Syarat Visa Pelajar Amerika Tipe FM

Syarat Visa Pelajar Amerika – Belajar ke negara paman sam adalah impian semua orang namun  anda harus mengetahui syarat visa pelajar Amerika tipe FM. Dengan mengetahui perbedaan tipe visa F dan tipe visa M, permohonan visa anda pasti di terima oleh staff konsulat amerika. Type Visa F biasanya di gunakan untuk belajar di : Universitas atau Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Dasar Swasta, Seminari, Konservatory, Institusi akademik lainnya seperti program pelatihan bahasa. Adapun Type Visa M biasanya di gunakan untuk : kejuruan atau lembaga non akademik lain yang di akui, selain program pelatihan bahasa.

Baca juga: Cara Pindah Sekolah ke Amerika Serikat

 

Syarat Visa Pelajar Amerika Adalah 

Pelajar tidak bisa melakukan perjalanan ke amerika dengan program visa waiver ataupun visa visitor. Seorang pelajar memerlukan visa F atau M untuk belajar di amerika serikat. Apabila warga negara asing masuk ke amerika dengan menggunakan visa tipe B atau Visa Waiver Program (VWP) . Maka  tidak boleh belajar di amerika kecuali untuk melakukan studi rekreasi (non Kredit) sebagai bagian dari kunjungan wisata. Visa tipe B di berikan untuk orang yang mau belajar program kursus yaitu program non gelar atau mendapatkan sertifikat akademik.

 

baca juga : Jasa konsultan visa Amerika 2023 Yang Terpercaya

syarat visa pelajar amerika

 

Langkah-langkah Syarat Visa Pelajar Amerika

Semua penerimaan siswa harus melalui sekolah yang di akui oleh SEVP langkah pertama yang anda lakukan adalah : 

  1. Mendaftarkan diri ke sekolah/universitas yang di akui oleh SEVP
  2. Sekolah/universitas akan mendaftarkan anda ke Student and Exchange Visitor Information System (SEVIS) dan harus membayar biaya sevis I-901.
  3. Sekolah yang di setujui oleh SEVP mengeluarkan formulir I-20
  4. Setelah anda menerima formulir I-20 dan mendaftar di SEVIS, anda dapat mengajukan visa pelajar tipe F atau M di kedutaan amerika dengan syarat anda harus menunjukan formulir I-20 kepada staff konsulat pada saat anda interview di kedutaan besar amerika.
  5. Jika pasangan anda dan atau anak anda ingin mengikuti anda tinggal di amerika selama anda belajar maka mereka juga harus mendaftar di SEVIS. Mereka memperoleh formulir I-20 tiap individu dari sekolah yang di akui oleh SEVP dan mengajukan permohonan visa di kedutaan amerika (tapi mereka tidak membayar biaya SEVIS)
  Biaya Visa Turis Jepang

 

baca juga : Persyaratan Perpanjang Visa C1D Amerika

 

Jika anda ingin mengetahui peluang belajar di amerika, silahkan kunjungi website departemen pendidikan USA untuk progam sarjana dan kuliah pascasarjana serta mendapatkan gambaran umum mengenai proses aplikasi. Anda juga bisa mengunjungi website studi DHS yang di akui oleh SEVP untuk mencari sekolah resmi di amerika.

 

baca juga : PERSYARATAN MENIKAH WNA AMERIKA DI INDONESIA

 

Apa Saja Syarat Visa Pelajar Amerika

Untuk mengajukan visa belajar, anda bisa mengisi formulir aplikasi visa online di website kedutaan amerika serikat.

  1. Mengisi dan melengkapi visa aplikasi non imigran,
  2. Mengisi formulir DS 160
  3. Mencetak halaman konfirmasi formulir aplikasi pada saat wawancara di kedutaan usa
  4. Upload Foto pribadi pada saat mengisi formulir DS 160 
  5. Untuk anak usia di bawah 13 tahun tidak perlu wawancara di kedutaan, untuk usia 14 sampai 79 tahun wajib mengikuti wawancara dan untuk usia 80 keatas tidak perlu wawancara

 

baca juga : Persyaratan Visa Pelaut Amerika

 

syarat visa pelajar amerika KEUNTUNGAN MEDICAL CHECK UP

 

Bagaimana Mengurus Syarat Visa Pelajar Amerika

Usahakan anda mengajukan visa di kedutaan amerika serikat sesuai negara anda karena apabila anda mengajukan visa dari negara lain maka kemungkinannya akan sulit mendapatkan visa di luar negara tempat tinggal anda. Waktu janji temu/appoitmen di jakarta untuk jenis visa non imigran type:

Visitor visa : 80 hari kalender

Student/Exchange Visitor Visa : 7 hari kalender

Semua visa non imigran lainnya : 5 hari kalender

 

baca juga : BIRO JASA VISA AMERIKA TERPERCAYA

 

Untuk siswa Baru : Visa belajar tipe F atau M bisa di terbitkan hingga 120 hari sebelum tanggal di mulainya program belajar tapi anda tidak akan di izinkan masuk wilayah amerika dengan visa belajar anda lebih dari 30 hari sebelum tanggal mulainya program belajar. Sedangkan untuk perpanjangan visa belajar dapat di terbitkan kapan saja selama pelajar tersebut terdaftar di sekolah atau lembaga yang di setujui SEVP dan di SEVIS. Siswa yang melanjutkan belajar di amerika bisa memasuki wilayah amerika kapan saja sebelum kelas di mulai.

 

baca juga : Legalisasi Akta Perkawinan di Kedutaan Amerika

 

syarat visa pelajar amerika tipe F atau M

 

Syarat Visa Pelajar Amerika

Sebelum anda interview sebaiknya anda mempersiapkan dokumen yang di perlukan untuk persyaratan visa belajar ke amerika :

  1. Pasport yang masih berlaku setidaknya 6 bulan setelah anda tinggal di amerika
  2. Setiap individu harus mengajukan aplikasi visa secara terpisah termasuk setiap anggota keluarga yang terdaftar di pasport anda
  3. Mengisi aplikasi visa non imigran, halaman konfirmasi formulir DS 160
  4. Tanda terima pembayaran aplikasi jika anda di haruskan membayar sebelum wawancara
  5. Upload foto anda pada saat mengisi formulir DS 160. Jika unggahan anda gagal maka anda harus membawa satu buah pas foto.
  6. Sertifikat kelayakan untuk non imigran(F-1) status siswa, untuk siswa akademik dan bahasa, Formulir I-20 atau sertifikat kelayakan untuk non imigram (M-1) status siswa untuk siswa kejuruan, Formulir I-20. Sekolah akan mengirimkan formulir I-20 setelah pihak sekolah memasukan informasi anda ke database SEVIS. Anda dan pejabat sekolah harus menandatangani Formulir I-20.
  Apply China Visa In Jakarta

 

baca juga : URUS VISA AMERIKA

 

Staff kedutaan mungkin akan meminta dokumen tambahan seperti : ijasah, transkrip nilai, diploma, gelar atau sertifikat dari sekolahan anda, nilai test standart yang diperlukan oleh sekolah amerika, apa niat anda setelah menyelesaikan program studi, bagaimana anda akan membayar biaya pendidikan, biaya hidup dan biaya perjalanan anda ?

 

baca juga : Persyaratan Pindahan Sekolah ke Amerika

 

syarat visa pelajar amerika WAWANCARA VISA

 

Menghadiri Wawancara visa  anda sebagai Syarat Visa Pelajar Amerika

Staff konsuler akan mewawancarai anda untuk menentukan apakah anda layak mendapat visa pelajar. Anda juga harus memastikan bahwa anda memenuhi persyaratan berdasarkan undang-undang USA untuk menerima visa pelajar. Biasanya anda akan dilakukan pemindaian sidik jari digital tanpa tinta pada saat proses aplikasi yaitu pada saat wawancara di kedutaan amerika.

 

baca juga : Syarat Visa Pelajar Amerika Tipe FM

 

Setelah melakukan wawancara maka staff konsuler akan  menentukan apakah aplikasi anda di proses lebih lanjut. Setelah visa di setujui maka anda harus membayar biaya penerbitan visa. Walaupun anda mendapatkan visa tapi tidak dijamin anda bisa memasuki wilayah amerika. Departement of Homeland Security (DHS) dan Custom and Border Protection (CBP) yang menentukan apakah anda di izinkan masuk ataukah menolak izin masuk ke usa.

 

baca juga : Persyaratan Visa Bisnis Pariwisata ke Amerika

 

Setelah anda menunjukan pasport, visa dan formulir I-20 di pintu masuk imigrasi, pejabat CBP akan menentukan apakah anda di izinkan masuk atau di tolak masuk ke amerika. Setelah anda di izinkan memasuki amerika maka petugas CBP akan memberikan stempel di dalam pasport anda dan kertas Form I-94 yaitu catatan kedatangan/keberangkatan warga negara asing. Pelajari tentang penerimaan dan persyaratan masuk, pembatasan membawa makanan, produk pertanian, dan barang terlarang lainnya di website CBP 

 

baca juga : Legalisir Dokumen Kedutaan Amerika

 

PROSES WAWANCARA syarat visa pelajar amerika

 

Syarat Visa Pelajar Amerika Apa Saja ?

Segeralah anda meninggalkan amerika dalam waktu paling lambat 60 hari setelah tanggal ahir program yang tercantum di dalam Formulir I-20 termasuk pelatihan praktik resmi apa pun. Pelajar asing bisa mengajukan perpanjangan visa F melalui website US Citizenship and Immigration Services (USCIS) Informasi tambahan untuk mempertahankan status pelajar ada di situs SEVP jika anda tidak meninggalkan wilayah amerika maka dikemudian hari anda akan kesulitan memasuki wilayah amerika akibat kegagalan anda meninggalkan wilayah amerika tepat pada waktunya sehingga anda tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan visa dimasa yang akan datang.

  Visa Bisnis Uni Emirat Arab Untuk Industri Kesehatan Dan Perawatan

 

Perubahan status visa amerika

Jika rencana anda berubah ketika berada di amerika contoh : anda menikah dengan warga negara amerika atau menerima tawaran pekerjaan, maka anda bisa melakukan perubahan status visa non imigran ke kategori visa lainnya melalui USCIS. Jika anda mengajukan perubahan status visa ketika anda masih berada di dalam wilayah amerika, anda tidak perlu mengajukan visa baru. Akan tetapi jika anda sudah meninggalkan wilayah amerika maka anda harus mengajukan visa baru di kedutaan amerika di negara anda.

 

syarat visa pelajar amerika Perubahan status visa amerika

 

Informasi Syarat Visa Pelajar Amerika

  1. Tidak ada jaminan anda akan diberikan visa. Jangan membuat rencana perjalanan ahir ataupun membeli tiket pesawat sebelum anda mendapatkan visa amerika
  2. Untuk informasi bekerja selama anda belajar di amerika, silahkan anda pelajari di siswa dan pekerjaan dan formulir I-765 instruksi otoritas kerja di website USCIS
  3. Jika anda cuti dalam belajar, silahkan mencari informasi di website SEVP apakah siswa yang cuti membutuhkan visa jika visa belajar anda masih berlaku akan tetapi anda berada di luar wilayah amerika maka anda harus berkonsultasi dengan pejabat sekolah yang di tunjuk.
  4. Jika pasangan anda dan anak-anak anda yang belum menikah ingin tinggal bersama anda selama anda masih belajar di amerika maka anda dapat mengajukan visa F-2 atau M-2 maka sekolah anda harus menerbitkan I-20 individu yang diperlukan untuk pengajuan visa mereka. Anda juga harus memberikan salinan visa F-1 atau M-1 anda dan memberikan bukti hubungan seperti buku nikah, kartu keluarga dan akta kelahiran anak.
  5. Visa amerika yang masih berlaku di dalam pasport kadaluarsa, anda masih bisa gunakan visa tersebut dengan membawa pasport lama dan pasport baru anda untuk memasuki wilayah amerika.
  6. Jika anda ingin memasuki amerika lebih awal 30 hari sebelum program belajar maka anda harus mengajukan visa tipe visitor (Visa tipe B) dan setelah anda berada di wilayah amerika maka anda bisa mengajukan permohonan secara terpisah kepada USCIS untuk perubahan status visa belajar (untuk M) status sebelum memulai program belajar anda. Anda mungkin mengalami pemrosesan waktu yang lama sehingga anda mungkin tidak dapat memulai program belajar anda sampai perubahan status anda di setujui atau anda bisa meninggalkan wilayah amerika dan mengajukan visa pelajar tipe F atau M

 

CONTOH OFFER LETTER I-20

OFFER LETTER VISA BELAJAR USA1

OFFER LETTER VISA BELAJAR USA2

CONTOH VISA BELAJAR AMERIKA F-1

 

CONTOH VISA BELAJAR USA F1

 

Adi