Aspek Hukum Dalam Ganti Nama Di Pengadilan

Ganti nama adalah proses untuk mengubah nama seseorang atau perusahaan. Proses ganti nama dapat di lakukan secara sukarela atau terpaksa karena suatu alasan. Banyak orang yang melakukan ganti nama dengan tujuan untuk meningkatkan reputasi atau menghindari masalah hukum. Namun, proses  nama tidak semudah itu karena melibatkan proses hukum yang rumit. Artikel ini akan membahas aspek hukum dalam ganti  di pengadilan.

Definisi Ganti Nama

Ganti nama adalah perubahan nama seseorang atau badan hukum karena beberapa alasan tertentu. Alasan yang sering mendasari ganti nama adalah karena faktor keluarga, agama, atau perubahan alasan lain yang di anggap sah. Namun, proses ganti nama harus di lakukan secara resmi dan melalui proses hukum yang berlaku agar sah dan tercatat secara legal.

  Pendaftaran Ganti Nama Di Pengadilan: Perlu Anda Ketahui

Proses Ganti Nama Di Pengadilan

Proses Ganti Nama Di Pengadilan

Proses ganti nama di pengadilan terdiri dari beberapa tahapan yang harus di lakukan dengan benar dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Tahapan tersebut antara lain:

  1. Persiapan dokumen persyaratan
  2. Penyerahan dokumen persyaratan ke pengadilan
  3. Verifikasi dokumen persyaratan oleh pengadilan
  4. Pengumuman ganti nama di media massa
  5. Proses sidang ganti nama di pengadilan
  6. Penerbitan Surat Keputusan Pengadilan (SKP) ganti nama

Setelah semua tahapan tersebut selesai di lakukan, maka ganti nama tersebut di anggap sah dan terdaftar secara legal oleh pihak pengadilan.

Aspek Hukum Ganti Nama

Ada beberapa aspek hukum dalam ganti nama yang harus di perhatikan, antara lain:

1. Perubahan Nama pada KTP

Setelah proses ganti nama selesai, perubahan nama pada KTP harus segera di lakukan. Penerbitan KTP baru dengan nama yang baru harus di lakukan dalam waktu 30 hari setelah SKP ganti nama di terbitkan. Keterlambatan dalam perubahan nama pada KTP dapat di kenakan sanksi administratif oleh pihak keamanan.

  Persyaratan Pengurusan Ganti Nama

2. Perubahan Nama pada Akta Kelahiran

Agar perubahan nama dapat di akui secara legal, perubahan nama juga harus di catat di akta kelahiran. Perubahan nama pada akta kelahiran dapat di lakukan dengan mengajukan permohonan ke kantor catatan sipil setempat.

3. Perubahan Nama pada Dokumen Hukum Lainnya

Setelah perubahan nama resmi di lakukan, semua dokumen hukum lainnya seperti sertifikat, akta notaris, dan akta pendirian perusahaan harus di ubah sesuai dengan nama baru yang telah di sahkan oleh pengadilan.Biaya Ganti Nama di Pengadilan

Biaya Ganti Nama di Pengadilan

Maka, biaya ganti nama di pengadilan bervariasi tergantung pada aspek-aspek tertentu seperti biaya penerbitan SKP, biaya pengumuman di media massa, dan biaya pengurusan dokumen. Sehingga, biaya ganti nama di pengadilan dapat mencapai jutaan rupiah tergantung pada kompleksitas proses ganti nama dan biaya administrasi yang di butuhkan.

Kesimpulan

Proses ganti nama di pengadilan melibatkan proses hukum yang rumit dan harus di lakukan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Ada beberapa aspek hukum dalam ganti nama yang harus di perhatikan seperti perubahan nama pada KTP, akta kelahiran, dan dokumen hukum lainnya. Biaya ganti nama di pengadilan bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti biaya penerbitan SKP dan biaya pengumuman di media massa. Semua proses ganti nama harus di lakukan dengan hati-hati agar sah secara hukum dan menghindari masalah di kemudian hari.

  Perubahan Nama Dalam Dokumen Surat Kontrak

PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

admin