Proses Administrasi Kepabeanan Impor

Adi

Updated on:

Proses Administrasi Kepabeanan Impor
Direktur Utama Jangkar Goups

Proses Administrasi Kepabeanan Import – Impor adalah kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Proses administrasi kepabeanan import adalah proses administrasi yang harus dilalui oleh importir sebelum barang yang di beli dari luar negeri dapat di ambil di pelabuhan atau bandara. Data Ekspor Impor Biodiesel Indonesia

 

Proses Administrasi Kepabeanan Impor

Jadi proses administrasi kepabeanan import meliputi beberapa tahapan:

 

Proses Administrasi Kepabeanan Impor : Pelaporan Barang Masuk

 

Proses Administrasi Kepabeanan Impor : Pelaporan Barang Masuk

 

Importir harus melaporkan barang yang akan di impor dengan menggunakan Sistem Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Berbasis Elektronik (PEB). PEB adalah sistem aplikasi berbasis web yang di gunakan untuk menyampaikan pemberitahuan pabean dan dokumen terkait pada saat importasi barang.

 

Proses Administrasi Kepabeanan Impor : Pemeriksaan Dokumen

 

  Dampak Negatif Penyelundupan Barang Impor

Proses Administrasi Kepabeanan Impor Pemeriksaan Dokumen

 

Dokumen yang harus di sertakan oleh importir adalah faktur, packing list, surat jalan, dan dokumen lain yang berkaitan dengan impor barang. Selanjutnya setelah di lakukan pelaporan barang masuk, dokumen yang di kirim oleh importir akan di uji sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Pemeriksaan Fisik

Setelah pemeriksaan dokumen di lakukan, maka importir harus menyerahkan barang yang di beli untuk di periksa secara fisik oleh petugas bea cukai. Jadi pemeriksaan fisik bertujuan untuk menjamin bahwa barang yang di impor sesuai dengan dokumen yang di lampirkan oleh importir.

 

Pemeriksaan Administrasi

Pemeriksaan administrasi di lakukan untuk mengecek kelengkapan dokumen yang di butuhkan untuk impor barang. Dokumen yang di maksud adalah faktur, packing list, surat jalan, dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan impor barang.

 

Pembayaran Bea Masuk

Setelah proses pemeriksaan dan verifikasi selesai di lakukan, maka importir harus membayar bea masuk yang di kenakan sesuai dengan jenis barang yang di impor. Selanjutnya pembayaran bea masuk di lakukan melalui bank yang telah di tunjuk oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

  Skema Impor Pajak Keluaran

 

Pelaporan Pabean

Setelah bea masuk di bayarkan, importir harus melaporkan kepada pihak berwenang yang bersangkutan bahwa barang impor tersebut sudah di terima dan ingin di ambil. Selanjutnya pelaporan ini di lakukan melalui Sistem Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Berbasis Elektronik (PEB).

 

Penyerahan Barang

Setelah proses administrasi kepabeanan impor selesai di lakukan, importir dapat mengambil barang yang di beli di pelabuhan atau bandara setelah membayar biaya pengambilan barang (if any).

 

Proses Administrasi Kepabeanan Impor Jangkar Groups

Proses administrasi kepabeanan import sangat penting bagi importir untuk memastikan bahwa barang yang di beli dari luar negeri dapat di ambil di pelabuhan atau bandara tanpa masalah. Selanjutnya dalam proses ini, importir harus memenuhi persyaratan yang berlaku. Dan membayar bea masuk yang sesuai dengan jenis barang yang di impor.

 

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]
Website: Jangkargroups.co.id
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups
Website : Jangkargroups.co.id

  Cara Impor Barang Bekas: Panduan Lengkap
Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor