Apakah Ijazah Luar Negeri Harus Disetarakan

Apakah Ijazah Luar Negeri Harus Disetarakan

Klik ! Untuk Konsul by WA

Apakah Ijazah Luar Negeri Harus Disetarakan?

Apakah ijazah luar negeri harus disetarakan? Pertanyaan ini sering keluar oleh putra-putri Indonesia yang menempuh pendidikan pada luar negeri. Jawaban dari pertanyaan tersebut tentu saja benar karena agar bisa terakui maka ijazah luar negeri harus tersetujui oleh pemerintah.

 

Apakah Ijazah Luar Negeri Harus Disetarakan Dan Wajib

 

Ijazah luar negeri yang belum mengalami proses penyetaraan tidak terakui pada Indonesia sehingga Anda harus mengurus penyetaraan ijazah melalui kementerian pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud RI.

 

Apakah Ijazah Luar Negeri Harus Disetarakan Dan Wajib ?

Sebuah proses untuk menyamakan antara ijazah yang terbit oleh universitas atau sekolah luar negeri dengan universitas atau sekolah yang ada pada Indonesia. Penyetaraan ijazah perlu terlakukan karena ada beberapa perbedaan antara sekolah luar negeri dengan sekolah yang ada pada Indonesia. Contohnya untuk kurikulum atau gelar pendidikan memiliki beberapa perbedaan.

Pada negara Indonesia seseorang yang telah menempuh pendidikan hingga lulus S3 dari sebuah universitas Inggris maka akan mendapatkan gelar PhD dan Indonesia pendidikan sampai S3 memiliki gelar sebagai Doktor/Dr. Agar gelar tersebut bisa teranggap sama oleh sebuah instansi atau perusahaan yang ada pada Indonesia maka ijazah harus tersetarakan.   

Dalam prosesnya tentu saja Anda harus menyertakan bukti bahwa Anda benar-benar menempuh pendidikan ke luar negeri untuk mendapatkan ijazah tersebut. Bukti-bukti yang perlu terlampirkan terkait dengan syarat administrasi proses penyetaraan ijazah antara lain adalah transkrip nilai dari universitas luar negeri tempat Anda menempuh pendidikan atau scan ijazah.

 

Apakah Ijazah Luar Negeri Harus Disetarakan dan Penting?

Alasan mengapa Anda yang bersekolah ke luar negeri harus melakukan penyetaraan ijazah yaitu untuk melanjutkan studi ke Indonesia atau mendaftar pekerjaan ke Indonesia. Tujuan dari penyetaraan ijazah yaitu untuk memenuhi syarat administrasi karena beberapa universitas atau perusahaan mewajibkan mereka yang bersekolah ke luar negeri untuk menyetarakan ijazahnya.

 

Apakah Ijazah Luar Negeri Harus Disetarakan dan Penting

 

Terlebih bagi Anda yang ingin melanjutkan karir pada bidang akademik seperti guru atau dosen maka ijazah luar negeri Anda harus setara. Oleh karena itu Anda harus mengetahui bagaimana cara dan langkah-langkah untuk melakukan proses penyetaraan ijazah.

Apakah Ijazah Luar Negeri Harus Disetarakan Dan Memerlukan Syarat

Berikut ini adalah persyaratan yang harus Anda penuhi jika ingin melakukan penyetaraan ijazah luar negeri:

  • LoA atau letter of acceptance. LoA bisa ganti juga menggunakan bukti penerimaan mahasiswa yang keluar oleh universitas Anda luar negeri
  • Universitas atau program studi yang Anda ambil harus telah terakreditasi dan terakui pemerintah maupun lembaga yang memiliki kewenangan
  • Ijazah asli dari jenjang pendidikan yang sebelumnya
  • Visa studi
  • Paspor lengkap dengan semua halaman yang bergunakan untuk bukti keluar atau masuk negara tempat Anda menempuh pendidikan selama masa pendidikan.
  • Surat keputusan yang berisi penyetaraan ijazah luar negeri dan terbit oleh Dirjen Dikti apabila ijazah jenjang sebelumnya dapat juga dari pendidikan tinggi ke luar negeri
  • Pedoman pendidikan atau katalog yang melampirkan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris apabila dokumen asli tidak menggunakan bahasa Inggris. Penerjemahan dokumen harus oleh penerjemah tersumpah.
  • Beserta bagi Anda yang lulus program doktor dan laporan tugas akhir bagi Anda yang lulus program bachelor.
  • Untuk program doktor maka harus menyertakan jurnal yang terpublikasi secara internasional. minimal serta buat dalam proceedings untuk lulusan program master (by research).

 

Apakah Ijazah Luar Negeri Harus Disetarakan Dan Memerlukan Syarat

 

Prosedur Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Sebenarnya tidak semua orang yang bersekolah ke luar negeri harus melakukan penyetaraan ijazah akan tetapi hal itu sesuai dengan kebutuhan. Biasanya penyetaraan ijazah biasa terlakukan bagi orang yang ingin melanjutkan studi atau untuk urusan pekerjaan yang berada pada lingkungan kampus dan sekolah.

Saat ini penyetaraan ijazah bisa anda lakukan secara online melalui laman resmi Kemendikbud sehingga jauh lebih mudah dan Anda tidak perlu lagi datang ke kantor Kemendikbud. Sebelum melakukan proses penyetaraan ijazah tentu saja Anda harus memahami tata caranya. Selain itu Anda juga perlu tahu jadwal waktu untuk melakukan pengajuan permohonan penyetaraan ijazah sehingga Anda bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum ijazah yang anda gunakan.

 

Prosedur Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Klik ! Untuk Konsul by WA

 

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lalui untuk melakukan penyetaraan ijazah secara online.

  • Melakukan Registrasi

Untuk mendaftarkan penyetaraan ijazah pertama-tama Anda harus melakukan registrasi atau pendaftaran dan pembuatan akun pada halaman resmi ijazahln milik Kemendikbud yaitu https://ijazahln.kemendikbud.go.id

Setelah masuk ke laman tersebut selanjutnya Anda harus masuk ke menu registrasi dan mengisi data-data yang meminta sebenar-benarnya. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang tertera pada website tersebut. Nanti tersedia dua pilihan yaitu dosen dan non dosen yang bisa Anda tentukan sendiri.

Namun jika sebelumnya Anda pernah membuat akun maka tinggal login saja menggunakan username dan juga password yang sudah anda miliki.

  • Verifikasi dan Penilaian

Tahap berikutnya yaitu verifikasi dan penilaian. Proses ini terlakukan oleh tim verifikator dari Kemendikbud. Tugas mereka yaitu memeriksa semua dokumen dan juga persyaratan yang terajukan oleh Anda untuk melakukan penyetaraan ijazah. Jika syarat-syarat yang Anda ajukan sudah lengkap dan tidak ada masalah biasanya proses verifikasi membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 7 hari sejak pengajuan anda terima dan tersetujui.

Jadi Anda harus melakukan pengecekan email secara rutin untuk mengetahui sejauh mana proses verifikasi dari tim verifikator. Jika ada persyaratan yang kurang lengkap atau tidak sesuai maka Anda bisa langsung memperbaiki setelah mendapat pemberitahuan.

 

Apakah Ijazah Luar Negeri Harus Disetarakan

  • Pengambilan SK

Setelah proses verifikasi dan penilaian perjalanan lancar maka SK bisa langsung terbit dan berguna sesuai dengan kebutuhan. Namun proses pengambilan SK masih anda lakukan secara langsung ke kantor Kemendikbud. Jadi Anda harus datang ke kantor secara langsung atau mengutus perwakilan untuk mengambil SK tersebut. Jika Anda mengutus perwakilan maka pastikan untuk melampirkan dokumen tambahan yang anda perlukan.

 

Apakah Ijazah Luar Negeri Harus Disetarakan

 

  • Jadwal Pelayanan

Anda bisa datang ke kantor untuk melakukan pendaftaran, unggah berkas, verifikasi, dan pengambilan SK setiap hari senin sampai jumat pukul 8 pagi sampai dengan jam 2 siang. Biasanya pukul 12 siang tutup untuk istirahat dan buka kembali pukul 1 siang.

Karena kantor tutup hanya sampai jam 2 siang sebaiknya Anda mengurus segala sesuatunya sejak pagi dan pastikan semua persyaratan yang anda butuhkan sudah lengkap. Selain datang sendiri ke kantor untuk mengurus penyetaraan ijazah sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan praktis yaitu dengan mempercayakan pengurusan penyetaraan ijazah pada ahlinya yaitu Jangkar Group.

Kami merupakan jasa profesional yang menawarkan kemudahan bagi Anda yang ingin melakukan proses penyetaraan ijazah luar negeri ke kantor Kemendikbud. Kami bisa menjadi perwakilan resmi Anda untuk penyetaraan ijazah mulai dari tahap registrasi sampai dengan SK terbit. Jadi Anda tidak perlu repot lagi mengurus segala sesuatunya karena hal tersebut akan kami handle oleh tim kami.

 

Apakah Ijazah Luar Negeri Harus Disetarakan

 

Apakah ijazah luar negeri harus disetarakan? Dari ulasan singkat artikel di atas tentu saja Anda sudah mendapat jawaban dari pertanyaan tersebut. Jawabannya yaitu penting untuk melanjutkan studi atau mendaftar pekerjaan sebagai dosen atau pengajar.

Klik ! Untuk Konsul by WA