BUKU NIKAH TIDAK DIAKUI KEMENAG

Tidak aneh apabila kita mendapatkan buku nikah asli tapi palsu (aspal) yang memang dibikin oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dikarenakan pasangan yang hendak menikah itu tidak memiliki surat izin menikah dari daerah asalnya atau akibat kecelakaan (hamil duluan) sehingga dapat buku nikah tidak diakui kemenag.
Kali ini saya mendapatkan pengalaman yang menarik dan saya share karena buku nikah ini asli dan ada tangan KEPALA KUA BEKASI SELATAN.

"buku nikah tidak diakui kemenag

 Kemudian Saya dan client saya pun mendatangi kantor kemenag sambil membawa surat pengantar nikah dari embassy mesir di jeddah saudi arabia.
surat-pengantar-dari-embassy-jeddah , buku nikah tidak diakui kemenag
Dan terjemahan surat pengantar nikah tersebut
terjemah-indonesia , buku nikah tidak diakui kemenag
terjemah-indonesia2

Cara Atasi buku nikah tidak diakui kemenag

Akan tetapi oleh pihak kemenag berkas permohonan legalisir 2 buku nikah dan copy legalisir buku nikah tidak bisa di proses karena belum ada surat pengantar nikah dari kedutaan mesir di Jakarta. Selanjutnya Berkas kami pun di tahan kemenag dengan alasan akan memanggil mantan kepala KUA yang menerbitkan buku nikah tersebut dengan alasan non prosedural .

Bolak Balik kemenag

Kami pun balik lagi ke kedutaan dan meminta surat pengantar nikah dari embassy dan pihak embassy minta ikrar (surat pernyataan) dari suaminya bahwa dia dulu menikah masih status singel dan tidak dalam keadaan beristri.
Alhamdulillah, pihak kedutaan masih berbaik hati memberikan visa kepada client saya dan anaknya sehingga mereka bisa berangkat ke mesir untuk menengok mertuanya yang sakit. Oh iya, khusus untuk anak dan istrinya yang menikah dengan warga mesir tidak ada biaya visa alias gratis.
biaya-visa-anak-mesir
visa-mesir
Senang rasanya saya bisa membantu client saya sehingga bisa terbang tepat pada waktunya ke mesir dan sayangnya sang suami seorang pilot yang bertugas di jeddah saudi sehingga tidak bisa langsung tanda tangan ikrar (surat pernyataan belum menikah). Sehingga harus menunggu tugas jadwal penerbangan ke jeddah. Alhamdulillah surat ikrar ahirnya bisa di tanda tangani dan di bawa pulang langsung ke indonesia.
surat-ikrar
Setelah pihak embassy mesir menerima surat ikrar, saya dikenakan biaya Rp. 450.000 untuk mengurus surat izin menikah. Jangan lupa bawa KTP yang bersangkutan dan prosesnya 1 hari kerja.
biaya-izin-menikah-mesir , buku nikah tidak diakui kemenag
Inilah surat pengantar menikah dari kedutaan mesir di jakarta :
surat-izin-menikah-mesir , buku nikah tidak diakui kemenag
Setelah semua dokumen lengkap, saya pun kembali mengajukan permohonan legalisir di kantor kemenag dan berkas saya pun kembali di tahan dan sampai satu minggu tidak ada keputusan apapun dari kementrian agama. Janji dari kementrian agama akan memanggil pejabatnya hanyalah tinggal janji karena sampai tulisan ini dibuat, tidak ada tanda-tanda kehadiran pejabat tersebut. Padahal nomer HP: 081280452430 yang di pegang oleh Kepala KUA, Drs. H Nahdum masih aktif.

Ditolak lagi sama Kemenag

Alangkah kagetnya saya setelah mendengar pernyataan dari staff kemenag, bapak edi bahwa kemenag tidak akan memberikan legalisir karena buku nikah sudah terbit tahun 2010, akan tetapi surat pengantar dari kedutaan mesir baru terbit tahun 2015 dan harus nikah isbat di pengadilan agama bekasi. pak edi mengatakan bahwa buku nikah yang kami dapatkan dari KUA adalah : buku nikah asli tapi palsu.
Saya pun protes karena dulu bapak edi bilang bahwa harus minta dulu surat pengantar dari kedutaan mesir. Setelah saya bersusah payah mengurus surat pengantar dari mesir ahirnya tetap di tolak dengan alasan sudah kadaluarsa. Lantas bagaimana dengan tanggung jawab KEPALA KUA yang sudah mengeluarkan BUKU NIKAH ASLI tapi tidak diakui oleh KEMENAG ? Pernikahan tidak akan terjadi apabila KEPALA KUA meminta surat pengantar dari kedutaan mesir di jakarta. Kalau di bilang KEPALA KUA BODOH, sekolahnya saja S2 dan menyandang titel MM.
Kalau saja suaminya ada di indonesia, mereka bisa nikah lagi di pengadilan agama. Lantas bagaimana hak anaknya yang apabila mau berangkat lagi ke mesir atau pindah ke negara mesir untuk sekolah atau pindah rumah ? Bagaimana cara bikin visanya lagi tanpa ada pengakuan buku nikah ?

Oknum KUA

Kasihan rakyat kecil yang tidak tau prosedur menikah dengan warga negara asing. Apalah artinya KUA kalau di isi oleh OKNUM yang telah merugikan Hak Warga Negara Indonesia, mereka tidak mendapatkan sangsi hukum dan masih berkeliaran di dalam lingkungan pegawai negeri. Mengerikan dan menyedihkan sekali negara indonesia tercinta ini.
Berhati-hatilah apabila ada anak, saudara, handai taulan yang akan menikah dengan warga negara asing. Pastikan ada surat pengantar dari kedutaannya di jakarta. Jangan sampai anda menyesal nanti dan di repotkan oleh birokrasi Indonesia yang ribet .
  Legalisir Ijazah Pondok Di Kemenag
Adi

2 pemikiran pada “BUKU NIKAH TIDAK DIAKUI KEMENAG”

  1. Selama sore
    Saya Dan suami wna pada saat melangsungkan Pernikahan tahun 2014 tidak meminta ijin dari kedutaan prancis
    Saat ini saya sedang mencari info syarat akte nikah dapat di legalisir oleh kedutaan.
    Mohon infonya
    Terimakasih

    • Kalau tidak mendapat izin dari kedutaan maka akte nikah ibu dian tidak bisa di legalisir oleh kedutaan karena syarat sebelum menikah adalah meminta surat izin dari kedutaan setempat

Komentar ditutup.