Pabrik Wood shaving block

Pabrik Wood Shaving Block – Pabrik Wood shaving block merupakan pabrik yang mengolah limbah kayu seperti serutan kayu menjadi sesuatu yang bermanfaat. Wood shaving block ini adalah limbah kayu yang sudah di bentuk atau di press menjadi bentuk kotak untuk memudahkan ketika akan di jual atau di ekspor ke luar negeri. Kayu merupakan komoditas yang cukup menjanjikan dan di andalkan di Indonesia. Bahkan limbah kayu juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi hingga ke pasar internasional.

 

Limbah serbuk gergaji atau potongan kayu yang di hasilkan di sebuah pabrik pemotongan kayu ini hasilnya lebih dari 50 persen dari semua total volume kayu. Sebagai contoh, jika kayu log 3.000 M3 setiap tahun maka serbuk gergaji yang akan di hasilkan sekitar 780 M3.

 

Kayu Olahan Pabrik Wood Shaving Block

 

Serpihan atau kayu gergaji yang merupakan limbah dari produksi pabrik kayu log bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Bahkan serutan kayu atau serbuk gergaji kayu bisa menjadi komoditi yang memiliki nilai tinggi bagi sebuah perusahaan. Sehingga dapat membantu mengurangi beban biaya produksi di pabrik tersebut.

 

Kayu Olahan Pabrik Wood Shaving Block

Biasanya pabrik kayu log akan menjual limbah  ke beberapa   pabrik yang biasa mengolah limbah . Limbah olahan biasanya di buat menjadi barang berguna seperti genteng, keramik bahkan bisa di buat batu bata. Beberapa limbah  yang berupa serutan kayu, serbuk gergaji, atau yang berbentuk chip juga bisa di manfaatkan, di antaranya menjadi bentuk;

  Lele Ketawa Lele Crispy

 

Briket kayu Pabrik Wood Shaving Block

Serbuk kayu atau serutan kayu merupakan limbah yang banyak orang menilai tidak ada nilai ekonomis dan tidak ada manfaatnya. Tidak salah memang pendapat tersebut, namun bagi mereka yang mengerti peluang bisnis serbuk kayu atau limbah kayu bisa di manfaatkan menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

 

Salah satu cara agar menjadi barang produktif adalah di buat briket kayu.  Ini nantinya bisa di gunakan untuk bahan bakar. Serbuk atau tatal akan di beri tekanan tinggi dalam suatu bejana yang di tutup sampai padat. Hasil tekanan tersebut ini akan berbentuk kecil memanjang padat mirip dengan briket batubara.

 

Serutan Kayu Pabrik Wood Shaving Block

Banyak yang memanfaatkan limbah  kayu menjadi sesuatu yang bisa di jual bahkan bisa sampai di ekspor. Serutan kayu ini biasanya di gunakan untuk peternak hewan seperti hamster. Serbuk kayu  di gunakan untuk alas hamster, serbuk ini bisa di pakai selamanya namun harus rutin mengganti agar selalu terjaga kesehatan dan kebersihan dari hamster itu sendiri.

 

Cara Mendapatkan Wood Shaving Block

 

Bisnis pengadaan serbuk kayu ini merupakan bisnis yang cukup menjanjikan karena akan selalu di butuhkan. Biasanya serutan kayu untuk memudahkan pengiriman di bentuk atau di padatkan menjadi bentuk balok. Untuk berat biasanya di bungkus per 12 kg untuk satu bloknya.

 

Serbuk  Kayu Pabrik Wood Shaving Block

Serbuk kayu dari limbah gergajian  bisa di manfaatkan menjadi arang aktif, briket arang, pot organik pengganti polybag, komposit kayu plastik, media tanam jamur dan bisa menjadi bentuk lainnya yang bisa di jual.  juga bisa di gunakan sebagai bahan bakar yang  keberadaanya semakin sulit di dapat.

 

Jenis-jenis Wood Shaving Block

Serbuk kayu adalah bahan sisa yang di hasilkan dari proses produksi olahan kayu yang terbuang menjadi limbah tidak berguna. Namun    serutan kayu bisa menjadi sesuatu yang manfaat.

  PENGGEMUKAN SAPI DI INDRAMAYU

 

Sebelum kami bahas apa saja manfaat dari Wood shaving block tersebut, kami akan membahas jenis-jenis serbuk kayu lengkap dengan manfaatnya. Kayu adalah jenis bahan yang mudah di kreasikan menjadi benda yang berbeda-beda, bahkan limbah kayu juga bisa di manfaatkan.

 

Jenis-jenis Wood Shaving Block

 

Jerami Gandum Pabrik Wood Shaving Block

Wheat straw  adalah salah satu jenis serbuk kayu yang biasanya di gunakan untuk media budidaya jamur Shitake. Berdasarkan jurnal penelitian seorang ahli, jamur Shitake yang menggunakan serbuk kayu jerami Gandum ini bisa menghasilkan panen lebih banyak hingga 19 persen daripada jenis serbuk kayu lain.

 

Batang kapas Pabrik Wood Shaving Block

Jenis serbuk  selanjutnya berasal dari kayu kapas atau cotton stalks sawdust. Limbah  ini biasanya di manfaatkan sebagai bahan bakar biomassa, biasanya akan di bentuk menjadi briket untuk bahan bakar. Batang kapas mempunyai kandungan air cukup rendah sehingga lebih mudah terbakar dan dapat menyala dalam waktu lama.

 

Serbuk Kayu Campuran

Selanjutnya ada serbuk kayu campuran, jenis  ini biasa di gunakan untuk berbagai kebutuhan. Karena terdiri dari beberapa  yang berbeda, Anda tidak bisa menggunakan serbuk campuran ini menjadi media tanam. Campuran kayu ini memiliki kandungan nitrogen cukup tinggi, sehingga tanaman yang di tanam tidak akan subur. Namun memiliki nilai jual dengan cara di olah menjadi bahan pupuk, atau menjadi kerajinan tangan dan lainnya.

 

Manfaat Serbuk Kayu atau Serutan Kayu

Banyak  yang memproduksi olahan kayu menjadi sesuatu yang bermanfaat, bahkan bisa di ekspor ke luar negeri yang bisa di manfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti:

  • Menyerap Bau Tak Sedap

Biasanya serutan kayu di manfaatkan untuk di jadikan alas hewan ternak atau peliharaan. Alas yang menggunakan  ini akan mengurangi bau sedap yang di hasilkan kotoran hewan seperti anjing, kuda atau juga untuk hamster.

  Jasa Pembuatan Company Profile Termurah | Marketing Digital

 

Manfaat Serbuk Kayu atau Serutan Kayu

Manfaat Wood Shaving Block

  • Menjadi Media Tanam

Seperti yang sudah kami paparkan di atas,  juga bisa di jadikan media tanam untuk berbagai jenis tanaman seperti jamur. Selain bisa di jadikan media tanam jamur, serbuk kayu juga bisa di gunakan untuk media tanam tanaman hias.

 

  • Di olah Menjadi Briket

Briket adalah bahan bakar yang di buat dari serutan kayu Yang sudah di press atau di padatkan menggunakan mesin Wood shaving block.

 

  • Membunuh Tanaman Liar

Serbuk kayu mempunyai sifat yang bisa menyerap kelembaban lebih cepat. Selain itu juga bisa di manfaatkan untuk membunuh tanaman pengganggu atau tanaman liar.

 

Pabrik Wood Shaving Block

Tahukah Anda, ternyata limbah kayu seperti serbuk atau serutan kayu memiliki nilai jual. Biasanya serbuk kayu di jual mulai dari per 100 gr, 500 gr, sampai 1 kg bahkan bisa per karungan. Selain itu serbuk kayu juga biasa di jual dalam bentuk bungkusan atau pres, seperti yang di buat  Agro Raya Surabaya.

 

Apa Saja Persyaratan Pabrik Wood shaving block

Harga Wood Shaving Block

Harga mulai dari 10 ribu per kilo sampai dengan 250 ribu per karung.  Ini di tentukan dari kualitas serta jenis serutan kayu yang di jual. Semakin serbuk kayu tersebut murni maka harga akan semakin tinggi. Sedangkan untuk harga kayu yang sudah di press atau wood shaving block memiliki harga lebih tinggi yaitu 50 ribu untuk per kilonya.

 

Serutan kayu  biasanya menjual serutan kayu dengan kemasan jumbo bag atau sekitar 500 kg. Adapun setiap block beratnya mencapai 12 kg. sementara untuk ukuran baloknya yaitu 62 cm x 22 cm x 22 cm dengan ukuran jala 1-7 mm.

Pengurusan Sertifat Wood Shaving Block

Lalu bagaimana untuk pengurusan sertifikatnya? Pabrik sudah mengantongi sertifikat seperti fumigasi, phytosanitary dan sertifikat negara asal. Untuk penjualan ke luar negeri pabrik wood shaving block sanggup mencapai 300 metrik ton per bulan dengan menggunakan pengiriman CIF atau FOB.

 

Nah bagi Anda yang mungkin membutuhkan sertifikat pengiriman kayu olahan seperti sertifikat yang di miliki , bisa menghubungi jasa pengurusan sertifikat atau dokumen persyaratan ekspor dari PT Jangkar Global Group Jakarta yang sudah terpercaya. Anda bisa datang langsung ke alamat kantor kami atau bisa menghubungi lewat WhatsApp dan email.

Adi