Legalisir Akta Cerai Maroko

Adi

Updated on:

Legalisir Akta Cerai Kedutaan Maroko
Direktur Utama Jangkar Goups

Memutuskan menikah atau pun berpisah dengan warga negara asing ini memang menjadi hak mutlak yang anda miliki oleh setiap orang. Akan tetapi, kedua pasangan tersebut harus siap untuk menanggung segala resiko yang akan dihadapi, terutamanya ribetnya persyaratan dokumen. Pada saat berpisah, WNI harus mengurus legalisir akta cerai kedutaan Maroko ini secara lengkap.

 

Baca juga: Legalisir Akta Cerai Kedutaan Maroko

Hal ini anda lakukan untuk memenuhi persyaratan sah nya perceraian dari pasangan yang hendak bercerai tersebut. Memang benar bahwa legalisir akta cerai ini bukan menjadi persyaratan atas dokumen utama yang harus anda lakukan oleh pasangan tersebut. Tetapi, syarat legalisir ini harus anda dapatkan karena pernikahan yang anda lakukan sebelumnya tentu telah terdaftar baik pada dalam kedutaan Maroko di Indonesia ataupun sebaliknya.

Legalisir Akta Cerai Maroko

baca juga : Legalisir Akte kelahiran Maroko

Pentingnya Legalisir Akta Cerai Kedutaan Maroko

Pentingnya Legalisir Akta Cerai Kedutaan Maroko

Apakah penting melakukan legalisir akta cerai ke kedutaan Maroko ini? Tentu saja hal ini penting untuk anda lakukan oleh setiap pasangan yang hendak bercerai dengan warga negara dari Maroko ini. Karena pada setiap pernikahan dengan warga negara asing, kita harus mendaftarkan pernikahan tersebut pada kedutaan negara yang bersangkutan.

 baca juga : JASA LEGALISIR SKCK KEDUTAAN MAROKO

Hal ini di lakukan agar status pernikahan yang telah anda lakukan ini dapat di akui, baik dari negara Indonesia maupun pemerintahan negara Maroko. Karena status pernikahan telah anda daftarkan dan di akui oleh kedua negara, tentu jika terjadi perubahan juga harus melakukan konfirmasi. Legalisir akta cerai dari kedutaan Maroko ini juga berfungsi sebagai bentuk konfirmasi dari pasangan tersebut bahwa mereka telah tidak memiliki status perkawinan yang sah.

  Biro Legalisir Lebanon Terpercaya

legalisir dari kedutaan

Pasangan yang berstatus WNI ini tidak perlu melaporkan atau meminta legalisir dari kedutaan Indonesia di Maroko. Hal ini anda lakukan jika proses pernikahan dan perceraian ini di lakukan di Indonesia. Berbeda halnya ketika pasangan tersebut melakukan pernikahan di Maroko dan bercerai di Maroko, makai a wajib melakukan legalisir di Kedutaan Indonesia yang ada di Maroko atau melaporkan perceraian tersebut pada KUA setempat di tanah air.

 

Hal-Hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Legalisir Akta Cerai Pada Kedutaan Maroko

Dalam proses legalisir akta cerai ini, tentu di perlukan berbagai persiapan dokumen dalam pengajuannya. Karena proses pengajuan perceraian ini tentu sangat berbeda dengan proses pengajuan perceraian jika di lakukan dengan sesama WNI. Oleh karenanya, setiap pasangan yang hendak bercerai dengan warga negara Maroko sebaiknya, perlu memperhatikan sejumlah hal berikut:

1. Persyaratan Dokumen Untuk Legalisir 

Jangan di bayangkan untuk melakukan legalisir akta cerai ini, pasangan tersebut hanya perlu membawa akta cerai yang telah di milikinya. Sebaiknya, persiapkan juga atas segala dokumen yang di butuhkan dalam menunjang kelancaran proses legalisir tersebut. Sudah tahu, dokumen apa saja yang perlu di siapkan oleh pasangan yang bersangkutan ini untuk mendapatkan legalisir dari kedutaan Maroko?

 

  • Surat pernikahan yang telah anda legalisir dari Kedutaan Maroko. Tentu dalam setiap pernikahan yang anda lakukan dengan warga asing, perlu anda lakukan pelaporan atau pencatatan di kedutaan negara yang bersangkutan agar pernikahan tersebut di anggap sah.
  • Surat perceraian dari instansi terkait. Dalam proses perceraian ini tentu akan memberikan surat perceraian atau yang biasa anda sebut sebagai akta cerai. Ketika pasangan telah resmi berpisah secara hukum negara, maka akan mendapatkan akta cerai.
  • Identitas pribadi dari kedua pasangan. Untuk memperkuat dan memperlancar proses perceraian yang anda lakukan ini, pasangan tersebut perlu membawa atau menunjukkan identitas pribadinya, baik berupa KTP/Paspor.

Terjemahkan Persyaratan Dokumen

2. Terjemahkan Persyaratan Dokumen

Karena dalam hal ini pernikahan melibatkan dua negara yang di mana bahasa yang anda gunakannya pun berbeda, tentu pengguna perlu melakukan penerjemahan dokumen. Ketika surat perceraiannya atau akta cerai ini anda lakukan di Indonesia, maka akta cerai yang anda dapatkan ini akan berbahasa Indonesia.

  Pengurusan Legalisir Bhutan Dokumen

 

Untuk memperlancar proses legalisir ini, pengguna perlu melakukan penerjemahan dokumen tersebut. Biasanya dalam proses legalisir di sejumlah kedutaan ini hanya memerlukan terjemahan dokumen dalam bahasa asing. Namun, juga terdapat sejumlah kedutaan yang meminta terjemahan dokumen ini ke dalam bahasa mereka. Oleh karenanya, pengguna dapat melakukan terjemahan juga dalam bahasa Maroko agar proses berjalan lancar.

Alur Legalisir Akta Cerai Kedutaan Maroko

Alur Legalisir Akta Cerai Kedutaan Maroko

Dalam proses legalisir akta cerai ini, ada sejumlah tahapan atau alur yang akan anda lakukan oleh pasangan. Hal ini di lakukan karena proses legalisir ini menyangkut wakil pemerintahan dari negara yang bersangkutan. Sudah tahu belum mengenai alur dari legalisir akta cerai pada kedutaan Maroko ini? Untuk mengetahuinya, simak ulasannya:

 

1. Legalisir Ke Pengadilan Agama Tempat Menikah

Dalam setiap alur perceraian ini, tentu anda perlukan legalisir akta cerai yang telah anda dapatkan pada tempat ataupun kantor yang melangsungkan pernikahan dari pasangan tersebut. Hal ini anda lakukan untuk mengkonfirmasi bahwa antara kedua orang tersebut sudah tidak memiliki hubungan pernikahan yang sah.

Nantinya, pihak instansi ataupun kantor yang di gunakan untuk mendaftarkan pernikahan sebelumnya akan memberikan legalisasi atas perceraian yang di lakukan. Hal ini akan memperkuat status perceraian yang di lakukan oleh pasangan tersebut.

 Legalisir ke Badan Pengadilan Agama

2. Legalisir ke Badan Pengadilan Agama (Badilag) MA

Setiap pernikahan yang anda lakukan dengan warga negara asing ini tentu pasangan tersebut harus melakukan pendaftaran akan permohonan legalisir dari pernikahan yang anda lakukan. Karena sebelumnya telah melakukan pendaftaran pernikahannya pada badan pengadilan agama, maka pasangan tersebut juga melakukan legalisasi pada akta cerainya. Dengan begitu, status pernikahan dari pasangan tersebut dapat anda ganti.

Legalisir Ke Kemenkumham

3. Legalisir Ke Kemenkumham

Dalam proses pengajuan legalisir akta cerai pada kedutaan Maroko ini, juga di pelukannya legalisir akta cerai tersebut pada Kemenkumham. Dengan adanya proses legalisir kemenkumham ini akan membuat akta perceraian ini jadi lebih kuat keresmiannya.

  Legalisasi Kemenkumham Kemenlu

Legalisir Ke Kementerian Luar Negeri

4. Legalisir Ke Kementerian Luar Negeri

Karena dalam pernikahan yang telah anda lakukan ini berhubungan dengan negara asing, maka untuk perceraiannya ini pun juga memerlukan legalisir ke kementerian luar negeri. Hal ini untuk mengkonfirmasi bahwa status pernikahan yang anda milikinya telah selesai. Dengan begitu, status pernikahan pada data di kementerian luar negeri dapat di perbarui dengan di hapus.

Legalisir Ke Kedutaan Maroko

5. Legalisir Ke Kedutaan Maroko

Setelah mendapatkan legalisir ke kementerian luar negeri, pasangan yang hendak bercerai dengan Warga Negara Maroko pun perlu meminta legalisir ke kedutaan Maroko. Dan ini alur terakhir untuk meresmikan perceraian antara kedua orang yang berbeda negara ini. Oleh karenanya, pasangan tersebut harus menjalankan alur perceraian ini dengan runtut.

 

Kesalahan Saat Legalisir Akta Cerai Pada Kedutaan Maroko

melakukan legalisir

Dalam melakukan legalisir ini, setiap pasangan yang hendak melakukan perceraian harus memperhatikan setiap tindakannya. Jika tidak, pasangan tersebut akan mengalami kesalahan yang justru dapat memperlambat proses legalisir dari akta cerai tersebut. Oleh karenanya, pasangan beda negara ini perlu memperhatikan sejumlah kesalahan yang biasa di lakukan oleh pasangan sebelumnya.

 

1. Dokumen Tidak Lengkap

Biasanya setiap pasangan yang datang hendak mengajukan permohonan legalisir akta cerai ini, ada yang tidak lengkap dalam persyaratan dokumennya. Hal ini akan menyebabkan proses legalisir akan menjadi rumit dan cenderung tidak cepat selesai.

proses administrasi

2. Dokumen Belum Diterjemahkan

Dalam hubungan administrasi antar kedua negara, tentu anda perlukan dokumen yang telah anda terjemahkan. Terlebih lagi untuk dokumen yang tidak memiliki dua bahasa, yakni Indonesia dan inggris. Oleh karenanya, untuk memperlancar proses administrasi di kedua negara ini perlu penerjemahan dokumen dari persyaratannya.

Tidak Menaati Alur Legalisir Akta Cerai Yang Benar

3. Tidak Menaati Alur Legalisir Akta Cerai Yang Benar

Ketika pasangan yang hendak meminta legalisir tetapi tidak memperhatikan alur legalisir akta cerai yang benar ini tentu akan mengalami kendala. Biasanya, ketika pasangan tidak mengurutkan alur atau proses legalisir ini, akan kelewatan terhadap alur legalisir yang seharusnya anda lakukan.

Jasa Legalisir Akta Cerai Kedutaan Maroko

Jasa Legalisir Akta Cerai Kedutaan Maroko

Dalam melakukan legalisir akta cerai pada kedutaan Maroko ini memang tidaklah mudah. Untuk itu, bagi Anda yang hendak melakukan legalisir akta cerai dan tidak memiliki cukup banyak waktu, serahkan saja hal itu pada kami. Seluruh proses dalam pengajuan legalisir akta cerai ini akan kami atasi dengan sangat mudah dan cepat.

proses legalisir akta cerai kedutaan Maroko

Jadi, ketika Anda bingung untuk proses legalisir akta cerai kedutaan Maroko ini bisa mempercayakan hal tersebut kepada kami. Untuk segala pertanyaan yang hendak mengajukan pada kami, hubungi saja admin kami dan Anda akan mendapatkan jawabannya secara cepat pula.

 

Inilah contoh legalisir akta cerai di kedutaan maroko :

LEGALISIR AKTA CERAI KEDUTAAN MAROKO

 

URUS LEGALISIR KEDUTAAN MAROKO

 

PENERJEMAH TERSUMPAH KEDUTAAN MAROKO

 

PENERJEMAH RESMI KEDUTAAN MAROKO

 

ATTESTATION MAROCCO EMBASSY

 

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor