Penyetaraan Ijazah S1 Singapura

Penyetaraan Ijazah S1 Singapura – Baru saja menyelesaikan pendidikan di Singapura dan telah kembali ke Indonesia? Sebelumnya, Anda perlu mengurus penyetaraan ijazah S1 Singapura di Kemenristekdikti. Dengan demikian, ijazah yang telah di dapatkan dari Singapura bisa mendapatkan pengakuan sah di negara asal yakni Indonesia. Acuan yang di gunakan dalam penyetaraan ini di sesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional.

baca juga : Jasa Sworn Translator Kedutaan Singapore

Penyetaraan Ijazah S1 Singapura, Pada layanan ini, lulusan S1 Singapura dapat menyetarakan IPK yang di dapatkan dari universitas di luar negeri agar sesuai dengan standar pendidikan tinggi di Indonesia. Ditjen Dikti Ristek menyampaikan harapannya terhadap masyarakat Indonesia yang baru lulus dari luar negeri. Lulusan di harapkan mampu menggunakan ilmunya dalam memberi kontribusi pada bidang yang berbeda. Bagaimana cara untuk menyetarakan ijazah? Berikut penjelasannya:

Apa Itu Penyetaraan Ijazah S1 Singapura?

Bagi lulusan dari sekolah atau kampus luar negeri, istilah Penyetaraan Ijazah S1 Singapura sudah tidak asing lagi. Penyetaraan ijazah merupakan proses menyetarakan ijazah yang di dapatkan dari luar negeri dengan yang berlaku di Indonesia.

baca juga : Legalisir Surat Wasiat di Kedutaan Singapore

 

Penyetaraan Ijazah S1 Singapura ini berkaitan erat dengan kurikulum serta aspek lainnya sebagai pedoman untuk melaksanakan pendidikan luar negeri yang tentunya berbeda di tiap negara. Oleh karena itu, ijazah yang di dapatkan dari luar negeri di setarakan sesuai aturan ijazah di Indonesia.

baca juga :Jasa Legalisir Akta Perkawinan Kedutaan Singapore

 

Baca juga : Legalisasi Akte Kelahiran Kedutaan Singapore

  Penyetaraan Ijazah SMA Di Tiongkok

 

Sebagai contoh, lulusan S3 luar negeri di berikan gelar Ph.D namun di Indonesia gelarnya adalah Doktor. Dengan proses penyetaraan, ijazah S3 ini dapat di anggap setara gelar Doktor yang berlaku di Indonesia.

baca juga : Legalisir Ijazah di Kedutaan Singapore

 

Syarat Penyetaraan Ijazah S1 Singapura

Syarat Penyetaraan Ijazah S1 Singapura

Penyetaraan ijazah di lakukan sesuai prosedur yang telah di atur oleh Kemenristekdikti. Dengan berkembangnya zaman, sekarang prosesnya juga dapat di lakukan secara online. Apapun dokumen yang di ajukan, tentu perlu mengikuti prosedur serta syarat yang berlaku. Syarat untuk penyetaraan ijazah terbagi menjadi dua, yaitu wajib dan khusus.

baca juga :jasa legalisir kedutaan Singapore

1. Persyaratan Umum

Sebagai pemohon, Anda wajib memenuhi persyaratan sesuai ketentuan. Berikut daftar persyaratan serta hal yang penting untuk Anda ketahui sebelum mengajukan penyetaraan ijazah:

  • Universitas wajib telah terakreditasi (di akui oleh pemerintah atau lembaga yang berwenang).
  • Ijazah bersifat asli, berwarna. Jika belum berbahasa Inggris wajib di terjemahkan oleh penerjemah tersumpah (sworn translator).
  • Transkrip akademik asli, berwarna. Bahasa di luar Inggris dan Indonesia wajib terjemahkan oleh sworn translator.
  • Visa studi dan paspor seluruh halaman sebagai bukti keluar masuknya pemohon menuju tempat studi (khusus yang lulusan dari research based dapat menggunakan visa kunjungan).
  • Bukti penerimaan mahasiswa di universitas (letter of acceptance).
  • Ijazah dari jenjang pendidikan sebelumnya yang telah terbukti keabsahannya dari penerbit ijazah dan di verifikasi Di rektorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  • Surat yang memutuskan penyetaraan ijazah.

baca juga : Biro Jasa Legalisir Dokumen Kedutaan Singapore

 

2. Persyaratan Khusus

Sebagai lulusan, perlu mengetahui bahwa terdapat kondisi tertentu yang membuat pemohon perlu melampirkan beberapa syarat tambahan. Berikut daftar syarat khusus untuk penyetaraan ijazah S1 Singapura:

 

  • Perguruan tinggi maupun program yang masih belum terdaftar di sistem penyetaraan ijazah wajib menunjukkan bukti akreditasi dari pemerintah atau kantor perwakilan Indonesia.
  • Lulusan dari program doktor di wajibkan melampirkan publikasi yang pernah meneterbitkan di jurnal internasional.
  • Bagi lulusan Taiwan, di wajibkan menyertakan lembar pengesahan untuk tugas akhir yang telah di tandatangani dosen pembimbing dan pengujinya.
  • Lulusan bachelor, master, serta doktor yang berkuliah di Tiongkok menyertakan China Academic Degree serta Graduate Education Development Center. Semua dokumen di terjemahkan sworn translator menuju Bahasa Inggris atau Indonesia.
  • Mahasiswa yang lulus dari Malaysia wajib membawa visa studi.
  • Lulusan diploma (D3) Tiongkok harus menyertakan China Higher Education Academic Credential Verification terjemahan.
  • Pemohon dari universitas yang belum mewajibkan publikasi wajib membawa surat keterangan tentang ketentuan tersebut dari universitas yang bersangkutan.
  • Lulusan program dengan gelar ganda maupun gelar bersama wajib menyiapkan dokumen transkrip, ijazah, surat keterangan lulus, dan izin dari Direktorat Jenderal Kelembagaan.
  • Pemohon dari universitas berbadan hukum membawa Memorandum of Understanding dan surat pemberitahuan pelaksanaan program yang di tujukan pada Direktorat Jenderal Kelembagaan.
  • Lulusan masters by research mengikutsertakan publikasinya yang memuat di proceedings.
  • Bagi yang mengambil full time study, wajib membawa izin tinggal atau dokumen yang sejenis.
  • Pemohon yang merupakan WNA melampirkan semua dokumen wajib, menambah surat dari sponsor Indonesia tentang tujuan dari penyetaraan, serta ijazah dan transkrip yang telah di legalisir di negara asalnya.

baca juga : Penerjemah Tersumpah Bahasa Singapore

Prosedur Penyetaraan Ijazah S1 Singapura

  Penyetaraan Ijazah S1 Luar Negeri

Jika persyaratan yang sangat di butuhkan dalam mengurus penyetaraan ijazah telah lengkap, Anda dapat mulai mengumpulkan informasi tentang cara mengurusnya. Agar prosedurnya berjalan lancar, berikut tahap yang wajib di lakukan:

Prosedur Penyetaraan Ijazah S1 Singapura

1. Membuat Akun Penyetaraan Ijazah

Buat akun ijazah untuk luar negeri dari halaman resmi Kemendikbud. Di halaman ini Anda perlu mengisi form berupa pendataan mengenai penyetaraan ijazah. Pastikan Anda mengunggah berkas pada jam operasionalnya. Pemohon bisa mendaftar serta mengunggah dokumen di hari Senin-Jumat jam delapan pagi hingga dua siang.

baca juga :PERSYARATAN MENIKAH WNI DI SINGAPORE

 

Berikutnya, untuk verifikasi dan penilaian berkas akan di mulai setengah sembilan hingga dua belas siang. Setelah itu akan ada istirahat dan mulai berlanjut lagi jam satu sampai dua siang. Untuk mengambil SK yang telah jadi dapat melalukan setiap Senin hingga Jumat di jam yang sama dengan waktu verifikasi. Tahap ini tidak di kenai biaya.

baca juga : LEGALISIR BUKU NIKAH DI KEDUTAAN SINGAPORE

 

2. Melengkapi Persyaratan Penyetaraan Ijazah

Isi data diri sebagai syarat melanjutkan ke tahap berikutnya. Informasi ini harus mengiisi dengan hati-hati sehingga tidak ada perbedaan data pada masa mendatang. Cara mengurus penyetaraan ijazah S1 Singapura selanjutnya adalah melampirkan semua syarat utama dan khusus (sesuai kondisi).

baca juga : PERSYARATAN MENIKAH WNA SINGAPORE DI INDONESIA

  PERSAMAAN IJAZAH DI KEMENAG

 

Dokumennya cukup banyak, maka pastikan melakukan pemeriksaan ulang terkait kelengkapannya. Kelengkapan dokumen sangat krusial, karena jika tidak lengkap bisa menghambat proses penilaian.

baca juga :LEGALISIR SKBM DI KEDUTAAN SINGAPORE

 

3. Proses Verifikasi Penyetaraan Ijazah S1 Singapura

Tunggu proses verifikasi hingga mendapatkan pemberitahuan lebih lanjut. Penyetaraan ijazah S1 singapura memerlukan proses penilaian yang melakukan tim verifikator seperti memvalidasi kebenaran data, memeriksa kelengkapan, dan lain-lain. Umumnya proses ini memerlukan waktu paling lama tujuh hari kerja. Anda juga dapat memeriksa statusnya dengan cara memasukkan nomor registrasi pada website Kemendikbud.

baca juga : VISA SINGAPORE UNTUK WARGA CHINA

 

4. Penerbitan dan Pengambilan SK Penyetaraan Ijazah S1 Singapura

Ambil SK (surat keputusan) yang telah selesai di proses jika telah mendapatkan pemberitahuan via email. Jika pemohon tidak dapat hadir, bisa meminta bantuan dari orang yang terpercaya untuk pengambilannya. Tentunya memerlukan surat kuasa untuk pihak wakil agar keamanannya dapat memastiskan. Jika mengalami masalah, baca bagian FAQ pada situs Kemendikbud.

baca juga : LEGALISIR KEDUTAAN SINGAPORE

Jasa Mengurus Penyetaraan Ijazah S1 Singapura Terpercaya

Dari penjelasan mengenai persyaratan hingga prosedur untuk menyetarakan ijazah Singapura, Anda telah mendapatkan gambaran bahwa prosesnya cukup kompleks. Khususnya pengisian data online, pemindaian data, dan urusan birokrasi lainnya yang cukup menyita waktu. Di antara padatnya kesibukan, Anda sekarang memiliki opsi untuk mempercayakan penyetaraan ijazah pada jasa terpercaya.Kami siap membantu Anda dengan kualitas layanan terbaik. Staf kami yang berpengalaman akan membantu mengurus dokumennya hingga selesai. Kami mengutamakan keamanan serta efektivitas waktu maupun biaya. Anda tidak perlu merisaukan pembayaran, karena dapat melakukan sesudah penyetaraan ijazah selesai.

baca juga :cost structure tki singapore

 

Jasa urus Penyetaraan Ijazah S1 Singapura

Sekarang Anda tidak perlu menghabiskan waktu banyak dalam pengisian data online atau datang ke Kemenristekdikti. Bukan hanya penyetaraan, pengurusan dokumen lain seperti pindah sekolah ke luar negeri, memakai jasa penerjemah tersumpah bisa Anda dapatkan di perusahaan kami.

baca juga : Pindah Warga Negara Dari WNI Menjadi Warga Singapura

 

Agar penyetaraan ijazah S1 Singapura dapat berjalan dengan lancar, jangan ragu mengonsultasikan kebutuhan Anda kepada kami. Permasalahan seperti waktu yang terbatas, hambatan teknologi, pemahaman minim dan sebagainya dapat mengatasi dengan memilih perusahaan yang kredibel.

baca juga : Penyetaraan Ijazah S1 Singapura

PT Jangkar Global Groups adalah Kantor Biro jasa visa yang siap melayani anda.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

 

Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi