Kuliah Sambil Kerja di Australia, Info Kuliah Sambil Kerja

Kuliah Sambil Kerja – Banyak pelajar di Indonesia yang berkuliah di Australia karena lokasinya cukup dekat dan terdapat banyak universitas terbaik dunia. Beberapa dari mereka pun ada yang kuliah sambil bekerja, baik untuk menambah penghasilan ataupun mencari pengalaman. Lalu, apakah bisa kuliah 6 bulan sambil bekerja di Australia?

 

baca juga : SKCK Urus Visa Australia

 

Kuliah Sambil Kerja adalah

Ternyata kuliah 6 bulan sambil bekerja di aussie sangat memungkinkan asalkan memiliki visa yang memperbolehkan seorang mahasiswa internasional bisa bekerja. Selain visa, ada beberapa syarat lainnya yang penting diketahui, mulai dari gaji hingga jenis pekerjaannya.

 

baca juga : Persyaratan Menikah WNA Australia dengan Indonesia

 

banyak pelajar di indonesia yang berkuliah di australia

 

Di bawah ini adalah informasi lengkap bagi yang ingin kuliah sambil bekerja di Australia:

 

Apakah Bisa Kuliah Sambil Kerja di Australia ?

Kuliah 6 bulan sambil bekerja di Australia atau periode waktu yang lebih dari itu tentu saja bisa. Asalkan ketentuan visa yang dimiliki tersebut mengijinkan. Pasalnya, visa pelajar tentuya tergantung jenis program kuliah yang diambil. Namun, kebanyakan semua visa pelajar mengijinkan mahasiswa internasional untuk bekerja.

 

baca juga : Persyaratan Visa Kerja Australia

 

Misalnya, pada Higher Education Sector Visa (Subclass 573) yaitu visa yang diperuntukkan bgai pelajar yang berkuliah di Australia dan mengambil program:

  • Associate degree
  • Bachelor
  • Diploma (graduate certificate)
  • Higher education diploma atau master by coursework
  Visa C1D Dengan Persyaratan Pengalaman Spesifik

 

baca juga : Persyaratan Apply Visa Australia

 

visa pelajar mengijinkan mahasiswa internasional untuk bekerja

Jam kerja Kuliah Sambil Kerja di australia

Jika mendapatkan visa tersebut, maka mahasiswa internasional bisa bekerja hingga 40 jam per 2 minggu selama kuliah berjalan. Namun, jika pekerjaan tersebut bagian dari program kuliah, maka batas jam kerja tersebut tidak bisa dimasukkan.

 

baca juga : Persyaratan CNI Australia

 

Kemudian, ada pula visa Postgraduate Research Sector Visa (Subclass 574), yaitu bagi pelajar yang mendaftar program master dan doctoral jalur penelitian. Jika mendapatkan visa ini, maka mahasiswa internasional tersebut bisa bekerja tanpa batas.

 

baca juga : Kuliah 6 bulan Sambil Bekerja di Australia

 

mahasiswa internasional bisa bekerja hingga 40 jam per 2 minggu

Persyaratan Kuliah Sambil Kerja di australia
Di atas telah diketahui jika mahasiswa internasional diperbolehkan untuk bekerja di Australia asalkan memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya, wajib memiliki visa pelajar dan batas lamanya bekerja tergantung dari visa yang dimiliki, seperti yang telah diulas di atas. Selain visa, persyaratan lainnya untuk bekerja di Australia untuk pelajar adalah sebagai berikut:
  • Bagi mahasiswa internasional dengan visa pelajar yang valid bisa bekerja sampai dengan 20 jam per minggi saat kuliah sedang berlangsung. Kemudian, tidak adanya batas jumlah jam siswa dapat bekerja selama liburan sekolah
  • Jika bekerja untuk organisasi nirlaba, maka tidak dibayar tunai atas pekerjaan yang dilakukan tersebut.
  • Mahasiswa internasional wajib mengejar program studi yang konsisten dan telah disetujui oleh pemerintah Australia
  • Pelajar internasional wajib memiliki OSHC atau Overseas Student Health Cover

 

baca juga : Legalisir Akte Pendirian PT Kedutaan Australia

 

Kuliah Sambil Kerja persyaratan untuk dapat bekerja di australia bagi pelajar

Informasi Kuliah Sambil Kerja di Australia

Setelah mengetahui persyaratan apa saja untuk dapat bekerja di Australia bagi pelajar. Kini saatnya mengetahui informasi berbagai hal bagi yang ingin kuliah sambil bekerja di Australia. Berikut ini adalah informasi yang perlu diketahui jika kuliah sambil bekerja di Australia yang patut diketahui:

 

resiko Kuliah Sambil Kerja

Salah satu informasi yang paling dicari bagi mahasiswa internasional yang ingin bekerja di Australia adalah gaji. Namun, di Australia sendiri gaji akan bergantung pada kebijakan perusahaan, jenis pekerjaan, dan juga lokas. Misalnya, jika berada di kota besar seperti Melbourne atau Sydney, tentunya akan mendapatkan gaji lebih tinggi daripada kota-kota kecil lain di Australia.

  Buat Visa Turis UK Berapa Lama?

 

baca juga : Legalisir Power of Attorney Kedutaan Australia

 

Namun, kebanyakan besaran gaji yang di dapat jika part time adalah sekitar AUD 10 hingga AUD 20 per jam. Jadi, bila mahasiswa yang sambil kuliah maksimal jam kerja adalah 40 jam per 2 minggu, maka estimasi gaji yang akan di dapat adalah AUD 1200 – AUS 2000.

 

baca juga : LEGALISIR SIM DI KEDUTAAN AUSTRALIA

 

Kuliah Sambil Kerja informasi yang perlu diketahui jika kuliah sambil bekerja di australia

Jam Kerja Kuliah Sambil Kerja

Kuliah 6 bulan sambil bekerja di Australia tentu bisa, asalkan harus memenuhi batas 40 jam per 2 minggi selama masa kuliah kerja khusus bagi mahasiswa interasional. Namun, jumlah batas 40 jam tersebut tidak berlaku jika pekerjaan yang di lakukan tersebut adalah pekerjaan yang menguntungkan komunitas. Namun, jika pekerjaan di ambil berupa penempatan kerja atau magang (internship) meskipun tidak membayar akan tetap di hitung batasnya adalah 40 jam kerja.

 

baca juga : Jasa Penerjemah Tersumpah Terbaik Untuk Visa Australia

 

Tax File Number

Selain mengetahui upah minumim dan batas jam kerja, satu hal yang sering terlewat adalah tax file number. Mahasiswa internasional yang ingin bekerja di Australia wajib mendapatkan Tax File Number terlebih dahulu. Pemerintah Australia menggunakan Tax File Number sebagai nomor referensi untuk mencatat pekerjaan.

 

baca juga : Biro Jasa Legalisir Dokumen Kedutaan Australia

 

Selain itu, Tax File Number juga di gunakan untuk menentukan pajak yang harus di bayar oleh seseorang tersebut per tahunnya. Jadi, setiap orang akan memiliki satu Tax File Number. Bagi seseorang yang ingin mengubah data identifikasi, atau Tax File Number tersebut hilang, tidak perlu lagi untuk mendaftar ulang. Sesorang tersebut bisa mendaftarkan di Australian Government Taxation Office Website untuk mendapatkan Tax File Number Kembali.

  Visa Pelajar Mesir Untuk Program Farmasi

 

baca juga : Jasa Legalisir Kedutaan Australia Yang Profesional

Kuliah Sambil Kerja Tax File Number juga digunakan untuk menentukan pajak

Jenis Pekerjaan Kuliah Sambil Kerja

Di atas telah menjabarkan informasi yang perlu mengetahui jika ingin kuliah sambil bekerja di Australia. Dari informasi tersebut, tentu saja boleh kuliah 6 bulan sambil bekerja di Australia. Lalu, bagaimana jenis pekerjaan yang biasa di lakukan mahasiswa intrenasional? Berikut ini adalah ulasannya:

 

1. Kerja di Lingkungan Universitas

Mahasiswa internasional kebanyakan bekerja di lingkungan kampus, seperti asisten penelitian, asisten lab, bekerja di perpustakaan, atau staf di universitas. Lowongan kerja di lingkungan kampus pada umumnya di umumkan di papan pengumuman atau website career center dan website masing-masing jurusan atau fakultas. Kemudian, lowongan pekerjaan yang di umumkan pun beragam, mulai dari pekerjaan di lingkungan universitas, hingga perusahaan atau organisasi mitra universitas.

 

baca juga : SYARAT LEGALISIR BUKU NIKAH DIKEDUTAAN AUSTRALIA

 

Kuliah Sambil Kerja bekerja di lingkungan kampus

2. Jasa

Jenis pekerjaan yang bisa untuk mahasiswa internasional juga termasuk bidang jasa. Contoh industri yang biasanya membuka banyak lowongan kerja untuk mahasiswa internasional adalah industri perhotelan dan pariwisata. Selain itu, industri tersebut juga memiliki perkembangan yang baik di Australia.

 

baca juga : SYARAT LEGALISASI DI KEDUTAAN AUSTRALIA

 

Sistem waktu kerja kebanyakan berdasarkan shift sehingga mahasiswa internasional dapat memilih waktu kerja yang sesuai dengan jam kuliah mereka. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang memberlakukan jam kerja di akhir pekan.

 

baca juga : PERSYARATAN VISA HOLIDAY AUSTRALIA

 

Kuliah Sambil Kerja jenis pekerjaan yang bisa untuk mahasiswa internasional juga termasuk bidang jasa

3. Pekerjaan Sukarela

Kuliah 6 bulan sambil bekerja di Australia memang memungkinkan dan mahasiswa internasional mengijinkan untuk mencari pengalaman kerja, magang, dan juga bekerja sukarela. Namun, pekerjaan sukarela tidak hanya sebatas pekerjaan sosial saja. Posisi pekerjaan sukarela bagi mahasiswa asing sangat beragam dan banyak perusahaan membuka lowongan ini.

 

baca juga : BIRO JASA LEGALISIR KEDUTAAN AUSTRALIA

 

Meskipun tidak membayar, namun mahasiswa internasional tetap mendapat pengalaman bekerja internasional yang tidak mereka dapatkan di Indonesia. Kemudian, mereka juga berkesempatan untuk bisa mempraktikkan dan menerapkan teori dalam praktik yang seungguhnya.

 

baca juga : VISA AUSTRALIA

 

Kuliah Sambil Kerja mahasiswa internasional mendapat pengalaman bekerja internasional

Keuntungan Kuliah Sambil Kerja

Kemudian, mahasiswa internasional juga bisa mengenal budaya serta lingkungan kerja di Australia serta membangun networking. Semua hal tersebut tentu bisa menjadi nilai plus untuk berkarir nantinya atau bisa memasukan ke dalam CV. Ada pula kesempatan bagi mahasiswa internsional di tawarkan pekerjaan tetap setelah mereka lulus dari perusahaan tempat mereka bekerja sukarela atau magang.

 

Bagi mahasiswa internasional, kuliah 6 bulan sambil bekerja di Australia tentu saja bisa, asalkan memenuhi persyaratan, termasuk visa. Namun, mengurus visa pelajar tentunya tidak mudah, ada banyak prosedur yang harus melalui. Jika ingin membuat, bisa menghubungi kami sebagai biro jasa kepengurusan visa profesional.

Adi