Apostille Kemenkumham Pendirian PT

Adi

Updated on:

Apostille Kemenkumham Pendirian PT
Direktur Utama Jangkar Goups

Apostille Kemenkumham Pendirian PT

Apostille Kemenkumham Pendirian PT adalah dokumen penting yang harus di miliki, jika Anda ingin berbisnis hingga luar negeri. Pembuatannya bisa dilakukan secara online dengan pengajuan lewat situs resmi AHU. Tapi ada persyaratan pengajuan yang harus dipenuhi.

Apostille Pendirian PT Kemenkumham

 

Keberadaan layanan apostille kemenkumham di Indonesia memberikan kemudahan dalam proses legalisasi dokumen penting. Prosesnya juga lebih cepat di bandingkan mengajukan legalisir secara biasa. Sebab hanya perlu mengajukannya Kementerian Hukum dan HAM.

 

Jika Anda ingin membuatnya, ada tahapan yang harus di lalui. Namun proses pengajuannya cukup panjang dan memerlukan biaya. Berikut di jelaskan tentang pentingnya pembuatan sertifikat legalisasi tersebut dan prosedurnya.

 

Kenapa Harus Mengurus Apostille Kemenkumham Pendirian PT?

Apostille adalah layanan untuk mengesahkan segel resmi, cap, maupun tanda tangan pejabat terhadap dokumen yang di mohonkan. Pencocokan di lakukan oleh otoritas berwenang, di Indonesia adalah Kemenkumham. Tanda tangan di cocokkan dengan spesimen yang terdapat dalam database.

 

Pengurusannya lebih mudah karena tidak perlu melakukan legalisasi di tiga instansi, cukup di AHU. Seperti halnya apostille pendirian PT Kemenkumham yang di butuhkan untuk berbagai keperluan. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, Anda sebagai pemilik usaha cukup mengajukan secara online.

 

Dokumen itu di pakai untuk persyaratan memulai kerjasama dengan perusahaan luar negeri. Melakukan MOU bersama perusahaan asing, pasti memerlukan dokumen yang bisa menunjukkan legalitas hukum. Demikian pula untuk ekspor dan impor.

Kenapa Harus Mengurus Apostille Pendirian PT

 

Bagi Anda yang berencana mengembangkan bisnis hingga luar negeri, harus mengurus apostille akta pendirian PT sebagai bukti resmi. Legalisir ini akan menciptakan iklim yang positif dan memberikan kemudahan berbisnis antar negara. Sebab sudah ada kepastian.

  Cara Apostille Slovakia

 

Tapi yang perlu Anda ketahui, bahwa dokumen ini tidak dapat di gunakan di semua negara. Hanya negara-negara yang tergabung dalam Konvensi Apostille yang menerimanya, totalnya ada 122. Seperti di Eropa atau Schengen dan Amerika.

 

Persyaratan Mengurus Apostille Kemenkumham Pendirian PT

Sebelum Anda mengurus apostille pendirian PT Kemenkumham, ketahui bahwa ada beberapa dokumen yang di jadikan persyaratan. Kelengkapan syarat merupakan hal wajib yang harus di penuhi agar pengajuan tidak di tolak. Inilah syaratnya:

 

1. Kartu Tanda Penduduk

Persyaratan pertama untuk pengurusan berkas ini adalah Kartu Tanda Penduduk. E-KTP di gunakan sebagai data diri bagi Anda yang menjadi pemohon. Gunanya yaitu untuk memudahkan pihak yang berwenang, yakni AHU dalam melakukan pengecekan data.

 

Data diri yang di sertakan tidak perlu data asli. Sebab permintaan dari pemohon perlu di verifikasi dan di tinjau selama beberapa hari hingga sertifikat legalisir di keluarkan. KTP akan di tinggal untuk memudahkan pengurusan.

 

Tapi itu berlaku kalau mengajukan apostille langsung di kantor Kemenkumham. Jika melakukannya online, maka mengunggah filenya. KTP harus terlihat jelas.

Persyaratan Mengurus Apostille Pendirian PT

 

2. Akta Pendirian PT

Dokumen berikutnya yang menjadi persyaratan inti adalah akta pendirian Perseroan Terbatas. Akta di buat pertama kali saat mendirikan perusahaan dan di saksikan notaris. Isinya yaitu kesepakatan para pihak dan keterangan identitas.

 

Karena berbahasa Indonesia, maka akta tersebut harus di terjemahkan dahulu ke Bahasa Inggris. Atau di alih ke bahasa negara yang menjadi tujuannya. Sebab ada negara yang mengharuskan dokumen menggunakan bahasanya. Selain itu, akta di legalisir oleh notaris.

 

3. Surat Kuasa Apostille Kemenkumham Pendirian PT

Persyaratan yang tidak boleh Anda lupakan adalah surat kuasa. Ini di perlukan, apabila Anda menguasakan atau memberi utusan pada pihak lain untuk mengurus apostille. Seperti menyuruh karyawan atau menggunakan jasa yang melayani pembuatan sertifikat legalisasi berbagai dokumen.

 

Sama pentingnya dengan akta pendirian, surat kuasa harus di sertakan sebagai syarat pengajuan. Instansi yang memberikan layanan ini tidak akan memberikan izin mengurus dokumen apabila tidak ada surat kuasa. Biasanya AHU meminta untuk membuatnya terlebih dahulu.

  Jasa Apostille Kedutaan Palau

 

Tahapan Untuk Mengurus Apostille Kemenkumham Pendirian PT

Prosedur dalam pengajuan apostille pendirian PT Kemenkumham hingga mendapatkan legalisasi cukup panjang. Selain itu, belum banyak juga yang menerangkan tentang proses ini. Karenanya, simak tahapannya berikut ini agar proses mengurusnya lancar:

 

1. Menerjemahkan Dokumen

Tahapan pertama sebelum mulai mengajukan pengurusan apostille yaitu menerjemahkan dokumen yang di jadikan persyaratan, yakni akta pendirian PT. Tapi Anda tidak boleh melakukannya secara asal. Sebab hanya dari penerjemah tersumpah (sworn translator) yang akan di terima.

Tahapan Untuk Mengurus Apostille Pendirian PT

 

Kenapa tidak semua orang dapat menerjemahkannya? Karena di perlukan dokumen yang maknanya sesuai, sehingga mudah di pahami dan tidak menimbulkan multitafsir. Apalagi berkas di gunakan untuk keperluan internasional.

 

Akta yang di terjemahkan oleh sworn translator memperoleh stempel yang menunjukkan keterangan serta nama. Itu artinya, dokumen memiliki kekuatan hukum. Selain itu, tingkat legalitasnya juga lebih akurat.

 

2. Mengajukan Permohonan Apostille Kemenkumham Pendirian PT

Tahapan selanjutnya adalah membuat permohonan ke AHU Kemenkumham. Untuk cara yang lebih mudah, Anda bisa mengajukan secara online lewat aplikasi legalisir apostille. Berikut langkah-langkahnya:

 

  • Buka situs apostille.ahu.go.id.
  • Karena masih baru, klik Daftar.
  • Pada halaman registrasi akun, masukkan data sesuai instruksi pada kolom.
  • Pilih Daftar Sekarang.
  • Setelah akun di verifikasi, buka halaman utama AHU dan masuk memakai akun tersebut.
  • Pada menu Daftar Permohonan, pilih Buat Permohonan.
  • Isi data berdasarkan panduan.
  • Upload dokumen yang sudah di terjemahkan. Pastikan legalisir pejabat atau notaris terdapat di halaman depan.

 

3. Melakukan Pembayaran dan Mengambil Stiker Legalisasi

Pengajuan pembuatan apostille memerlukan waktu sekitar tiga hari. Waktu tersebut bisa lama apabila sistem sedang down maupun ada masalah lain. Sebab sering terjadi kasus pihak Kemenkumham menolak ketika tanda tangan pada dokumen tidak sesuai database.

 

Apabila permohonan sudah disetujui, Anda dapat men-download voucher pembayaran yang terdapat di halaman beranda. Pilih kolom apostille yang baru di ajukan. Selanjutnya bayar sesuai nominal yang di berikan lewat bank. Kemudian Anda dapat datang ke Kemenkumham untuk mengambil stiker legalisasi.

  Surat Keterangan Belum Menikah Sttd

 

Berapa Biaya untuk Mengurus Apostille Kemenkumham Pendirian PT?

Pembuatan apostille pendirian PT Kemenkumham tidak gratis. Ada biaya administrasi yang di bebankan oleh pihak AHU. Pembiayaan di wajibkan, karena pembuatan legalisir masih terbatas. Prosedurnya juga belum banyak di ketahui.

Berapa Biaya untuk Mengurus Apostille Pendirian PT

 

Biayanya Apostille antara Rp 500.000 sampai dengan Rp 1.000.000. Belum lagi membayar penerjemah tersumpah sekitar Rp450.000/halaman. Biaya tersebut dapat bertambah, kalau Anda menggunakan jasa untuk mengurusnya.

 

Jasa untuk Mengurus Apostille Kemenkumham Pendirian PT

Kami tahu mungkin Anda masih bingung mengenai prosedur pembuatan apostille pendirian PT Kemenkumham. Apalagi jika baru pertama kali mengurusnya. Selain itu, pengurusannya juga berhari-hari yang mengharuskan Anda meluangkan waktu.

 

Karena itulah, Anda dapat mempercayakan kepada kami untuk mengurusnya hingga akhir. Anda cukup mengirimkan dokumen yang di perlukan lewat jasa ekspedisi. Selanjutnya, kami akan menyelesaikan tahapannya dan mengembalikannya setelah jadi.

 

Kami terdaftar di Kemenkumham sejak 2008, sehingga tidak perlu ragu mengenai kredibilitas dan pengalaman. Sudah banyak pengajuan apostille yang di tangani. Mulai dari ijazah, KTP, akta cerai, dan berbagai berkas perusahaan.

 

Biaya untuk menggunakan jasa kami juga terjangkau. Anda tidak perlu melakukan down payment, sebab pembayaran di lakukan setelah jadi. Kami juga menyelesaikannya secara cepat, sehingga Anda bisa segera menggunakannya.

 

Jasa untuk Mengurus Apostille Pendirian PT

 

Demikian persyaratan dan panduan untuk mengurus apostille pendirian PT Kemenkumham. Bagi Anda yang berencana melakukan kerja sama bisnis ke luar negeri, apostille adalah berkas yang harus di miliki. Karena menunjukkan legalitas dan memiliki kekuatan hukum.

 

Apostille hanya di terima oleh negara-negara yang tergabung dalam konvensi. Jadi sebelum melakukan kunjungan ke luar negeri, lihat apakah negara tersebut mengakui apostille.

Cara kirim bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda . Bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi Jasa Penerjemah dan Legalisasi Dokumen yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Selanjutnya, Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Selanjutnya, Terhindar dari unsur penipuan di karenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Kemudian, Uang akan di kembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor