Mengurus Nik Impor di Indonesia: Panduan Lengkap

Adi

Updated on:

Mengurus Nik Impor di Indonesia Panduan Lengkap
Direktur Utama Jangkar Goups

Ketika seseorang ingin menetap di Indonesia, salah satu langkah awal yang perlu di lakukan adalah mengurus dokumen identitas resmi atau yang sering di sebut sebagai Nomor Induk Kependudukan atau NIK. Bagi warga negara Indonesia, mengurus NIK relatif mudah, namun bagi warga negara asing yang ingin menetap di Indonesia, mengurus NIK impor bisa menjadi sesuatu yang rumit dan membingungkan. Di artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang bagaimana mengurus NIK impor di Indonesia. Masa Berlaku Pasport Indonesia 2024

@jangkargroups

Mau tau cara urus persetujuan Ekspor/Import ? Yuk kita pelajari dari Portal INSW Kementrian Perdagangan. Kenali juga apa itu HS Code dan jika tidak tau nomer HS Code, anda langsung tanya ke Kantor Bea Cukai Rawamangun bagian klasifikasi barang. #kemendag #insw #persetujuanimpor #persetujuanekspor #jangkargroups #hscode

♬ Pintar Goyang Itu Harus Ygy – Donny Fernanda

Apa Itu Mengurus Nik Impor di Indonesia?

NIK impor adalah Nomor Induk Kependudukan yang di berikan kepada warga negara asing yang ingin melakukan kegiatan di Indonesia selama lebih dari 90 hari. NIK ini berfungsi sebagai dokumen identitas resmi yang harus di miliki oleh setiap warga negara asing yang melakukan kegiatan di Indonesia secara legal.

Syarat-syarat Mengurus Nik Impor di Indonesia

Syarat-syarat Mengurus Nik Impor di Indonesia

Sebelum mengurus NIK impor, ada beberapa syarat yang harus di penuhi. Syarat-syarat tersebut antara lain:

  1. Paspor yang masih berlaku.
  2. Visa yang masih berlaku.
  3. Surat Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Surat Izin Tinggal Terbatas Khusus (KITAS Khusus).
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari negara asal atau dari Indonesia.
  5. Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Klinik yang di tunjuk oleh Kementerian Kesehatan.
  6. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar.

Proses Mengurus Nik Impor di Indonesia

Setelah syarat-syarat di atas terpenuhi, langkah selanjutnya adalah mengurus NIK impor. Berikut adalah langkah-langkah yang harus di lakukan:

1. Mengisi Formulir

Langkah pertama adalah mengisi formulir pendaftaran di kantor Imigrasi setempat. Formulir tersebut berisi informasi pribadi dan informasi visa, termasuk jenis visa, nomor visa, dan tanggal kedaluwarsa visa.

2. Melengkapi Dokumen

Dokumen yang perlu di lengkapi antara lain paspor yang masih berlaku, visa yang masih berlaku, SKCK dari negara asal atau dari Indonesia, surat Keterangan Sehat, dan pas foto berwarna terbaru.

3. Membayar Biaya Administrasi

Setelah dokumen di lengkapi, langkah selanjutnya adalah membayar biaya administrasi ke kantor Imigrasi setempat. Besar biaya administrasi bervariasi tergantung pada jenis visa dan lama tinggal di Indonesia.

4. Mengambil Sidik Jari

Setelah membayar biaya administrasi, calon pemegang NIK impor akan di arahkan untuk mengambil sidik jari. Hal ini di lakukan untuk memastikan bahwa pemegang NIK impor adalah orang yang benar-benar terdaftar.

5. Menunggu Pengesahan NIK Impor

Maka, Setelah proses pendaftaran selesai, calon pemegang NIK impor akan diminta untuk menunggu persetujuan dari pejabat Imigrasi setempat. Biasanya proses ini memakan waktu sekitar 7-14 hari kerja.

Persyaratan Mengurus Nik Impor di Indonesia Berbeda-Beda

Persyaratan Mengurus Nik Impor di Indonesia Berbeda-Beda

Setiap jenis visa memiliki persyaratan yang berbeda-beda, termasuk persyaratan untuk NIK impor. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui persyaratan NIK impor yang sesuai dengan visa yang d imiliki. Selain itu, persyaratan NIK impor juga bisa berbeda-beda tergantung pada kantor Imigrasi setempat.

Perpanjangan Mengurus Nik Impor di Indonesia

NIK impor memiliki masa berlaku yang berbeda-beda tergantung pada jenis visa yang di miliki. Setelah masa berlaku habis, NIK impor dapat di perpanjang dengan mengajukan permohonan perpanjangan ke kantor Imigrasi setempat. Persyaratan perpanjangan NIK impor biasanya sama dengan persyaratan untuk mengurus NIK impor yang baru.

Mengurus Nik Impor di Indonesia Jangkargroups

Mengurus NIK impor memang bisa menjadi sesuatu yang rumit dan membingungkan bagi warga negara asing yang ingin menetap di Indonesia. Namun dengan mengetahui persyaratan dan prosedur yang harus di lakukan, mengurus NIK impor sebenarnya bisa di lakukan dengan mudah. Maka, Pastikan untuk memenuhi semua persyaratan yang di perlukan dan mengajukan permohonan sesuai dengan jenis visa yang di miliki. Selalu periksa persyaratan NIK impor pada kantor Imigrasi setempat karena persyaratan bisa berbeda-beda tergantung pada jenis visa dan kantor Imigrasi setempat. Dengan memenuhi semua persyaratan dan prosedur, Anda dapat dengan mudah NIK impor dan memulai kegiatan di Indonesia secara legal.

Mengurus Nik di Indonesia

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Website : Jangkargroups.co.id

  Data Impor Kurma: Mengetahui Lebih Jauh
Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor