Legalisir Kemenkumham KTP dan Akte kelahiran

Legalisir Kemenkumham KTP dan akte kelahiran  – KTP, KK dan akte kelahiran adalah dokumen kependudukan yang di butuhkan oleh semua orang. Ketiganya di keluarkan oleh Di sdukcapil atau singkatan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Biasanya dokumen kependudukan di butuhkan untuk berbagai keperluan mulai dari meneruskan pendirikan, melamar pekerjaan atau kebutuhan lainnya.

 

APA ITU Legalisir ktp

Legalisir ktp dan akte kelahiran

Jika ingin menggunakan dokumen kependudukan, pastinya Anda akan membutuhkan fotokopi yang sudah di legalisir. Oleh karena itu, banyak yang bingung dan menanyakan legalisir ktp dan akte kelahiran dimana. Tapi sebelum dapat menjawab pertanyaan tersebut, pastikan Anda sudah mengetahui jika nama di KTP Setidaknya harus 2 kata.

 

Tapi, bagaimana jika nama Anda hanya  1 kata saja? jika ingin menemukan solusinya, simak terus tulisan kali ini. karena di sini akan di bagikan cara-cara melakukan legalisir ktp dan akte kelahiran, tempat untuk melegalisir dokumen tersebut dan banyak lagi yang lain.

 

Langkah-langkah legalisir Ktp dan Akte kelahiran

Jika Anda tengah membutuhkan fotokopi KK, KTP dan akte kelahiran yang sudah di legalisir, sebelum mempertanyakana legalisir ktp dan akte kelahiran di mana, pastikan Anda sudah mengetahui langkah-langkahnya. Karena setiap orang yang ingin melakukan legalisir harus melewati beberapa tahapan. Berikut di antaranya:

 

  1. Fotokopi dokumen

Perlu di ketahui, Anda harus melakukan fotokopi dokumen terlebih dahulu. Dokumen yang akan di legalisir nanti harus di fotokopi. Jika saat ini Anda ingin melegalisir dokumen seperti ktp dan akte kelahiran, Anda harus menyiapkan keduanya terlebih dahulu. Pastikan jika fotokopi di lakukan sesuai dengan ukuran kertasnya. Jadi misalnya saja Anda ingin legalisir KTP, maka fotokopinya nanti harus memiliki ukuran yang sesuai dengan ktp aslinya. Ini adalah syarat yang harus di bawa jika ingin melakukan legalisir.

  Pembuatan Duplikat Akta Cerai Di Pengadilan | Surat Cerai

 

Langkah-langkah legalisir KK, KTP dan Akte Kelahiran

Langkah-langkah legalisir Ktp dan Akte kelahiran

  1. Selalu bawa dokumen asli

Meskipun sudah memiliki fotokopi dokumen, tapi Anda tetap harus membawa dokumen yang asli. Jadi sembari membawa dokumen fotokopi, dokumen yang asli harus teap di bawa. Ini di gunakan untuk membandingkan jika dokumen fotokopi yang akan di legalisir nanti sesuai dengan yang aslinya, tanpa ada perubahan data maupun rekayasa.

 

  1. Pergi ke di sdukcapil

Jika sudah mempersiapkan dokumen-dokumen yang di butuhkan, pergilah ke di sdukcapil. Anda bisa bawa semua dokumen tersebut ke di sdukcapil daerah Anda. Sebaiknya pergilah pada jam kerja atau sekitar jam 8 pagi. Karena prosesnya nanti cukup lama sebaiknya sisihkan waktu luang Anda.

Langkah-langkah legalisir Ktp dan Akte kelahiran

  1. Merapikan dokumen

Jika sudah berada di di sdukcapi, semua dokumen yang akan di legalisir harus di rapikan dulu dan di masukkan ke dalam map. Jika ingin legalisir ktp, usahakan untuk menyiapkan wadah khusus agar memudahkan proses legalisir yang akan di lakukan nanti.

 

  1. Datang ke loket

Datang ke loket legalisir jika semua dokumen sudah siap dan juga rapi. Anda hanya perlu memberikan dokumen tersebut dan petugas pun akan menanyakan perihal tujuan Anda. Jawab saja sesuai kebutuhan

 

Apakah Legalisir Akta Kelahiran Dan Ktp Harus Di Kampung Halaman

 

  1. Tunggulah beberapa saat

Jika semua dokumen sudah di terima oleh petugas, biasanya mereka akan langsung memproses legalisir. Anda harus menunggu terlebih dahulu. Untuk lamanya proses legalisir sendiri tidak menentu. Kadang ada yang cepat dan kadang ada pula yang harus menunggu lebih lama.

  PERUBAHAN DATA AKTA KELAHIRAN

 

Apakah Legalisir Ktp dan Akte kelahiran Harus Di Kampung Halaman?

Legalisir ktp dan akte kelahiran di mana sepertinya sudah terjawab. Lalu muncul pertanyaan, apakah legalisir akta kelahiran dan ktp harus di kampung halaman? Legalisir dokumen penting seperti kk, ktp dan akta kelahiran di butuhkan banyak orang untuk berbagai keperluan. Karenanya, banyak orang membutuhkan informasi semacam ini. Menurut Prof Zudan Fakrulloh selaku Di rjen Dukcapil Kemendagri, semua layanan yang menyangkut administrasi kependudukan harus di lakukan sesuai dengan tempat tinggal yang ada di  e-ktp.

 

Jadi jika Anda dulu akta kelahirannya di buat di bekasi dan sekarang tinggal di surabaya, Anda tidak perlu pergi ke bekasi lagi. Legalisir dokumen penting dapat di lakukan sesuai domisili Anda saat ini. Karena jika harus di sesuaikan dengan lokasi di mana pembuatan akta kelahiran di lakukan, tentu ini akan memakan waktu yang lama.

 

Mengapa Legalisir Ktp dan Akte kelahiran Di lakukan?

Legalisri pada umumnya adalah proses pembubuhan tanda tangan ke salinan dokumen atau fotokopi termasuk ke ktp, akta kelahiran dan juga dokumen yang lain. kenapa legalisir di butuhkan pada saat mengurus berbagai keperluan? Karena dengan adanya legalisir, itu artinya copyan yang Anda berikan sudah di buktikan keabsahannya.

 

Mengapa Legalisir Dokumen Ktp Dan Akta Kelahiran Dilakukan

Pengurusan legalisir Ktp dan Akte kelahiran

Jadi hanya dengan menggunakan copyannya saja yang sudah di legalisir sebagai bukti apabila ingin mengurus berbagai keperluan. Intinya, legalisir di gunakan sebgaai bentuk bukti kekuatan legalitas atas salinan dari dokumen itu sendiri. untuk Anda yang saat ini ingin legalisir dokumen penting tidak hanya di catatan sipil saja tapi harus di kemenlu atau kementerian hukum juga.

 

Biasanya orang-orang yang ingin pergi keluar negeri atau ada urusan luar negeri akan membutuhkan legalisir di kemenlu dan kemenkum HAM juga. Misalnya saja, Anda ingin bersekolah di luar negeri atau bekerja. Anda akan membutuhkan dokumen ktp yang memang sudah di legalisir tidak hanya di di sdukcapil saja tapi kemenkum HAM dan kemenlu juga.

  Surat Belum Menikah | Persyaratan SKBM Disdukcapil

 

Meskipun demikian, sekarang ini untuk melakukan legalisir sudah sangat mudah sekali. Karena Anda dapat melakukannya secara online. Jadi tidak perlu repot pergi ke kantor kemenkumham atau kemenlu lagi apabila ingin melakukan legalisir.

 

Cara Legalisir Ktp dan Akte kelahiran Secara Online

Bagi Anda yang saat ini ingin melakukan legalisir secara online dapat membuka situs resmi dari kemenlu atau kemenkumhan terlebih dahulu. Biasanya orang-orang yang ingin melakukan legalisir dikirimkan voucher dulu untuk melakukan pembayaran. Tapi untuk bisa sampai ke tahap ini, Akun yang Anda miliki harus sudah di verifikasi dulu.

 

Cara Legalisir Secara Online

Biaya Legalisir Ktp dan Akte Kelahiran

Jika sudah, silahkan download voucher kemudian print. Anda bisa perlihatkan voucher tersebut pada saat melakukan pembayaran untuk biaya legalisir. Anda bisa melakukan pembayaran di bank yang sudah di tunjuk. Banyak orang bertanya-tanya, legalisir ktp dan akte kelahiran di mana sepertinya sudah mendapatkan jawaban yang tepat. tapi di sini Anda juga harus mengetahui berapa biaya yang harus di lakukan untuk bisa mendapatkan legalisir akta kelahiran dari kemenkumham.

 

Jadi perlu di ketahui, biayanya sangat terjangkau. Sedangkan waktu yang di butuhkan adalah kurang lebih 3 hari. Silahkan lakukan pembayaran langsung di bank. jika sudah, simpan bukti pembayarannya atau Anda juga bisa langsung pergi ke kantor kemenkumham.

 

JASA legalisir ktp, kk, akta kelahiran dan sebagainya

Jasa Legalisir Ktp dan Akte Kelahiran

Jika tidak punya waktu banyak, silahkan gunakan jasa yang menawarkan jasa legalisi salah satunya adalah Jangkar Groups. Anda bisa melakukan legalisir apa saja baik ktp, kk, akta kelahiran dan sebagainya. Tenang saja, Anda bisa mendapatkan legalisir fotokopi dokumen kependudukan Anda dengan proses yang gampang.

 

Hanya perlu siapkan dokumen asli saja termasuk terjemahannya jika ingin melegalisirnya juga. Anda juga perlu siapkan bukti pembayaran yang sudah di lakukan di bank untuk tanda buktinya. Pada saat berkunjung ke kantor kemenkumham biasanya harus antri dulu. Tapi tenang saja, Anda bisa serahkan semuanya lewat biro jasa terpercaya Jangkar Groups.

 

Legalisir Kemenkumham KTP

 

Adi