Layanan Apostille Kemenkumham online

Adi

Updated on:

Layanan Apostille Kemenkumham online
Direktur Utama Jangkar Goups

Layanan Apostille Kemenkumham online – Kehadiran layanan apostille Kemenkumham, sedikit banyaknya ternyata memberikan manfaat positif kepada mereka yang membutuhkan legalisasi dokumen di berbagai kementerian untuk tujuan kegiatan di luar negeri. Kehadiran apostille nyaris sudah memangkas tahapan birokrasi hingga lima langkah yang selama ini menjadi hambatan untuk mempercepat segala urusan administrasi, untuk pekerjaan di luar negeri, termasuk WNA yang punya urusan dengan Indonesia.

Cara Layanan Apostille Kemenkumham online

 

Kapan Layanan Apostille Kemenkumham online di luncurkan ?

Apostille yang di luncurkan sejak Juni 20121 silam, merupakan layanan untuk melakukan pengesahan atau legalisasi 66 jenis dokumen  secara online untuk kebutuhan masyarakat Indonesia di luar negeri maupun warga asing yang tergabung dalam konvensi Apostille, sehingga tidak semua negara bisa menggunakan layanan ini.

Lantas apa sih sebenarnya apostille itu? Tampaknya, Anda yang masih awam tentang istilah ini mungkin harus memahaminya, meski arti sebenarnya adalah hal yang mungkin sudah Anda lakukan di keseharian. Jadi, apostille merupakan pengesahan  individu maupun korporasi, berupa tanda tangan pejabat terkait, pengesahan cap, hingga segel yang secara resmi ada dalam suatu dokumen publik. Dengan cara melewati pencocokan spesimen dengan berbagai instansi. Kemenkumham sebagai salah satu lembaga berwenang atau yang terkenal sebagai competent authority.

 

 

Layanan Apostille Kemenkumham online di akui

Seperti di sebutkan di atas, jika ada sekitar 66 jenis dokumen untuk tujuan pendidikan, perkawinan campuran, untuk permohonana visa, untuk pelatihan di luar negeri, hingga berbagai jenis dokumen sejenis seperti ijazah atau transkip nilai, bisa mendapatkan layanan apostille di Kemenkumham secara online. Namun, tidak semua negara bisa menyetujui layanan ini. Melainkan berdasar pada konvensi apostille terdapat 121 negara yang bisa menggunakan lalu lintas dokumen publik tersebut, salah satunya adalah Amerika Serikat.

  Apostille Oregon

Lalu apa manfaat menggunakan layanan ini, situs kementerian luar negeri merilis, setidaknya ada dua kegunaan paling mendasar menggunakan layanan apostille kemenkumhma online. Antara lain, semua dokumen publik yang terbitan lembaga asing akan dari 121 negara lainnya yang tergabung dalam konvensi apostille ini termasuk negara Indonesia. Selain itu, kegunaannya yang kedua tentu saja menciptkana iklim positif di lingkungan kementerian serta memberikan kemudahan para investor untuk mengurus dokumen  yang selama ini  menjadi penghambat karena birokrasi terlalu berbelit.

Layanan Apostille Kemenkumham online Terbaik

 

Layanan Apostille Kemenkumham online Di Ditjen AHU

Sebelumnya Ditjen AHU Kemenkumham secara resmi meluncurkan layanan apostille kemenkumham sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan mereka terhadap masyarakat dalam negeri maupun asing. Hadirnya, layanan ini menjadikan rantai birokrasi menjadi satu langkah saja. Bahkan, sejak layanan ini di buat, tercatat sudah ribuan permohonan yang masuk.

Dari 66 jenis dokumen, ada juga dokumen yang berkaitan dengan pengesahan notaris untuk urusan bisnis, hingga dokumen kependudukan antar negara. Biaya yang harus keluar juga lebih sedikit dengan tarif Rp150 ribuan saja sebagai PNBP. Namun, menggunakan jasa pengurusan dokumen atau jasa legalisasi dokumen Kemenkumham, tentu akan lebih praktis dan mudah. Serahkan pada ahlinya di PT Jangkar Global groups.

Mengurus Layanan Apostille Kemenkumham online

 

Mengurus Layanan Apostille Kemenkumham online

Tidak semua orang memahami cara mengurus apostile ke Kemenkumham.  Cara manual yang selama ini  setidaknya melewati empat hingga lima tahapan dengan lembaga yang berbeda. Mulai dari kantor catatan sipil, kemudian lanjut ke kemneterian hukum dan HAM, lalu ke kementerian luar negeri, selanjutnya ke kementerian luar negeri negar tujuan termasuk konsulat negara tujuan yang semuanya berada di ibukota Jakarta.

Bagaimana mengurus dokumen untuk mereka yang berada di luar provinsi? tentu saja harus menyiapkan budget tambahan. Tetapi, dengan hadirnya biro jasa legalisasi di Kemenkumham, sangat memudahkan. Karena semau berkas yang sudah lengkap dan mau legalisasi bisa di kirim ke kantor biro jasa seperti PT Jangkar Global groups, dan tim kami yang akan mengurus semuanya hingga semua dokumen Anda kami kembalikan.

  Jasa Apostille Kemenkumham Costa Rica

Adapun cara mengurus apostille ke kemenkumham akan penjelasan berikut ini. Sebagai contoh, pernahkah kamu berencana mengrus beasiswa ke luar negeri dan membutuhkan legalisasi ijazah. Legalisasi  bukan hanya di Kemenkumham tetapi juga di Kemenlu. Karena itu, Anda harus pahami alurnya, dan mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai dokumen yang harus tersedia.

Bagaimana Mengurus Layanan Apostille Kemenkumham online

 

Langkah-Langkah menggunakan Layanan Apostille Kemenkumham online

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dokumen yang akan legalisasi harus terjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau ke dalam bahasa negara tujuan kamu mengurus beasiswa. Yang menerjemahkan tidak boleh sembarangan, tetapi harus mennggunakan penerjemah tersumpah atau sworn traslator terpercaya yang juga bisa kamu  dapatkan di PT Jangkar Global Groups. Jasa penerjemah tersumpah kami berkualitas dan berpengalaman.

Namun, jika tidak mau pakai penerjemah tersumpah, maka dokumen harus legalisir dahulu pada notaris yang terdaftar. Sehingga tahapan ini kira-kira memakan waktu hingga tujuh hari. Untuk mengecek notaris yang terdaftar secara resmi, bisa langsung cek di situs atrbpndotgodotid. Barulah kemudian mendaftar di laman kemenkumham melalui laman legalisasi yakni legalisiasi.ahu.go.id.

Urusan legalisasi dokumen belum selesai, melainkan terlebih dahulu Anda akan  membuat akun supaya bisa mengunggah semua dokumen legalisasi. Sehingga pada tahapan ini, kira-kira butuh waktu hingga tiga hari, baru kemudian muncul dokumen yang sudah legalisasi dengan cara tempelkan stiker di bagian belakang dokumen.

Legalisir Notaris Untuk Layanan Apostille Kemenkumham online

 

Layanan Apostille Kemenkumham online selanjutnya

Kemudian, ajukan permohonan legalisasi ke kementerian dalam negeri atau kemenlu. Dokumen kemenkumham yang sudah mendapat stiker tersebut, selanjutnya unggah ke aplikasi yang bernama stempel asli. Aplikasi tersebut kini bisa instal dari playstore di smartphone Anda. Selanjutnya, masukkan semua data yang ada dan lakukan verifikasi data pada aplikasi tersebut dan tunggu proses selama dua hari. Ada biaya yang harus bayar  setiap satu dokumen legalisasi.

Tahap akhir tentu saja memasukkan dokumen tersebut untuk mendapat legalisasi dari kedutaan besar negara tujuan untuk dapat beasiswa. Untuk pengajuan bisa online atau datang langsung ke kantor kedutaan. Jangan lupa sejumlah tarif harus tersedia saat ke kedutaan dan biasanya akan selesai pengerjaan satu hari kerja. Rentetan tahapan ini adalah cara lama dalam pengurusan legalisasi dokumen dan untuk dokumen yang tidak masuk kategori, pasalnya saat ini sudah bisa di pangkas lewat layanan apostille kemenkumham online.

  Proses Pengambilan Apostille Kemenkumham: Panduan Lengkap

Layanan Apostille Kemenkumham online terbaik

Sebagaimana penjelasan di atas, bahwa tahapan legalisasi dokumen memang membutuhkan biaya dan tenaga serta waktu yang sangat lama. Namun legalisasi online Kemenkumham satu pintu tersebut, kini semakin mudah saja. Seiring dengan bergabungnya Indonesia dalam konvensi apostille bersama 121 negara lainnya. Kemenkumham sebagai competent authority bertanggung jawab mengeluarkan sertifikat apostille setelah melalui tahapan verifikasi, dan dokumen publik yang sudah ada sertifikat apostillenya, bisa langsung di gunakan di berbagai negara yang masuk anggota konvensi.

Sebagai tambahan informasi, adapun prosedur layanan ketika ingin melakukan legalisasi apostille adalah memperhatiakn syarat dan ketentuan umum berikut. Memindai semua dokumen Indonesia yang mau di pakai di luar negeri dengan cara legalisir dari pejabat lembaga terkait. Jangan lupa cek 66 jenis dokumen yang bisa mendapatkan serifikat apostille dan bisa cek di apostilledotahudotgodotid. Apostille hanya boleh di gunakan pada negara yang mengakui sertifikat apostille tersebut.

 

Sederhananya melakukan tiga tahapan yaitu: ajukan permohonan lewat aplikasi, verifikasi  Dirjen administarsi hukum dan ham. Jika berhasil, lakukan pembayaran. Cetak sertifikat atau stikernya di loket.

Cara kirim dokumen  bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda . Bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan di karenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan di kembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di di rikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

  Transit Visa To China

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor