Daftar Isi
- 1
- 2 proses tambah nama di pengadilan adalah
- 3 biro jasa proses tambah nama di pengadilan
- 4 Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :
- 5 Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :
- 6
Kejadian mengganti nama bukanlah hal yang asing saat ini. Banyak orang yang mengganti namanya menjadi baru karena berbagai alasan. Mulai dari sakit, nama terlalu panjang atau bahkan pendek, ada juga yang karena namanya lucu. Karena alasan inilah, banyak yang bertanya bagaimana proses tambah nama di pengadilan yang benar hingga selesai.
Baca juga : jasa ganti nama ktp
proses tambah nama di pengadilan adalah
Proses yang di butuhkan untuk melakukan penggantian ini bukanlah proses yang sederhana. Ada beberapa langkah pasti yang harus Anda di praktikkan agar prosesnya selesai. Saat mengurusnya, biaya juga pasti di butuhkan. Semua poin ini akan kami di jelaskan secara terperinci agar bisa di pahami.
Baca juga: persyaratan perubahan nama di paspor
Berikut adalah uraiannya:
Bagaimana Proses Tambah Nama di Pengadilan
Bagaimana proses tambah nama di pengadilan yang benar? Pertanyaan ini pasti pernah muncul pada orang yang ingin mengganti namanya. Sebelum melakukan proses ini, pastikan tahu dengan jelas apa tujuan penggantiannya.
Baca juga: cara menambahkan nama keluarga marga
Jika sudah tahu, maka lakukan prosedur penggantian nama di bawah ini dengan runtut:
1. Lengkapi Dokumen proses tambah nama di pengadilan
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengganti nama adalah dengan menyiapkan dokumen yang diperlukan. Untuk persoalan dokumen ini, yang dibutuhkan tidak hanya satu atau dua saja. ada beberapa dokumen penting yang perlu disiapkan secara matang.
Baca juga: cara ganti nama anak
dokumen untuk proses tambah nama di pengadilan
- Surat permohonan untuk melakukan penggantian nama. Surat ini harus ditandatangani oleh yang mengajukan di atas materai 6.000. Jika tidak ada materai, maka suratnya tidak sah. Kemudian buat salinannya sebanyak 2 lembar untuk prosesnya.
- Salinan KTP pemohon 1 lembar.
- Dokumen salinan KK sebanyak 1 lembar.
- Salinan akta nikah orang tua yang bersangkutan sebanyak 1 lembar.
- Tambahan salinan ijazah sebanyak 1 lembar. Dokumen ini bisa ditambahkan jika yang bersangkutan sudah memiliki ijazah, dan asalan penggantiannya berhubungan dengan ijazah.
- Salinan akta kelahiran dari yang bersangkutan sebanyak 1 lembar.
- Dokumen salinan KTP 2 saksi yang sudah ditentukan sebelumnya masing-masing satu lembar salinan.
Sebagai tambahan, surat permohonan yang dimasukkan dalam dokumen juga harus berisi alasan melakukan perubahan nama. Jika alasannya tidak logis, maka besar kemungkinan akan ditolak oleh pihak pengadilan. Maka dari itu, pastikan untuk memiliki alasan yang jelas agar permohonannya bisa diterima.
Baca juga: jasa pengurusan tambah nama di pengadilan
2. Daftar ke Pengadilan Terdekat
Jika dokumen sudah lengkap, bagaimana proses tambah nama di pengadilan selanjutnya? Proses bisa dilanjutkan dengan melakukan pendaftaran ke pengadilan. Semua dokumen yang dibutuhkan harus dibawa untuk melakukan pendaftaran awal. Jadi pastikan untuk tidak melupakan dokumen penting yang harus dilengkapi.
Baca juga: penambahan nama di akte kelahiran
Pada proses pendaftaran ke pengadilan ini, pemohon juga harus mengajukan dua saksi untuk proses sidang yang dibutuhkan. Saksi ini tidak bisa sembarang orang. Hal ini dikarenakan dua saksi tersebut akan ikut andil berbicara saat proses persidangan. Maka, pastikan memilih saksi yang benar-benar dekat dan tahu alasan perubahan nama.
Baca juga: mengubah nama anak
Dengan adanya proses pendaftaran ini, maka akan diketahui tanggal sidang yang akan dilangsungkan. Memutuskan tanggal sidang tidak lama. Asal semua dokumen sudah lengkap, maka pemutusan tanggal juga akan cepat. Hanya saja, tanggal sidang tidak akan terlalu dekat dengan tanggal pendaftaran karena harus mengikuti antrian.
Baca juga: prosedur syarat dan cara tambah nama
3. Lakukan Sidang Secara Langsung
Saat tanggal sidang sudah di putuskan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan persidangan. Dengan adanya persidangan ini, maka pemohon harus datang dengan saksi yang sudah di tetapkan. Nantinya, saksi dan pemohon akan akan ditanya mengenai alasan perubahan nama secara detail hingga bisa anda pahami.
Baca juga: ingin tambah nama seperti ini prosedurnya
Proses sidang bisa berlangsung sebanyak dua kali. Jika berkasnya kurang lengkap, maka prosesnya akan cepat selesai. Apabila tidak, maka Anda harus melengkapi berkas yang kurang. Maka dari itu, harus di siapkan sejak awal agar tidak terjadi penundaan persidangan atau penambahan sidang dalam prosesnya.
Baca juga: cara mengurus penambahan nama di pengadilan
Untuk menyelesaikan proses ini, tentu ada biaya yang harus di tambahkan. Kisaran biaya pengadilan untuk penggantian nama adalah sekitar 100 ribu rupiah. Ini merupakan nominal paling sedikit, sehingga bisa saja ada kenaikan. Wilayah persidangan juga menjadi alasan lain besar atau kecilnya biaya yang di butuhkan.
Baca juga: persyaratan penambahan nama di pengadilan
4. Tunggu Keputusan
Jika semua dokumen sudah selesai dan persidangan bisa di lakukan, maka keputusan bisa didapat. Tidak semua pengajuan bisa di setujui. Jika tidak di setujui, maka prosesnya akan berhenti sampai pengadilan saja. Namun jika di setujui, maka harus menunggu selama satu minggu untuk mengambil penetapan dari pengadilan.
Baca juga: tata cara perubahan atau ganti nama
5. Ubah Dokumen Penting dengan Nama Baru
Lalu, bagaimana proses tambah nama di pengadilan yang terakhir? Jika semua sudah selesai dan penetapan nama baru sudah di putuskan, maka langkah yang bisa di lakukan adalah mengubah nama baru di dokumen penting. Proses ini penting untuk di lakukan agar semua dokumen sudah mencantumkan nama baru yang sesuai dengan keputusan pengadilan.
Baca juga: ubah nama di akte kelahiran
Dasar Hukum Proses Tambah nama di pengadilan
Proses mengganti nama bukanlah proses yang bisa di lakukan dengan mudah. Karena nama yang di pakai akan terhubung dengan berbagai dokumen, maka pencatatannya juga harus sesuai. Maka dari itu. Indonesia sendiri sudah memiliki undang-undang yang mengatur penggantian nama secara legal dan benar.
Baca juga: bagaimana cara tambah nama suami
Pada Pasal 52 Undang-Undang Nomor 23 pada Tahun 2006, aturan untuk perubahan nama ini sudah di cantumkan. Isi dari pasal tersebut tentang di mana perubahan nama bisa di lakukan. Jika sesuai dengan undang-undang tersebut, maka prosesnya hanya bisa di lakukan di pengadilan melalui proses sidang.
Baca juga: persyaratan ganti nama di akta kelahiran
Dengan adanya dasar hukum ini, proses penggantian nama tidak bisa di lakukan tanpa mengikuti aturan yang jelas. Jika nama Anda diganti tanpa melalui sidang di pengadilan, maka bisa di sebut ilegal. Peraturan yang sudah di buat mencantumkan poin ini. Sehingga, siapa pun yang ingin merubah nama harus mengikuti dasar hukum yang ada.
Baca juga: jasa ganti nama terpercaya 100 konsumen puas
Jasa urus proses tambah nama di pengadilan
Seperti yang sudah di jelaskan di atas, proses mengganti nama bukanlah proses yang mudah. Maka dari itu, harus di lakukan dengan benar dan sistematis. Jika mengingat kesibukan semua orang, tentu saja waktu yang di butuhkan juga jadi pertimbangan. Bagi Nada yang masih sibuk dengan urusan lain dan tidak bisa mengurus penggantian nama, maka kami adalah solusinya.
Baca juga : jasa ganti nama ktp
Dengan jasa kami, maka proses yang di lakukan bisa selesai dengan cepat dan benar. Anda hanya perlu menyerahkan berkas yang di perlukan dan melakukan pembayaran kepada kami. Untuk selanjutnya, prosesnya akan kami selesaikan dan akan kami berikan jika nama yang baru sudah jadi dan bisa di pakai.
Baca Juga : jasa ganti nama terpercaya 100%
biro jasa proses tambah nama di pengadilan
Solusi ini akan sangat pas bagi Anda yang tidak suka mengurus sesuatu yang rumit. Untuk biaya sendiri, Anda juga tidak perlu khawatir. Kami sudah memberikan penawaran harga terjangkau yang bisa anda pilih tanpa harus membebani Anda. Dengan semua kelebihan ini, tidak ada salahnya untuk memakai jasa kami.
Baca juga : permohonan ganti nama
Jika ada yang masih bertanya bagaimana proses tambah nama di pengadilan yang bisa di lakukan, maka jawabannya mudah. Ikuti prosedur yang sudah di jelaskan atau serahkan saja kepada kami. Jika ingin mengurus penggantian nama tapi masih sibuk atau bingung, langsung saja hubungi kami. Maka akan kami berikan informasi detail yang di perlukan.
Baca juga : persyaratan mengganti nama
Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :
- Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
- Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
- Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
- Adanya surat asli tapi palsu
- Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
- Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
- Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
- Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
- Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang
Baca juga : cara ganti nama anak
Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :
- Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
- Memiliki kredibilitas legalitas usaha
- Memiliki kantor yang jelas alamatnya
- Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
- Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
- Bisa menghubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
- Update informasi perkembangan order
- Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
- Proses cepat dan akurat dan terjamin keasliannya.
- Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
- Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner
Baca juga : tata cara perubahan atau ganti nama
Apa saja persyaratan proses tambah nama di pengadilan ?
Cara kirim dokumen bagaimana proses tambah nama di pengadilan bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.
Baca juga : persyaratan ganti nama di akta kelahiran
Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :
- Kecepatan dan ketepatan waktu proses
- Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
- Terhindar dari unsur penipuan karena pembayaran setelah dokumen selesai
- Uang akan kembali apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya
Baca juga : jasa ganti nama di pengadilan negeri
Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi PT Jangkar Global Groups Jasa Bagaimana proses tambah nama di pengadilan :