Apakah Bikin SKCK Harus Sesuai Domisili?

Domisili dan SKCK

Ketika kita ingin membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), tentu kita harus memperhatikan beberapa hal, termasuk domisili. Namun, apakah benar bikin SKCK harus sesuai domisili? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

SKCK merupakan salah satu jenis surat yang dikeluarkan oleh kepolisian sebagai bukti bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal atau terlibat dalam tindakan kejahatan. Surat ini biasanya diperlukan saat kita ingin melamar pekerjaan, mendaftar kuliah, atau mengurus visa ke luar negeri.

Nah, salah satu syarat untuk membuat SKCK adalah dengan melampirkan KTP dan KK. Kedua dokumen ini biasanya menunjukkan domisili kita. Lalu apakah kita harus membuat SKCK sesuai dengan domisili kita?

Ada Aturan Tentang Domisili?

Nyatanya, tidak ada aturan yang menentukan harus membuat SKCK dengan domisili yang sama. Artinya, kita bisa membuat SKCK di mana saja, asalkan kita memiliki KTP dan KK sebagai bukti identitas.

  Buat SKCK Baru Syarat

Hal ini sebenarnya juga tergantung pada kebijakan dari masing-masing kepolisian daerah. Ada beberapa kepolisian yang mempersyaratkan SKCK harus sesuai domisili, namun ada juga yang tidak mempersyaratkan hal tersebut.

Jangan Sampai Salah Alamat

Namun, meski tidak ada aturan yang khusus, kita tetap harus berhati-hati saat membuat SKCK. Kita harus memastikan alamat yang tertera di dokumen tersebut benar sesuai dengan domisili kita. Jangan sampai alamat salah atau tidak sesuai, karena hal ini bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

Jika kita tidak berdomisili di tempat kita tinggal sekarang, maka kita bisa membuat SKCK di tempat lain, misalnya di kantor kepolisian tempat kita lahir atau di mana kita pernah tinggal sebelumnya.

Kesimpulan

Jadi, apakah bikin SKCK harus sesuai domisili? Secara hukum, tidak ada aturan yang menentukan hal tersebut. Namun, kita tetap harus berhati-hati dan memastikan alamat yang tertera di dokumen tersebut sesuai dengan domisili kita.

Hal ini penting untuk menghindari masalah di kemudian hari. Jangan sampai kita salah alamat atau membuat SKCK di tempat yang salah, karena hal ini bisa mempengaruhi proses seleksi pekerjaan atau pendaftaran kuliah.

  Contoh Mengisi Formulir SKCK

Untuk itu, pastikan kita mengikuti prosedur yang berlaku di kantor kepolisian setempat dan memastikan semua dokumen yang diperlukan lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

admin