Berapa Lama Proses Pembuatan Paspor 2023

 

Pengenalan

Paspor adalah dokumen yang sangat penting bagi setiap orang yang ingin bepergian ke luar negeri. Tanpa paspor, seseorang tidak dapat melakukan perjalanan ke negara lain. Oleh karena itu, penting untuk memahami berapa lama proses pembuatan paspor dan persyaratan apa yang diperlukan untuk melakukan proses ini di tahun 2023.

Persyaratan Paspor

Sebelum memulai proses pembuatan paspor, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, calon pemegang paspor harus memiliki KTP dan Kartu Keluarga. Kemudian, calon pemegang paspor harus memiliki surat keterangan bebas hutang dari kantor pajak setempat. Selain itu, calon pemegang paspor akan diminta untuk mengisi formulir permohonan paspor dan membawa foto terbaru berwarna dengan ukuran 4×6 cm.

Proses Pembuatan Paspor

Setelah semua persyaratan terpenuhi, calon pemegang paspor dapat memulai proses pembuatan paspor. Pertama, mereka perlu mengunjungi kantor Imigrasi terdekat. Di sana, mereka akan diminta untuk menyerahkan semua dokumen dan formulir yang diperlukan. Setelah itu, calon pemegang paspor akan diminta untuk melakukan sidik jari dan foto untuk proses verifikasi.

  Urus Perpanjang Paspor Bandung Soekarno Hatta

Setelah semua dokumen dan foto terverifikasi, proses pembuatan paspor akan dimulai. Biasanya, proses ini membutuhkan waktu sekitar 3-5 hari kerja. Namun, jika ada beberapa masalah atau dokumen yang tidak terpenuhi, proses ini dapat memakan waktu lebih lama.

Pengambilan Paspor

Setelah proses pembuatan paspor selesai, calon pemegang paspor dapat mengambilnya di kantor Imigrasi yang sama di mana mereka mengajukan permohonan. Paspor harus diambil dalam waktu 30 hari setelah diterbitkan. Jika tidak diambil dalam waktu 30 hari, paspor akan hangus dan proses harus dimulai dari awal lagi.

Kesimpulan

Jadi, untuk membuat paspor di tahun 2023, setiap calon pemegang paspor harus memenuhi persyaratan yang diperlukan seperti KTP, KK, surat bebas hutang, formulir permohonan, dan foto 4×6. Setelah itu, proses pembuatan paspor akan dimulai di kantor Imigrasi terdekat dan memakan waktu sekitar 3-5 hari kerja. Setelah selesai, paspor dapat diambil di kantor yang sama dan harus diambil dalam waktu 30 hari.

  Bayar Paspor Online di Banking
admin