Sertifikat Endorsement GMDSS Hilang – Sertifikat endorsement GMDSS adalah dokumen penting bagi para pelaut yang bertugas di kapal-kapal yang menggunakan sistem komunikasi GMDSS. Kehilangan sertifikat ini tentu dapat menimbulkan kendala dalam menjalankan tugas. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui prosedur dan persyaratan yang di perlukan untuk mendapatkan penggantian. Cara Membuat Sertifikat PED Previous Documentary Evaluation
Prosedur Penggantian Sertifikat Endorsement GMDSS yang Hilang
Secara umum, prosedur penggantian sertifikat yang hilang meliputi langkah-langkah berikut:
Laporan Kehilangan:
Langkah pertama adalah membuat laporan kehilangan ke kantor kepolisian terdekat. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian ini akan menjadi salah satu dokumen penting dalam proses penggantian.
Persyaratan Crewing Agency dan Prosedur Kerja Agen Pelaut
Pengajuan Permohonan:
Selanjutnya, Ajukan permohonan penggantian sertifikat ke Direktorat Perkapalan dan Kepelautan atau lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) yang berwenang.
Pengumpulan Dokumen:
Kemudian, Siapkan dokumen-dokumen persyaratan yang di perlukan.
Verifikasi dan Penerbitan:
Setelah dokumen di verifikasi, sertifikat pengganti akan di terbitkan.
Persyaratan Penggantian Sertifikat Endorsement GMDSS yang Hilang
Persyaratan yang di perlukan untuk mengajukan penggantian sertifikat yang hilang antara lain:
- Surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
- Fotokopi identitas diri (KTP) yang masih berlaku.
- Selanjutnya, Fotokopi buku pelaut.
- Kemudian, Fotokopi sertifikat GMDSS (jika ada).
- Selanjutnya, Bukti pembayaran biaya administrasi.
- Kemudian, Formulir permohonan yang telah di isi.
- Selanjutnya, Dokumen masa layar.
- Kemudian, Sertifikat pelatihan pendukung, contoh BST (Basic safety training).
Catatan Penting
- Prosedur dan persyaratan dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan masing-masing lembaga penerbit sertifikat.
- Selanjutnya, Pastikan untuk selalu menyimpan salinan (fotokopi) sertifikat penting Anda sebagai langkah antisipasi.
- Kemudian, Penting di ketahui bahwa masa layar merupakan salah satu hal yang penting dalam pengurusan sertifikat kepelautan.
Rekomendasi
- Selalu perbarui informasi terbaru mengenai prosedur dan persyaratan penggantian sertifikat melalui situs web resmi Direktorat Perkapalan dan Kepelautan atau lembaga diklat terkait.
- Jika Anda memiliki pertanyaan atau kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi pihak berwenang untuk mendapatkan bantuan.
PT Jangkar Global Groups berdiri pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.
YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,
HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN
KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI
Email : [email protected]
Website: Jangkargroups.co.id
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups