Pernikahan Beda Negara di Indonesia

Prosedur Pengurusan pernikahan beda negara di indonesia

Melangsungkan pernikahan beda negara di indonesia bukan sesuatu yang mudah karena Anda harus menyatukan dua kebudayaan yang sangat berbeda jauh. Di samping itu, Anda juga harus menyiapkan dokumen-dokumen lain agar pernikahan bisa sah secara hukum.

Prosedur Pengurusan Pernikahan Beda Negara di Indonesia

 

 

Meskipun ada banyak sekali hal baru yang harus Melalui saat memutuskan untuk menikah dengan warga negara asing, namun tentu saja hal seperti itu bukanlah hambatan yang berarti karena menyatukan dua hati dalam sebuah mahligai rumah tangga merupakan sesuatu yang lebih penting di banding hambatan-hambatan yang mungkin ada.

 

Dasar Hukum Pernikahan Beda Negara Di Indonesia

Banyaknya pernikahan warga negara Indonesia dengan warga negara asing bukanlah sesuatu yang baru, terutama setelah perkembangan teknologi menjadi semakin maju. Setiap orang kini bisa terhubung antara satu dengan lainnya tanpa adanya halangan terkait jarak dan waktu.

 

Setiap orang di berbagai belahan dunia kini bisa berkomunikasi baik secara telepon maupun video call dengan biaya yang sangat terjangkau dan akses yang lebih mudah. Oleh karena itu tidak sedikit orang yang bertemu dengan pasangan luar negeri di jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, TikTok, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Dasar Hukum Pernikahan Beda Negara

 

Kendati demikian ada juga dari pasangan warga negara Indonesia dengan warga negara asing yang bertemu secara langsung saat mereka bekerja di luar negeri, menempuh pendidikan di luar negeri atau bahkan pihak warga negara asing yang menjadi pendatang di Indonesia dan jatuh cinta dengan warga lokal.

  Nikah Menurut Islam Adalah

 

  • UU No. 1 Tahun 1974 Pasal 57

Apapun latar belakangnya, saat seorang warga negara Indonesia memutuskan untuk menikah dengan warga negara asing di Indonesia maka harus tunduk pada hukum yang berjalan di Indonesia. Hal ini sesuai dengan undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 pasal 57 tentang undang-undang perkawinan.

 

Dalam undang-undang tersebut menegaskan bahwa pernikahan antara warga negara Indonesia dan warga negara asing yang di sebut dengan perkawinan campuran harus tunduk dengan hukum yang yang ada di Indonesia walaupun warga negara asing tersebut harus tetap tunduk pada hukum yang ada di negaranya.

 

  • UU No. 1 Tahun 1974 Pasal 60

Selain undang-undang Tahun 1974 Pasal 57, negara kita juga mengatur terkait syarat-syarat yang harus di penuhi oleh warga negara Indonesia yang ingin menikah dengan warga negara asing dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Pasal 60. Selama syarat-syarat belum terpenuhi maka pernikahan tidak akan bisa berlangsung.

 

SYARAT PEMBUATAN Sertifikat Mualaf

Undang-Undang Pernikahan Beda Negara di Indonesia

Di dalam undang-undang tersebut sudah di jelaskan bahwa agar perkawinan tercatat secara hukum maka harus memiliki bukti bahwa syarat-syarat yang harus mempenuhi. Telah di selesaikan dengan dokumen-dokumen yang di keluarkan oleh lembaga yang berwenang melakukan pencatatan perkawinan.

 

Jika pejabat atau lembaga yang berwenang melakukan penolakan terhadap surat keterangan yang Anda ajukan maka pengadilan akan mengambil keputusan tidak beracara dan tidak boleh banding terkait dengan penolakan pemberian surat keterangan itu baik beralasan maupun tidak.

 

Apabila pihak pengadilan memberi putusan bahwa penolakan tidak memiliki alasan, maka keputusan bisa menjadi surat keterangan atau dokumen yang menjadi syarat pernikahan. Namun apabila dokumen yang menjadi syarat-syarat pernikahan tersebut tidak di gunakan dalam waktu 6 bulan. Setelah dokumen di terbitkan maka dokumen menjadi tidak memiliki kekuatan hokum lagi.

 

Pernikahan Beda Negara Di Indonesia Sertifikat Mualaf

Sertifikat mualaf adalah dokumen yang menyatakan bahwa seseorang telah secara resmi melakukan prosesi masuk Islam. Dokumen ini harus di miliki oleh seorang warga negara asing yang sebelumnya berbeda agama dengan calonnya yang beragama muslim. Sertifikat mualaf akan di gunakan Kementerian Agama untuk melakukan proses legalisasi terhadap buku nikah. Anda bisa mendapatkan sertifikasi mualaf di masjid besar, KUA ataupun yayasan tertentu yang biasa melakukan prosesi mualaf secara resmi.

  KK Dengan Barcode: KTP yang Lebih Mudah dan Efisien

 

Syarat Administrasi Bagi WNA

Prosesnya terbilang mudah, cepat dan gratis atau tanpa di pungut biaya. Namun tentu saja ada beberapa dokumen yang harus di lengkapi agar proses sertifikasi mualaf berjalan lancar. Dokumen-dokumen tersebut yaitu surat permohonan untuk masuk Islam yang menyatakan bahwa ingin masuk Islam dengan tidak ada paksaan dan tekanan dari pihak manapun, pas foto 3 x 4 sejumlah 3 lembar, fotokopi identitas diri dan 2 orang saksi yang beragama islam.

 

Setelah semua dokumen lengkap selanjutnya Anda bisa mengajukan pendaftaran masuk Islam ke lembaga terkait contohnya adalah KUA. Dokumen yang di serahkan biasanya akan di verifikasi dan jika semua sudah terpenuhi baru di lanjutkan dengan acara ikrar untuk masuk Islam. Setelah proses berjalan lancar Anda akan mendapat sertifikat masuk Islam.

 

Syarat Administrasi Bagi WNA

Pernikahan Beda Negara Di Indonesia

Ada satu lagi syarat yang harus di penuhi bagi warga negara Indonesia yang ingin menikah dengan warga negara asing yaitu dokumen-dokumen untuk melangsungkan pernikahan atau di sebut juga dengan syarat administrasi.

Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus di penuhi oleh warga negara asing yang ingin menikah dengan warga negara Indonesia:

  • Fotocopy identitas diri dari negara asal
  • Certificatr of no impedicement (CNI) adalah surat keterangan bahwa pihak yang bersangkutan tidak dalam sebuah ikatan pernikahan atau masih single
  • Fotocopy akta kelahiran
  • Fotocopy paspor
  • Apa cerai jika yang bersangkutan telah berpisah dari pasangan sebelumnya
  • Akta kematian bila pasangan terdahulu telah meninggal dunia
  • Foto berukuran 2 cm x 3 cm sebanyak 4 lembar dan 4 cm x 6 cm sebanyak 4 lembar

 

SYARAT Plus Minus Menikah dengan WNA

Warga negara asing yang ingin menikah dengan warga negara Indonesia harus mengurus CNI dari kantor kedutaan asing. Seperti yang sudah di sebutkan di atas, CNI atau certificate of no implacement atau dalam bahasa Indonesia adalah surat keterangan single bisa Anda dapatkan di kedutaan asing negara yang bersangkutan.

 

Untuk mendapatkannya Anda harus melampirkan beberapa dokumen seperti akta kelahiran yang paling baru, fotocopy paspor, fotocopy kartu identitas, bukti tempat tinggal dan formulir pernikahan yang di keluarkan oleh pihak kedutaan. Dokumen-dokumen tersebut selanjutnya di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah yang di akui. Selanjutnya Anda juga harus melakukan legalisir terhadap dokumen-dokumen di kantor kedutaan warga negara asing yang ada di Indonesia.

  Putusnya Perkawinan: Mengatasi Kesedihan dan Menemukan Kembali Kebahagiaan

 

Plus Minus Menikah dengan WNA Pernikahan Beda Negara Di Indonesia

Tentu saja Ada hal positif dan hal negatif terhadap setiap keputusan yang Anda ambil. Tak terkecuali adalah keputusan untuk menikah dengan seorang warga negara asing yang pada dasarnya sudah sangat berbeda dari segi adat dan budaya.

Apa Saja Persyaratan Pernikahan Beda Negara di Indonesia

 

Perbedaan adat istiadat Dalam Pernikahan Beda Negara Di Indonesia

Perbedaan adat dan istiadat akan menimbulkan culture shock. Namun kelebihannya tentu saja Anda bisa memperkaya wawasan dan mempelajari budaya satu sama lain. Mungkin hal ini akan terasa berat di awal pernikahan, akan tetapi lama-kelamaan Anda dan pasangan akan mulai terbiasa.

 

Selain itu Anda juga harus mempelajari ketentuan negara pasangan dan begitu juga dengan sebaliknya. Masih ada banyak hal yang akan terjadi saat Anda menikah dengan warga negara asing. Namun tentu saja baru itu bukan menjadi sebuah masalah besar Jika Anda memang sudah benar-benar mantap untuk menikah dengan WNA.

 

Jasa Pengurusan menikah dengan WNA Terhadap Pernikahan Beda Negara Di Indonesia

Jika keputusan Anda untuk menikah dengan WNA sudah bulat maka bisa segera mempersiapkan dokumen yang di butuhkan agar proses pernikahan bisa berjalan lancar. Selain itu Anda juga bisa mulai mempelajari dasar hukum pernikahan antara WNI dan WNA. Atau menyamakan keyakinan apabila Anda dan pasangan memiliki keyakinan yang berbeda.

 

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengurus pernikahan beda negara di indonesia terkait dengan dokumen yang berhubungan dengan proses administrasi maka bisa percayakan hal tersebut pada Jangkar Group. Jangkar Group merupakan satu solusi untuk semua permasalahan dokumen Anda.

Cara kirim dokumen  bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda . Bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan di karenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan di kembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di di rikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

  Transit Visa To China

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi