Tips Urus Visa Malaysia

Tips Urus Visa Malaysia – Malaysia merupakan salah satu Negara yang mendapat kebijakan bebas visa terutama yang ingin liburan atau tinggal dalam jangka waktu tertentu saja. Mereka yang ingin wisata ke Negara tetangga itu hanya butuh paspor.

Baca juga : PERSYARATAN VISA IKUT SUAMI MALAYSIA

Meski demikian tidak demikian dengan mereka yang ingin bekerja di Negara Malaysia. Harus tahu cara membuat visa Malaysia.

Tips Urus Visa Malaysia, Sebelum lebih jauh membahas cara membuat visa Malaysia, berikut ini kami berikan gambaran tentang visa. Seperti di ketahui bahwa visa merupakan dokumen yang di terbitkan suatu Negara melalui perwakilan yang bisa di buatkan jasa pengurusan visa.

Baca juga : BIRO JASA URUS VISA MALAYSIA

Pada intinya berupa izin yang mengizinkan seseorang masuk atau keluar ke suatu Negara. Dan memiliki masa berlaku dengan jangka waktu tertentu.

Baca juga : Pertukaran Pelajar ke Malaysia

Dari segi bentuk, juga sangat berbeda dengan paspor pada umumnya. Betuk visa biasanya sangat berbeda-beda tergantung kebijakan suatu Negara. Bentuk visa ada yang berbentuk stiker da nada yang seperti stempel.

Baca juga : LEGALISIR IJAZAH DI KEDUTAAN MALAYSIA

visa malaysia

Mengenai Tips Urus Visa Malaysia

Bukan hanya itu, Anda perlu menhetahui mana visa asli dengan yag bukan. Visa asli di beri hologram untuk menghindari tindak kriminalitas.

Meski demikian, di era teknologi seperti saat ini, visa juga sudah berbentuk elektronik atau dalam bentuk soft file. Sehingga dengan pengurusan online semakin memudahka masyarakat dalam mengurus visa.

Baca juga : Translate Bahasa Malaysia ke Indonesia

Selanjutnya, kita membahas tentang fungsi visa. Karena menjadi dokumen penting maka Anda tidak bisa masuk atau keluar dari suatu Negara jika tidak memiliki visa. Sehingg dengan visa, bisa membantu suatu Negara menjaga keamanan negaranya dari hal-hal yang tidak di ingikan seperti tindakan terorisme.

Baca juga : Visa Pelajar Malaysia

Meski demikian, sebenarnya ada beberapa keperluan mengunjungi sebuah Negara tidak membutuhkan visa. Termasuk Malaysia ini termasuk Negara bebas visa khusus untuk liburan dan masa tinggal tertentu sebagaimana di jelaskan di awal pembahasan ini,

Baca juga : Visa Singel Entry Malaysia

Misalnya saat Anda ingi traveling ke Malaysia, cukup siapkan paspor. Pihak imigrasi tetap memberikan jalan dengan catatatn masa tinggal maksimum hanya 30 hari saja.

  Visa Bulgaria dan Kebijakan Imigrasi

Bagi Anda yang ingin stay karena bekerja berikut cara membuat visa Malaysia sekaligus persyaratan mengurus visa.

Baca juga : Legalisir surat nikah di Kedutaan Malaysia

persyaratan mengurus visa

Bagi Anda yang ingin membuat  visa Malaysia, berikut ini sejumlah tahapan atau cara membuat visa Malaysia.

  1. Sudah mendapat perusahaan tempat bekerja

Langkah awal yang perlu Anda lakukan sebelum membuat visa Malaysia adalah memastikan sudah mendapat perusahaan tempat bekerja. Ini sangat penting, karena mereka yang nantinya akan memberikan rekomendasi untuk mendapatkan visa kerja.

Baca juga : Persyaratan Menikah WNI di Malaysia

  1. Perusahaan tempat kerja Anda sudah terdaftar di MDEC

Bukan hanya seorag tenaga kerja yang qualified, tetapi perusahaan yang menyediakan lowongan kerja atau yang aka mempekerjakan tenaga asing sudah terdaftar Malaysian Digital Economy Corporation (MDEC).

Baca juga : Persyaratan Urus Visa Malaysia

membuat visa malaysia

  1. Perusahaan ajukan VAL/Calling visa

Jika perusahaan tempat Anda sudah resmi terdaftar di MDEC ini, maka perusahaan tersebut mengajukan permohonan pada MDEC Agar mengeluarkan VAL/Calling visa untuk calon pekerja asing.

  1. Calon pekerja asing membuat single entry visa

Ini menjadi persyaratan wajib karena pihak imigrasi bandara baru akan mengijinkan Anda masuk setelah memperlihatkan single entry visa dan VAL.

  1. Menyerahkan paspor kepada kantor atau perusahaan tujuan

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan seorang tenaga kerja asing bagi yang ingin bekerja di Malaysia adalah menyerahkan paspornya kepada kantor atau perusahaan tujuan bekerja. Sehingga nantinya, merekalah yang akan mengurus visa secara resmi.

Baca juga : Cara Membuat Visa Malaysia

mengajukan permohonan visa

SYARAT MENGURUS Tips Urus Visa Malaysia

Layaknya mengurus paspor, maka mengurus visa juga butuh persyaratan yang wajib diikuti. Pasalnya, satu saja dokumen yang tidak terpenehu maka visa yang Anda inginkan tentu tidak akan dicetak dan Anda akan pulang dengan tangan kosong.

Baca juga : Cop Pengesahan Sijil Kelahiran Malaysia

pas kelulusan spa terapist malaysia

pas penggajian malaysia

Berikut ini sejumlah persyaratan dokumen yang harus disiapkan saat membuat visa khusus visa kerja ke Malaysia:

  1. Fotokopi KTP (1 Lembar)
  2. Fotokopi KK (1 Lembar)
  3. Foto ukuran 4 x 6 dengan background putih (1 Lembar)
  4. Lalu, mengisi formulir pendaftaran yang disediakan di tempat pengurusan visa
  5. Print out VAL (Calling Visa)
  6. Passport asli
  7. KTP asli atau kartu tanda pengenal lainnya untuk mendapatkan izin akses masuk ke Menara Palma
  8. Biaya yang dikeluarkan saat pembuatan visa

Baca juga : Persyaratan Menikah WNA Malaysia

SYARAT MENGURUS VISA KERJA KE MALAYSIA

Langkah Tips Urus Visa Malaysia

Langkah selanjutnya yang perlu melakukan saat  membuat visa Malaysia khusunya visa kerja adalah mendatangi kantor pembuatan visa. Perlu Anda ketahui, bahwa pembuatan visa Malaysia ini bukan di kedutaan besar Malaysia, tetapi di Menara Palma. Untuk menemukan menara Palma tentu tidak sulit, karena Menara Palma berada di seberang Kedutaan besar Malaysia. Saat tiba di Menara Pilma, Anda akan dimintai biaya atau Anda diharuskan dulu membayar biaya pembuatan visa ini.

Baca juga : VISA KE MALAYSIA

Khusus biaya pembuatan visa bagi pekerja maupun pelajar sebesar RM205 + ppn 10%. Biaya ini setara dengan Rp827 ribu. Bukan hanya biaya pembuatan, tetapi Anda akan dikenakan biaya visa sebesar Rp55 ribu. Sehingga total biaya yang harus dikeluarakan saat membuat visa adalah Rp882 ribu. Setelah membayar total tagihan di atas, selanjutnya berikan ke counter sejumlah dokumen persyaratan pembuatan visa yang telah Anda bawa.

Baca juga : Tips Urus Visa Malaysia

persyaratan pembuatan visa

Persyaratan Tips Urus Visa Malaysia

Lalu tunggu beberapa saat, karena nama Anda akan dipanggil untuk pengecekan kembali dokumen-dokumen persyaratan pembuatan visa Malaysia khusus visa kerja maupun visa pelajar yang Anda urus.

Baca juga : Cara Mengurus Visa ke Malaysia

Jika sudah lengkap semua dokumen yang di butuhkan, selanjutnya petugas akan memberikan bukti atau di kenal dengan acknowledgement receipt yang menyatakan bahwa permohonan visa Anda sudah proses dan sudah di bayar.

Baca juga : Surat Kebenaran Berpoligami dari Jais Malaysia

Selanjutnya petugas akan memberi tahu soal kapan visa Anda akan selesai dan bisa di ambil. Biasanya proses pembuatan  visa berlangsung selama 3 hari kerja. Yang perlu Anda lakukan adalah menyimpan acknowledgement receipt tersebut sebagai bukti ketika mengambil visa nantinya.

Baca juga : Legalisir Transkrip Nilai Kedutaan Malaysia

permohonan visa

SYARAT MENGURUS VISA PELAJAR KE MALAYSIA

Selain pekerja, mereka yang ingin melanjutkan studi ke Malaysia juga harus mengurus visa. Tentu saja dokumen persyaratan yang perlu di sediakan antara para pekerja dengan pelajar berbeda. Khusus pelajar, berikut ini beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan saat ingin belajar di kampus yang ada di Malaysia.

Baca juga : Cara Daftar My Travel Pass Malaysia

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mengirim formulir aplikasi serta dokumen yang relevan. Gunanya adalah mendapatkan student pass dengan universitas yang memiliki izin resmi dari Departemen Imigrasi Malaysia untuk merekrut mahasiswa Internasional.

Baca juga : Jasa Legalisir Pasport Kedutaan Malaysia

SYARAT MENGURUS VISA PELAJAR KE MALAYSIA

Dokumen yang perlu dipersiapkan Tips Urus Visa Malaysia  antara lain sebagai berikut.

  1. Foto ukuran paspor
  1. Siapkan fotokopi paspor / dokumen perjalanan.
  2. Menyediakan surat dari Universitas pilihan Anda yang menyatakan Anda di terima masuk.
  3. Adanya pernyataan kesanggupan secara finansial.
  4. Siapkan surat keterangan sehat.

Baca juga : Surat Rayuan Imigrasi Malaysia

Langkah selanjutnya yang perlu melakukan adalah memohon student pass. Setelah permohonan aplikasi di terima, maka pihak universitas akan membantu setiap pelajar yang bermohon student pass. Mereka akan melakukan permohonan di Departemen Imigrasi Malaysia.

Baca juga : Surat Rekomendasi Nikah Kedutaan Malaysia

Untuk menjamin bahwa kamu Personal Bond atau memenuhi persyaratan imigrasi, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar RM500. Biaya beda Negara beda harga. Maksimal biaya RM1.500.

Baca juga : Legalisir Akta Nikah Kedutaan Malaysia

JASA URUS VISA MALAYSIA

Baca juga : Legalisir Taukil Wali Kedutaan Malaysia

BIRO JASA VISA MALAYSIA

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor