Ciri-ciri Akun Buzzer dipahami sebagai salah satu pekerjaan memanfaatkan media sosial untuk melakukan kampanye, promosi, atau membuat propaganda di media sosial. Opini-opini yang dilontarkan secara massif untuk memancing rasa penasaran warganet lalu kemudian mereka ikut berkomentar. Jika itu untuk strategi penjualan maka tujuan utamanya meningkatkan penjualan. Bagaimana cara menjadi buzzer, apa saja kriteria menjadi buzzer, serta bagaimana kita mengetahui ciri-ciri buzzer?
Sebenarnya secara harfiah Ciri-ciri Akun Buzzer , buzzer memiliki makna sebagai lonceng. Digunakan sebagai penanda pada saaat seseorang ingin mengumpulkan banyak orang melakukan sesuatu. Hanya saja, maknanya dari ciri- ciri akun buzzer kini bergeser seiring dengan pekerjaan buzzer yang saat ini lebih banyak memakai media sosial. Meski di media sosial, sebenarnya tujuan utamanya tetap saja menjadi lonceng atau penanda di sekitanya mengenai informasi tentang isu-isu hangat dari berbagai sisi Ciri-ciri akun buzzer.
MAKNA DARI CIRI- CIRI AKUN BUZZER
Untuk saat ini, buzzer hanya dimaknai sebatas orang-orang yang bekerja dalam bidang politik saja, padahal kini buzzer sudah bisa dimanfaatkan sebagai strategi bisnis atau marketing. Itu artinya pekerjaan buzzer tidak hanya sebatas pada kepentingan politik smata, tetapi juga menciptakan atau mendorong peromosi produk dengan tujuan meningkatkan penjualan.
Pada pembahasan kali ini akan lebih banyak membahas mengenai buzzer marketing yang saat ini sedang banyak dibutuhkan perusahaan, brand, atau personal branding individu dalam bidang layanan atau jasa.
CIRI-CIRI AKUN BUZZER
Mungkin Anda akan lebih sulit membedakan akun buzzer yang asli dan mana akun buzzer yang hanya fake tetapi bertujuan menciptakan hura-hara atau menciptakan opini public yang negative. Namun demikian, kita bisa mengenali akun buzzer lewat ciri-ciri berikut ini.
- Selalu aktif, lebih sering mengupdate status, aktif memberikan komentar , serta aktif melakukan aktifitas di media sosial lainnya.
- Pengaruh yang ditimbulkan kuat karena sering beriteraksi
- Buzzer sengaja memancing reaksi orang untuk berkomentar dengan memposting hal-hal yang bisa menimbulkan pro dan kontra
- Memiliki banyak pengikut hanya saja tidak jarang ada juga akun-akun fake yang sengaja dibuat untuk menjadi kelompok-kelompok buzzer
JENIS-JENIS BUZZER
Secara umum buzzer terbagi menajai dua kelompok ada kelompok yang sukarela dan ada juga yang sifatnya komersil.
- Buzzer sukarela
Sesuai dengan namnya, yang masuk kelompok ini hanya secara sukarela aktif di media sosial karena didorong ideology atau rasa kepuasaan saja.
- Buzzer Komesil
Sudah jelas bahwa buzzer ini memang sengaja disewa untuk menjadi relawan dan bekerja untuk menciptakan isu, melakukan promosi dan membuat berita-berita berita tertentu dengan tujuan yang sudah disetting.
KRITERIA MENJADI BUZZER
Sepertinya tidak ada kriteria khusus menjadi buzzer. Hanya saja, beberapa kompetensi berikut ini harus dimiliki seorang buzzer agar pekerjaannya bisa berjalan lancar. Antara lain sebagai berikut:
- Punya banyak followers
Kenapa harus punya banyak followers, agar komentar-komentar kamu tidak bisa dengan cepat dicurigai sebagai kelompok buzzer. Tidak hanya itu, dengan memiliki banyak followernya juga dengan cepat bisa mempengaruhi dan memperluas efek opini yang ditmbulkan.
- Mudah dihubungi
Berkomitmen untuk mudah dihubungi adalah salah satu kriteria yang harus dimiliki buzzer. Buzzer yang aktif maka komunikasi yang tercipta juga bisa berjalan baik di antara tim mereka.
- Management yang Baik
- Bertanggung jawab tinggi serta memiliki komitmen yang kuat
- Memiliki kompetensi dalam product knowledge
MENGENAL BUZZ MARKETING
Berkaitan dengan marketing, sudah tentu menyangkut soal pemasaran. Tujuannya tentu saja membuat produk menjadi viral atau bisa di kenal masyarakat secara luas. Karena itu buzzer marketing juga harus punya skill khusus terutama bagaimana mereview sebuah produk sehingga bisa menarik followernya untuk membeli.
CIRI- CIRI AKUN BUZZER MARKETING
Bagaimana cara menjadi buzzer marketing, setidaknya untuk menjadi buzzer marketing yang berhasil memiliki skill di bawah ini:
- Punya kemampuan analisa produk dari sisi yang berbeda
Semakin baik sebuah analisa suatu produk, menandakan buzzer tersebut memiliki kemampuan analisa yang baik. Ini penting untuk menarik perhatian para followernya. Setiap buzzer pasti akan selalu detail dalam mengiklankan sebuah produk. Contoh paling nnyata buzzer marketing sukes adalah David GadgetIn yang memang spesialis di bidang gadget. Padahal dia miliki nama asli David Brendi. Yang paling penting memberikan analisa yang jujur tentang sebuah produk.
- Copywriting
Memiliki skill copywriting artinya kemampuan yang di miliki seseorang dalam membuat narasi yang sisinya tentang ulasan suatu produk maupun jasa yang di tawarkan kepada calon konsumen.
- Public Speaking yang baik
Jika tidak memiliki public speaking yang baik maka bisa di pastikan buzzer itu akan memiliki kesulitan dalam menyampaikan hasil analisanya, review, termasuk perbandingan dan rekomendasi mengenai kelebihan dan kekurangan produk atau jasa yang sedang di pasarkan.
- Desain Grafis
Hal ini akan menjadi poin tambahan yang menjadi skill yang harus di miliki seorang buzzer. Pasalnya, desain grafis memiliki kedudukan penting dalam mengisi web, feed di Instagram, maupun Facebook.
- Video editing
Orang akan lebih mudah memahami informasi yang di sampaikan jika menggunakan visual yang baik dalam hal ini video, sehingga kemampuan mengedit video harus di miliki oleh seorang buzzer.
SYARAT MENJADI SEORANG BUZZER
Adakah syaratnya menjadi seorang buzzer? Mungkin untuk kelompok tertentu atau perusahaan tertentu akan membuat syarat khusus yang di nilai harus sesuai dengan kriteria yang akan di pasarkan baik itu produk maupun jasa. Khusus yang berkaitan dengan marketing produk maupun jasa, sejumlah syarat berikut ini bisa jadi yang harus di perhatikan.
- Paham dengan produk atau jasa yang sedang di promosikan
Hal pertama yang harus di lakukan buzzer tentu saja harus paham dengan produk atau jasa yang sedang di promosikan agar penyampainnya juga terlihat bagus, wawasannya terhadap produk itu haruslah luas demi meyakinkan calon konsumen.
- Memiliki Sikap profesional
Menjadi buzzer haruslah professional dalam bekerja. Semua kelebihan dan kekurangannya harus bisa di terima dengan bijak. Menjaga emosi atas respon followers juga penting terutama saat membalas komentar atau tanggapan followers
Tidak hanya menjaga emosi, tetapi harus selalu aktif dan responsive atas komentar followers. Ini sangat penting untuk menciptakan kedekatan emosional meski hanya dalam dunia maya.
- Sertakan identitas di media sosial
Jika Anda bekerja di bidang marketing, maka personal branding akun Anda juga penting dengan menampilkan informasi tentang diri Anda, agar para followers Anda bisa percaya.
Hal ini tentu berbeda jika Anda menjadi buzzer politik. Karena mereka pastinya akan menyembunyikan identitas mereka, yang paling penting hanya menyampaikan pesan sesuai agenda atau tujuan mereka saja. Menjadi buzzer marketing dengan buzzer politik memang memiliki beberapa perbedaan yang penting juga harus di ketahui. Itulah pentingnya buzzer yang andal dan berwawasan yang luas.