Apostille Kedutaan India Masyarakat masih cukup asing dengan istilah Apostille untuk mengurus masa tinggal berjangka panjang. Contoh destinasi dengan keunikan beragam adalah India. Mengurus Apostille di Kedutaan India bisa memberikan banyak manfaat. Mulai dari melamar pekerjaan, pendidikan tinggi, dan kebutuhan lainnya saat tinggal di India. Untuk melakukan hal ini, perlu proses yang cukup panjang dan membutuhkan pengetahuan serta biaya yang cukup.
baca juga : Terjemah Bahasa India ke Bahasa Indonesia
Apostille Kedutaan India Adalah
Proses legalisasi dokumen merupakan salah satu yang wajib di ikuti sesuai prosedur. Dalam dokumen-dokumen tersebut, Apostille termasuk salah satunya. Sederhananya, Apostille berperan sebagai legalisasi dari dokumen yang di miliki. Sebelum membahas lebih lanjut tentang fungsi serta cara untuk mendapatkan Apostille kemenkumham, terlebih dahulu mari memahami tentang definisi Apostille.
baca juga : Persyaratan Visa Visit India
Mengenal Apostille Kedutaan India
Apostille berasal dari Bahasa Perancis yang artinya sertifikasi. Dalam konteks formal, Apostille merupakan metode legalisasi yang di perlukan untuk membuktikan keaslian maupun kredibilitas dari dokumen. Saat mengirimkan dokumen penting contohnya untuk tinggal di luar negeri, keberadaan Apostille sangat di perlukan. Tujuannya adalah mengkonfirmasi validitas dari dokumen sehingga di akui secara hukum pada negara tujuan.
baca juga : Legalisir Free of Sales Kedutaan India
Apostille ini bisa di dapatkan dari pihak yang berwenang. Bentuk Apostille sendiri adalah nomor identifikasi yang unik, berada di bagian belakang dokumen. Pihak otoritas akan melakukan pemeriksaan keaslian dokumen berbekal Apostille ini. Hal yang perlu di pahami selanjutnya adalah Apostille Attestation, yani pengesahan. Sama halnya dengan apostille kedutaan India yang menerapkan hal serupa.
baca juga : Persyaratan Menikah WNA India di Indonesia
Dokumen Apostille Kedutaan India
Ini adalah cara untuk membuktikan bahwa dokumen yang di butuhkan bisa di terima di berbagai negara. Pengesahan ini dapat anda terima secara hukum dalam lebih dari 116 negara. Sebagian besar di antaranya adalah negara Eropa dan Amerika. Sedangkan di India, stiker berukuran 9×9 yang di berikan oleh Kementrian Luar Negeri akan di tempelkan pada bagian belakang dokumen.
baca juga : Apostille Kedutaan India
Fungsi Apostille Kedutaan India
Letak stempel ini harus ada di antara dua hal, yaitu sebagian di stiker dan sebagian di dokumen. Sama seperti di Indonesia saat di minta untuk menandatangani sebagian di atas materai dan sebagian lainnya mengenai dokumen. Saat ini semakin banyak negara yang secara bertahap menerapkan syarat berupa Apostille untuk dapat tinggal di negaranya.
baca juga : Jasa Legalisir Akta Kelahiran di Kedutaan India
Keuntungan Apostille Kedutaan India
Saat ini sudah ada 130 negara yang mengikuti konvensi Den Haag sehingga turut menyederhanakan pengurusan dokumen luar negeri. Dokumen yang perlu di sertifikasi dengan Apostille bisa salinan maupun asli, tergantung jenis serta persyaratan yang di minta. Keuntungan Apostille yakni tidak adanya tanggal kadaluarsa sehingga bisa anda gunakan sampai seterusnya.
baca juga : Jasa Urus SKBM Kedutaan India
Peran Apostille Kedutaan India
Penggunaan Apostille sebagai syarat keabsahan dokumen telah di kisahkan dalam pertemuan Konvensi Apostille yang ada sejak 5 Oktober 1961. Apostille kedutaan India juga termasuk dalam daftar negara yang menghadiri konvensi ini. Indonesia sendiri telah mengeluarkan peraturan baru pada 5 Januari 2021 yang mengesahkan konvensi Apostille sebagai persyaratan legalisasi untuk foreigner. Apa saja kegunaan dari Apostille?
baca juga : Jasa Legalisir Kedutaan India, Solusi Kepengurusan Dokumen Student Exchenge Anda
1. Menyederhanakan Prosedur Apostille Kedutaan India
Jika dulunya perlu mengurus dokumen luar negeri ke berbagai pihak, saat ini Apostille sudah dapat meringankan beban tersebut. Prosedur untuk melakukan legalisasi semakin sederhana, karena hanya memerlukan tahap yang lebih singkat yaitu Apostille. Dengan adanya Apostille, dokumen dari publik dari luar negeri dapat anda buktikan keasliannya. Menerapkan Apostille dapat meminimalisir rumitnya prosedur birokrasi.
baca juga : Legalisir Dokumen Kedutaan India
2. Mengurus Berbagai Keperluan untuk Tinggal di Negara Lain
Dokumen Apostille akan menghapuskan keharusan untuk melegalisasi dokumen saat akan bepergian atau tinggal di luar negeri. Hal ini dapat memudahkan warga yang ingin mendapatkan visa. Visa sendiri dapat anda gunakan sebagai izin untuk tinggal sementara maupun tetap, menempuh pendidikan, hingga bekerja. Selain itu juga dapat anda gunakan saat ingin melakukan kegiatan usaha, misalnya ekspor-impor produk.
baca juga : Biro Jasa Penerjemah Tersumpah Bahasa India
3. Mengundang Lebih Banyak Investor Asing
Prosedur pengurusan dokumen yang lebih mudah dapat meningkatkan potensi sebuah negara. Dengan prosedur yang hemat waktu, biaya, dan tenaga seperti Apostille, akan lebih banyak warga negara lain yang tertarik. Hal ini berpeluang mendatangkan investor asing, atau perusahaan luar negeri yang ingin melakukan ekspansi bisnis ke negara potensial.
baca juga : LEGALISIR AKTA PERKAWINAN DI KEDUTAAN INDIA
Sebagai contoh apostille kedutaan India. Dengan menerapkan Apostille, India kini tercatat sebagai salah satu negara kawasan Asia yang mendominasi kursi CEO dalam perusahaan multinasional. Artinya terjalin kepercayaan dan hubungan baik dengan negara lain. Hal ini bersumber dari banyak faktor, salah satunya kemudahan untuk menetap dan bekerja di India.
baca juga : PERSYARATAN VISA BISNIS INDIA
4. Meresmikan Dokumen Apostille Kedutaan India
Ada banyak dokumen yang bisa di sahkan dengan bantuan Apostille. Beberapa di antaranya yang paling banyak anda gunakan adalah terkait pendidikan yakni ijazah. Biasanya mereka butuhkan oleh para pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Dokumen penting lain yang dapat anda buktikan validitasnya seperti kartu militer, sertifikat kepemilikan rumah dan kendaraan, hingga dokumen konsulat.
baca juga : LEGALISIR BUKU NIKAH DI KEDUTAAN INDIA
Dokumen yang terkait dengan pernikahan juga dapat anda validasi dengan Apostille. Mulai dari surat nikah, keterangan perceraian, dan sebagainya. Hal ini dapat memudahkan warga yang ingin menikah di luar negeri. Pada apostille kedutaan India, dokumen penting seperti sertifikat medis, kematian, hingga paspor dan migrasi dapat anda legalisir dengan stiker Apostille.
baca juga : VISA KERJA INDIA
5. Apostille Kedutaan India Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat
Kemudahan dalam proses legalisasi dokumen dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Pemerintahan yang transparan dan terbuka memberikan pesan bahwa birokrasinya dapat anda andalkan. Hal ini sama dengan yang berlaku di apostille kedutaan sebagai sarana terbuka yang ramah penduduk asing.
baca juga :VISA MALAYSIA FOR INDIAN CITIZENS
6. Memperlancar Bidang yang Memerlukan Dokumen Asing
Saat ini semakin banyak bidang yang memiliki keterkaitan dengan negara asing. Beberapa bidang yang berkaitan langsung dengan dokumen asing contohnya kesehatan, makanan, perdagangan, peradilan, hingga kerjasama luar negeri. Dengan menerapkan pemberlakuan Apostille, bidang-bidang krusial ini bisa mendapatkan akses yang lebih luas dan terus berkembang.
baca juga :VISA MALAYSIA FOR INDIAN CITIZENS
Bagaimana mendapatkan Apostille Kedutaan India
Untuk mengurus Apostille, membutuhkan beberapa persyaratan demi menjalin kelancaran prosedur. Langkahnya anda mulai dengan menerjemahkan dokumen ke bahasa dari negara tujuan. Selanjutnya mengajukan ke kedutaan yang memerlukan perjanjian online. Oleh karena itu, biro jasa yang dapat mengurus perjanjian dengan kedutaan sangat anda perlukan.
Jasa Urus Apostille Kedutaan India terpercaya
Ada banyak faktor seperti kesulitan waktu, lokasi jauh dari Jakarta, tidak memahami prosedur yang benar, kebingungan teknologi, dan sebagainya. Semua keresahan ini dapat di serahkan ke Jangkar Global Groups. Perusahaan kami sudah terdaftar resmi dalam kementrian hukum sejak 2008. Jangkar Group di bekali staf yang ahli, konsultan yang aktif bisa anda hubungi dari berbagai platform dan keuntungan lainnya.
Definisi Apostille Kedutaan India
Demikianlah ulasan seputar Apostille. Sertifikat ini telah membuktikan efisiensinya dalam mengurus banyak hal terkait warga negara lain, contohnya pemberlakuan apostille kedutaan. Apostille bisa menjadi solusi yang lebih praktis dalam berurusan dengan legalisasi. Berbagai hal seperti biaya dan waktu dapat anda minimalisir, apalagi Apostille berlaku seterusnya.
Saat ini untuk mengurus Apostille dan dokumen lainnya semakin mudah berkat biro jasa yang telah berpengalaman, seperti Jangkar Groups. Jasa ini telah menangani berbagai urusan birokrasi, terutama mengingat banyaknya orang tidak memiliki pemahaman maupun waktu yang cukup. Tidak perlu repot dan khawatir, kami yang akan mengurus semuanya hingga selesai.
Peraturan Baru Apostille Kedutaan India
Terhitung mulai tanggal 31 Juni 2023 , semua legalisir di kedutaan menggunakan apostille. Proses apostille di kemenkumham tanpa perlu lagi proses legalisir di kemenlu dan legalisir di kedutaan. Inilah hasil apostille kemenkumham yang terbaru :