Mengurus Surat Nikah di Catatan Sipil

Adi

Updated on:

Mengurus Surat Nikah di Catatan Sipil
Direktur Utama Jangkar Goups

Setelah melangsungkan pernikahan campuran yang sah secara agama, pasangan yang baru menikah juga diwajibkan untuk mengurus surat nikah di catatan sipil. Surat nikah, disebut juga dengan akta nikah, merupakan bukti yang resmi secara hukum. Persyaratan administrasi ini tidak kalah penting dengan buku nikah yang biasanya di tunjukkan melalui foto oleh pasangan yang baru menikah.

Baca juga: jasa perkawinan campuran solusi untuk dokumen pernikahan antar negara

Mengurus Surat Nikah Adalah 

Sudah sewajarnya pernikahan campuran di lindungi oleh dasar hukum kuat, baik agama maupun pencatatan yang benar dari negara. Sederhananya, surat nikah ini akan membuat perkawinan campuran terdaftar resmi pada kantor catatan sipil. Apabila Anda masih merasa bingung tentang pengurusan akta nikah, simak seluk beluknya pada penjelasan berikut ini:

 

Mengurus Surat Nikah di Catatan Sipil

 

Apa Manfaat Mengurus Surat Nikah ?

Sekarang Anda telah mengetahui bahwa pengurusan surat nikah sangat penting karena berkaitan langsung dengan negara. Dengan adanya dokumen ini, pernikahan Anda dan pasangan di akui oleh hukum. Ada beberapa manfaat dari akta nikah yang bisa di dapatkan, yakni:

 

1. Bukti Sah Pernikahan Secara Hukum

Setiap akad wajib mendatangkan saksi setidaknya dua orang, untuk membenarkan terjadinya pernikahan. Dengan kehadiran saksi tersebut, sebenarnya pernikahan sudah di anggap sah baik oleh agama maupun hukum. Kendati demikian, sangat dianjurkan untuk mencatatkan pernikahan untuk mendapatkan kepastian hukum kuat.

Baca juga: pengurusan pernikahan wna dan wni

 

PENGURUSAN AKTA NIKAH

Mengurus surat nikah untuk pengesahan

Mengurus surat nikah di catatan sipil akan menghasilkan pengesahan dari dua pihak, yakni KUA serta KCP. Cara ini merupakan solusi tepat untuk mencegah hal yang tak di inginkan misalnya fitnah. Posisi suami istri telah sah di hadapan hukum, sehingga memberi rasa aman bagi keduanya.

Baca juga: pengurusan dokumen mix marriage

 

2. Mempermudah Birokrasi

Tidak dapat di pungkiri bahwa urusan birokrasi seringkali menjadi hal yang melelahkan karena memakan waktu serta energi. Oleh karena itu, kelengkapan dokumen bisa menjadi aspek yang membantu menghindari hal ini. Sebagai contoh pasangan yang ingin keluar negeri, tentu membutuhkan dokumen pernikahan yang resmi. Bisa juga untuk mengurus pengajuan visa, atau hal administratif seperti tunjangan keluarga.

Baca juga: mengurus akta nikah di catatan sipil

 

  Cara Perbaikan KTP Online

Keabsahan pasangan tersebut bisa di buktikan dengan adanya akta pernikahan. Dokumen ini secara langsung merupakan bukti hukum yang bisa di gunakan seterusnya, apalagi pasangan yang baru menikah perlu mengurus beragam hal. Apabila tidak memiliki akta nikah, pengurusan birokrasi bisa lebih memakan waktu padahal banyak hal yang perlu di lakukan.

Baca juga: perizinan pernikahan campuran

 

3. Memastikan Hak Istri & Kesejahteraan Anak

Sebagai seorang istri, tentunya hak serta taraf hidup layak menjadi prioritas utama. Hal ini termasuk manfaat dari akta pernikahan. Contohnya, jumlah dari dana pensiun serta tunjangan yang di dapatkan pasangan suami dan istri pada perusahaan tertentu. Bagi pasangan yang telah memiliki anak juga bermanfaat besar.

Baca juga: laporan perkawinan luar negeri

 

MANFAAT MEMBUAT SURAT NIKAH

Secara tak langsung, akta pernikahan dapat menjadi kepastian akan kesejahteraan anak pada masa depannya. Dalam pernikahan yang tak dicatat, anak hanya memiliki keterkaitan perdana dengan ibu, namun tidak dengan ayah. Dengan akta pernikahan anak bisa lebih terjamin, misalnya mengurus akta lahir sampai pembagian warisan. Begitu juga dengan pengurusan hak asuh seandainya terjadi perceraian.

Baca juga: laporan perkawinan campuran

 

4. Memudahkan Pengajuan Kredit

Pasangan yang memiliki akta nikah umumnya lebih mudah untuk menerima kredit, contohnya KPR. Akta pernikahan menjadi syarat utama yang penting untuk di miliki agar transaksinya berjalan dengan transparan.

Baca juga: cara mengecek keaslian kutipan akta perkawinan

 

  KK KTP Untuk Daftar Kartu
Persyaratan untuk Membuat Surat Nikah

Walaupun era digital sudah menguasai, pembuatan akta nikah yang palsu masih kerap kali terjadi. Untuk itu tidak ada salahnya Anda mengetahui persyaratan yang benar untuk mengurus surat nikah di catatan sipil. Berikut ini dokumen wajib yang perlu anda siapkan:

 

MANFAAT MEMBUAT SURAT NIKAH

Dokumen Mengurus Surat Nikah

  • Map untuk tempat penyimpanan berkas
  • Surat N1 hingga N4 yang di bautkan kelurahan, baik asli maupun fotocopy sebanyak 2 set
  • KTP suami istri (fotocopy), sudah di legalisasi oleh lurah (2 lembar)
  • Pas foto asli serta fotocopy sebanyak 2 lembar
  • Fotocopy Kartu Keluarga masing-masing, di legalisasi oleh lurah (2 lembar)
  • Pas foto berdampingan dengan ukuran 4×6 (2 lembar)
  • Fotocopy KTP dari dua saksi (2 lembar)
  • Surat yang menyatakan kedua pihak belum pernah menikah, disertai materai 6 ribu yang distempel oleh RT atau RW
  • Fotocopy KTP dari orang tua mempelai (2 lembar)
  • Akta kelahiran kedua mempelai, asli serta fotocopy (2 lembar)
  • Bukti pernikahan secara agama, surat asli + fotokopi (2 lembar)
  • Khusus bagi anggota TNI atau Polri dibuatkan surat izin dari atasan

Tahap Mengurus Surat Nikah

Sesudah melengkapi persyaratan yang di butuhkan, Anda sudah dapat mengurus surat nikah di catatan sipil. Berikut ini alur pendaftaran yang perlu di lakukan untuk menyelesaikan proses pembuatan akta nikah:

 

LANGKAH MEMBUAT SURAT NIKAH

Bagaimana mengurus surat nikah di catatan sipil

1. Membawa Dokumen ke Dispendukcapil

Bawa dokumen-dokumen asli menuju Dispendukcapil. Nantinya petugas akan melakukan verifikasi, serta menentukan jadwal kapan akan melakukan pencatatan pernikahan. Selanjutnya pelaksanaan pencatatan pernikahan di langsungkan pada instansi tempat berlangsungnya perkawinan.

Baca juga: perjanjian perkawinan prenuptial agreement

 

2. Mengisi Formulir mengurus surat nikah 

Isilah formulir yang diberikan oleh petugas di Dispenduk serta catatan sipil. Tuliskan semua informasi yang dibutuhkan dengan benar, lampirkan juga dokumen persyaratan wajib yang diperlukan. Berikutnya pejabat dari pencatatan sipil akan mencatat dan mendaftarkan (register), barulah menerbitkan akta pernikahannya.

Baca juga: jasa urus dokumen perkawinan campuran

 

3. Melaporkan Hasil Pencatatan Perkawinan

Periksa kebenaran data dari kutipan akta pernikahan yang di berikan pada masing-masing suami istri. Laporkan hasil dari pencatatan perkawinan yang sudah diberikan pada masing-masing. Kutipan akta ini di bawa menuju instansi tempat pernikahan di laksanakan, misalnya gereja atau masjid.

Baca juga: izin tinggal tetap untuk pasangan perkawinan campuran

 

  Persyaratan KTP Hilang 2023

Jasa Urus Surat Nikah di Catatan Sipil

Sebelumnya telah dijelaskan prosedur pengurusan akta pernikahan serta manfaat yang didapatkan, Anda mungkin merasa bingung karena terbatasnya waktu sebagai pasangan yang baru saja menikah. Belum lagi kurangnya pemahaman seputar prosedur yang tepat. Untuk meminimalisir permasalahan yang bisa terjadi, Anda dapat mempercayakannya pada kami.

Baca juga: persyaratan pembatalan perkawinan

 

Dispendukcapil di datangi oleh ribuan orang setiap harinya. Banyak di antaranya yang mengurus akta pernikahan sehingga memerlukan waktu cukup lama. Agar tidak habis waktu, kami siap membantu Anda dalam mengurus prosedurnya hingga selesai. Untuk keamanan, Anda tidak perlu melakukan full payment sampai dokumennya benar-benar selesai dan sampai ke tangan Anda.

baca juga: jasa pengurusan perkawinan beda negara aman dan terbaik

 

Biro Jasa Urus Surat Nikah di Catatan Sipil Terdaftar

Sebagai perusahaan yang terdaftar resmi dalam kementrian hukum serta HAM sejak 13 tahun lalu, kami memastikan pelayanan berkualitas dengan staf berpengalaman. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada konsultan kami pada kontak yang tertera baik email, WhatsApp, atau telepon kantor selama jam kerja.

 

JASA MENGURUS SURAT NIKAH DI CATATAN SIPIL

langkah mengurus surat nikah di catatan sipil

Setiap permintaan dari klien akan kami beri update perkembangan sehingga Anda bisa melakukan pemantauan. Setelah akta nikah selesai, kami juga dapat mengurus legalisir yang berguna untuk berbagai kebutuhan misalnya datang ke negara lain, membuat visa kerja, dan sebagainya.

 

Bagaimana, langkah mengurus surat nikah di catatan sipil serta manfaatnya yang telah di jelaskan di atas? Sekarang Anda telah memiliki gambaran lebih jelas mengenai pentingnya prosedur ini. Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan atau hal yang membingungkan lainnya, menggunakan jasa pengurusan akta nikah menjadi pilihan yang efektif.

 

Anda hanya perlu duduk menunggu sambil mengerjakan kesibukan yang lain. Kami akan membantu pengurusan akta nikah hingga selesai, dan menghubungi Anda apabila terdapat data ataupun hal lain yang kurang. Tak perlu bolak-balik ke kantor catatan sipil, Anda tetap bisa mengerjakan urusan lain sehingga waktu yang dimiliki bisa dimanfaatkan dengan efektif.

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor