Cara Menghitung PPN Import

Cara Menghitung PPN Import – PPN (Pajak Pertambahan Nilai) adalah pajak yang di kenakan pada setiap transaksi jual beli barang dan jasa yang di lakukan di Indonesia. Namun, bagaimana dengan impor? Apakah PPN juga di kenakan pada barang yang di impor ke Indonesia? Oleh karena itu Bagaimana cara menghitungnya? Artikel ini akan menjelaskan tentang cara menghitung PPN impor dengan rinci.

Cara Menghitung PPN Import Dan Apa itu PPN Impor?

Cara Menghitung PPN Import Dan Apa itu PPN Impor?

Oleh karena itu PPN Impor adalah pajak yang di kenakan pada barang yang di impor ke Indonesia. Maka PPN Impor ini di atur dalam Pasal 22 Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai. Sehingga PPN Impor di perhitungkan berdasarkan nilai dasar impor di tambahkan dengan bea masuk (BM) dan pajak penghasilan atas impor (PPh Pasal 22).

Cara Menghitung PPN Impor

Untuk menghitung PPN Impor, terlebih dahulu harus di ketahui nilai dasar impor, BM, dan PPh Pasal 22. Oleh karena itu Nilai dasar impor adalah nilai barang di tambah dengan biaya-biaya yang timbul pada saat barang tersebut di serahkan pada pihak yang melakukan impor. BM adalah pajak yang di kenakan atas impor barang, sedangkan PPh Pasal 22 adalah pajak penghasilan atas impor barang.

Setelah mengetahui nilai dasar impor, BM, dan PPh Pasal 22, maka PPN Impor dapat di hitung dengan rumus sebagai berikut:

PPN Impor = (Nilai Dasar Impor + BM) x 10%

Contoh Dan Cara Menghitung PPN Import

Contoh Dan Cara Menghitung PPN Import

Oleh karena itu Sebagai contoh, jika nilai dasar impor suatu barang adalah Rp 10.000.000 dan BM sebesar Rp 1.000.000, serta PPh Pasal 22 sebesar Rp 500.000, maka PPN Impor dapat di hitung sebagai berikut:

PPN Impor = (Rp 10.000.000 + Rp 1.000.000) x 10% = Rp 1.100.000

Jadi, PPN Impor yang harus di bayarkan sebesar Rp 1.100.000.

Cara Membayar PPN Impor Dan Cara Menghitung PPN Import

PPN Impor harus di bayarkan ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) melalui bank yang di tunjuk. Pembayaran dapat di lakukan dengan cara transfer atau setoran tunai di bank. Oleh karena itu Setelah pembayaran di lakukan, DJBC akan mengeluarkan Bukti Penerimaan Setoran (BPS) sebagai bukti pembayaran PPN Impor.

Kesimpulan Cara Menghitung PPN Import

PPN Impor adalah pajak yang di kenakan pada barang yang di impor ke Indonesia. Maka PPN Impor di hitung berdasarkan nilai dasar impor di tambahkan dengan BM dan PPh Pasal 22. Oleh karena itu Untuk membayar PPN Impor, harus di lakukan melalui bank yang di tunjuk oleh DJBC. Sehingga Dengan mengetahui cara menghitung PPN Impor, di harapkan dapat membantu dalam melakukan impor barang ke Indonesia.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Website : Jangkargroups.co.id

admin