pabrik tapioka system oven

pabrik tapioka system oven – Tepung tapioka atau tepung kanji merupakan salah satu tepung serbaguna yang biasa anda gunakan untuk membuat berbagai macam makanan menjadi kenyal. Pada negara Indonesia, sebagian industri pengolahan tapioka masih mempertahankan proses pengolahan secara tradisional, namun banyak juga pabrik tapioka dengan system OVEN. Industri pengolahan tapioka yang bersifat tradisional umumnya adalah industri skala kecil.

 

Kategori Industri pabrik tapioka system oven

 

Karakteristik industri tersebut biasa jadi penyebabnya. Karena, modal yang relatif kecil, tingginya biaya perawatan, kualitas produk lebih rendah. Karena beberapa alasan tersebut tepung tapioka dari industri tradisional memiliki pasar yang terbatas.

 

Kategori Industri pabrik tapioka system oven

Teknologi pengolahan tapioka yang digunakan biasanya dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu:

  • Industri Tradisional pabrik tapioka system oven

Industri tradisional adalah industri pengolahan tepung tapioka yang proses pengolahannya masih mengandalkan sinar dari matahari, sehingga proses produksinya masih bergantung pada musim. Kelemahan dari industri pengolahan tapioka tradisional adalah hasil tepung berkualitas rendah.

Hal ini disebabkan karena proses pengeringan yang hanya mengandalkan sinar matahari saja sehingga tidak maksimal. Resikonya, tepung bisa berjamur apabila kadar air dalam pati tidak kering maksimal.

  • Semi Modern

Kategori yang kedua adalah industri semi modern. Pabrik tapioka dengan system oven merupakan kategori industri semi modern. Salah satu keunggulan tepung tapioka yang proses pengeringannya menggunakan oven adalah bisa mengembang dengan baik. Sehingga tepung tapioka jenis ini sangat diperlukan banyak industri pangan.

  tebang pohon menggunakan mesin

Seperti industri pembuatan kerupuk dan kacang atom yang bisa memberikan keuntungan lebih besar karena dengan bahan tapioka sedikit namun bisa menghasilkan produk olahan jadi dengan volume lebih besar.

 

Bagaimana caranya pabrik tapioka system oven

 

  • Industri Modern

Pengolahan tepung tapioka yang proses awal sampai berupa produk jadi semuanya menggunakan mesin.  Industri modern ini semua peralatan menggunakan mesin full otomatis sehingga lebih efisien dalam proses produksi baik tenaga dan waktu yang diperlukan menjadi lebih sedikit, namun hasil produk jadinya berkualitas tinggi.

 

Proses Pembuatan Tepung pabrik tapioka system oven

Proses pembuatan atau pengolahan tapioka dari ketiga kategori di atas sebenarnya tidak banyak perbedaan. Hanya saja industri semi modern seperti pabrik tapioka dengan System oven dan kategori modern biasanya lebih banyak memanfaatkan mesin dari mulai pengupasan sampai produk jadi.

 

Proses Pembuatan Tepung pabrik tapioka system oven

 

Nah berikut ini kami ulas proses pengolahan tapioka sampai proses pengemasan di industri semi modern.

1. Tahap pengupasan sekaligus pencucian

Proses awal pengolahan tapioka adalah tahap pengupasan. Singkong akan dimasukkan ke alat pengupas kulit singkong sekaligus mesin pembersih. Mesin tersebut akan memisahkan singkong dari tanah yang menempel di kulit singkong tersebut.

Jenis singkong yang biasa digunakan untuk membuat tapioka adalah jenis singkong Thailand dan kasesa. Kedua jenis singkong ini mengandung kadar Aci lebih tinggi daripada jenis singkong lain.

2. Tahap Pemotongan dan Tahap Pemarutan

Setelah dibersihkan, singkong kemudian akan dipotong dan diparut. Pada tahap ini singkong akan dipotong kecil-kecil sehingga akan mudah dihancurkan agar menghasilkan tapioka yang maksimal.

3.  Tahap Pemerasan

Selanjutnya tahap Pemerasan yang bertujuan untuk memisahkan ampas dengan cairan yang mengandung sari patinya. Bubur singkong tersebut diletakkan di saringan. Saringan pemeras ampas singkong di pabrik tapioka dengan System oven sudah menggunakan mesin sebagai penggeraknya.

Hasil dari perasaan akan ditampung di wadah khusus untuk pengendapan yang biasanya terbuat dari keramik. Di tahap ini nanti akan diperoleh ampas singkong, atau disebut dengan onggok.

4. Tahap pengendapan

Cairan lagi yang masih tercampur air akan diendapkan dalam bak untuk memisahkan Pati kental dengan cairan bringan atau air limbah tapioka. Dalam proses pengendapan ini biasanya membutuhkan waktu selama 5 jam.

  Reseller Jago Jualan Bisnis Online

5. Tahap pengeringan dan proses  pengayaan

Dari bak penampung endapan, pati basah selanjutnya akan melewati pengeringan hingga menjadi tepung. Proses pengeringan Industri semi modern pabrik tapioka dengan System oven. Mengeringkan Pati basah menggunakan oven ini akan mempercepat proses pengeringan pagi. Hasil pengeringan tersebut berupa gumpalan kasar, lalu akan digiling dan diayak sehingga menghasilkan tepung tapioka halus sebagai produk jadinya.

Proses pengeringan pada pabrik tapioka dengan system oven lebih baik berbanding dengan tahap pengeringan yang masih tradisional dengan memanfaatkan sinar matahari

6. Tahap pengemasan

Pada tahap terakhir, singkong yang sudah menjadi tepung tapioka ini akan terkemas menggunakan karung nilon. Tepung tapioka yang sudah terkemas akan tersimpan dalam gudang. Lalu akan segera untuk pasarkan ke berbagai tempat bahkan bisa sampai untuk ekspor ke negara-negara tetangga.

 

Manfaat pabrik tapioka system oven

Selain berguna untuk membuat berbagai macam makanan, tepung tapioka ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan seperti:

  • Menaikkan Berat Badan

Manfaat tapioka yang pertama adalah bisa membantu menaikkan berat badan. Tepung tapioka memiliki kandungan karbohidrat yang sangat baik sehingga bisa menjadi sumber makanan yang akan membantu menaikkan berat badan Anda.

 

Manfaat pabrik tapioka system oven

 

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain dapat membantu menaikkan berat badan, tepung tapioka juga bisa bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Manfaat ini bisa anda dapat dari kandungan serat yang cukup tinggi dalam tepung tapioka. Tepung tapioka apabila anda konsumsi secara baik bisa mencegah masalah kesehatan seperti sembelit, perut kembung, kanker usus, maag, dan nyeri usus.

 

pabrik tapioka system oven Apakah Harus Memiliki Dokumen UKL UPL?

Industri pengolahan tapioka baik secara tradisional atau modern tentu akan menghasilkan limbah cair dan limbah padat. Proses pengolahan singkong yang akhirnya menjadi tepung tapioka bisa menghasilkan limbah ⅔ bagian, artinya dari bahan mentah sampai jadi industri tapioka menghasilkan limbah sekitar 75 persen.

 

pabrik tapioka system oven Apakah Harus Memiliki Dokumen UKL UPL

 

Limbah dari pengolahan singkong menjadi tepung tapioka ini bisa berupa limbah padat dan cair. Dari limbah ini tentu akan menimbulkan dampak yang cukup serius pada lingkungan sekitar. Oleh karena itu, pelaku usaha dalam bidang industri ini harus mengurus berbagai dokumen terkait seperti dokumen UKL-UPL. Apa itu dokumen UKL-UPL?

 

UKL UPL pabrik tapioka system oven

UKL UPL kepanjangan dari upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup. Dokumen UKL-UPL merupakan dokumen yang harus anda miliki industri yang bisa memberi dampak buruk pada lingkungan sekitar. Para pelaku usaha wajib mengurus dokumen ini sebagai bentuk tanggung jawab dengan limbah yang nantinya berasal dari industri tersebut.

  TOKO ONLINE TANAH ABANG TERPERCAYA

 

UKL UPL pabrik tapioka system oven

 

Proses pengajuan dokumen UKL-UPL ini memang lebih mudah dan cepat, namun jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk mengurus sendiri bisa memanfaatkan jasa pengurusan UKL UPL seperti PT Jangkar Global Group.

 

Urus pabrik tapioka system oven

PT Jangkar Global Group merupakan biro jasa pengurusan dokumen penting seperti dokumen UKL-UPL. Kami siap bertanggung jawab dari proses pengajuan sampai selesai. Anda hanya perlu mengirimkan persyaratan untuk pembuatan dokumen tersebut.

Jangan khawatir, harga yang kami tawarkan untuk pengurusan dokumen ini cukup terjangkau. Jadi bagi Anda yang membutuhkan jasa pengurusan UKL UPL bisa menghubungi PT Jangkar Global Group melalui media sosial atau bisa menghubungi kami melalui WhatsApp.

 

Urus pabrik tapioka system oven

 

Dokumen UKL UPL berlaku selama pabrik tapioka dengan system oven ini tidak berpindah tempat, tidak mengganti bahan bakunya dan tidak mengganti proses produksinya.

 

Kami Mengerti Masalah pabrik tapioka system oven Yang Anda Hadapi :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

Serahkan semua permasalahan pabrik tapioka system oven anda kepada Biro jasa pengurusan dokumen :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Bagaimana caranya pabrik tapioka system oven?

Cara kirim dokumen pabrik tapioka system oven bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda . Bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi pabrik tapioka system oven yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

Untuk Info Dan Konsultasi Jasa pengurusan visa Hubungi Kami :

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi