Pengurangan Nama di Akta Lahir

Pengurangan Nama – Oleh sebab itu, nama adalah bagian dari diri seseorang yang melekat sejak kelahirannya. karena berbagai berbagai banyak hal orang yang ingin menambah atau mengurangi namanya.

 

Oleh karna itu, perlu tahu persyaratan pengurangan nama di akta lahir serta prosedur yang benar. Seperti urusan birokrasi yang lain, melakukan perubahan pada nama pun berkaitan dengan legalisasi.

 

Baca juga : persyaratan ganti nama

 

Pengurangan Nama di Akta Lahir

 

Pengurangan Nama Menurut Hukum

Pengurangan nama artinya melakukan perubahan terhadap nama. Oleh karna itu, agar bisa mengganti nama, perlu melakukan perubahan terlebih dahulu di akta kelahiran. Anda wajib melaporkan hal ini ke Dinas Kependudukan, sehingga penerbitan akta baru bisa di lakukan.

Baca juga : persyaratan akta kelahiran anak diluar nikah

 

Sejak lampau, penggantian nama bahkan telah di lakukan presiden pertama RI, yakni IR Soekarno. Saat ini, peraturan tentang mengubah nama tertera dalam UU nomor 23 di tahun 2006 tentang administrasi kependudukan. Artinya, pengurangan nama termasuk peristiwa penting dan berkaitan erat dengan lembaga hukum.

Baca juga :Tata Cara Perubahan Atau Ganti Nama

 

contoh akta kelahiran barcode

 

Oleh karna itu, prosesnya tidak dapat di sepelekan, sebab berhubungan dengan identitas dari penduduk yang tercantum di data pemerintah. Sebut saja KTP, ijazah, surat nikah, dan lain-lain semuanya memerlukan nama dari yang bersangkutan. Berbeda satu huruf dapat di permasalahkan, sehingga Anda perlu mengurus pengurangan nama dengan cermat. Saat ini mengganti nama semakin mudah dengan adanya jasa pengurusan ganti nama.

Baca juga : persyaratan akta kelahiran anak

Syarat Pengurangan Nama di Akta Lahir

Mengurangi nama artinya terdapat identitas yang mengubah di akta kelahiran. Bila seseorang hendak melakukan pengajuan ganti nama, dapat mendatangi Pengadilan Negeri di wilayahnya. Sebagaimana urusan birokrasi lain, pemohon wajib menyiapkan persyaratan yang di butuhkan, yakni:

Baca juga : legalisir akta kelahiran di catatan sipil

 

  Langkah-Langkah Pengurusan Perubahan Nama

  • Surat permohonan lengkap dengan materai 6.000, telah ditandatangani pemohon dan di fotokopi sebanyak dua lembar.
  • Satu lembar fotokopi KTP pemohon.
  • Ijazah terakhir (di fotokopi satu lembar).
  • KTP dua orang saksi yang sudah di fotokopi, masing-masing satu lembar (tanpa materai).
  • Fotokopi kartu keluarga satu lembar.
  • Buku nikah orang tua, di fotokopi selembar.
  • Satu lembar fotokopi akta kelahiran.

Baca juga : perubahan data akta kelahiran

 

Seluruh dokumen wajib disertai materai 6.000, kecuali fotokopi dari KTP saksi. Hal penting pada persyaratan pengurangan nama di akta lahir yakni surat permohonan, karena diajukan langsung menuju ketua Pengadilan Negeri. Surat ini wajib memuat alasan lengkap yang meyakinkan mengapa ingin mengurangi nama. Maksud serta tujuan disampaikan dengan kalimat yang jelas dan sesuai situasi sebenarnya.

Baca juga : pengurangan nama akta lahir

Prosedur Mengurangi Nama

Setelah melengkapi persyaratan pengurangan nama di akta lahir, Anda dapat berlanjut menuju prosedur yang sudah ditetapkan dalam UU 23 tahun 2006. Berikut ini tahap yang perlu dilakukan untuk melakukan pengurangan nama:

Baca juga : urus dokumen kelahiran anak luar negeri

 

1. Mengajukan Permohonan Pengurangan Nama Beserta Saksi

Siapkan seluruh persyaratan yang diwajibkan, kumpulkan dalam satu map. Datang menuju Pengadilan Negeri, bawa saksi minimal dua orang. Kedua saksi berperan dalam membuktikan jika pemohon benar-benar menjalankan prosedur sesuai ketetapan untuk pengurangan nama. Saksi juga dapat menguatkan alasan pemohon ingin mengubah namanya. Hakim akan menanyakan hal ini pada saksi saat berlangsungnya persidangan.

Baca juga : penambahan nama di akte kelahiran

 

Setelah menetapkan saksi, ajukan permohonan ke Pengadilan Negeri. Persyaratan yang sudah dibawa serta nama saksi kemudian didaftarkan ke pengadilan setempat dan dibuatkan jadwal sidang. Catat jadwal yang ditentukan agar tidak lupa, karena jika mundu prosesnya semakin lambat dan sulit menemukan jadwal yang baru.

Baca juga : ubah nama di akte kelahiran

 

  Keamanan Dan Kepercayaan Ganti Nama Dalam Proses Sidang

Prosedur Mengurangi Nama

 

2. Mengikuti Persidangan

Datang menuju persidangan setelah semua berkas di terima dan mendapatkan verifikasi dari pihak pengadilan. Sidang akan di pimpin satu hakim tunggal. Pemohon datang bersama dua saksi dan menjawab semua pertanyaan yang mengajukan sesuai keadaan sebenarnya. Umumnya pengadilan berlangsung dua kali, dengan jarak satu minggu dari satu sidang dengan yang berikutnya.

Baca juga : legalisir akte kelahiran di kumham deplu

 

Hal ini juga berkaitan dengan syarat serta faktor lain selama persidangan berlangsung. Contohnya ada persyaratan pengurangan nama di akta lahir yang belum tepat, kerumitan kasus, dan sebagainya. Umumnya prosedur ini selesai dalam satu bulan. Namun, jika hakim merasakan adanya hal yang ganjil atau tidak sesuai dengan aturan, permohonan bisa saja di tolak.

Baca juga : legalisir akte kelahiran di kemenkumham dan kemenlu

 

3. Mengurus Akta Kelahiran ke Dis dukcapil

Tunggu hingga keputusan di buat serta pengajuan di terima berdasarkan hasil sidang. Barulah penetapan untuk mengganti nama dapat di ambil. Jika permohonan pengurangan namanya di kabulkan, surat penetapan akan di kirimkan pada pemohon, yang berisi ketetapan dari Pengadilan Negeri. Setelah itu pemohon bisa membawa ketetapan tersebut ke Dinas Kependudukan serta Pencatatan Sipil setempat untuk mengurus perubahan akta lahir.

Baca juga : legalisir akta pencatatan sipil

 

Penetapan hakim ini di berikan bentuk salinannya (fotocopy) namun sebaiknya juga membawa versi aslinya untuk membuktikan keabsahan dokumen. Semua dokumen akan di periksa dan masuk ke daftar antrian. Akta ini umumnya di terbitkan paling lambat tiga puluh hari sejak salinan penetapannya di terima oleh Dis dukcapil.

Baca juga: laporan kelahiran luar negeri

 

Tujuan salinan ketetapan tersebut adalah mengganti data yang pernah ada sebelumnya menjadi nama baru. Dengan begitu, akta kelahiran di beri catatan di pinggir oleh Dis dukcapil tentang perubahan nama. Dengan akta yang sudah di ubah nantinya, pemohon bisa mengurus surat serta identitas berharga misalnya KTP, sertifikat, surat izin, dan lain sebagainya.

Baca juga : legalisir akta kelahiran online

Biaya Pengurangan Nama

Tidak hanya memenuhi persyaratan pengurangan nama di akta lahir, untuk melanjutkan hingga prosedur selesai juga membutuhkan biaya. Apalagi nama merupakan identitas utama dari seseorang yang di tanyakan pertama kali di berbagai keperluan. Jangan lupa menyediakan anggaran sebelum berlanjut ke prosedurnya, agar tidak terhambat di tengah-tengah.

Baca juga : ubah nama di akta kelahiran

 

  Proses Pemeriksaan Saksi Ahli Dalam Ganti Nama Di Pengadilan

Biaya yang di perlukan untuk mengganti nama dapat berbeda, tetapi umumnya berkisar di angka 300.000. Di mulai dari PNBP 30.000, proses pengajuan 75.000, biaya redaksi 5.000, dua lembar materai 12.000, serta biaya tidak tetap (panggilan sebanyak 2 kalikan 100.000 = 200.000). Semua biaya di bebankan sesuai yang tertera di kwitansi resmi (Skum). Pemohon tidak di perkenankan menambahkan biaya di luar yang telah tercantum.

Baca juga : legalisir akta kelahiran

Jasa Pengurangan Nama di Akta Lahir

Melengkapi syarat, melakukan prosedur pengurangan nama hingga laporan menuju Dis dukcapil membutuhkan sumber daya yang tak sedikit. Kami mengerti sebagian dari Anda belum pernah mengurus pengurangan nama sebelumnya, wajar jika muncul kekhawatiran akan hal-hal yang tidak berjalan lancar.

Baca juga : persyaratan ganti nama di akta kelahiran

 

Tidak di pungkiri bahwa ada kemungkinan pengajuan di tolak, sehingga menambah keresahan. Hal ini berhubungan dengan kelengkapan, kevalidan dokumen dan alasan yang kuat untuk mengurangi nama. Agar hambatan seperti ini dapat di atasi, Anda bisa menyerahkan pengurusan ganti nama pada jasa yang terpercaya.

Baca juga : penerjemah tersumpah akta kelahiran cara mudah dan terpercaya dalam menerjemahkan akta kelahiran

 

Solusi Pengurangan Nama di Akta Lahir

Kami, Jangkar Global Group sanggup menjadi solusi yang menjawab kebimbangan klien. Anda sebagai klien berhak melakukan konsultasi terkait keperluan yang di urus, staf kami siap membantu dan memberi masukan. Dengan sumber daya yang berpengalaman, kami menyediakan informasi yang Anda butuhkan agar prosedur ganti nama lebih terarah.

Baca juga: jasa surat keabsahan akta kelahiran disduk capil

 

Khawatir tentang biaya? Di jasa kami, Anda dapat menyelesaikan pembayaran sesudah dokumen akta kelahiran yang baru sampai ke tangan Anda. Dengan pengalaman sejak 2008 dan menangani hingga lebih dari 1000 klien, kami mengutamakan layanan yang aman dan tepat.

 

Nah, Anda telah mengetahui persyaratan pengurangan nama di akta lahir serta prosedurnya. Agar efisien dari segi waktu maupun biaya, Anda dapat memanfaatkan jasa yang kredibel untuk mengurus pengurangan nama. Anda dapat memantau progress secara berkala sehingga bisa tetap mengetahui prosesnya tanpa turun langsung. Segera hubungi kami melalui kontak yang tersedia. Baik WhatsApp, email, serta telepon semua bisa menghubungi pada jam kerja. 

PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

 

Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi