Apa itu Visa Umrah?

Visa Umrah adalah visa yang diberikan oleh pihak Kedutaan Besar Saudi Arabia untuk orang-orang yang ingin melakukan ibadah umrah ke Mekah dan Madinah. Meskipun tidak wajib untuk mendapatkan visa ini, namun prosesnya harus dilalui oleh jamaah umrah sebelum memasuki Arab Saudi.

Syarat dan Ketentuan Mendapatkan Visa Umrah

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh jamaah yang ingin mendapatkan visa umrah, diantaranya:

  Persyaratan Visa Rumania

1. Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan

Sebelum melakukan proses pengajuan visa umrah, Jamaah harus terlebih dahulu memiliki paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan sejak tanggal kepulangan dari Arab Saudi.

2. Surat keterangan bebas Covid-19

Jamaah harus mengajukan surat keterangan bebas Covid-19 yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau laboratorium resmi yang terdaftar. Surat keterangan ini harus berlaku maksimal 72 jam sebelum penerbangan ke Arab Saudi.

3. Membeli paket umrah dari travel resmi

Jamaah harus membeli paket umrah dari travel agen yang terdaftar resmi di Kemenag. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan jamaah selama melakukan ibadah umrah di Arab Saudi.

Proses Pengajuan Visa Umrah

Jamaah harus mengajukan visa umrah melalui travel agen yang sudah terdaftar di Kemenag. Proses pengajuan visa umrah membutuhkan waktu 2-3 minggu sejak pengajuan dokumen lengkap sampai dengan visa diterbitkan. Beberapa dokumen yang harus disiapkan diantaranya:

1. Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan

2. Surat keterangan bebas Covid-19

3. Pas foto berwarna dengan ukuran 4×6 cm

4. Bukti pembelian paket umrah dari travel resmi

Biaya Visa Umrah

Biaya visa umrah yang harus dibayarkan oleh jamaah bervariasi tergantung dari negara asal jamaah, dan juga jenis visa yang dipilih. Pada umumnya biaya visa umrah berkisar antara 1-2 juta rupiah. Namun, jika jamaah memilih jenis visa VIP, maka biaya yang harus dibayar bisa mencapai 5 juta rupiah.

  Visa Pelajar Inggris Untuk Program Manajemen Fashion

Jenis-Jenis Visa Umrah

Ada beberapa jenis visa umrah yang bisa dipilih oleh jamaah, yaitu:

1. Visa Umrah Biasa

Visa umrah biasa adalah visa umrah yang dikeluarkan oleh pihak Kedutaan Besar Saudi Arabia untuk jamaah umrah. Visa ini memiliki masa berlaku 1 bulan sejak tanggal kedatangan ke Arab Saudi, dan hanya bisa digunakan untuk melakukan ibadah umrah.

2. Visa Umrah Plus

Visa umrah plus adalah visa umrah yang memungkinkan jamaah untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Arab Saudi selain Mekah dan Madinah. Visa ini memiliki masa berlaku 1 bulan sejak tanggal kedatangan ke Arab Saudi.

3. Visa VIP

Visa VIP adalah visa umrah yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jamaah selama melakukan ibadah umrah di Arab Saudi. Dengan jenis visa ini, jamaah bisa mendapatkan akomodasi dan transportasi yang lebih baik. Namun, biaya yang harus dibayar juga lebih mahal dibandingkan dengan jenis visa umrah biasa.

Kesimpulan

Visa umrah adalah visa yang diberikan oleh pihak Kedutaan Besar Saudi Arabia kepada jamaah umrah untuk memasuki Arab Saudi. Ada beberapa jenis visa umrah yang bisa dipilih oleh jamaah, yaitu visa umrah biasa, visa umrah plus, dan visa VIP. Jamaah harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Kedutaan Besar Saudi Arabia dan membeli paket umrah dari travel agen resmi sebelum mengajukan pengajuan visa umrah.

  Visa Waiver Program Ireland: Everything You Need to Know