Logo yang tercantum pada produk atau perusahaan memiliki peran yang lebih penting dari sekadar sebuah identitas. Bila Anda sedang kesulitan dan berencana melakukan desain logo untuk perusahaan atau produk Anda, maka kami adalah solusi tepat atas permasalahan Anda. Kami memberikan jasa desain logo yang cepat, rapi, dan berkualitas.
Jasa Desain Katalog Product/Booklet Terpercaya Untuk Keperluan Promosi Anda
Apa Itu Logo?
Logo bisa anda artikan secara mudah sebagai sebuah gambar yang memiliki arti tertentu untuk mewakili sebuah perusahaan atau produk. Dalam pembuatannya, sebuah logo harus untuk memiliki sebuah konsep filosofi dan kerangka dasar. Konsep filosofi dan kerangka dasar ini bertujuan untuk membuat sifat yang mandiri atau berdiri sendiri.
Dalam pembuatan logo sendiri, umumnya membuat dalam bentuk visual. Ciri khas masing-masing logo biasa di temukan dalam rupa warna dan bentuk. Masing-masing logo memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dari yang lain. Logo di buat sebagai perwakilan identitas sebuah perusahaan atau produk dalam bentuk yang sederhana, singkat dan mudah di ingat.
Pentingnya Logo Bagi Produk atau Perusahaan
Setiap produk dan perusahaan yang ada di seluruh dunia ini pasti memiliki logo karena logo memiliki peran dan fungsi yang sangat penting. Bahkan, beberapa perusahaan yang belum memiliki logo sampai membuat sayembara. Lalu, apa yang membuat sebuah logo sampai di hargai begitu mahal? Berikut ini adalah beberapa peran dan fungsi logo bagi produk atau perusahaan.
1. Menjadi Representasi Visual
Sama seperti manusia, setiap produk atau perusahaan juga pasti memiliki identitas yang membedakannya satu sama lain. Bila manusia bisa anda bedakan berdasarkan bentuk muka, maka produk atau perusahaan memiliki logo. Logo yang dimiliki produk atau perusahaan inilah yang menjadikannya berbeda dengan produk atau perusahaan lain.
Perbedaan logo dari masing-masing produk atau perusahaan ini membuat produk atau perusahaan tersebut menjadi mudah anda ingat. Oleh sebab itu, dalam pembuatan logo sendiri haruslah logo yang mudah anda ingat oleh banyak orang. Pembuatan logo yang mudah anda ingat ternyata tidak mudah. Oleh sebab itu beberapa produk atau perusahaan memilih menggunakan jasa desain logo daripada membuat logonya sendiri.
Adanya logo juga membuat orang lebih mudah dalam mengingat suatu produk atau perusahaan. Dengan adanya identitas berupa logo yang unik, orang akan lebih mudah mengasosiasikan sesuatu dengan produk atau perusahaan. Sehingga secara langsung akan terbentuk brand awareness di masyarakat.
2. Sebagai Tanda Kepemilikan
Adanya logo pada produk atau perusahaan juga membuat sebuah tanda suatu kepemilikan atas produk atau perusahaan tersebut. Tertempelnya sebuah logo pada produk atau perusahaan menandakan bahwa produk tersebut telah menjadi milik seseorang atau sebuah badan usaha. Sehingga adanya logo dapat membedakan pemilik produk atau perusahaan.
Dengan tanda kepemilikan, membuat pemilik logo dapat mudah melakukan kontrol atas produk atau perusahaannya. Sebagai seorang pemilik logo pada produk atau perusahaan, Anda dapat mengenali mana produk atau perusahaan Anda. Anda juga bisa dengan mudah memanfaatkan logo sebagai pengontrol penjualan atas produk yang diproduksi.
3. Sebagai Sarana Motivasi dan Pengutaraan Emosi
Logo juga menjadi sebuah desain komunikasi dari perusahaan kepada konsumen yang berbentuk visual. Sebagai bagian dari bentuk komunikasi, logo juga berperan sebagai yang sarana untuk menyampaikan motivasi dan pengutaraan emosi dari perusahaan. Motivasi yang ingin ditampilkan sebuah perusahaan bisa tercermin melalui logo perusahaannya. Peran logo ini jarang diketahui secara langsung.
Logo juga bisa menjadi sebuah sarana untuk mengutarakan emosi dari perusahaan. Logo untuk produk atau perusahaan bisa disesuaikan dengan tema tertentu, tetapi dengan tetap mempertahankan logo aslinya.
Tujuannya, agar produk atau perusahaan tetap dapat menyampaikan emosi sesuai dengan tema. Sebagai contoh, ketika hari ibu, perusahan akan menambahkan sebuah logo bergambar ibu dan anak untuk menyampaikan dan menggambarkan bentuk kasih sayang kepada ibu.
Kriteria Logo yang Baik
Pembuatan logo memang tidak mudah, buktinya beberapa perusahaan menggunakan jasa desain logo agar dapat menginterpretasikan maksudnya dengan baik. Dalam pembuatan sebuah logo, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar menjadi sebuah logo yang baik. Berikut ini beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar menjadi sebuah logo yang baik.
1. Sederhana dan Mudah Diingat
Logo yang baik adalah logo yang sederhana dan mudah diingat. Hal ini agar sesuai dengan tujuan pembuatan logo, sebagai bentuk perwakilan suatu produk atau perusahaan. Logo yang sederhana juga akan membuat orang menjadi tertarik. Logo yang sederhana pula akan membuat orang lebih mudah mengingat logo tersebut di kemudian hari.
Sebagai contoh logo sebuah produk dan perusahaan olahraga Nike. Semua pasti akan langsung memahami logo produk dan perusahaan Nike yang berbentuk seperti tanda centang itu. Logonya juga sederhana hanya berupa tanda centang. Namun, justru kesederhanaan itulah yang membuat logo tersebut menjadi kuat dan bisa mudah diingat oleh masyarakat di seluruh dunia.
2. Tidak Termakan Waktu
Logo yang baik juga berupa logo yang tidak termakan waktu atau abadi. Maksudnya adalah logo yang di miliki oleh produk atau perusahaan harus dapat bertahan lama dan tidak berubah-ubah dalam waktu singkat. Hal ini agar sesuai dengan kriteria pertama bahwa logo harus mudah di ingat. Logo yang berubah dalam waktu singkat membuat orang sulit mengingatnya.
Namun, perubahan terhadap sebuah logo bukanlah suatu hal yang tabu. Logo bisa berubah sesuai dengan visi dan misi perusahaan serta perkembangan zaman. Perkembangan zaman terkadang memaksa sebuah perusahaan untuk berubah dan melakukan rebranding. Semangat rebranding ini juga harus tertuang pada logo perusahaan yang baru, seperti yang di lakukan oleh Pertamina dan Kereta Api Indonesia.
3. Original dan Tidak Memiliki Makna Lain
Selain dua kriteria di atas, original menjadi sebuah kriteria penting lain yang harus di penuhi oleh sebuah logo. Dengan adanya logo yang original, orang akan lebih mudah untuk mengingat produk atau perusahaan milik Anda. Sehingga bila ada desain logo yang mirip, orang justru akan mengingat produk atau perusahaan Anda, bukan milik orang lain.
Sebuah logo yang baik juga harus kami desain agar tidak memiliki makna lain. Sehingga tujuan pembuatan logo sebagai bentuk kepemilikan bisa terpenuhi. Terkadang, pembuatan logo tidak harus selalu mengedepankan sisi estetis. Karena yang terutama adalah bagaimana logo dapat merepresentasikan suatu perusahaan atau produk.
Pentingnya Desain Logo dengan Tepat
Sebuah logo berperan penting bagi sebuah produk atau perusahaan, sehingga harus di desain dengan tepat. Tidak semua perusahaan atau produk bisa melakukan desain sendiri. Buktinya, beberapa perusahaan menggunakan jasa desain logo yang profesional. Jasa desain untuk logo perusahaan yang sudah profesional akan mampu menerjemahkan visi misi perusahaan ke dalam logo yang tepat.
Jasa Desain Logo Produk atau Perusahaan
Bila Anda kesulitan untuk membuat sebuah desain logo yang tepat bagi produk atau perusahaan Anda, langsung saja hubungi kami melalui nomor dalam website ini. Kami adalah jasa desain logo yang profesional akan membantu Anda membuat logo yang original, sederhana, menarik, dan tentu saja mudah diingat.