Pengurusan Akta Cerai Online

Pengurusan Akta Cerai Online – Cara mengajukan gugatan cerai sudah bisa dilakukan dimana saja. Tidak hanya melalui sistem offline saja, tetapi juga online. Tapi sayangnya masih banyak yang belum mengetahui akan hal ini. Yang terpenting adalah pasangan perlu mempersiapkan syarat yang di butuhkan pada saat menggugat cerai.

Bagi yang ingin mendapatkan akta cerai online, ketahui dulu langkah-langkah yang harus di lakukan. Karena pengajuan gugatan cerai yang di lakukan secara online dan offline tentu memiliki mekanisme yang berbeda-beda.

Akta Cerai Online diurus dimana

Beberapa Alasan Pengurusan Akta Cerai Online

Gugatan cerai bisa di lakukan oleh suami maupun istri. Pengajuan pun bisa di lakukan secara online dan juga offline. Tapi pada saat mengajukan gugatan cerai, tentu Anda harus memiliki sejumlah alasan. Berikut ini ada beberapa alasan menurut Undang Undang Pernikahan di Indonesia:

  • Salah satu pihak melakukan perzinahan atau menjadi pemaduk, penjudi, pemadat dan sebagainya sehingga sulit untuk disembuhkan.
  • Salah satu pihak dapat mengajukan gugatan cerai jika di tinggalkan oleh pihak lain dalam kurun waktu 2 tahun berturut-turut tanpa adanya alasan yang sah atau alasan di luar dari kemampuannya.
  • Mendapat hukuman lebih dari 5 tahun setelah perkawinan dilaksanakan.
  • Salah satu pihak melakukan penganiayaan berat atau kekejaman yang bisa membahayakan pihak lainnya.
  • Salah satu pihak mengalami cacat badan dengan akibat tidak bisa menjalankan kewajibanya baik sebagai istri atau sebagai suami.
  • Terjadi perselisihan terus menerus antara istiri dan suami sehingga tidak adanya harapan untuk hidup rukun dalam rumah tangga.
  • Salah satunya pindah agama atau keyakinan
  • Pihak suami mengucapkan taklik talak setelah ijab kabul.
  Contoh Buku Nikah Legalisir

Apabila salah satu dari alasan tersebut dialami oleh Anda, maka gugatan cerai pun sudah bisa diajukan ke pihak pengadilan. Jadi dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan akta cerai online tanpa perlu repot.

Beberapa Alasan Mengajukan Gugatan Cerai

Cara Mengajukan Gugatan Cerai atau Pengurusan Akta Cerai Online

Perceraian dapat di alami oleh suami dan istri ketika tidak bisa mempertahankan lagi mahligai rumah tangga mereka. Cerai adalh jalan terakhir yang harus di lakukan untuk dapat mengakhiri kemelut rumah tangga.

Mahkamah Agung di Indonesia sudah meluncurkan sistem bernama e-court. Ini adalah sistem di dalam instrumen pengadilan yang akan memudahkan masyarakat dalam melakukan beberapa hal seperti berikut:

  1. Melakukan pendaftaran secara online
  2. Melakukan pembayaran secara online
  3. Pemanggilan online
  4. Melakukan pengiriman dokumen sidang seperti replik, duplik, jawaban, kesimpulan dan
  5. Menyampaikan salinan putusan melalui sistem online.

Namun sayangnya, sampai saat ini akses e-court hanya untuk peserta yang sudah terdaftar saja seperti para advokat yang sudah di validasi oleh pengadilan tinggi. Para advokat baru bisa mendaftarkan perkara tersebut melalui e-court yang sudah diverifikasi. Dengan kata lain, untuk dapat mengurus surat cerai online, para pemohon atau penggugat akan membutuhkan jasa advokat.

Cara Mengajukan Gugatan Cerai Secara Online

Tahapan Pengurusan Akta Cerai Online Secara Langsung Di Pengadilan Agama 

Sebelum bisa mendapatkan akta cerai online, maka pengurusan surat cerai bisa di lakukan secara langsung di pengadilan agama. Cara ini dapat di lakukan untuk umat muslim di indonesia.

Untuk dapatkan surat cerai tersebut perlu pendaftaran cerai dulu. Apabila di lakukan oleh pihak istri, perlu diajukan cerai gugat. Tapi jika datangnya dari pihak suami, maka perlu diajukan yang namaya cerai telak. Berikut prosesnya:

  1. Pertama, pihak penggugat perlu mengajukan surat gugatan cerai. Jika ingin mengajukan gugatan ke pengadilan tentu Anda perlu mencari pengadilan agama yang berada di tempat kediaman pasangan. Misalnya istri berada di Jakarta, maka Anda perlu mengajukanya ke Jakarta juga. Tapi bagi pasangan yang berada di luar negeri, maka gugatan bisa di ajukan ke pengadilan agama yang berada di tempat kediaman suami atau penggugat. Ini adalah informasi yang harus didapatkan jika ingin mengurus surat cerai nanti.
  2. Setelah mengajukan gugatan ke pengadilan agama, penggugat harus melakukan pembayaran panjar biaya perkara.
  3. Untuk satu atau dua hari semenjak gugatan perkara di daftarkan, Majelis hakim akan melakukan sidang perkara. Majelis hakim yang nantinya akan menetapkan hari sidang di berlakukan.
  4. Setelah menetapkan hari sidang, juru sita biasanya akan memanggil pihak penggugat dan tergugat untuk dapat menghadiri sidang. Sidang pertama digelar supaya dapat mendamaikan kedua pihak yang ingin melakukan perceraian.
  5. Bagi kedua belah pihak yang tidak bisa di damainkan kembali maka hakim akan melakukan mediasi. Apabila saat mediasi tidak ada perdamaian yang terjadi dan sejumlah alasan terkait terjadinya perceraian cukup, nantinya perceraian akan diputus di dalam sidang terbuka.
  6. Penetapan putusan perceraian di daftarkan ke pegawai pencatat dan panitera akan memberikan surat cerai atau akta cerai ke kedua pihak.
  Legalisir Kemenkumham Buku Nikah Untuk Visa

Tahapan Mengurus Surat Cerai Secara Langsung Di Pengadilan Agama

Cara Pengurusan Akta Cerai Online

Di Indonesia, ada beberapa cara yang dapat di lakukan jika ingin mengurus surat cerai mulai dari sistem daring atau online, pengadilan agama serta pengadilan negeri. Berikut penjelasannya:

Cara Mengurus Surat Cerai

Pengurusan Akta Cerai Online di pengadilan negeri

Bagi yang ingin mengurus surat cerai atau akta cerai di pengadilan negeri, maak Anda bisa melakukan beberapa tahapan terlebih dahulu. Penting untuk di ketahui disini adalah pasangan yang beragama kristen atau agama lain selain islam dapat melakukan pengurusan akta cerai di pengadilan negeri. Untuk prosesnya pun tidak begitu jauh berbeda. Berikut diantaranya:

  1. Penggugat yang mengajukan gugatan harus pergi ke pengadilan negeri yang ada di kediaman tergugat. Tapi jika kediaman tergugat masih belum di ketahui saat ini maka pengadilan yang dapat di pilih adalah yang berada di tempat kediaman penggugat.
  2. Penggugat perlu membayarkan sejumlah uang sebagai panjar biaya gugatan perkara. Setelah di bayar, bukti pembayaran pun akan di serahkan terlebih dahulu ke pihak pengadian negeri
  3. Penggugat harus menunggu sampai panggilan sidang. Sidang pertama tujuannya untuk mendamaikan kedua belah pihak
  4. Jika tidak bisa berdamai maka di lanjutkan dengan proses mediasi.
  5. Jika keinginan untuk berpisah tetap di inginkan oleh kedua belah pihak maka perceraian akan di putus di dalam sidang
  6. Pejabat pengadilan megirim salinan putusan ke pegawai pencatat
  7. Pegawai pencatat akan mendaftarkan putusan perceraian
  8. Para pihak baik penggugat atau terggat haus melaporkan perceraian mereka ke instansi terkait paling lama 60 hari
  9. Petugas melakukan verifikasi berkas dan mencatatnya di buku register
  10. Pertugas melakukan perekaman dalam database dan kemudian menerbitkan akta cerai yang harus di tandatangani kedua belah pihak.
  E-layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Mengurus akta cerai di pengadilan negeri

Surat cerai bisa di urus dengan atau tanpa bantuan advokat dengan proses yang sudah di jelaskan sebelumnya. Tapi perlu di ketaui, saat ini pendaftaran gugatab dapat di lakukan secara online meskipun belum semua orang yang bisa mengaksesnya.

Nah untuk yang sudah menjalankan proses sidang cerai dan ingin mendapatkan akta cerai online, silahkan lakukan pengecekan terlebih dahulu melalui sms atau wa. Prosesnya cukup mudah sekali dengan hanya memasukkan beberapa data seperti nomor perkara, masukkan nomor seri pada akta cerai dan tanggal akta cerai itu sendiri. semoga bermanfaat.

Adi