Jasa Pembuatan Akta Kematian Terdekat

Jasa Pembuatan Akta Kematian – Untuk beberapa kepentingan, akta kematian di perlukan. Proses pembuatannya pun akan lebih mudah dengan adanya jasa pembuatan akta kematian. Namun, sebelumnya tentu harus tahu, definisi, syarat hingga prosedur dalam pembuatanya. Informasi lengkapnya simak rangkuman berikut!

 

Apa Itu Jasa Pembuatan Akta Kematian?

 

Definisi dari akta kematian merupakan sejenis surat yang di keluarkan langsung oleh Dinas Kependudukan Catatan Sipil yang sifatnya resmi. Namun, Dengan adanya akta kematian menjadi bukti bahwa seseorang sudah meninggal dunia. Melalui laporan yang di informasikan, maka orang yang meninggal akan di hapus nomor kependudukannya.

 

Oleh karena itu, Akta kematian memiliki makna yang cukup mendalam. Selain kematian yang tertulis secara pasti sesuai aturan hukum, juga sebagai bukti pengakuan dari Negara atas meninggalnya seseorang. Namun, Akta hukum memiliki dasar hukum yang khusus, tepatnya di atur dalam UU No. 23 Thn. 2006.

 

Akta Kematian

Syarat Pembuatan Akta Kematian dalam Jasa Pembuatan Akta Kematian

Oleh karena itu, Untuk membuat akta kematian, terdapat beberapa syarat yang harus di penuhi. Namun, Setiap syarat ini mengacu pada asal-muasal dari seseorang yang meninggal. Lebih lengkapnya bisa di simak ulasan berikut:

 

1. Kematian WNI

Jika akta kematian yang akan anda buat untuk seorang WNI maka memiliki beberapa syarat yang harus anda penuhi. Terkhusus WNI yang meninggal dan akan anda buatkan akta kematiannya  bisa mempersiapkan syarat berikut:

  JASA KEABSAHAN AKTA KELAHIRAN DISDUK CAPIL

  • Melakukan pengisian formulir permohonan.
  • Melampirkan surat keterangan kematian yang bisa anda dapatkan dari Desa ataupun Rumah Sakit dan instansi pelayanan kesehatan lainnya.
  • Melengkapinya dengan salinan KK, KTP WNI yang meninggal dan KTP milik dua saksi.

 

2. WNA yang Meninggal di NKRI dalam Jasa Pembuatan Akta Kematian

Selanjutnya, jika WNA yang meninggal masih dalam lingkungan NKRI, maka syarat yang harus terpenuhi pun berbeda. Dalam hal ini, pihak terkait baik keluarga maupun walinya, bisa membuat akta kematian dengan menyiapkan syarat di bawah ini:

 

Pembuatan Akta Kematian

  • Pengisian formulir permohonan secara lengkap.
  • Menyertakan surat keterangan yang menyatakan kematian dari pihak Desa setempat ataupun lembaga khusus untuk melayani kesehatan, misalnya Rumah Sakit, Puskesmas dan semacamnya.
  • Melampirkan fotokopi paspor yang telah anda legalisir.
  • Salinan kitas yang anda legalisir.
  • Melampirkan akta kelahiran dan surat nikah yang anda legalisir.

 

3. Luar Wilayah NKRI dalam Jasa Pembuatan Akta Kematian

Lain halnya jika ingin membuat kematian di luar NKRI, syaratnya pun beda lagi. Namun tidak lepas dari lampiran identitas diri, seperti halnya KTP. Syarat lainnya yang harus anda penuhi adalah sebagai berikut:

  • Surat yang berisi keterangan kematian dari Negara yang bersangkutan.
  • Keterangan perihal kematian yang berasal dari rumah sakit dan semacamnya.
  • Melampirkan salinan KTP dan KK.
  • Lengkapi dengan surat keterangan kematian khusus yang anda berikan dari pihak yang melayani imigrasi.

Luar Wilayah NKRI

Dengan melengkapi setiap persyaratan, maka prosesnya bisa anda lakukan sesuai prosedur yang berlaku. Namun, menemukan jasa pembuatan akta kematian sangatlah mudah. Umumnya, syarat yang harus terpenuhi sebagai berikut:

 

  • Surat pengantar yang berisi informasi terkait keterangan kematian yang bisa anda dapatkan dari desa/kelurahan setempat.
  • Mendapatkan surat kematian dari lembaga pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas, Rumah Sakit, dan semacamnya.
  • Melengkapi dengan KTP dan KK asli dari almarhum/almarhumah.
  • Salinan KTP yang melaporkan serta salinan KTP saksi sebanyak dua orang.
  • Melampirkan akta kelahiran dan akta pernikahan yang anda miliki almarhum/almarhumah (Jika tersedia).
  PELAPORAN PERNIKAHAN LUAR NEGERI DI DISDUK CAPIL

 

jasa urus kutipan akta kematian

Pengurusan Akta Kematian Berdasar Asas Domisili dalam Jasa Pembuatan Akta Kematian

Selanjutnya, bagaimana pengurusan akta kematian? Namun, Hal ini bisa anda lihat dari asas domisili kematian itu terjadi. Misalnya, terjadinya saat ini, di rumah atau di rumah, sakit. Lebih lengkapnya pengurusan kematian anda lakukan dengan cara berikut:

 

Pengurusan Akta Kematian Berdasar Asas Domisili

1. Jika Meninggal di Rumah Sakit

Pertama untuk orang yang meninggal di rumah sakit, terdapat beberapa tahapan dalam pengurusan akta kematian. Namun, Setiap tahapan ini penting anda perhatikan guna kelancaran dalam prosesnya. Langkahnya yaitu:

 

  • Meminta surat keterangan kematian yang bisa anda dapatkan dari dokter bersangkutan.
  • Membuat surat pengantar yang bisa anda minta dari pihak RT/RW.
  • Melakukan pengisian formulir untuk surat keterangan kematian yang terkenal dengan F-2.29.
  • Melakukan pemrosesan Kartu Keluarga terkait.
  • Jika yang meninggal adalah seorang kepala keluarga, maka harus melakukan pemisahan Kartu Keluarga.
  • Berikutnya, kunjungi Disdukcapil terdekat dengan membawa persyaratan yang anda butuhkan.

 

2. Meninggalnya di Rumah

Lalu, bagaimana jika meninggalnya di rumah? Pengurusannya pada dasarnya masih tampak sama. Namun, anda temukan perbedaan pada bagian surat keterangan kematian tidak anda dapatkan dari dokter, tapi bisa pihak Puskesmas atau Rumah Sakit. Syarat lainnya yaitu:

  • Mempersiapkan salinan Kartu keluarga.
  • Menyertakan fotokopi KTP pihak pelapor.
  • Anda lengkapi dengan salinan KTP dua saksi.
  • Selanjutnya kunjungi Disdukcapil daerah yang berkaitan.

 

 Estimasi Waktu Membuat Akta Kematian

Prosedur Umum Serta Estimasi Waktu Jasa Pembuatan Akta Kematian

Untuk bisa membuat akta kematian, baik secara langsung maupun via jasa pembuatan akta kematian 14 hari jam kerja. Selain itu, prosedur yang umum anda lakukantidak lain adalah sebagai berikut:

  Syarat Perceraian Dengan WNA

 

  • Mempersiapkan syarat sesuai yang sudah tentu.
  • Kunjungi Disdukcapil terdekat.
  • Pihak Disdukcapil akan memverifikasi persyaratan yang anda lampirkan.
  • Setiap data akan anda lakukan validasi guna menerbitkan akta kematian.
  • Jika tidak ada masalah pada data yang anda lampirkan, maka Kepala Sekbid akan menandatangani draft terkait kutipan akta kematian.
  • Bagian operator akan melakukan pencetakan pada draft yang telah di setujui.
  • Tahapan berikutnya, akta kematian akan di tandatangani Kepala Dinas daerah yang berkaitan.
  • Akta kematian akan anda serahkan pada pihak pemohon.

 

Rekomendasi Penyedia Jasa Pembuatan Akta Kematian Terpercaya

Ketika akta kematian sudah berhasil anda buat, kemudian untuk beberapa kepentingan harus anda gunakan di luar negeri. Apakah ada tahapan-tahapan yang harus anda lakukan?  Ketika akta kematian sudah berhasil terbit, agar bisa anda gunakan di luar negeri, maka harus anda legalisir.

 

Legalisir akta kematian harus anda lakukan di Kemenkumham. Untuk Anda yang kesulitan dan tidak tau prosedurnya, alangkah baiknya untuk menggunakan jasa legalisir akta kematian kemenkumham. Satu di antaranya yang menyuguhkan layanan tersebut adalah PT Jangkar Global Groups.

 

Rekomendasi Penyedia Jasa Legalisir Akta Kematian Terpercaya

Sebuah perusahan resmi yang sudah tercatat dalam data Kemenkumham sedari tahun 2008. Jadi, Anda pun tidak perlu khawatir akan kelegalan yang di miliki PT Jangkar Global Groups. Alasan lainnya kenapa harus memilih kami, karena:

  • Di dukung dengan berbagai staf ahli yang mumpuni dan siap memberikan pelayanan yang di butuhkan.
  • Kejelasan alamat kantor yang bisa Anda buktikan secara langsung.
  • Pihak konsultan yang siap mendengarkan konsultasi Anda kapan pun.
  • Prosesnya cepat, akurat dan terjamin.
  • Kontak yang responsif, bisa via Email, WhatsApp, ataupun telepon selama jam kerja.
  • Jika hasil legalisir kemenkumham di ragukan, maka uang kembali.
  • Kami siap menyajikan dokumen yang asli dan terjamin.
  • Hingga kini, klien yang bermitra dengan kami mencapai 1000 lebih.

Contoh Akta Kematian

Biro Jasa Pembuatan Akta Kematian

Jika Anda tertarik, maka setiap prosesnya bisa di lakukan via online. Namun, Dokumen yang di butuhkan bisa Anda kirim via kantor pos, JNE, DHL, TIKI, ataupun Grab dan Gojek. Selanjutnya, jika dokumen di terima PT Jangkar Global Groups, informas ini pun akan kami sampaikan pada klien.  Tertarik untuk bermitra dengan PT jangkar Global Groups. Kami menantikannya!

 

Demikianlah ulasan terkait jasa pembuatan akta kematian yang di legalisir Kemenkumham. Pastikan untuk memperhatikan syarat-syaratnya. Dengan demikian, setiap tahapannya bisa di lakukan secara mudah dan tepat.

 

Jasa Legalisir Akta Kematian Terpercaya

Adi