Ijazah Satpam Gada Pratama Hilang

Adi

Updated on:

Ijazah Satpam Gada Pratama Hilang
Direktur Utama Jangkar Goups

Ijazah Satpam Gada Pratama Hilang Bagaimana Cara Mengurusnya

Satpam merupakan profesi yang bertugas untuk mengamankan sebuah lingkungan. Untuk menjadi seorang satpam maka seseorang harus mengikuti pendidikan yang diselenggarakan oleh kepolisian dan setelah dinyatakan lulus, baru Anda akan mendapat ijazah gada pratama. Lantas bagaimana jika ijazah satpam gada pratama hilang bagaimana cara mengurusnya?.

ijazah satpam gada pratama hilang bagaimana cara mengurusnya

 

Dokumen yang Harus Dimiliki Satpam Profesional

Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara mengurus ijazah satpam gada pratama yang hilang, Anda sebaiknya harus mengetahui dokumen apa saja yang harus dimiliki oleh seorang petugas satuan petugas keamanan atau satpam. Selain ijazah gada pratama, seorang satpam profesional juga harus memiliki Kartu Tanda Anggota Satuan Pengaman (KTA Satpam). Kedua dokumen tersebut wajib dimiliki oleh satpam karena fungsinya yang sangat penting yaitu membantu penegak hukum dalam mengamankan lingkungan.

contoh ijazah gada polda

Dengan kelengkapan dokumen tersebut maka seorang satpam bisa dikatakan kredibel dan profesional sehingga memang layak bertugas sebagai petugas keamanan. Pentingnya menggunakan jasa satpam yang kredibel dan profesional karena menyangkut keamanan manusia dan harta benda seseorang atau perusahaan. Ijazah satpam gada pratama bisa menjadi bukti bahwa Anda merupakan satpam profesional yang telah menempuh pendidikan satpam dan memang mampu menjadi anggota satuan petugas keamanan.

sertifikat satpam gada pratama

Dokumen yang Harus Dimiliki Satpam Profesional

 

Persyaratan Penerbitan Ijazah dan KTA Satpam

Untuk memperoleh ijazah gada pratama dan KTA Anda harus mengikuti pelatihan satpam dan memenuhi beberapa persyaratan. Berikut ini adalah persyaratan-persyaratan yang harus Anda penuhi Jika ingin memperoleh ijazah gada pratama dan kartu tanda anggota:

Cara Legalisir Ijazah Satpam

 

  Persyaratan Ijazah dan KTA Satpam

Persyaratan untuk Kualifikasi Gada Pratama

  1. Warga negara Indonesia
  2. Telah lulus psikotes
  3. Telah lulus tes kesehatan dan kesamaptaan
  4. Memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK yang masih aktif
  5. Memiliki surat keterangan bebas narkoba
  6. Memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan minimal 160 cm untuk perempuan
  7. Ijazah terakhir minimal SMA atau sederajat
  8. Telah berusia minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun

Jasa Pelatihan Satpam Gada Pratama

 

Persyaratan Penerbitan Ijazah dan KTA Satpam

 

Persyaratan untuk Kualifikasi Gada Madya

  1. Telah lulus gada pratama dan dibuktikan dengan ijazah gada pratama
  2. Sudah lulus tes kesehatan dan tes kesamaptaan
  3. Melampirkan surat keterangan bebas narkoba
  4. Ijazah terakhir minimal SMA atau sederajat
  5. Telah memiliki pengalaman kerja setidaknya 3 tahun di bidang keamanan atau satpam
  6. Melampirkan surat rekomendasi dari perusahaan tempat Anda bekerja

Berapa lama masa aktif KTA Satpam

 

Pentingnya Pelatihan Pendidikan Satpam

Karena satpam merupakan mitra kepolisian dalam menjaga keamanan, satpam memiliki tugas yang lumayan banyak sehingga harus menempuh pendidikan satpam.  Lamanya waktu pelatihan pendidikan satpam biasanya sekitar 21 hari atau 3 minggu dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 232 jam. Dengan mengikuti pelatihan satpam maka tugas-tugas yang dilakukan nantinya akan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Berikut ini adalah 5 alasan mengapa pendidikan satpam itu penting:

  1. Untuk persyaratan memasuki dunia kerja
  2. Supaya satpam mengetahui tugas-tugas utamanya
  3. Mengasah berbagai macam skill penting seperti menjaga, mengawal, mengatur, melakukan patroli dan mengatasi keadaan darurat
  4. Melatih agar satpam bisa bekerja secara berkelompok (teamwork)
  5. Meningkatkan kemampuan untuk bersosialisasi

Surat Izin Operasional Satpam

 

Pentingnya Pelatihan Pendidikan Satpam

 

Anda bisa mengikuti pelatihan pendidikan satpam di badan usaha jasa pengamanan (BUJP) atau lembaga pendidikan yang ada di lingkungan Polri.

Pendidikan Satpam Gada Pratama

 

Cara Mengurus Ijazah Gada Pratama yang Hilang

Setelah Anda menempuh pendidikan satpam dan mendapatkan ijazah gada pratama namun ternyata karena satu atau dua hal membuat ijazah tersebut hilang atau rusak, maka Anda tidak perlu khawatir karena bisa mengurusnya tanpa harus menempuh pendidikan satpam lagi. Berbeda dengan ijazah sekolah formal seperti ijazah SD, ijazah SMP, atau  ijazah SMA yang hanya diperbolehkan dikeluarkan sebanyak satu kali saja dan tidak bisa dicetak ulang, ijazah gada pratama bisa diterbitkan lagi oleh pihak yang berwenang saat Anda kehilangan ijazah tersebut.

Persyaratan Ijazah dan KTA Satpam

 

  Pelatihan Satpam Gada Pratama

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan saat ingin mengurus ijazah gada pratama yang hilang atau rusak:

  • Membuat Surat Kehilangan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika kehilangan ijazah gada pratama yaitu membuat surat kehilangan di Polres terdekat. Biasanya petugas akan mengajukan beberapa pertanyaan singkat pada Anda mengenai kapan hilangnya ijazah tersebut, di mana Anda kehilangan ijazah tersebut dan lainnya. Saat mengurus surat kehilangan di polsek atau Polres terdekat Anda sebaiknya membawa identitas diri seperti KTP dan jangan lupa juga bahwa KTA satpam Anda untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu ditanyakan. Jika ada, bawalah salinan/fotocopy ijazah gada pratama yang hilang tadi karena akan sangat memudahkan proses pengurusan.

Syarat Perpanjang KTA Satpam Mabes Polri

Cara Mengurus Ijazah Gada Pratama yang Hilang

 

Sebelum berangkat untuk mengurus surat kehilangan, jangan lupa siapkan fotokopi KTP dan KTA satpam sebanyak 2 lembar. Mintalah surat kehilangan untuk dibuat rangkap dan dibubuhi legalisir kedua-duanya karena jika sewaktu-waktu dibutuhkan Anda tidak perlu memintanya lagi ke Polres. Perlu Anda ketahui juga surat kehilangan dari kepolisian biasanya hanya berlaku satu bulan lamanya sejak surat tersebut diterbitkan. Oleh karena itu sebaiknya Anda segera mengurus segala sesuatunya supaya tidak perlu lagi datang ke kepolisian untuk meminta surat kehilangan karena batas waktu yang telah habis.

Legalisir Ijazah Satuan Pengaman 

 

Proses Pembuatan Surat Kehilangan

Kunjungi Polres di kota Anda

Untuk membuat surat kehilangan idealnya Anda bisa datang langsung ke Polres dan langsung masuk ke bagian pengaduan dan pelayanan masyarakat. Biasanya bagian ini berada di sekitar pintu masuk sehingga sangat mudah ditemukan. Namun jika Anda tidak menemukannya maka bisa langsung bertanya pada petugas yang ada di sekitar.

  Cara Legalisir Ijazah Satpam

Proses Pembuatan Surat Kehilangan

 

Antri

Jika banyak pengunjung jangan lupa antri dengan tertib sambil menunggu giliran masuk. Biasanya bagian layanan masyarakat akan semakin ramai saat siang hari sehingga alangkah lebih baik jika Anda datang agak pagi supaya tidak terlalu lama antri.

 

Menjelaskan Tujuan Kunjungan

Setelah tiba giliran Anda, jelaskan maksud dan tujuan kunjungan Anda ke petugas. Berikan informasi secara lengkap dan detail tentang kronologis masalah Anda. Biasanya surat kehilangan akan langsung jadi, hanya menunggu beberapa saat saja. Setelah berkas selesai jangan lupa untuk memeriksanya supaya tidak ada data yang salah.

 

Cara Buat Surat Kehilangan

 

Mengunjungi Polda atau Lembaga Pelatihan

Setelah Anda selesai membuat surat kehilangan, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mengunjungi Polda atau lembaga pelatihan tempat dimana Anda menempuh pendidikan satpam dan mendapatkan ijazah gada pratama. Di situ Anda bisa mencetak kembali ijazah gada pratama karena data diri Anda pasti masih tersimpan jika Anda benar-benar pernah menempuh pendidikan di situ.

 

Jangan lupa siapkan dokumen yang diperlukan seperti:

  1. Surat kehilangan
  2. KTP
  3. KTA satpam
  4. Materai 6000 sebanyak satu lembar
  5. Pas foto berukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar

Sesampainya di Polda atau lembaga pelatihan Anda bisa langsung menuju ke bagian layanan dan mengutarakan maksud tujuan Anda. Anda bisa menanyakan ke petugas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk penerbitan ijazah baru. Jika butuh waktu lebih dari satu hari, Anda bisa datang lagi di lain waktu saat ijazah tersebut sudah selesai diproses. Bagaimana, sangat mudah bukan? Anda tidak perlu bingung atau khawatir jika kehilangan ijazah gada pratama karena Jangkar Group sudah memberikan jawaban dari pertanyaan mengenai ijazah satpam gada pratama hilang bagaimana cara mengurusnya?.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,
HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan berdiri pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.
KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]
Website: Jangkargroups.co.id
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups

 

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor