Persyaratan Menikah WNA Australia dengan Indonesia

Pada dasarnya melangsungkan pernikahan campuran dengan pasangan yang berbeda negara sudah bukan perkara baru lagi. Terlebih semakin majunya dunia teknologi, dimana jalinan komunikasi warga di berbeda negara semakin gampang. Untuk itu persyaratan menikah dengan beda negara WNA Australia dengan Indonesia penting diketahui.

baca juga : SKCK Urus Visa Australia

 

Nantinya untuk bisa melangsungkan perkawinan campuran dengan orang Australia tersebut dibutuhkan sejumlah persyaratan. Entah pernikahan tersebut dijalankan di Indonesia ataupun di negara Australia itu sendiri. Jika masih bingung nantinya harus bagaimana mengurusnya, kami jasa pengurusan siap membantu kebutuhan tersebut.

 

baca juga : Persyaratan Menikah WNA Australia dengan Indonesia

 

Sekilas Tentang Pernikahan Beda Negara

Melangsungkan pernikahan antara calon suami dan istri yang mempunyai latar belakang berbeda kebangsaan atau negara sudah cukup sering terjadi. Mengingat jodoh dari seseorang tidak ada yang menyangka sebelumnya. Misalnya saja seperti pernikahan antara WNA Australia dengan WNI.

 

baca juga : Persyaratan Visa Kerja Australia

 

Maka dari hal itulah, pengetahuan terkait persyaratan pernikahan WNA Aussie dengan Indonesia tidak boleh terlewatkan. Di Indonesia sendiri perihal pernikahan memang mempunyai hukum tersendiri. Yang mana menikah menjadi satu dari beberapa hal asasi manusia itu sendiri.

 

baca juga : Persyaratan Apply Visa Australia

 

Hingga dengan demikian perbedaan negara bukan hal yang anda permasalahkan sebagaimana UUD yang berlaku. Pernikahan berbeda negara ini sering juga anda kenal dengan sebutan pernikahan campuran. Nantinya pernikahan ini bisa anda langsungkan asalkan sejumlah persyaratan yang di berlakukan di masing-masing negara calon mempelai terpenuhi.

 

baca juga : Persyaratan CNI Australia

 

Apabila sejumlah persyaratan tersebut sudah anda penuhi dengan baik, maka calon pengantin baru bisa memperoleh surat keterangan yang anda perlukan untuk menikah. Jika surat keterangan ini tidak berhasil anda dapatkan, maka pernikahan pun tak dapat anda selenggarakan.

  Perkawinan Campur WNI

 

baca juga : Kuliah 6 bulan Sambil Bekerja di Australia

 

Apa Saja Persyaratan Menikah WNA Australia Dengan Indonesia?

Apa Saja Persyaratan Menikah WNA Australia Dengan Indonesia?

Layaknya yang sudah anda ketahui sebelumnya bahwa untuk bisa melaksanakan pernikahan berbeda negara, maka anda perlukan sejumlah persyaratan menikah WNA Australia dengan Indonesia yang terdiri dari sejumlah berkas. 

 

baca juga : Legalisir Akte Pendirian PT Kedutaan Australia

 

Entah pernikahan bakal anda langsungkan di dalam negeri atau Indonesia, maupun pernikahan yang anda langsungkan di luar negeri atau Australia, keduanya masing-masing bakal membutuhkan persyaratan yang tidak sama. Pembahasan lebih rincinya terkait daftar persyaratan yang kami maksud adalah sebagai berikut:

 

baca juga : Legalisir Power of Attorney Kedutaan Australia

 

Pernikahan di Dalam Negeri

1. Pernikahan di Dalam Negeri

Pilihan pertama untuk melangsungkan pernikahan berbeda negara yaitu dengan anda laksanakan di Indonesia sendiri. Nantinya anda juga anda haruskan untuk memenuhi persyaratan menikah WNA Australia dengan Indonesia sebagaimana yang sudah di tetapkan. Adapun daftar persyaratan yang anda perlukan tersebut yakni seperti berikut:

  • Dokumen pertama yang menjadi syarat yaitu akta kelahiran milik WNA yang menjadi mempelai.
  • Kartu identitas yang anda miliki oleh calon mempelai yang berstatus WNA dari negaranya dalam bentuk salinan.
  • Paspor WNA yang menjadi mempelai juga dalam bentuk salinan.
  • Surat keterangan tempat tinggal atau bisa juga bukti domisili lainnya. Dokumen ini contohnya bisa menggunakan bukti akan tagihan listrik ataupun telepon.
  • Formulir pernikahan yang sudah anda lakukan pengisian serta anda tambahkan tanda tangan dari pihak kedutaan.
  • Surat pengantar yang berhubungan dengan pernikahan, asalnya bisa dari pihak RT serta bisa juga dari pihak RW.
  • Apabila pernikahan yang anda langsungkan ada di KUA maka perlu menyertakan formulir N3.
  • Jenis Formulir N1, N2, dan juga N4 sudah anda lakukan pengisian dalam bentuk lengkap.
  • Kartu identitas seperti KTP, Akta Kelahiran serta juga KK dalam bentuk salinan.
  • Surat persetujuan dari pihak orang tua pengantin yang sudah ada tanda tangannya.
  • Formulir orang tua yang sudah anda isi secara lengkap.
  • Buku nikah milik orang tua pengantin, dalam bentuk salinan.
  • KTP serta data kedua saksi pernikahan, dalam bentuk salinan.
  • Pas foto yang memiliki ketentuan ukurannya 3×4 serta 4×6, 4 lembar untuk masing-masing.
  • Bukti akan pembayaran PBB paling akhir.
  • Salinan dari perjanjian pra nikah apabila ada.
  Persyaratan Nikah Siri

 

baca juga : LEGALISIR SIM DI KEDUTAAN AUSTRALIA

 

Pernikahan di Luar Negeri

2. Pernikahan di Luar Negeri

Tak berbeda jauh dari pernikahan yang anda langsungkan di dalam negeri tercinta Indonesia ini, apabila pernikahan anda langsungkan di negara Australia juga bakal membutuhkan beberapa persyaratan. Diantara daftar persyaratan yang kami maksud antara lain seperti berikut:

  • Pertama ada dokumen seperti surat izin untuk melangsungkan pernikahan bersama WNA yang asalnya dari orang tua.
  • Melakukan pembuatan surat pernyataan bahwasanya belum pernah melakukan pernikahan. Bisa juga dengan menyertakan akta cerai untuk calon pengantin yang statusnya janda maupun duda.
  • Surat pengantar yang menyatakan bahwa pernikahan tersebut tak mempunyai halangan. Surat ini bisa anda peroleh dari pihak RT ataupun RW. Serta juga surat yang masih bisa anda katakan sama namun anda peroleh dari pihak kelurahan.
  • Sertakan juga SKCK.
  • Ada juga dokumen berupa paspor serta visa yang menyatakan negara tujuan pernikahan bakal anda langsungkan. Disini juga anda perlukan salinan dari KTP, kemudian KK, serta juga Akta Kelahiran.
  • Melakukan pemasukan sejumlah dokumen pada pihak KUA bagi orang Muslim. Sementara untuk orang non Islam dapat memasukkannya pada pihak pencatatan sipil. Dokumen tersebut meliputi KTP, kemudian pas foto sesuai ketentuan, dan KK.
  • Apabila seluruh persyaratan yang anda butuhkan sudah lengkap, maka anda bisa memasukkannya pada pihak kedutaan dari negara yang menjadi tempat berlangsungnya acara pernikahan.
  • Dalam hal ini perlu anda perhatikan bahwa seluruh dokumen harus anda lakukan penerjemahan oleh penerjemah tersumpah memakai bahasa negara yang bersangkutan.
  PERSYARATAN MENIKAH CAMPURAN IRAK

 

baca juga : Jasa Penerjemah Tersumpah Terbaik Untuk Visa Australia

 

Tata Cara Menikah WNA Australia dengan Indonesia

Tata Cara Menikah WNA Australia dengan Indonesia

Nantinya terdapat tata caranya tersendiri untuk mengurus sejumlah persyaratan menikah WNA Australia dengan Indonesia yang ada. Pastinya caranya adalah dengan melakukan pendaftaran pada pihak terkait supaya bisa segera kami proses. Detail tata cara pernikahan yang anda lakukan di luar negeri yakni sebagai berikut:

 

  • Pertama yaitu melakukan pendaftaran pada pihak KBRI yang terdapat pada negara tempat berlangsungnya pernikahan. Anda perlu menyiapkan dokumen yang meliputi bukti pernikahan, kemudian pas foto, dokumen perjalanan dan juga surat keterangan terkait tempat tinggal.
  • Pergi ke Disdukcapil sebagaimana tempat tinggal di negara Indonesia untuk memperlihatkan sejumlah bukti pernikahan. Nantinya bukti akan pernikahan yang sudah anda lakukan penyerahan kepada pihak KBRI juga bakal anda minta. Untuk satu ini terdapat sejumlah syarat lain di masing-masing Disdukcapil.
  • Menuju ke KUA Kecamatan bagi pasangan yang Muslim yang ingin melangsungkan pernikahan di negara lain. Di samping dokumen pencatatan pernikahan juga butuh sejumlah persyaratan lain. Di antaranya adalah seperti bukti pernikahan yang anda lakukan penerjemahan oleh penerjemah tersumpah serta sudah anda tandatangani.

 

baca juga : Biro Jasa Legalisir Dokumen Kedutaan Australia

 

Jasa Pengurusan Persyaratan Menikah WNA Australia dengan Indonesia


Jasa Pengurusan Persyaratan Menikah WNA Australia dengan Indonesia

Jika anda hendak menjalankan pernikahan dengan pasangan yang berbeda negara khususnya Australia, namun anda mengalami beberapa kendala, seperti misalnya bingung bagaimana alur yang harus anda lalui, bisa juga lantaran sibuk dan lainnya, Maka kami selaku penyedia jasa pengurusan siap membantu kebutuhan anda tersebut.

 

baca juga : Cara Mendapatkan Visa Pelajar Australia

 

Tentunya dengan begitu anda tak perlu capek-capek melakukan pendaftaran mandiri. Serta tidak harus mengantri yang membutuhkan tenaga dan waktu lebih dan lainnya.

 

baca juga : Biro Jasa Penerjemah Tersumpah Bahasa Australia

 

Dari banyaknya persyaratan beserta prosedur yang harus anda lalui untuk persyaratan menikah WNA Australia dengan Indonesia yang ada, membuat sejumlah orang enggan untuk melakukan pengurusan secara mandiri. Pilih kami untuk menangani dokumen yang anda butuhkan. Lantaran kami hadir dengan tenaga profesional, hasil berkualitas dan juga waktu yang relatif cepat.

 

baca juga : Jasa Legalisir Kedutaan Australia Yang Profesional

Contoh CNI Australia

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor