Syarat Buat SKCK 2023 Offline

Apa itu SKCK?

SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Surat ini berfungsi sebagai bukti bahwa seseorang tidak pernah terlibat dalam tindak kriminal dan dikeluarkan oleh pihak Kepolisian.

Kenapa SKCK Penting?

SKCK diperlukan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, mengurus visa dan paspor, serta mendaftarkan diri sebagai anggota ormas atau partai politik. SKCK juga biasa diperlukan pada saat ingin mengikuti ujian sertifikasi atau tes masuk perguruan tinggi.

Siapa yang Dapat Membuat SKCK?

SKCK dapat dibuat oleh Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki izin tinggal di Indonesia.

Bagaimana Cara Membuat SKCK?

SKCK bisa dibuat secara online maupun offline. Untuk membuat SKCK offline, berikut adalah syarat-syarat yang perlu dipenuhi:

  Cara Perpanjang SKCK Online 2023

1. Melampirkan KTP

KTP merupakan identitas resmi yang harus dilampirkan saat membuat SKCK. Pastikan data pada KTP sudah sesuai dengan data diri yang sebenarnya.

2. Membawa Pas Foto Terbaru

Pas foto terbaru dengan ukuran 4 x 6 cm harus dibawa saat membuat SKCK. Pastikan pas foto tersebut memiliki latar belakang yang bersih dan jelas.

3. Melampirkan Surat Permohonan

Surat permohonan dibuat secara tertulis dan ditujukan kepada Kepala Kepolisian Daerah setempat. Isi surat tersebut mencakup nama lengkap, nomor KTP, alamat, dan keperluan pembuatan SKCK.

4. Membawa Fotokopi Dokumen Pendukung

Dokumen pendukung dapat berupa sertifikat pendidikan, surat keterangan kerja, atau dokumen lain yang dapat membuktikan keaslian data diri. Pastikan fotokopi dokumen tersebut memiliki legalitas yang sah.

5. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi penyakit menular atau tidak. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat.

6. Mengisi dan Menandatangani Formulir SKCK

Formulir SKCK harus diisi dengan lengkap dan jujur. Pastikan tidak terdapat kesalahan atau kesalahan penulisan pada formulir tersebut.

  Biaya Bayar SKCK

7. Membayar Biaya Administrasi

Biaya administrasi yang harus dibayar saat membuat SKCK berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing Kepolisian Daerah.

Proses Pembuatan SKCK

Setelah semua syarat terpenuhi, langkah selanjutnya adalah menyerahkan semua dokumen dan formulir ke kantor Polisi. Proses pembuatan SKCK biasanya memakan waktu 1-2 minggu tergantung dari kebijakan masing-masing Kepolisian Daerah.

Catatan Penting

Pastikan semua dokumen yang diperlukan telah dipersiapkan dengan baik untuk mempercepat proses pembuatan SKCK. Selain itu, jangan lupa untuk mengikuti semua instruksi dan prosedur yang diberikan oleh petugas Polisi untuk menghindari kesalahan atau penundaan dalam proses pembuatan SKCK.

admin