Persyaratan Ganti Nama di Akta Kelahiran

Persyaratan Ganti Nama di Akta yang Harus di Penuhi 

Setiap anak yang baru lahir memang di haruskan untuk membuat sebuah akta kelahiran guna mempermudah dalam pendataan penduduk. Pada akta sendiri tertulis nama, tempat tanggal lahir dan biodata anak lainnya. Selaku orang tua tentunya harus memberikan nama terbaik dan jika salah ada persyaratan ganti nama di akta kelahiran maka harus di penuhi.

Baca juga: persyaratan perubahan nama di paspor

 

Persyaratan Ganti Nama di Akta Adalah 

Namun, tak jarang ada orangtua yang kurang tepat memberikan nama anaknya sehingga terkesan kurang menarik atau artinya tidak tepat. Untuk pergantian nama sendiri sebenarnya bisa di lakukan oleh orang tua atau anaknya sendiri saat sudah dewasa. Terdapat beberapa syarat ganti nama pada akta kelahiran yang harus memenuhi agar proses berjalan lancar.

Baca juga: cara menambahkan nama keluarga marga

 

SYARAT GANTI NAMA

 

Persyaratan Ganti Nama di Akta Apa Saja ?

Kebenaran biodata pada akta kelahiran memang menjadi penentu kemudahan dalam berbagai hal di masa mendatang. Apabila pada akta sendiri mengalami kesalahan, maka akan mempengaruhi semisal ingin daftar sekolah, kerja dan sebagainya. Untuk itu perhatikan beberapa persyaratan ganti nama di akta kelahiran berikut agar proses berjalan lancar:

 

  • Siapkan KTP asli dan dalam bentuk Fotocopy.
  • Kemudian siapkan Kartu Keluarga Asli dan fotocopy.
  • Setelah itu siapkan surat nikah orangtua asli dan fotocopy.
  • Surah nikah pemohon jika sudah menikah berbentuk asli dan fotocopy.
  • Lalu siapkan akta kelahiran pemohon bentuk asli dan fotocopy.
  • Terakhir siapkan akta lahir orang tua bentuk asli dan fotocopy.

baca juga : persyaratan ganti nama

 

  Manfaat Jasa Ganti Nama

ALASAN GANTI NAMA

Proses Urus Persyaratan Ganti Nama di Akta

Melakukan pergantian nama pada akta kelahiran sebenarnya mudah sekali di lakukan baik dari orang tua maupun pemilik akta sendiri. Ketika beberapa syarat mengganti nama di akta kelahiran sudah terpenuhi, pasti akan segera di proses. Sebenarnya terdapat bermacam alasan logis yang mengharukan seseorang mengganti nama di akta kelahiran.

Baca juga: cara ganti nama anak

 

contoh akta kelahiran barcode

Setelah mendapatkan salinan putusan pengadilan, maka langkah selanjutnya adalah anda mendatangi kantor dinas kependudukan dan catatan sipil (disduk capil) untuk mendaftarkan putusan pengadilan tersebut. Akta kelahiran anda yang lama akan di berikan catatan seperti di bawah ini :

Alasan Mengurus Persyaratan Ganti Nama di Akta

Alasan tersebut beragam jenis dan setiap orang tidaklah sama terkait dengan alasannya. Namun alasan tersebut juga termasuk persyaratan ganti nama di akta kelahiran agar di kabulkan. Jika alasan tersebut tidak masuk akal, maka kemungkinan susah di proses. Oleh karena itu, berikut terdapat beberapa alasan logis agar bisa ganti nama akta kelahiran:

 

1. Merasa Malu

Merasa malu ini bisa menjadi sebuah alasan logis seseorang mengganti nama pada akta kelahirannya. Sebab dengan nama yang tidak sesuai atau aneh maka akan menjadi sebuah bahan ledekan teman-temannya saat berkumpul bersama. Hal semacam ini tentu saja akan mengganggu mental pemilik nama kalau di biarkan terus menerus.

Baca juga: jasa pengurusan tambah nama di pengadilan

 

Oleh karena itulah, upaya melakukan pergantian nama karena malu bisa menjadi persyaratan ganti nama di akta kelahiran agar di kabulkan. Para pemohon pergantian nama bisa menentukan nama baru dengan arti bagus untuk menggantikan yang lama. Dengan begitu, para pemohon akan kembali melakukan aktivitas normalnya tanpa takut di ledek teman-temannya.

Baca juga: penambahan nama di akte kelahiran

 

2. Salah dalam Mengetik Nama

Alasan logis agar dapat di kabulkan untuk mengganti nama akta kelahiran adalah karena ada kesalahan dalam pengetikan nama. Kesalahan pengetikan biasanya kekurangan huruf atau semacamnya. Tentu saja kesalahan pengetikan ini akan sangat berdampak kedepannya yakni pada ijazah dan lainnya. Oleh sebab itulah hal ini bisa menjadi sebuah alasan dalam pergantian nama akta kelahiran.

Baca juga: mengubah nama anak

 

  Perubahan Nama Dalam Dokumen Sertifikasi

Alasan terjadinya kesalahan pengetikan nama juga merupakan persyaratan ganti nama di akta kelahiran sehingga cepat di proses. Namun sebelum itu juga cantumkan bukti tulisan nama yang benar agar tidak terjadi kesalahan lagi. Dengan demikian para pihak terkait akan mengetik nama ulang tanpa ada kesalahan lagi di kemudian hari.

Baca juga: prosedur syarat dan cara tambah nama

3. Sering Sakit-Sakitan

Orang tua tentu saja ingin melihat anaknya aktif dan sehat dalam melakukan aktivitas bermainnya. Kebanyakan orang tua masih mempercayai bahwa anak yang sering rewel, nangis dan sakit itu di sebabkan dari pemberian nama. Dengan begini alasan ini bisa jadi persyaratan ganti nama di akta kelahiran agar segera di proses.

Baca juga: bagaimana proses tambah nama di pengadilan

 

Para orang tua bisa mengganti nama anaknya sesuai dengan yang di harapkan agar anaknya tidak mengalami sakit-sakitan. Mengharapkan dengan pergantian nama baru yang sesuai dapat menjadikan anaknya sehat dan riang kembali. Dengan begitu orang tua tidak perlu merasa kepikiran lagi tentang nama anaknya yang dapat menyebabkan sakit-sakitan.

Baca juga: ingin tambah nama seperti ini prosedurnya

 

4. Ingin Menambahkan Nama Orang Tua

Sebagian orang tua mempercayai juga bahwa menambahkan namanya pada nama anaknya dapat memberikan kesuksesan tersendiri. Biasanya penambahan nama orangtua ini menjadi sebuah ciri khusus dalam keluarga besar. Para pemohon bisa menjadikan alasan ini sebagai persyaratan ganti nama di akta kelahiran bisa cepat di kabulkan.

Baca juga: cara mengurus penambahan nama di pengadilan

 

Mengetahui Persyaratan Ganti Nama di Akta

Penambahan nama ini dapat memberikan inspirasi juga kepada anak di kemudian hari setelah tumbuh dewasa. Anak akan selalu teringat kepada orang tua sehingga dirinya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membahagiakan orang tua. Dengan begitu kesuksesan anak akan tercapai karena dirinya selalu bersungguh-sungguh dalam belajar.

Baca juga: persyaratan penambahan nama di pengadilan

5. Arti Nama Buruk

Pemberian nama baik kepada anak memang menjadi sebuah keharusan bagi para orang tua agar anaknya menjadi sukses. Sebab dengan pemberian nama yang mempunyai arti baik akan menjadi doa sepanjang hidupnya. Sebaliknya apabila ternyata arti nama yang di berikan oleh orangtua mempunyai makna buruk, maka akan berdampak kurang bagus juga.

Baca juga: tata cara perubahan atau ganti nama

 

  Langkah Proses Pengurusan Ganti Nama

Oleh karena itulah alasan arti nama buruk ini bisa menjadi persyaratan ganti nama di akta kelahiran agar di kabulkan. Para orangtua bisa mengganti nama anaknya yang bagu serta mempunyai makna bagus pula. Dengan begitu, anak yang mempunyai nama panggilan bagus dan artinya juga, maka bisa menjadi doa akan kesuksesan di masa mendatangnya.

Baca juga: ubah nama di akte kelahiran

6. Nama Terlalu Panjang atau Pendek

Pemberian nama yang terlalu panjang ternyata juga akan memberikan kesulitan tersendiri pada si pemilik nama. Sebab anak akan sulit ketika menulis nama atau menghafal nama lengkapnya sehingga mengganti nama agak singkat akan membantunya. Selain itu, ketika nama anak tidak terlalu panjang akan dapat membantu mengingat nama lengkapnya.

Baca juga: bagaimana cara tambah nama suami

 

Bisa jadi juga orangtua memberikan nama anaknya terlalu pendek bahkan hanya beberapa huruf saja. Hal ini memang singkat namun anak akan menyerupai nama anak-anak lainnya sehingga membutuhkan penambahan nama lain. Jadi, alasan nama terlalu panjang atau pendek ini dapat menjadi persyaratan ganti nama di akta kelahiran agar di kabulkan.

Baca juga: jasa ganti nama terpercaya 100 konsumen puas

7. Nama Pembawa Sial

Sebagian orang terkadang masih mempercayai bahwa kesialan pada dirinya itu di sebabkan karena nama yang di berikan. Sugesti seperti ini biasanya akan terbawa sepanjang hidupnya sehingga akan berdampak buruk kedepannya. Dengan begitu cara terbaiknya adalah dengan mengganti namanya agar mempunyai sugesti positif.

Baca juga : persyaratan akta kelahiran anak diluar nikah

 

Melakukan pergantian nama karena merasa sial dalam hidupnya juga dapat menjadi salah satu alasan ganti nama di akta kelahiran agar cepat di proses. Oleh karena itulah siapkan nama terbaik yang mempunyai arti bagus untuk di ganti pada akta kelahiran. Dengan demikian sugesti positif akan kembali timbul sehingga bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Baca juga : persyaratan akta kelahiran anak

Ulasan Persyaratan Ganti  di Akta 

Demikian tadi ulasan terkait persyaratan ganti nama di akta kelahiran serta alasan logis agar dapat di kabulkan dalam pergantian nama. Jadi perlu memperhatikan bahwa sebelum memberikan nama pada anak harus benar-benar memberikan yang terbaik. Untuk prosesnya sendiri, jika merasa terlalu menyulitkan, maka silakan menghubungi kami untuk mendapatkan bantuan.

Baca juga : legalisir akta kelahiran di catatan sipil

 

JASA GANTI NAMA

Jasa Urus Persyaratan Ganti Nama di Akta Profesional 

PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi