Layanan Apostille Kemenkumham Terpercaya

Layanan Apostille Kemenkumham di Indonesia

Legalisasi dokumen untuk ke luar negeri menjadi salah satu hal yang wajib demi keamanan. Sayang untuk melengkapi dokumen ada banyak kendala, apalagi untuk orang yang baru pertama kalinya bepergian ke luar negeri. Demi kemudahan pelayanan pemerintah menyediakan layanan apostille kemenkumham di Indonesia. Layanan ini fungsinya untuk menyederhanakan dan memudahkan legalisasi dokumen.

jasa Layanan Apostille Kemenkumham di Indonesia

 

 

Pengertian Layanan Appostille Kemenkumham

Makna apostille sendiri adalah tindakan pengesahan tanda tangan pejabat berikut dengan cap dalam dokumen sesuai dengan verifikasi. Layanan apostille kemenkumham ini memberikan kemudahan karena ada tahapan dari  Kementerian Luar Negeri dan konsuler. Maka dari itu, layanan apostille ini memangkas  rantai birokrasi secara mendetail dari 5 tahap menjadi 1 tahap.

 

Ada banyak manfaat setelah pengapusan apostille sehingga masyarakat bisa melakukan verifikasi data dengan kondusif sehingga dokumen bisa terorganisir dengan baik. Terdapat 120 negara yang sudah menjalankan layanan apostille ini, Indonesia juga termasuk. Selain Indonesia ada 3 negara lain yang masuk kategori ASEAN ikut melakukan apostille demi kemudahan pelayanan masyarakat sekaligus meningkatkan kualitas kesadaran hukum masyarakat.

Layanan apostille di Indonesia baru meluncur pada 4 Juni 2023 . Terdapat 66 jenis dokumen yang bisa anda proses dalam bentuk apostille dan bisa langsung anda gunakan di 120 negara. Biaya legalisasi apostille ini biayanya berlaku untuk PNBP. Untuk memenuhi kebutuhan apostille bisa langsung datang ke kantor Kemenkumham di tiap provinsi yang tersebar di Indonesia.

  Apostille SKBM Kedutaan Belgia Apa Itu? | Surat Belum Menikah

Penjelasan Ringkas Layanan Apostille Kemenkumham

 

Alur Proses Layanan Appostille Kemenkumham

Perubahan ketentuan konvensi apostille 1961 oleh Indonesia lewat Peraturan Presiden Nomor.2 tahun 2021. Harapannya layanan ini bisa memberikan manfaat untuk pemerintah Indonesia dalam melakukan bentuk sederhana dari pemberkasan, rincian aturan apostille tercantum dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No.6 Tahun 2023 mengenai Layanan Legalisasi Apostille dalam dokumen publik. Berikut alur untuk melakukan pemberkasan apostille:

  • Pastikan berkas sudah dalam bahasa negara tujuan atau bisa dengan menggunakan bahasa Inggris dari penerjemah tersumpah bahasa inggris atau bahasa negara yang akan di tuju. Isi data diri lengkap di format yang sudah tersedia
  • Seluruh berkas sudah di legalisir notaris dan kementerian hukum dan HAM.
  • Menyiapkan surat kuasa yang dikirimkan lewat email.
  • Siapkan dokumen asli yang sudah dalam bentuk file atau fisik.
  • Pilih layanan legalisasi layanan apostille online untuk melakukan registrasi atau pendaftaran berkas.
  • Upload seluruh berkas yang ingin anda proses ke luar negeri contoh sebagai persyaratan beasiswa, jalan-jalan dan lain sebagainya.
  • Tambahkan catatan jika perlu
  • Usai berkas sudah lengkap pihak instansi akan memberikan email balasan yang isinya jumlah biaya yang wajib anda bayar, jangka waktu pengerjaan, skema pembayaran dan draft surat kuasa. Tulis juga alamat berkas apa saja yang butuh legalisasi
  • Jika pembayaran sudah berhasil berkas akan kami terima dan dikirimkan ke alamat pemohon dalam bentuk hard copy

Pembuatan dokumen apostille Kemenkumham tidak bisa proses secara asal karena hanya instansi resmi yang punya kewenangan mengeluarkannya. Surat tersebut ada sebagai bentuk bukti sahnya lembaga resmi. Paling tidak ada 66 jenis dokumen publk yang wajib pakai sebagai standar untuk mengajukan visa ketika berhubungan dengan luar negeri, jadi apostille memiliki kepentingan yang tinggi.

  Apostille Kemenkumham Untuk Ijazah

 

Poin Penting Proses Layanan Apostille Kemenkumham

Layanan apostille kemenkumham proses dengan pertimbangan negara sudah pasti menerimanya. Pasalnya tidak semua negara memberlakukan dokumen tersebut, Pastikan anda melakukan riset terhadap negara mana saja yang sudah menerima apostille setidaknya ada 120 negara yang terdaftar antara lain adalah negara anggota ASEAN. Karena apostille masih tergolong baru, berikut ini poin penting apostille yang jarang kami ketahui:

 

1.      Layanan Apostille Kemenkumham Dikuasakan

Dokumen apostille kemekumham bisa kami wakilkan oleh pemohon yang membutuhkan. Dokumen apostille namun tidak bisa melengkapi syarat karena ada halangan tertentu. Dalam surat tersebut harus ditulis jika pemohon bisa diwakilkan dan mendapat tanda tangan resmi, ada alasan khusus kenapa apostille bisa dikuasakan sehingga jika tidak memenuhi kriteria tidak diperbolehkan.

Jasa Apostille Kemenkumham Belarus: Layanan Verifikasi Dokumen untuk Keperluan Internasional

 

 

2.      Pengajuan Layanan Apostille Kemenkumham Online

Di era teknologi informasi yang sangat berkembang semua dokumen yang berkaitan dengan instansi pemerintah bahkan bisa proses secara online. Dokumen ini termasuk dengan apostille Kemenkumham yang tata cara pendaftarannya hampir sama dengan pendaftaran dokumen lainnya, bahkan sampai tahap pembayaran, tanda tangan digital dan pengembalian berkas ketika belum lengkap juga dalam tahapan online.

 

3.      Tahap Legislasi Kemenkumham dan Kemlu

Tahapan legislasi Kemenkumham dan legalisir Kemenlu tidak terlalu sulit hanya butuh catatan bahwa setiap tahapan harus sesuai dan secara berurutan. Pendaftarannya bisa secara online lewat situs resmi milik pemerintah, lalu nanti pilih daftar permohonan, buat permohonan kemudian akan muncul halaman form yang harus isi secara lengkap dan data asli.

 

Akan muncul beberapa lembar halaman ketika klik berikutnya, laman akan berganti. Dalam kolom pejabat publik nanti wajib isi dengan nama NOTARIS bukan hanya pihak yang melegalisi dokumen tersebut, kesalahan saat mengisi bisa mempengaruhi pada jangka waktu proses untuk melakukan legalisir. Jika dokumen sudah sesuai dengan keingian klik kirim permohonan lalu tunggu notifikasi penerima permohonan lewat email.

  Apostille Kemenkumham Buku Pelaut

 

4.     Banyak yang Tidak Sabar

Meski langkahnya mudah dengan metode pengajuan secara online tapi ada saja yang tidak sabar dalam menunggu prosesnya. Bahkan dalam pengisian berkas dan melakukan legalisasi dengan banyak tahapan banyak yang kurang memahaminya. Untuk itulah bagi yang tidak sabar dalam mengurus segala prosesnya bisa langsung menggunakan jasa sehingga semua berkas bisa terima beres.

 

Keuntungan Jika Memakai Jasa Layanan Apostille Kemenkumham

Mungkin Anda menimbang menggunakan jasa akan memakan biaya lebih tinggi dari pada mengurusnya sendiri. Jelas benar, tapi menggunakan jasa juga memberikan banyak keuntungan jika memilih jasa yang tepat dan pelayanannya cepat. Di Indonesia jasa yang mengurus apostille sudah sangat banyak dengan penawaran keunggulan dan keringanan masing-masing.

 

Jasa Layanan Apostille Kemenkumham

Tapi perlu ketahui jika memilih jasa terbaik yang bukan hanya memberikan janji tapi bukti sangat penting. Upayakan memilih jasa yang sudah berdiri selama 10 tahun lebih, menawarkan harga kompetitif serta responsif sehingga jika Anda ingin menanyakan sesuatu bisa mendapatkan jawaban dengan tepat. Salah satu jasa yang direkomendasikan adalah Jangkar Global Groups, berikut keunggulannya:

  • Melayani ribuan klien dari seluruh Indonesia.
  • Berpengalaman sejak 2008 memberi pelayanan di bidang jasa mulai dari visa, dokumen untuk ekspor barang sampai apostille yang tergolong baru.
  • Harga kompetitif bahkan bisa melakukan pelunasan di akhir iika apostille sudah selesai.
  • Pelayanan lengkap dan cepat. Mengingat jasa sudah berpengalaman sehingga pengurusan berkas bisa mereka selesaikan dengan mudah, selain itu ada banyak kategori pelayanan yang ditawarkan.

 

Layanan Apostille Kemenkumham di Indonesia bertujuan memudahkan masyarakat sekaligus meningkatkan hubungan baik Indonesia dengan negara lain. Untuk melihat mana saja negara yang menerima apostille Anda bisa melihat daftar lengkapnya dari beberapa sumber. Gunakan jasa Jangkar Global Groups supaya proses apostille bisa lebih mudah proses penerbitannya.

Adi