Persyaratan CNI Australia | Certificate of No Impedemen

Persyaratan CNI Australia – WNI dan WNA yang ingin melangsungkan pernikahan di Indonesia wajib melampirkan beberapa dokumen pokok dari kedutaan, salah satunya ialah CNI. Dokumen tersebut bersifat wajib sebagai bentuk pernyataan bahwa calon mempelai di ijinkan negara untuk menikah dengan warga asing secara hukum. Oleh karena itu, sebelum menikah wajib mengetahui persyaratan urus CNI Aussie.

baca juga : SKCK Urus Visa Australia

 

Sesuai dengan namanya, Certificate of No Impediment to marriage atau CNI berfungsi sebagai surat keterangan legal yang mengijinkan pernikahan antara warga asing dan lokal. Seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) dan catatan sipil akan meminta surat tersebut sebelum WNI dan WN Australia menjalankan pernikahan di Indonesia. Berikut ini informasi CNI selengkapnya:

 

Persyaratan Urus CNI Australia

 

CNI Australia Adalah

Warga Australia yang ingin melangsungkan pernikahan dengan penduduk asli di luar negeri perlu mengetahui kebijakan regulasi serta birokrasi pada negara terkait. Beberapa negara terkadang tidak mewajibkan calon mempelai untuk menyertakan CNI ketika akan melangsungkan pernikahan. Sedangkan ada juga negara yang mewajibkan seluruh warga asing untuk melampirkan dokumen CNI, khususnya Indonesia.

 

baca juga : Persyaratan Menikah WNA Australia dengan Indonesia

 

Oleh karena itu, WNI dan WN Australia yang ingin menikah di Indonesia perlu melakukan peninjauan mengenai regulasi pernikahan. Peninjauan tersebut bertujuan untuk memahami kriteria dan persyaratan urus CNI Australia secara solid agar tidak terdapat miss konsepsi. Adapun peninjauan dapat anda lakukan dengan cara berkonsultasi dengan kedutaan terkait. Berikut ini ulasan singkatnya:

  • WN Australia yang ingin melangsungkan pernikahan dengan WNI perlu melampirkan CNI,
  • Warga Australia tidak sedang dalam status terikat hubungan/menikah dengan siapapun ketika hendak menikah dengan WNI,
  • Bagi warga Australia yang pernah menikah harus melampirkan surat keterangan single atau certificate of dissolution of marriage.

 

baca juga : Persyaratan Visa Kerja Australia

 

  Anak Kawin Campur

Kriteria Warga Sipil Yang Membutuhkan CNI

 

syarat Urus CNI Australia

Warga Australia yang telah legal serta memenuhi kriteria untuk menikah dengan WNI maka berhak mendapatkan CNI sebagai syarat pernikahan. Adapun dalam pengurusan CNI tersebut anda perlu melampiran identitas asli milik pribadi yang berasal dari pencatatan sipil di Australia. Oleh karena itu persyaratan urus CNI Australia perlu anda lakukan di kantor kedutaan terkait.

 

baca juga : Persyaratan Apply Visa Australia

 

Sebelum melangsungkan pernikahan dengan WNI, para WNA wajib melampirkan CNI. Pengurusan dokumen tersebut anda lakukan di kantor kedutaan Australia di Indonesia. Sedangkan pembuatan CNI akan anda lakukan ketika seluruh dokumen pokok dilampirkan secara lengkap.

 

baca juga : Persyaratan CNI Australia

 

Adapun dokumen pokok Persyaratan CNI Australia tersebut, antara lain:

  • Melampirkan Passport.
  • Melampirkan salinan akta kelahiran.
  • Salinan Kartu identitas calon mempelai.
  • Menyertakan 4 lembar Pasfoto ukuran 2×3 dan 4×6.
  • Salinan certificate of dissolution of marriage (apabila WNA pernah menikah).

 

baca juga : Kuliah 6 bulan Sambil Bekerja di Australia

 

Dokumen Persyaratan Urus CNI Australia

 

Registrasi CNI Australia

Apabila calon WNA telah memenuhi standar kriteria serta melengkapi seluruh persyaratan dokumen, maka hendaknya segera anda langsungkan proses registrasi CNI di kedutaan Australia. Penting mengetahui proses registrasi tersebut terdiri dari beberapa tahapan agar tidak terjadi kekeliruan dokumen. Di bawah ini kami jelaskan rincian ulasan informasi lebih lanjut mengenai tahapan terkait. Yuk simak!

 

baca juga : Legalisir Akte Pendirian PT Kedutaan Australia

 

1. Lengkapi Seluruh Dokumen

Untuk mendapatkan CNI, kedua belah pihak dari calon mempelai perlu menyertakan dokumen pokok dan pendukung yang di minta sesuai regulasi masing-masing negara. Dokumen-dokumen tersebut berfungsi sebagai wujud bukti yang nantinya akan anda gunakan sebagai arsip catatan sipil. Oleh karena itu, pastikan tidak ada dokumen yang terlewat.

 

baca juga : Legalisir Power of Attorney Kedutaan Australia

 

Mengenai kelengkapan dokumen pokok telah kami jelaskan pada pembahasan sebelumnya. Sedangkan di bawah ini akan kami jelaskan mengenai persyaratan dan ketentuan dokumen pendukung. Perhatikan ulasan berikut ini agar tidak mengalami kendala pendaftaran:

  Surat-Surat Untuk Menikah: Persiapan Menikah yang Penting

  • Warga Australia wajib menyertakan paspor.
  • Seorang WNA yang menjadi penduduk tetap Indonesia wajib menyertakan foreign passport serta dokumen keterangan tempat tinggal tetap di Indonesia.
  • Identitas serta foto yang anda lampirkan pada paspor harus jelas.
  • WNA yang telah bercerai perlu melampirkan surat perceraian.
  • Melampirkan akte mati apabila mantan pasangan mempelai telah meninggal.
  • Gunakan jasa penerjemah profesional apabila memerlukan dokumen yang selaras.
  • WNA yang berada di bawah usia legal (18 tahun) perlu menjalankan proses persidangan sesuai kebijakan hukum di Australia terlebih dahulu.

 

baca juga : LEGALISIR SIM DI KEDUTAAN AUSTRALIA

 

Cara Registrasi CNI Australia

 

2. Registrasi Formulir

Usai melengkapi seluruh permintaan dokumen secara lengkap, maka calon mempelai sudah di perbolehkan untuk mengisi formulir pendaftaran. Proses pengisian dapat anda lakukan di kantor kedutaan Australia yang berada di Indonesia. Ketika pertama kali mendatangi kantor, calon mempelai diarahkan ke bagian pelayanan. Di sana silahkan menjelaskan tentang rencana pernikahan agar dapat memulai pendaftaran.

 

baca juga : Jasa Penerjemah Tersumpah Terbaik Untuk Visa Australia

 

3. Validasi Data Bersama Saksi Berwenang

Kantor kedutaan Australia di Indonesia menyediakan banyak sekali jasa kediplomatikan terhadap warganya. Salah satunya menjadi perantara pengurusan dokumen pernikahan warga antar negara. Calon mempelai memang akan melakukan serangkaian proses pendaftaran CNI di kantor kedutaan. Namun proses legalitas dokumen terkait tetap perlu didampingi dengan saksi yang berwenang agar dapat sah.

 

baca juga : Biro Jasa Legalisir Dokumen Kedutaan Australia

 

Formulir pendaftaran yang kami berikan tersebut akan anda isi dan oleh calon mempelai berdasarkan pendampingan pihak serta saksi berwenang. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman masing-masing poin pada formulir kepada calon mempelai. Selama proses pendampingan tersebut, calon mempelai berhak melakukan konsultasi. Apabila formulir telah anda isi secara sadar, maka saksi berwenang berhak menjalankan validasi data.

 

baca juga : Cara Mendapatkan Visa Pelajar Australia

 

Validasi Data Bersama Saksi Berwenang

 

4. Kumpulkan Formulir dan Berkas

Pembuatan CNI oleh kedutaan akan terprosesw setelah pendaftar menjalankan serangkaian tahapan registrasi secara urut. Calon mempelai yang hendak melangsungkan pernikahan harus meyakinkan bahwa seluruh tahapan telah anda jalankan dengan benar. Setelah melakukan tahapan terdahulu secara benar, maka langkah selanjutnya ialah mengumpulkan formulir yang telah tervalidasi beserta seluruh berkas dokumen pokok dan pendukung.

  Perjanjian Pra Nikah Dalam Islam

 

baca juga : Biro Jasa Penerjemah Tersumpah Bahasa Australia

 

5. Lakukan Pembayaran

Pembuatan CNI bagi warga Australia dipatok biaya A$153 atau setara RP.1.569.309,-. Biaya tersebut memiliki nominal yang sama antara pengurusan di Australia sendiri atau di luar negeri, begitupun di Indonesia. CNI milik pendaftar baru akan ditindaklanjuti setelah dilakukan pembayaran. Oleh karena itu, pastikan pembayaran telah dilakukan sesuai ketentuan dan biaya tertera.

 

baca juga : Jasa Legalisir Kedutaan Australia Yang Profesional

 

Pembuatan CNI bagi warga Australia

 

Pendaftar yang mengalami kendala dalam proses legalitas dokumen biasanya akan diarahkan untuk mengurusnya terlebih dahulu. Legalitas dokumen tentu saja memerlukan bantuan pihak berwenang terkait. Biasanya para pendaftar akan diarahkan langsung menemui pihak professional untuk mengurusi dokumen dan terdapat biaya tambahan. Berdasarkan hal tersebut, silahkan melakukan konsultasi kendala terhadap pihak terkait.

 

baca juga : SYARAT LEGALISIR BUKU NIKAH DIKEDUTAAN AUSTRALIA

 

Setelah dilakukan pembayaran, maka CNI akan segera ditindaklanjuti sesuai kebijakan yang berlaku. Segala dokumen terkait serta formulir milik pendaftar akan ditinjau langsung oleh pihak berwenang. Proses pendataan identitas pendaftar berlangsung sesuai nomor urut antrian dalam peninjauan tersebut. Oleh karena itu mulai dari registrasi hingga mendapatkan dokumen asli CNI memerlukan waktu.

 

baca juga : SYARAT LEGALISASI DI KEDUTAAN AUSTRALIA

 

Proses pendataan identitas

 

Jasa Pengurusan CNI Australia

Sejak di lakukan proses pengumpulan berkas hingga mendapatkan dokumen resmi CNI, calon mempelai perlu menjalankan serangkaian regulasi pendaftaran. Dalam kurun waktu tersebut, para pendaftar perlu melakukan riset informasi terkait agar tidak mengalami kesalahan pendataan. Namun tenang saja, di sini kami siap membantu anda mengurus keperluan tersebut.

 

baca juga : PERSYARATAN VISA HOLIDAY AUSTRALIA

 

Anti ribet dan dijamin terpercaya! Kami menawarkan jasa yang legal sesuai dengan regulasi yang berlaku. Segera hubungi kontak kami untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Segala persyaratan urus CNI Australia akan kami wakilkan pengurusannya sesuai tahapan dan regulasi yang berlaku. Tunggu apa lagi? Kami menawarkan solusi tercepat dan terbaik dalam pengurusan dokumen.

 

baca juga : BIRO JASA LEGALISIR KEDUTAAN AUSTRALIA

 

Formulir CNI australia

MIXED MARRIAGE INDONESIA AUSTRALIA

CONTOH APLIKASI CNI AUSTRALIA

Adi