Persyaratan Nikah WNA dan WNI

Persyaratan Nikah WNA dan WNI – Secara geografis, letak Negara Indonesia dan Negara Phillipine tidak terlampau jauh. Kedua negara ini hanya di pisahkan oleh batas laut masing-masing, oleh karena itu pertemuan kedua warga negara tersebut sangatlah mungkin terjadi. Ini merupakan salah satu alasan adanya pernikahan campuran warga Indonesia dengan Filipina. Persyaratan menikah dengan beda negara antara WNI dan WNA Filipina juga tidak terlalu sulit.

 

Mengenai Persyaratan Nikah WNA dan WNI

Jadi, bagi yang berencana atau sedang menjalin hubungan dengan WNA Filipina, jangan khawatir tidak bisa menikah. Perkawinan campuran antar negara seperti itu sangat umum terjadi. Karena namanya jodoh tidak ada yang tahu akan berada di mana, negara juga tidak bisa membatasi keinginan warganya untuk menjalin hubungan dengan siapa saja.

 

Pernikahan Persyaratan Nikah WNA dan WNI

Hal pertama yang harus di pahami oleh para pria dan wanita di Indonesia yang ingin mempunyai pasangan orang Filipina atau warga negara lainnya adalah aturannya. Ada aturan yang mengatur Warga Negara Indonesia untuk bisa menikah dengan warga negara asing seperti Filipina.

 

PERNIKAHAN BEDA NEGARA

 

Pernikahan tidak akan bisa dikatakan resmi di hadapan negara jika aturan tersebut belum terpenuhi. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh Warga Negara yang ingin melangsungkan pernikahan dengan warga luar. Contohnya pada persyaratan nikah antara WNI dan WNA Filipina yang harus dipenuhi keduanya. Jika sudah semuanya terpenuhi barulah pernikahan campuran ini akan dikatakan sah oleh negara.

 

Peraturan Persyaratan Nikah WNA dan WNI

Adapun peraturan pernikahan campuran ini, telah diatur dalam peraturan yang berlaku di negeri ini. Isi dari aturan tersebut lebih spesifik merujuk pada aturan perkawinan yang akan dilangsungkan warga negara, termasuk pernikahan campuran.

  Modul Bimbingan Perkawinan Untuk Calon Pengantin

 

Pernikahan campuran juga secara spesifik kembali disebut dalam pasal 57 pada undang-undang perkawinan. Didefinisikan juga sebagai perkawinan antara dua orang Indonesia yang tunduk dalam dua hukum yang berbeda karena perbedaan negara dan salah satunya adalah warga negara Indonesia.

 

Alasan Warga Indonesia Menyukai WNA Filipina

Sadar-tidak sadar, ternyata di sekeliling masyarakat Indonesia, banyak warga Indonesia yang melangsungkan pernikahan beda negara. Diantaranya mereka memilih warga negara filipina untuk menjadi pasangan hidupnya. Lantas apa saja alasan WNi menyukai warga negara Filipina untuk dijadikan pasangan hidupnya? SImak beberapa alasannya berikut ini:

 

Alasan Warga Indonesia Menyukai WNA Filipina

1. Mudah Akrab

Orang filipina diketahui memiliki beberapa bahasa nasional, salah satunya Bahasa Inggris. Ini dikarenakan banyaknya warga eropa yang memilih tinggal di sana selain warga lokal. Ini membuat warga filipina cukup fasih dalam berbahasa inggris, sehingga tidak sulit untuk berkomunikasi dengan mereka.

 

Berbeda jika di bandingkan dengan Indonesia yang sebagian besar warganya belum pandai berbahasa inggris. Jadi jika tidak memiliki kepandaian dalam berbahasa tagalog, tidak usah khawatir sebab warga filipina juga bisa berbahasa inggris.

 

2. Menjadi Bagian Keluarga Besar

Saat menjalin hubungan dengan warga Filipina, pengalaman yang akan di dapatkan cukup menyenangkan. Mereka akan mengajak pasangannya untuk bergabung dalam acara keluarga yang meriah. Keluarganya pun akan menyambut dengan sangat baik layaknya anggota keluarga baru. Jika berfikir hanya akan di kenalkan keluarga dekat saja, itu tidak sepenuhnya benar.

 

Bersiaplah dengan keluarga lain yang lebih besar dan mungkin tidak bisa di sebutkan satu persatu. Bergabung dengan mereka yang bisa berjumlah ratusan dalam acara satu malam, maka pasangannya akan di anggap keluarga. Ini sangatlah menyenangkan, khususnya bagi warga Indonesia yang ramah dan senang bersosialisasi dengan anggota keluarga lainnya.

  WNI Menikah dengan WNA Jasa Urus

 

Nikah Antara WNI dan WNA Filipina

 

3. Tidak Mudah Emosi

Saat mengencani orang filipina, jangan khawatir padanya jika memiliki masalah. Mereka orang filipina cukup pandai dalam mengatasi masalah pribadinya khususnya masalah perselisihan kecil. Berusaha sekeras mungkin untuk tetap mengendalikan pikiran dan kesabaran adalah keahliannya. Daripada menghadapinya dengan kemarahan, lebih baik menyelesaikannya dengan kepala dingin.

 

Dalam budayanya, orang filipina mengenal istilah tampo yang bisa menghadapi sedikit perselisihan. Maksud dari istilah tersebut adalah pengobatan diam yang berarti, orang filipina cenderung kurang bicara saat terjadi perselisihan. Saat merasakan marah, mereka tidak akan sanggup untuk menyapa bahkan berbicara dengan orang yang sedang bermasalah dengannya.

 

4. Romantis

Tidak semua orang mengetahui jika orang filipina memiliki selera romantisme yang cukup tinggi. Bisa di bilang orang filipina memiliki jiwa yang lembut dan kaya akan kasih sayang saat mereka menemukan pujaannya. Mungkin ini juga yang menjadi salah satu pemikat bagi warga negara Indonesia menyukai WNA Filipina.

 

filipina memiliki selera romantisme yang cukup tinggi

 

Jangan heran jika akan sering mendapatkan pesan singkat romantis dari mereka. Tidak lain tujuannya agar tetap menjaga suasana hati agar tetap sejuk setiap harinya. Tidak jarang juga kejutan-kejutan akan di berikan bagi pasangannya, seperti membawa snack kesukaan, mengajak makan siang. Bahkan mengajak liburan secara tiba-tiba dan mengajak pergi ke tempat yang indah.

 

5. Good Looking

Dahulu, wilayah filipina di kenal di kuasai oleh orang-orang portugis. Bahkan sebagian besar akan menetap di Filipina dan berkeluarga. Oleh karena itu budaya di sana kental dengan nuansa portugis, bahkan sampai ke keturunannya yang berwajah rupawan seperti orang eropa.

 

Wajah orang filipina, khas sekali seperti orang eropa meskipun tidak semuanya sama. Masih ada juga pribumi-pribumi yang memiliki wajah lokalnya. Di lihat dari penamaan warganya juga sebagian besar masih memakai nama-nama portugis. Sehingga warga Indonesia cukup mudah terpikat akan pesona warga filipina.

 

6. Penyayang Keluarga

Tidak banyak yang mengetahui jika warga filipina adalah sosok penyayang keluarga. Mereka tidak tanggung-tanggung memberikan kasih sayangnya pada keluarga. Jika ada keluarga yang sedang merasa terganggu dan di usik oleh orang lain, mereka tidak ragu untuk menyelesaikan masalahnya sampai selesai.

  Terjemahan Buku Nikah

 

Syarat Nikah dengan WNA Filipina

 

Belum lagi dukungan-dari teman-teman yang ramah pada keluarganya juga sangat menghangatkan. Jika sudah berumah tangga dengan orang filipina, terasa seperti tiket VIP untuk masuk dalam pergaulan temannya yang hangat. Mereka tidak akan ragu untuk menyambut layaknya teman mereka sendiri.

 

Syarat Nikah dengan WNA Filipina

Setelah mengetahui alasan orang Indonesia menikahi warga filipina, tentunya keyakinan untuk memiliki pasangan semakin besar. Jika bermaksud untuk lanjut sampai pernikahan, ada persyaratan nikah antara WNI dan WNA Filipina yang harus di penuhi sebagai berikut:

  • Melampirkan Selembar Fotokopi Paspor yang masih berlaku
  • Membawa Fotokopi akta kelahiran
  • Fotokopi kartu identitas dari negara asal (dalam hal ini berlaku bagi kedua mempelai)
  • Surat keterangan domisili
  • Surat keterangan tidak dalam status pernikahan
  • Akta cerai jika pernah menikah sebelumnya.
  • Akta kematian pasangan jika pernah menikah dan pasangannya meninggal.
  • Pas foto 2×3 sebanyak 4 lembar dan 4×6 sebanyak 4 lembar
  • Jika seorang mualaf maka harus menyertakan surat keterangan mualaf.

 

Persyaratan Nikah WNA dan WNI

Saat menyiapkan dokumen sebagai syarat menikah dengan WNA, ada baiknya untuk menduplikasi dokumen tersebut sebanyak mungkin. Karena dokumen yang nantinya di serahkan kepada pihak kedutaan tidak akan bisa di kembalikan lagi.

 

Dokumen pertama yang harus di urus oleh pasangan WNI yang akan menikahi WNA adalah membuat surat pengantar di tingkat RT/RW yang memberikan pernyataan bahwa tidak ada halangan untuk melangsungkan pernikahan.

 

Nikah dengan WNA Filipina

Jasa Urus Persyaratan Nikah WNA dan WNI

Masalah pengurusan persyaratan nikah antara WNI dan WNA Filipina ini memang tidak mudah dan cukup menguras tenaga. Agar bisa lebih fokus menyelesaikan persiapan pernikahan lainnya, serahkan saja pengurusan persyaratan ini pada kami. Sudah lebih dari ribuan klien yang kami tangani dengan hasil yang baik, maka dari itu jangan ragu untuk memakai jasa kami.

 

Nah itulah beberapa yang harus perlu di ketahui saat akan menikah dengan WNA Filipina. Termasuk di dalam isi pembahasannya adalah persyaratan nikah antara WNI dan WNA Filipina. Pastikan semua syarat bisa di penuhi dengan lengkap agar pernikahan dapat berlangsung dengan lancar. Jika di hadapi dengan tenang, syarat sesulit apapun pastinya bisa di hadapi.

Adi