Apa itu Bisnis Digital marketing ?
Bisnis Digital marketing adalah merupakan aktivitas promosi sangat baik untuk sebuah brand ataupun produk menggunakan media elektronik (digital). Namun, Puluhan tahun silam media digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah Tv (Televisi) atau radio yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah.
Sementara itu Dengan perkembangan teknologi digital yang sangat-sangat pesat sekali serta penerimaan yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, tak ayal membuat model pemasaran bisnis digital marketing adalah salah satu channel utama.
- Search Engine Optimization – SEO
- FB ads, Periklanan Online, Google Ads, dan lainnya.
- Promosi media cetak
- Radio & Iklan Televisi
- (Video Tron) Iklan Billboard
- Email marketing
- Mobile marketing
- dan masih banyak yang lainnya.
Keunggulan Bisnis Digital marketing vs Konvensional
Selebaran brosur dan semacamnya adalah strategi pemasaran menggunakan media digital khususnya online, kita dapat diukur secara tepat bahkan real-time sekalipun. Kita dengan menggunakan media digital ini, Anda dapat mengetahui berapa lama iklan dan video produk Anda ditonton, berapa persen konversi yang penjualan dari setiap iklannya, dan tentunya Anda bisa akan mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak baik.
Baca juga: JASA DIGITAL MARKETING MURAH
Oleh sebab itu Abilitas ini untuk pemasaran bisnis digital marketing ini akan tracking tentu sangat membantu sekali para pebisnis dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget marketing perusahaan.
Selain faktor kemudahan evaluasi, luas jangkauan geografis juga jadi salah satu keunggulan digital marketing. Kita dengan memanfaatkan media digital ini, Anda bisa dapat menyebarkan konten/brand produk Anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik dan Boom dengan alasan ini pula, metode offline marketing lawas bahkan sudah ditinggalkan sama sekali oleh perusahaan tertentu.
Cara Memulai Bisnis Digital marketing
Selanjutnya Jika kalau kita berbicara digital marketing, sebagaimana sudah bisa diulas pada tulisan di atas, spektrum ini sangatlah luas sekali. Oleh karena itu, penting bagi kita seorang digital marketer untuk tahu teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik.
Baca juga : Jasa SEO dan Digital Marketing
Selanjutnya salah satu elemenya yang sangat penting dalam digital marketing adalah (asset), kenali apa saja aset digital yang Anda miliki sekarang, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja sebagaimana telah disinggung pada tulisan cara memulai bisnis di media sosial.
Beberapa aset dalam digital marketing sebagai berikut :
- Website
- Postingan blog
- Akun media sosial
- Identitas brand (logo, company profile)
- Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll.)
Jika Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang Anda miliki. Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan share-able.
Profile Usaha
Hal lain yang cukup penting, jika kamu aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha kamu punya rating dan review yang baik dari para pelanggan karena hal tersebut juga jadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya. Jika kamu sudah mulai mengerti tentang digital marketing, ada baiknya kamu tahu juga komponen pengeluaran serta harga digital marketing sebagai acuan dasar.
Taktik Bisnis Digital marketing dan Contoh-contohnya?
Digital marketers adalah (pemasar digital) terbaik yang memiliki gambaran jelas tentang bagaimana setiap kampanye-kampanye digital marketing yang kami miliki mendukung tujuan penawarannya. Namun akan bergantung pada semua tujuan strategi pemasaran mereka tersebut, digital marketer dapat membuat kampanye yang lebih besar dan fantastis melalui media, gratis ataupun berbayar yang dia miliki.
Misalnya, seorang content marketer (pembuat konten) biasanya dapat membuat serangkaian postingan blog yang berfungsi untuk mengajak. Social media marketer (pengelola sosial media) berfungsi membantu mempromosikan postingan blog melalui pos berbayar dan organik (tidak berbayar) di akun media sosial. Tugas seorang email marketer itu adalah membuat email yang campaign untuk dikirimkan kepada si calon customer agar tertarik dengan penawaran yang ditawarkanya.
Berikut ini ulasan singkat tentang beberapa taktik pemasaran digital yang cukup umum dan media yang terlibat dalam masing-masing pemasaran.
1. Search Engine Optimization (SEO)
Ini adalah proses mengoptimalkan situs web Anda untuk mendapat “peringkat” lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari, sehingga meningkatkan jumlah traffic organik (atau tidak berbayar) yang diterima situs web Anda. Media FF yang bermanfaat dari SEO meliputi:
- Website
- Blogs
- Infografis
2. Konten Marketing
Istilah ini menunjukkan pembuatan dan promosi aset konten untuk tujuan menghasilkan brand awareness, pertumbuhan traffic, perolehan prospek, dan pelanggan. Media yang dapat digunakan untuk strategi konten pemasaran kamu termasuk:
- Postingan Blog
- Ebook dan Artikel
- Infografis
- Brosur Online
3. Sosial Media Marketing
prakteknya adalah mempromosikan merek dan konten Anda miliki di media media sosial untuk meningkatkan brand awareness, mengendalikan traffic, dan menghasilkan prospek untuk bisnis Anda. Media yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran media sosial meliputi:
- Snapchat
- Google+
4. Email Marketing
Beberapa perusahaan menggunakan email marketing sebagai jembatan untuk berkomunikasi dengan customer. Email sering digunakan untuk mempromosikan konten, potongan harga dan sebuah acara. Serta mengarahkan calon customer untuk mengunjungi website Anda. Disini Ada beberapa tipe email yang bisa Anda gunakan untuk melakukan campaign email marketing, yaitu:
- Menindaklanjuti email pengunjung website yang mengunduh sesuatu
- Pengikut Bulletin Blog
- Promosi liburan untuk program pendapatan member
- Email Sapaan untuk si Customer
- Tips atau email yang serupa untuk pengasuhan konsumen
Apakah Anda Perlu Anggaran Besar untuk Pemasaran Bisnis Digital marketing?
Jawabannya sangat bergantung pada elemen apa dari digital marketing yang Anda inginkan untuk ditambahkan ke strategi Anda selanjutnya. Jika Anda berfokus pada teknik seperti SEO, media sosial, dan pembuatan konten untuk situs web yang sudah ada sebelumnya, kabar baiknya adalah Anda tidak perlu banyak anggaran. Fokus utamanya adalah menciptakan konten berkualitas tinggi yang ingin dikonsumsi oleh audiens Anda, kecuali jikalau Anda berencana untuk menghemat waktu, satu-satunya investasi yang Anda butuhkan adalah waktu Anda.
Nah Justru Sebaliknya, seperti iklan online dan daftar email list, pasti ada beberapa biaya. Berapa biayanya tergantung pada jenis visibilitas yang ingin Anda terima sebagai hasil dari iklan.
Penting untuk diingatkan bahwa di dunia digital sangatlah luas jadi untuk mendapatkan banyak customer, Anda harus memulai dengan banyak ide kreatif pada konten marketing. Pastikan konten marketing berjalan dengan baik dengan, perhatikan juga kompetitor Anda apa saja yang mereka tampilkan pada ide konten. Dan jangan lupa untuk tepat berhubungan dengan calon costumer Anda melalui sosial media marketing karena keduanya saling berhubungan. Anda Dapat dipastikan akan berhasil membuat bisnis yang sukses dengan digital marketing ini.
Jenis konten digital apa yang harus Anda buat?
Selanjutnya, yang kita kenal dengan Jenis konten yang Anda buat tergantung pada kebutuhan audiens di tahapan yang berbeda dalam perjalanan pembeli. Namun Anda harus memulai dari membuat customer persona, atau dalam arti lain profil target audiens Anda. (menggunakan template gratis ini, atau mencoba ( makemypersona.com) untuk menemukan apa saja yang menjadi Goal/Keinginan dan Tantangan yang di hadapi target audiens Anda. Tujuan konten online Anda harus membantu memenuhi goal/keinginan mereka ini, dan mengatasi tantangan mereka.
Kemudian, Anda juga perlu memikirkan kapan target audiens Anda siap untuk menerima konten yang Anda buat terkait dengan tahapan mereka di dalam perjalanan pembeli (customer journey) mereka. Ini yang biasanya anda sebut sebagai pemetaan konten.
Dengan pemetaan konten, tujuannya adalah menargetkan konten sesuai dengan:
- Karakteristik seseorang yang akan mengonsumsinya (di situlah customer persona datang)
- Seberapa dekat orang itu untuk melakukan pembelian (posisi mereka di customer journey). Fоrmаt fіlе gаmbаr bеѕеrtа kеlеbіhаn dаn kеkurаngаn