Bagaimana Proses Tambah Nama di Pengadilan

Kejadian mengganti nama bukanlah hal yang asing saat ini. Banyak orang yang mengganti namanya menjadi baru karena berbagai alasan. Mulai dari sakit, nama terlalu panjang atau bahkan pendek, ada juga yang karena namanya lucu. Karena alasan inilah, banyak yang bertanya bagaimana proses tambah nama di pengadilan yang benar hingga selesai.

Baca juga : jasa ganti nama ktp

proses tambah nama di pengadilan adalah

Proses yang di butuhkan untuk melakukan penggantian ini bukanlah proses yang sederhana. Ada beberapa langkah pasti yang harus Anda di praktikkan agar prosesnya selesai. Saat mengurusnya, biaya juga pasti di butuhkan. Semua poin ini akan kami di jelaskan secara terperinci agar bisa di pahami.

Baca juga: persyaratan perubahan nama di paspor

 

Berikut adalah uraiannya:

Bagaimana Proses Tambah Nama di Pengadilan_

Bagaimana Proses Tambah Nama di Pengadilan 

Bagaimana proses tambah nama di pengadilan yang benar? Pertanyaan ini pasti pernah muncul pada orang yang ingin mengganti namanya. Sebelum melakukan proses ini, pastikan tahu dengan jelas apa tujuan penggantiannya.

Baca juga: cara menambahkan nama keluarga marga

 

RUANG PENGADILAN

Jika sudah tahu, maka lakukan prosedur penggantian nama di bawah ini dengan runtut:

 

1. Lengkapi Dokumen proses tambah nama di pengadilan

Langkah pertama yang bisa di lakukan untuk mengganti nama adalah dengan menyiapkan dokumen yang di perlukan. Untuk persoalan dokumen ini, yang di butuhkan tidak hanya satu atau dua saja. ada beberapa dokumen penting yang perlu di siapkan secara matang.

Baca juga: cara ganti nama anak

 

  Penyedia Jasa Pengurusan Perubahan Nama

 

dokumen untuk proses tambah nama di pengadilan

  • Surat permohonan untuk melakukan penggantian nama. Surat ini harus di tandatangani oleh yang mengajukan di atas materai 6.000. Jika tidak ada materai, maka suratnya tidak sah. Kemudian buat salinannya sebanyak 2 lembar untuk prosesnya.
  • Salinan KTP pemohon 1 lembar.
  • Dokumen salinan KK sebanyak 1 lembar.
  • Salinan akta nikah orang tua yang bersangkutan sebanyak 1 lembar.
  • Tambahan salinan ijazah sebanyak 1 lembar. Dokumen ini bisa di tambahkan jika yang bersangkutan sudah memiliki ijazah, dan asalan penggantiannya berhubungan dengan ijazah.
  • Salinan akta kelahiran dari yang bersangkutan sebanyak 1 lembar.
  • Dokumen salinan KTP 2 saksi yang sudah di tentukan sebelumnya masing-masing satu lembar salinan.

 

dokumen untuk proses tambah nama di pengadilan

 

Sebagai tambahan, surat permohonan yang di masukkan dalam dokumen juga harus berisi alasan melakukan perubahan nama. Jika alasannya tidak logis, maka besar kemungkinan akan di tolak oleh pihak pengadilan. Maka dari itu, pastikan untuk memiliki alasan yang jelas agar permohonannya bisa di terima.

Baca juga: jasa pengurusan tambah nama di pengadilan

 

2. Daftar ke Pengadilan Terdekat

Jika dokumen sudah lengkap, bagaimana proses tambah nama di pengadilan selanjutnya? Proses bisa di lanjutkan dengan melakukan pendaftaran ke pengadilan. Semua dokumen yang di butuhkan harus di bawa untuk melakukan pendaftaran awal. Jadi pastikan untuk tidak melupakan dokumen penting yang harus di lengkapi.

Baca juga: penambahan nama di akte kelahiran

Pada proses pendaftaran ke pengadilan ini, pemohon juga harus mengajukan dua saksi untuk proses sidang yang di butuhkan. Saksi ini tidak bisa sembarang orang. Hal ini di karenakan dua saksi tersebut akan ikut andil berbicara saat proses persidangan. Maka, pastikan memilih saksi yang benar-benar dekat dan tahu alasan perubahan nama.

Baca juga: mengubah nama anak

 

Dengan adanya proses pendaftaran ini, maka akan di ketahui tanggal sidang yang akan di langsungkan. Memutuskan tanggal sidang tidak lama. Asal semua dokumen sudah lengkap, maka pemutusan tanggal juga akan cepat. Hanya saja, tanggal sidang tidak akan terlalu dekat dengan tanggal pendaftaran karena harus mengikuti antrian.

Baca juga: prosedur syarat dan cara tambah nama

3. Lakukan Sidang Secara Langsung

Saat tanggal sidang sudah di putuskan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan persidangan. Dengan adanya persidangan ini, maka pemohon harus datang dengan saksi yang sudah di tetapkan. Nantinya, saksi dan pemohon akan akan di tanya mengenai alasan perubahan nama secara detail hingga bisa anda pahami.

Baca juga: ingin tambah nama seperti ini prosedurnya

 

  Perubahan Nama Dalam Dokumen Akta Cerai

Proses sidang bisa berlangsung sebanyak dua kali. Jika berkasnya kurang lengkap, maka prosesnya akan cepat selesai. Apabila tidak, maka Anda harus melengkapi berkas yang kurang. Maka dari itu, harus di siapkan sejak awal agar tidak terjadi penundaan persidangan atau penambahan sidang dalam prosesnya.

Baca juga: cara mengurus penambahan nama di pengadilan

Untuk menyelesaikan proses ini, tentu ada biaya yang harus di tambahkan. Kisaran biaya pengadilan untuk penggantian nama adalah sekitar 100 ribu rupiah. Ini merupakan nominal paling sedikit, sehingga bisa saja ada kenaikan. Wilayah persidangan juga menjadi alasan lain besar atau kecilnya biaya yang di butuhkan.

Baca juga: persyaratan penambahan nama di pengadilan

4. Tunggu Keputusan

Jika semua dokumen sudah selesai dan persidangan bisa di lakukan, maka keputusan bisa didapat. Tidak semua pengajuan bisa di setujui. Jika tidak di setujui, maka prosesnya akan berhenti sampai pengadilan saja. Namun jika di setujui, maka harus menunggu selama satu minggu untuk mengambil penetapan dari pengadilan.

Baca juga: tata cara perubahan atau ganti nama

5. Ubah Dokumen Penting dengan Nama Baru

Lalu, bagaimana proses tambah nama di pengadilan yang terakhir? Jika semua sudah selesai dan penetapan nama baru sudah di putuskan, maka langkah yang bisa di lakukan adalah mengubah nama baru di dokumen penting. Proses ini penting untuk di lakukan agar semua dokumen sudah mencantumkan nama baru yang sesuai dengan keputusan pengadilan.

Baca juga: ubah nama di akte kelahiran

 

Dasar Hukum Proses Tambah nama di pengadilan

Proses mengganti nama bukanlah proses yang bisa di lakukan dengan mudah. Karena nama yang di pakai akan terhubung dengan berbagai dokumen, maka pencatatannya juga harus sesuai. Maka dari itu. Indonesia sendiri sudah memiliki undang-undang yang mengatur penggantian nama secara legal dan benar.

Baca juga: bagaimana cara tambah nama suami

Pada Pasal 52 Undang-Undang Nomor 23 pada Tahun 2006, aturan untuk perubahan nama ini sudah di cantumkan. Isi dari pasal tersebut tentang di mana perubahan nama bisa di lakukan. Jika sesuai dengan undang-undang tersebut, maka prosesnya hanya bisa di lakukan di pengadilan melalui proses sidang.

Baca juga: persyaratan ganti nama di akta kelahiran

 

  Alasan Perubahan Nama Dalam Dokumen Identitas Keluarga

Dengan adanya dasar hukum ini, proses penggantian nama tidak bisa di lakukan tanpa mengikuti aturan yang jelas. Jika nama Anda diganti tanpa melalui sidang di pengadilan, maka bisa di sebut ilegal. Peraturan yang sudah di buat mencantumkan poin ini. Sehingga, siapa pun yang ingin merubah nama harus mengikuti dasar hukum yang ada.

Baca juga: jasa ganti nama terpercaya 100 konsumen puas

Jasa urus proses tambah nama di pengadilan 

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, proses mengganti nama bukanlah proses yang mudah. Maka dari itu, harus di lakukan dengan benar dan sistematis. Jika mengingat kesibukan semua orang, tentu saja waktu yang di butuhkan juga jadi pertimbangan. Bagi Nada yang masih sibuk dengan urusan lain dan tidak bisa mengurus penggantian nama, maka kami adalah solusinya.

Baca juga : jasa ganti nama ktp

 

Dengan jasa kami, maka proses yang di lakukan bisa selesai dengan cepat dan benar. Anda hanya perlu menyerahkan berkas yang di perlukan dan melakukan pembayaran kepada kami. Untuk selanjutnya, prosesnya akan kami selesaikan dan akan kami berikan jika nama yang baru sudah jadi dan bisa di pakai.

Baca Juga : jasa ganti nama terpercaya 100%

 

JASA UNTUK MEMBANTU PROSES TAMBAH NAMA

 

biro jasa proses tambah nama di pengadilan

Solusi ini akan sangat pas bagi Anda yang tidak suka mengurus sesuatu yang rumit. Untuk biaya sendiri, Anda juga tidak perlu khawatir. Kami sudah memberikan penawaran harga terjangkau yang bisa anda pilih tanpa harus membebani Anda. Dengan semua kelebihan ini, tidak ada salahnya untuk memakai jasa kami.

Baca juga : permohonan ganti nama

 

Jika ada yang masih bertanya bagaimana proses tambah nama di pengadilan yang bisa di lakukan, maka jawabannya mudah. Ikuti prosedur yang sudah di jelaskan atau serahkan saja kepada kami. Jika ingin mengurus penggantian nama tapi masih sibuk atau bingung, langsung saja hubungi kami. Maka akan kami berikan informasi detail yang di perlukan.

Baca juga : persyaratan mengganti nama

PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi