menerima surat keputusan dan perlu membayar sejumlah biaya untuk legalisasi dokumen tersebut. Pada umumnya, biaya yang di bebankan yaitu sekitar Rp 200rb sesuai daerah masing-masing tempat tinggal. Barulah kemudian langkah berikutnya adalah mengurus ke Catatan Sipil sesuai prosedur yang berlaku.

Baca juga: bagaimana proses tambah nama di pengadilan

 

Dalam hal ini, Anda perlu menyerahkan beberapa dokumen untuk melengkapinya. Mulai dari surat keputusan dari Pengadilan Negeri, Akta Kelahiran, Buku Nikah, hingga kartu identitas berupa KTP. Pastikan menyiapkan dokumen asli dan salinan sesuai kebutuhan. Jika Anda menyerahkan semuanya pada kami, maka tidak perlu mengorbankan banyak waktu dan hanya menunggu saja hingga proses selesai.

Baca juga: ingin tambah nama seperti ini prosedurnya

 

3. Mengubah Dokumen Lainnya

Tidak lupa pula setelah nama di ubah dan tercatat di Kantor Catatan Sipil, maka Anda secara resmi telah memiliki nama baru dan perlu mengubah beberapa dokumen penting yang di miliki. Misalnya saja seperti mengubah nama di KTP, yaitu dengan mengunjungi Kantor Kelurahan maupun Kecamatan untuk mengurus data kependudukan. Dengan begitu, Anda akan di berikan KTP baru dengan nama baru yang telah di tambah nama belakang suami.

Baca juga: cara mengurus penambahan nama di pengadilan

 

Namun ternyata bukan KTP saja yang harus di ubah sesuai nama baru tersebut, namun dokumen lainnya seperti SIM, BPJS, NPWP, Paspor hingga ijazah pun perlu di lakukan penggantian sesuai prosedur. Sehingga penting bagi Anda membuat salinan untuk semua dokumen penting tersebut sebelum mengubah dokumen lainnya.

Baca juga: persyaratan penambahan nama di pengadilan

 

  Penyebab Perubahan Nama Dalam Dokumen Identitas Perjalanan

Mengurus Tambah Nama Suami

Untuk mengurus penambahan nama ini tentu saja Anda membutuhkan banyak waktu. Mulai dari pengumpulan dokumen asli dan membuat salinannya, melakukan permohonan atau pengajuan surat pada Pengadilan Negeri, hingga mendapatkan persetujuan dari pihak berwenang dan terkait. Anda bisa meluangkan waktu beberapa hari atau menyewa jasa kepengurusan Jangkar Groups untuk memudahkan proses penambahan nama.

Baca juga: tata cara perubahan atau ganti nama

 

jasa pengurusan tambah nama suami

 

Jasa Pengurusan Tambah Nama Suami

Mengurus dokumen untuk pengurusan tambah nama suami pada nama belakang Anda tidak semudah yang di bayangkan. Sehingga menggunakan jasa pengurusan dari Jangkar Groups adalah pilihan yang tepat. Anda hanya perlu menyerahkannya pada kami dan menunggu hingga proses perubahan nama selesai. Sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu.

Baca juga: ubah nama di akte kelahiran

 

Jangkar Groups merupakan badan usaha yang telah memiliki sertifikat dan terdaftar secara legal untuk mengurusi berbagai dokumen penting Anda. Pelayanan kami pun telah mengacu pada prosedur yang telah menetapkan dan tentunya begitu aman karena tidak menyalahi aturan. Di samping itu, kami memiliki sejumlah tim dan staff berpengalaman di bidang hukum yang akan membantu Anda bagaimana cara tambah nama suami yang legal.

Baca juga: persyaratan ganti nama di akta kelahiran

 

Biro Jasa Urus Tambah Nama Suami Terbaik

Maka dari itu, kami menjamin bahwa dokumen akan di urus secara benar dalam waktu sesingkat-singkatnya. Anda pun tidak perlu meninggalkan kesibukan hanya untuk mengurus dokumen satu ini dan mempercayakannya pada kami. Jangkar Groups pun akan memberikan jaminan garansi apabila dokumen tidak sesuai dan di ragukan keasliannya.

baca juga: jasa ganti nama terpercaya 100 konsumen puas

 

Demikianlah ulasan tentang bagaimana cara tambah nama suami yang perlu di ketahui. Anda cukup menyerahkannya pada kami dan terjamin beres dalam waktu singkat. Jadi, jangan lupa untuk segera menghubungi tim Jangkar Groups dan dapatkan promo menarik. Segala permasalahan Anda pasti terselesaikan dengan baik dan terjamin legal sesuai prosedur yang ada. 

Baca juga : persyaratan mengganti nama

PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi