Yang Dimaksud Nikah Sirri Adalah

Apa Itu Nikah Sirri?

Nikah sirri, atau juga dikenal sebagai nikah siri, adalah pernikahan yang dilaksanakan tanpa melibatkan pihak yang berwajib seperti pegawai kantor catatan sipil atau agama. Pernikahan ini hanya dilakukan di hadapan saksi-saksi yang dipilih oleh pasangan yang akan menikah serta seorang penghulu atau ulama.

Perbedaan Nikah Sirri dan Nikah Resmi

Perbedaan antara nikah sirri dan nikah resmi cukup signifikan. Nikah resmi adalah pernikahan yang dilaksanakan di hadapan pejabat yang berwenang, seperti pegawai kantor catatan sipil atau agama dan harus dilengkapi dengan dokumen resmi seperti akta nikah dan surat nikah.Sementara itu, nikah sirri tidak dilakukan di hadapan pejabat yang berwenang dan tidak dilengkapi dengan dokumen resmi. Oleh karena itu, pernikahan ini tidak diakui secara hukum dan status pasangan yang menikah tidak resmi.

  Dokumen Untuk Menikah - Persyaratan dan Prosedur

Alasan Seseorang Memilih Nikah Sirri

Ada beberapa alasan seseorang memilih untuk menikah secara sirri. Salah satunya adalah karena adanya hambatan dalam proses pernikahan resmi seperti masalah administrasi, biaya, atau masalah hukum.Beberapa pasangan mungkin juga lebih memilih untuk menikah secara sirri karena ingin menjaga privasi dan tidak ingin terlibat dalam proses administrasi yang dilakukan oleh pihak yang berwenang.

Hukum Nikah Sirri Menurut Islam

Dalam pandangan agama Islam, nikah sirri tidak diakui sebagai pernikahan yang sah dan dianggap sebagai perbuatan yang melanggar aturan hukum Islam.Oleh karena itu, pasangan yang melakukan nikah sirri tidak diakui sebagai sepasang suami istri yang sah di hadapan hukum Islam dan tidak berhak atas hak-hak yang diberikan pada pasangan yang menikah secara resmi.

Dampak Buruk dari Nikah Sirri

Menikah secara sirri memiliki dampak buruk yang cukup besar pada pasangan yang menikah. Salah satunya adalah kehilangan hak-hak pernikahan yang diberikan pada pasangan yang menikah secara resmi seperti warisan, nafkah, dan hak asuh anak.Selain itu, nikah sirri juga dapat menimbulkan masalah hukum dan sosial seperti adanya tuntutan hak atas anak dan masalah penyelesaian harta bersama.

  Pendaftaran Perjanjian Pra Nikah

Kesimpulan

Nikah sirri adalah bentuk pernikahan yang dilakukan tanpa melibatkan pejabat yang berwenang dan tidak dilengkapi dengan dokumen resmi. Perbedaan antara nikah sirri dan nikah resmi cukup signifikan dan memiliki dampak buruk yang cukup besar pada pasangan yang menikah secara sirri.Oleh karena itu, sebaiknya pasangan yang ingin menikah sebaiknya memilih untuk menikah secara resmi agar mendapatkan hak-hak pernikahan yang sah dan terhindar dari masalah hukum dan sosial yang dapat timbul akibat nikah sirri.

admin