Revalidasi Basic Safety Training

Basic Safety Training pasti sudah umum terdengar oleh seluruh awak kapal. BST ini menjadi hal mendasar untuk para pekerja kapal yang akan berlayar. maka dari itu,  berlakunya BST hanya beberapa tahun sehingga perlu melakukan revalidasi BST Basic Safety Training.

Mungkin itu, bisa terkatakan Basic Safety Training menjadi dasar layak atau tidaknya seorang pelaut. oleh karena itu, melihat kedudukan Basic Safety Training yang menjadi syarat penting bagi seorang pelaut, tentu ada alasan baliknya. Karenanya, simak pembahasan tentang Basic Safety Training dan beberapa hal seputar revalidasinya.

Tentang Revalidasi Basic Safety Training

Basic Safety Training menjadi satu keahlian yang wajib kamu miliki oleh para pekerja terutama pekerja kelautan. Sertifikat Basic Safety Training sekarang sudah menjadi syarat utama bagi seseorang yang akan bekerja pada kapal.

Hal ini tidak terlepas dari kegunaan dan isi dari BST ini sendiri yang bisa menjadi dasar seseorang yang bekerja pada kapal. Dalam BST, pekerja akan mendalami tentang K3 dalam sebuah pekerjaan. Pekerja akan melakukan pelatihan seputar keselamatan dan keamanan kerja.

Tentang Revalidasi Basic Safety Training

 

Setelahnya pekerja akan melakukan tes terkait materi BST yang sudah terpelajari. Pekerja yang mengerjakan tes dengan baik akan mendapat sertifikat sebagai bukti kelulusannya. Namun itu, BST ini tidak berlaku seumur hidup. Sertifikat BST hanya memiliki masa berlaku 5 tahun saja.

Setelahnya, pelaut harus melakukan revalidasi BST Basic Safety Training. Pendaftaran dan keseluruhan proses revalidasi hampir sama dengan mendaftar yang baru. Setelah revalidasi, sertifikat BST baru akan terbit untuk lima tahun selanjutnya.

  Buku Pelaut di Jakarta

Apa Itu Basic Safety Training

 

Persyaratan Revalidasi Basic Safety Training

Bagi pelaut yang akan melakukan revalidasi Basic Safety Training, ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi. Tanpa memenuhi persyaratan ini, pendaftaran revalidasi BST Basic Safety Training tidak dapat terlakukan oleh pelaut. Karenanya, perhatikan daftar persyaratan yang perlu terpenuhi sebelum mendaftar revalidasi BST berikut:

Persyaratan Revalidasi Basic Safety Training

 

1. Fotokopi KTP

Sebagai bukti identitas pendaftar revalidasi Basic Safety Training, perlu menyertakan KTP pada dokumen yang akan kamu serahkan. Tidak perlu KTP asli.

Cukup serahkan beberapa lembar fotokopi dari KTP pendaftar revalidasi Basic Safety Training. Tapi itu, jangan lupa untuk membuat versi fotokopi tapi yang berwarna ya, sesuai dengan ketentuannya.

 

2. Fotokopi KK

Masih sebagai bukti identitas, pendaftar revalidasi Basic Safety Training harus juga melampirkan kartu keluarga. oleh karena itu, Sama seperti KTP lampirkan beberapa lembar hasil fotokopi kartu keluarga ini, tak perlu menyerahkan yang asli. Untuk kartu keluarga, tak perlu fotokopi berwarna, fotokopi biasa saja sudah cukup.

3. Sertifikat Basic Safety Training Asli

Revalidasi artinya memvalidasi ulang sertifikat Basic Safety Training yang sudah habis masa berlakunya. Karenanya itu, pendaftar revalidasi BST pastinya sudah memiliki sertifikat BST yang lama. Untuk bisa melakukannya, pendaftar harus melampirkan sertifikat BST asli yang akan kamu revalidasi sebagai tanda pendaftar sudah pernah punya sertifikat.

 

4. Surat Keterangan Sehat

Syarat untuk mengikuti tes revalidasi basic Safety Training adalah sedang dalam keadaan sehat. Keadaan tersebut menyatakan dengan lampiran surat keterangan sehat.

Kemudian itu, surat keterangan ini bisa kamu buat beberapa hari sebelum menyerahkan semua dokumen. Bisa melalui dokter umum, puskesmas, atau rumah sakit yang paling mudah terjangkau.

5. Pas Foto

Oleh karena itu, yang terakhir, pendaftar harus juga menyertakan pas foto. Pas foto yang kamu serahkan berjumlah empat lembar. Untuk itu, ukuran serahkan foto dengan ukuran 3×4. Usahakan untuk menggunakan pas foto terbaru atau baru saja terbuat agar wajah asli dan wajah dalam foto mudah dapat terkenali.

  Cek Buku Pelaut Online 2024: Solusi Cepat dan Efektif

 

Langkah Revalidasi Basic Safety Training

Namun itu, revalidasi BST tidak harus lakukan dengan langkah yang sembarangan. Ada langkah tertentu yang harus kamu ikuti oleh pelaut yang akan melakukan revalidasi BST. oleh karen itu, dengan mengikuti langkah ini, revalidasi akan berlangsung dengan lancar dan sesuai petunjuk. Karenanya, saat mendaftar revalidasi BST, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Revalidasi Basic Safety Training

 

  • Pendaftar revalidasi BST bisa mendaftar secara online melalui situs web terlebih dahulu.
  • Pada halaman utama situs web akan ada menu pendaftaran revalidasi BST.
  • Isi formulir yang tersajikan dalam halaman pendaftaran dengan data yang sesuai dan benar.
  • Periksa ulang kebenaran data, jika sudah submit formulir.
  • Pendaftar kemudian akan terbutuhkan untuk menyerahkan semua persyaratan yang sudah siap.
  • Lakukan pembayaran untuk revalidasi BST pada loket pembayaran.
  • Jika semua sudah selesai, pendaftaran akan mendapat nomor antrian tes.
  • Kerjakan keseluruhan tes dengan materi serupa dengan pendaftaran BST dengan seksama.
  • Jika sudah selesai, submit tes.
  • Pendaftar bisa menunggu pengumuman revalidasi BST keluar.

Mengapa Revalidasi Basic Safety Training Perlu? 

Maka dari itu, Basic Safety Training yang kamu miliki oleh pelaut memiliki jangka waktu aktif tertentu. Saat waktu berlakunya sudah habis maka pelaut perlu melakukan revalidasi BST Basic Safety Training. karena itu, jangka waktu yang sudah berakhir, ada beberapa alasan lain yang mendukung, diantaranya:

Mengapa Revalidasi Basic Safety Training Perlu?

 

1. Untuk Memperbarui Izin

kemudian itu, Basic Safety Training menjadi pintu masuk bagi pelaut untuk berlayar. Dengan memiliki sertifikat BST pelaut akan terizinkan berlayar. Setiap 5 tahun, sertifikat ini harus baru. Tujuannya untuk mengetahui apakah tetap layak untuk mendapatkan izin berlayar ataukah sudah mengalami penurunan dalam pengetahuan.

2. Menyegarkan Ingatan Tentang Keselamatan Berlayar

Lalu materi yang akan jadi bahan tes adalah materi dasar dari Basic Safety Training. Banyak pelaut yang sudah terjun ke lapangan dan lupa pada skill dasar ini. Karena itu, jarang terterap secara teori. Karenanya, saat akan tes untuk revalidasi BST, pelaut otomatis akan mempelajari lagi materi tentang BST.

  Persyaratan Untuk Buku Pelaut Online 2024

3. Menjadikan Pelaut Prioritas

Oleh karena itu, BST menjadi dasar keselamatan dalam berlayar, maka pelaut yang memiliki sertifikat akan bisa berlayar secara legal. Pelaut akan teranggap bisa melakukan pelayaran dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan keseluruhan pelayaran. Karenanya, pelaut yang memiliki BST aktif tentu akan mendapatkan prioritas dalam pekerjaan.

4. Mendapatkan Asuransi

Sertifikat Basic Safety Training juga bisa membantu pelaut untuk mendapatkan asuransi pelayaran. Asuransi ini tentu berguna, jika saja nanti ada sesuatu yang terjadi selama pelayaran.

Oleh karena itu, asuransi menjadi satu hal yang penting bukan? Untuk mendapatkan asuransi, pelaut harus mendapatkan sertifikat BST terlebih dahulu.

5. Mempermudah Datangnya Panggilan Berlayar

Yang terakhir, adanya sertifikat BST aktif tentu saja akan mempermudah seorang pelaut mendapatkan panggilan kerja. oleh karena itu, hal ini tentu karena pelaut dengan sertifikat BST yang aktif akan menjadi seorang pelaut yang legal dan memahami keamanan dalam berlayar. Karenanya, jangan ragu lagi untuk melakukan revalidasi BST.

Jasa Revalidasi Basic Safety Training

Memang banyak yang harus kita persiapkan sebelum melakukan revalidasi BST. Saat mempersiapkan semua persyaratan, pastikan tidak ada yang tertinggal. Dengan begitu proses revalidasi BST yang akan kamu lakukan bisa lancar mulai dari pendaftaran, penyelesaian tes, hingga pengumuman revalidasi.

Oleh karena itu, beberapa pelaut tak punya banyak waktu untuk melakukan revalidasi BST sendiri. Mengingat juga para pelaut jarang sekali berada pada daratan. Karena itu, Jangkar Groups siap melayani anda yang akan melakukan revalidasi BST Basic Safety Training. Anda tidak perlu meluangkan terlalu banyak waktu untuk mengurusnya sendiri.

Kami telah berpengalaman dalam melayani jasa revalidasi Basic Savety Training. Anda tidak perlu meluangkan waktu anda yang berharga. Cukup berikan dokumen seperti yang kami minta dan kami akan uruskan pendaftarannya. Setelahnya, anda hanya akn perlu mengerjakan tes saat jadwalnya tiba.

Mengingat pentingnya Basic Safety Training, tah heran jika sertifikat BST harus kamu miliki oleh semua pelaut. Perhatikan juga tenggat berlangsungnya agar tidak terlambat memperbaikinya. Jika tidak punya banyak waktu, pertimbangkan saja untuk menggunakan jasa pengurusan revalidasi BST yang tentunya terpercaya. 

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor