Perceraian termasuk hal yang memerlukan prosedur panjang untuk mengurusnya hingga selesai.Urus surat cerai perlu dilakukan oleh kedua belah pihak, untuk mencapai kesepakatan dan keputusan akhir tentang segala sesuatu yang berkaitan dengannya. Berakhirnya hubungan antara suami istri bisa diresmikan dengan pengajuan gugatan cerai menuju pengadilan setempat.
Baca juga: jasa translate akte cerai
cara urus surat cerai
Sesuai dengan peraturan dari UU no.1 pada tahun 1974 mengenai pernikahan, telah dijelaskan bahwa gugatan cerai bagi umat Islam diajukan menuju Pengadilan Agama. Bagi pasangan yang non muslim, bisa mengajukan permohonan cerai menuju Pengadilan Negeri. Bukanlah hal yang mudah untuk mengakhiri sebuah pernikahan, untuk itu perlu memahami prosedur yang tepat seperti berikut:
Bagaimana urus surat cerai
Berakhirnya sebuah pernikahan merupakan tantangan yang tidak mudah. Selain berkaitan dengan kondisi mental, urus surat cerai juga berhubungan dengan birokrasi yang membutuhkan kesiapan waktu dan pemahaman. Pada umumnya, proses cerai hingga selesai memakan waktu hingga mencapai 6 bulan pada tingkat pertama. Inilah prosedur dalam mengurus surat perceraian:
Persyaratan Urus Surat Cerai
1. Menyiapkan Persyaratan yang anda butuhkan
Ada beberapa dokumen yang anda butuhkan dalam prosedur urus surat cerai. Secara umum, dokumen yang wajib ada antara lain seperti berikut:
- Surat nikah yang asli dan fotokopi (2 lembar, sudah diberi materai dan dilegalisir)
- Kartu tanda penduduk dari penggugat (fotokopi)
- Surat keterangan yang dibuat oleh kelurahan (khusus penggugat tidak mampu)
- Kartu keluarga dalam bentuk fotokopi
- Akta kelahiran anak dalam bentuk fotokopi (apabila telah memiliki anak) yang telah dilegalisir
Oleh karena itu, Untuk melakukan penggugatan harta bersama, akan ada tambahan beberapa berkas untuk dilengkapi. Namun, Beberapa di antaranya sertifikat tanah, BPKB, STNK, dan dokumen lain yang bersangkutan.
Baca juga: jasa urus surat cerai
2. Mendaftarkan Gugatan Cerai ke Pengadilan
Ajukan gugatan cerai menuju Pengadilan Agama (bagi penggugat Muslim) atau Pengadilan Negeri (penggugat non Muslim) setelah berkas persyaratannya sudah lengkap. Pendaftaran harus anda lakukan pada pengadilan yang letaknya ada di wilayah kediaman tergugat, sehingga memudahkan tergugat untuk hadir pada saat persidangan. Gugatan ini bisa di layangkan baik oleh suami ataupun istri.
Baca juga: legalisasi akta cerai di ma
3. Membuat Kronologis Alasan Perceraian
Saat sudah berada di pengadilan, segera kunjungi pusat bantuan terkait hukum untuk pembuatan surat gugatan. Penggugat akan di arahkan oleh petugas untuk membuat keterangan mengenai fakta kejadian dan hal lainnya yang terkait dengan alasan permohonan gugatan. Kronologisnya di mulai dari awal pernikahan, hal yang menyebabkan perselisihan, sehingga memutuskan bercerai.
Baca juga: legalisir akta cerai di badilag ma
berapa lama proses urus surat cerai
Apabila membuat keterangan yang tidak jelas dan membingungkan pihak pengadilan, akan sulit untuk melanjutkan ke proses berikutnya. Oleh karena itu cerita yang ini jelas haruslah sesuai fakta dengan tutur bahasa yang jelas, tidak bertele-tele, serta detail agar dapat di terima pihak pengadilan. Dengan begitu, hakim juga bisa mengerti alasan pernikahan ingin di akhiri dan bisa menerima pengajuan cerai.
Baca juga: jasa pengurusan legalisasi akta cerai di pengadilan agama solusi cepat tanpa ribet
4. Membuat Surat Gugatan
Sesudah kronologi permasalahan di selesaikan, prosedur urus surat cerai berikutnya adalah membuat surat gugatan cerai. Dalam surat ini terdapat identitas suami istri, alasan pengajuan gugatan, serta petitum. Petitum adalah tuntutan yang di minta penggugat sehingga bisa di kabulkan hakim. Contohnya menerima keinginan penggugat terkait perceraian, hak asuh, hingga pembagian harta.
Baca juga: jasa pengurusan akta cerai yang hilang
5. Mempersiapkan Biaya
Persiapkan biaya yang anda perlukan sehingga prosesnya bisa terus berlanjut tanpa banyak hambatan berarti. Biaya proses perceraian umumnya di bebankan kepada pihak penggugat. Berikut perkiraan biayanya berdasarkan langkah-langkah yang harus di lalui dari awal pendaftaran:
- Pendaftaran: 30.000
- Proses: 50.000
- Panggilan untuk pemohon: 80.000 x 3 = 240.000
- Panggilan dari termohon: 80.000 x 4 = 320.000
- Biaya redaksi: 5.000
- 2 Lembar Materai: 2 x 6.000 = 12.000
biaya urus surat cerai
Berdasarkan perkiraan biaya di atas, penggugat perlu menyediakan setidaknya 600 ribu. Meski begitu, biaya ini dapat berbeda tergantung ketentuan masing-masing pengadilan. Sebenarnya penggugat dapat mengurus sendiri perceraian hingga urus surat cerai selesai, namun apabila ingin lebih praktis dapat memakai jasa pengacara dengan biaya 10 sampai 60 juta untuk seluruh proses dari pendaftaran sampai akta cerai terbit.
6. Mengikuti Persidangan
Setelah dokumen serta biayanya siap, penggugat juga perlu mendatangkan saksi-saksi yang di hadirkan pada saat sidang di langsungkan. Tujuannya adalah menguatkan alasan perceraian.Ikuti instruksi yang di berikan oleh pengadilan. Setelah gugatan di daftarkan, pengadilan segera mengirimkan surat panggilan untuk menghadiri sidang yang pertama.
Sidang dalam urus surat cerai
Dalam sidang pertama di lakukan mediasi sehingga kedua pihak dapat berdamai kemudian menarik gugatan. Saksi-saksi juga akan di hadirkan dalam sidang. Apabila keputusannya sudah bulat akan di lanjutkan sampai di putuskan bercerai melalui sidang yang kedua. Selanjutnya akta cerai akan bisa di selesaikan dan pasangan resmi bercerai.
prosedur urus surat cerai
Setelah berhasil menyelesaikan prosedur urus surat cerai, langkahnya belum berhenti di sana. Perlu anda lakukan proses pengesahan terhadap salinan data yaitu dengan legalisir. Legalisir adalah proses pemberian cap stempel serta tanda tangan pihak berwenang dengan tujuan mengesahkan suatu dokumen. Dokumen salinan anda beri tanda legalisir untuk menyatakan kesesuaian dengan versi aslinya.
1. Bukti Kebenaran Perceraian
Tujuan utama dari legalisir adalah membuat dokumen di anggap sah oleh hukum. Sama halnya dengan kebenaran perceraian, yang selain di sahkan Pengadilan Agama namun juga di resmikan secara hukum. Hal ini dapat mencegah hal tertentu yang tidak diinginkan. Contohnya seperti masalah dalam perizinan tinggal di luar negeri, keluarga, atau dengan pasangan yang baru nantinya.
2. Menghindari Pemalsuan Dokumen
Saat ini semakin marak dokumen yang dipalsukan dan digunakan untuk hal-hal tidak bertanggung jawab. Seringkali hal ini terjadi tanpa sepengetahuan pemilik dokumen. Surat cerai juga tidak lepas dari tindakan semacam ini.
Dengan adanya legalisir, ada tanda melekat jelas yang menandakan bahwa isi dokumen tersebut memang sesuai dengan kenyataan yang ada. Selain kevalidan data yang bisa menjadi bukti perceraian, legalisasi juga mengamankan dokumen dari orang selain pemegang surat tersebut.
Jasa Legalisasi urus surat cerai
Urus surat cerai bukan hal yang mudah, karena membutuhkan serangkain proses panjang. Kesiapan mental dan finansial sangat penting, namun juga perlu diiringi pemahaman memadai tentang pengurusan hukum. Hal ini sudah cukup memakan waktu dan energi seseorang, belum lagi legalisir yang membutuhkan proses perjanjian khusus.
Kami memahami kesulitan Anda yang kesulitan menemukan waktu serta sumber daya untuk mengurus legalisir. Untuk itu, kami dari Jangkar Global Group hadir untuk membantu Anda menyelesaikan proses legalisasi sehingga surat cerai disahkan secara resmi. Dalam prosesnya, kami selalu memastikan keamanan dokumen dan ketepatan waktu untuk menjaga kepercayaan klien.
jasa urus surat cerai Terbaik
Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, Jangkar Group berkomitmen memberikan pelayanan terbaik hingga urusan selesai. Keuntungan menggunakan jasa kami yaitu penyelesaian pembayaran penuh dilakukan setelah dokumen berhasil dilegalisasi. Ada jaminan uang kembali apabila prosesnya tidak berjalan lancar.
Biro Jasa Urus Surat Cerai berpengalaman
Jadi, tunggu apalagi? Setelah urus surat cerai, Anda bisa segera menghubungi kontak yang terdapat di website kami untuk berkonsultasi dengan staf berpengalaman seputar informasi penting yang bisa membantu. Telah mendapat peresmian dari Kementrian Hukum & HAM, kami terus mengembangkan layanan yang tersedia mulai dari urusan dalam hingga luar negeri.