Tata Cara Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Adi

Updated on:

Tata Cara Penyetaraan Ijazah Luar Negeri
Direktur Utama Jangkar Goups

Kenapa Perlu Penyetaraan Ijazah Luar Negeri?

Tata Cara Penyetaraan Ijazah Luar Negeri – Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di Indonesia dengan ijazah yang diperoleh dari luar negeri, perlu melakukan penyetaraan ijazah. Penyetaraan ijazah adalah suatu proses pengakuan ijazah dari suatu negara oleh negara lain. Dengan melakukan penyetaraan ijazah, maka ijazah Anda akan diakui di Indonesia sehingga memudahkan Anda untuk melanjutkan studi atau bekerja di sini.

Penerjemah Bahasa Mandarin Surabaya

Tahapan Penyetaraan Ijazah - Tata Cara Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Tahapan Penyetaraan Ijazah – Tata Cara Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Ada beberapa tahapan yang harus di tempuh dalam penyetaraan ijazah. Pertama, Anda harus mengajukan permohonan kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk mendapatkan pengakuan ijazah Anda dari luar negeri. Setelah memenuhi persyaratan yang di tetapkan oleh BAN-PT, kemudian Anda akan di berikan surat keputusan penyetaraan ijazah.

  Apa Itu Surat Penyetaraan Ijazah

Setelah itu, Anda dapat mengajukan permohonan pengesahan ijazah ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Permohonan ini harus di sertai dengan dokumen-dokumen yang di perlukan, seperti surat keputusan penyetaraan ijazah dari BAN-PT, ijazah asli dan terjemahannya, serta dokumen pendukung lainnya.

Setelah permohonan Anda di terima oleh Kemendikbud, maka Anda akan di berikan pengesahan ijazah. Dengan pengesahan ini, maka ijazah Anda sudah di akui di Indonesia dan Anda dapat melanjutkan studi atau bekerja di sini.

Persyaratan Penyetaraan Ijazah - Tata Cara Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Persyaratan Penyetaraan Ijazah – Tata Cara Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Terdapat beberapa persyaratan yang harus di penuhi dalam penyetaraan ijazah. Pertama, ijazah yang akan di setarakan harus berasal dari universitas atau institusi pendidikan yang terakreditasi di negara asal. Kedua, ijazah harus sudah di terbitkan oleh institusi pendidikan tersebut dan tidak dalam masa percobaan.

Ketiga, ijazah harus sudah di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah yang kompeten. Keempat, ijazah dan transkrip nilai harus di legalisir oleh kedutaan atau konsulat Indonesia di negara asal atau oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia.

  Penyetaraan Ijazah S3: Panduan Lengkap

Biaya Penyetaraan Ijazah – Tata Cara Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Biaya penyetaraan ijazah bervariasi tergantung pada jenis ijazah dan negara asal. Biasanya, biaya penyetaraan ijazah pada tingkat strata 1 dan 2 lebih murah di bandingkan dengan strata 3 atau doktoral. Selain itu, biaya penyetaraan ijazah juga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan BAN-PT dan Kemendikbud.

Waktu Penyetaraan Ijazah – Tata Cara Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Waktu penyetaraan ijazah juga bervariasi tergantung pada jenis ijazah dan negara asal. Biasanya, proses penyetaraan ijazah dapat memakan waktu antara 3-6 bulan. Namun, terkadang proses penyetaraan ijazah dapat memakan waktu lebih lama tergantung pada kelengkapan dokumen dan kesibukan petugas di BAN-PT dan Kemendikbud.

Kesimpulan

Penyetaraan ijazah luar negeri sangat penting bagi Anda yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di Indonesia. Dalam penyetaraan ijazah, Anda harus memenuhi persyaratan dan tahapan yang di tetapkan oleh BAN-PT dan Kemendikbud. Biaya dan waktu penyetaraan ijazah juga bervariasi tergantung pada jenis ijazah dan negara asal. Dengan melakukan penyetaraan ijazah, maka ijazah Anda akan di akui di Indonesia sehingga memudahkan Anda untuk melanjutkan studi atau bekerja di sini.

  Syarat Penyetaraan Ijazah Kejaksaan

Bagaimana caranya?

Cara kirim bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda . Bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi Jasa Penerjemah dan Legalisasi Dokumen yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Selanjutnya, Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Selanjutnya, Terhindar dari unsur penipuan di karenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Kemudian, Uang akan di kembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor