Mengurus Paspor Online Batam

Adi

Updated on:

Mengurus Paspor Online Batam
Direktur Utama Jangkar Goups

Pendahuluan

Mengurus Paspor Online Batam – Paspor merupakan dokumen resmi yang di keluarkan oleh negara untuk memfasilitasi perjalanan di luar negeri. Paspor juga di perlukan sebagai identitas resmi saat berada di luar negeri. Bagi warga Batam yang ingin bepergian keluar negeri, pengurusan paspor bisa di lakukan secara online. Artikel ini akan membahas cara mengurus paspor online Batam. Kuota Daftar Paspor Online 

Persyaratan Mengurus Paspor Online Batam

Sebelum memulai pengurusan paspor online Batam, pastikan kamu telah memenuhi persyaratan berikut ini:

  • Warga negara Indonesia
  • Memiliki KTP elektronik
  • Belum mempunyai paspor atau paspor lama yang telah kadaluwarsa
  • Usia minimal 17 tahun

Persyaratan Mengurus Paspor Online Batam

Langkah-langkah Mengurus Paspor Online Batam

Berikut langkah-langkah pengurusan paspor online Batam:

1. Buat akun di situs Imigrasi Online

Kunjungi situs Imigrasi Online di https://imigrasi-online.go.id/ untuk membuat akun. Pilih “Registrasi” pada bagian kanan atas halaman. Isi data diri dan buat password. Setelah selesai registrasi, kamu akan menerima email konfirmasi.

2. Login ke akun Imigrasi Online

Login ke akun Imigrasi Online dengan menggunakan email dan password yang telah di buat sebelumnya. Setelah berhasil login, kamu akan di arahkan ke halaman utama Imigrasi Online.

  Berkas Perpanjang Paspor 2024
3. Pilih “Permohonan Paspor Baru”

Selanjutnya, Pilih menu “Permohonan Paspor Baru” pada halaman utama Imigrasi Online. Jangan lupa untuk membaca petunjuk pengisian formulir dengan seksama sebelum memulai pengisian formulir.

4. Isi Data Pribadi

Selanjutnya, Isi data pribadi secara lengkap dan jelas. Selanjutnya, Pastikan mengisi data dengan benar dan sesuai dengan dokumen KTP.

5. Isi Data Orang Tua

Selanjutnya, Isi data orang tua secara lengkap dan jelas. Selanjutnya, Pastikan mengisi data dengan benar dan sesuai dengan dokumen KTP orang tua.

6. Isi Data Diri Pengenal Lain

Selanjutnya, Isi data diri pengenal lain seperti SIM atau kartu pelajar yang di miliki. Selanjutnya, Pastikan mengisi data dengan benar dan sesuai dengan dokumen pengenal yang di miliki.

7. Isi Data Pekerjaan

Selanjutnya, Isi data pekerjaan secara lengkap dan jelas. Selanjutnya, Pastikan mengisi data dengan benar dan sesuai dengan dokumen yang di miliki. Jika tidak bekerja, isi dengan data status sebagai pelajar atau mahasiswa.

8. Isi Data Alamat

Selanjutnya, Isi data alamat lengkap sesuai dengan KTP. Selanjutnya, Pastikan alamat yang di isi jelas dan mudah di hubungi.

9. Unggah Foto

Selanjutnya, Unggah foto terbaru yang jelas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selanjutnya, Pastikan ukuran foto tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

  Surat Kuasa Ambil Paspor
10. Isi Data Keluarga Dekat

Selanjutnya, Isi data keluarga dekat seperti nama dan alamat dengan jelas dan lengkap.

11. Pilih Lokasi Pengambilan Paspor

Selanjutnya, Pilih lokasi pengambilan paspor yang di inginkan dari daftar kantor Imigrasi yang tersedia.

12. Pilih Jadwal Pengambilan Paspor

Selanjutnya, Pilih jadwal pengambilan paspor yang tersedia. Selanjutnya, Pastikan jadwal yang di pilih sesuai dengan waktu luang kamu.

13. Cetak Bukti Pendaftaran

Selanjutnya, Cetak bukti pendaftaran agar kamu bisa mengambil nomor antrian di kantor Imigrasi yang telah di pilih.

14. Pembayaran Paspor

Selanjutnya, Lakukan pembayaran sesuai dengan tarif paspor yang berlaku. Pembayaran bisa di lakukan melalui bank atau layanan pembayaran online yang bekerja sama dengan Imigrasi Online.

15. Konfirmasi Pembayaran

Selanjutnya, Setelah melakukan pembayaran, konfirmasi pembayaran ke pihak Imigrasi Online melalui fitur konfirmasi pembayaran. Pastikan kamu memiliki bukti pembayaran yang sah.

16. Pengambilan Dokumen Persyaratan

Selanjutnya, Pengambilan dokumen persyaratan bisa di lakukan di kantor Imigrasi yang di pilih. Pastikan membawa dokumen persyaratan seperti KTP dan bukti pembayaran.

17. Verifikasi Data dan Dokumen

Selanjutnya, Verifikasi data dan dokumen yang telah di unggah saat pengajuan paspor. Pastikan data dan dokumen yang di unggah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika ada kesalahan atau kekurangan dokumen, akan ada pemberitahuan melalui email atau pesan melalui situs Imigrasi Online.

  Isi Perpanjangan Paspor Online
18. Ambil Nomor Antrian

Selanjutnya, Ambil nomor antrian sesuai dengan jadwal pengambilan paspor yang telah di pilih sebelumnya.

19. Proses Pengambilan Paspor

Selanjutnya, Tunggu proses pengambilan paspor sesuai dengan nomor antrian yang telah di ambil. Selanjutnya, Pastikan membawa dokumen persyaratan saat pengambilan paspor.

20. Cek Kembali Data Paspor

Selanjutnya, Cek kembali data paspor saat pengambilan. Pastikan data yang tertera di paspor sudah sesuai dengan data yang di unggah saat pengajuan.

Biaya Mengurus Paspor Online Batam

Biaya Mengurus Paspor Online Batam

Biaya pengurusan paspor online Batam bervariasi tergantung dari jenis paspor yang di inginkan. Berikut daftar tarif standar pengurusan paspor online Batam:

  • Paspor reguler : Rp 355.000,-
  • Paspor elektronik : Rp 655.000,-
  • Paspor diplomatik : Rp 355.000,-
  • Paspor dinas : Rp 355.000,-

Kesimpulan – Mengurus Paspor Online Batam

Selanjutnya, Mengurus paspor online Batam tidak terlalu sulit jika kamu sudah mempersiapkan persyaratan yang di butuhkan. Pastikan mengikuti langkah-langkah dengan seksama dan mengisi data yang benar dan lengkap. Selanjutnya, Jangan lupa membayar biaya pengurusan paspor sesuai dengan tarif yang berlaku. Dengan paspor yang sah, kamu bisa melakukan perjalanan ke luar negeri dengan aman dan nyaman.

PT Jangkar Global Groups adalah Kantor Biro jasa visa yang siap melayani anda.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor