Syarat Menikah di Portugal

syarat menikah di Portugal – Syarat menikah di portugal sebenarnya tidak berbeda jauh jika Anda ingin menikah di Indonesia. Yang membedakan adalah proses administrasi pernikahan dalam negeri biasanya di selesaikan di Kantor Urusan Agama sedangkan proses menikah di luar negeri di selesaikan di kantor kedutaan besar Indonesia di Portugal.

Bagi Anda yang berniat untuk melangsungkan pernikahan di Portugal tentu harus memenuhi beberapa persyaratan supaya pernikahan di anggap sah secara hukum Portugal maupun secara hukum Indonesia. Pernikahan yang sah akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan berumah tangga di kemudian hari terutama saat Anda telah memiliki keturunan.

Syarat Menikah di Portugal untuk Pasangan WNI dengan WNA

Pembuatan dokumen seperti akta kelahiran, kartu keluarga hingga kartu tanda penduduk biasanya memerlukan dokumen-dokumen orang tua sah anak tersebut. Jadi walaupun agak repot di awal, tentu Anda harus mengurus segala administrasi secepat mungkin agar kedepannya tidak ada masalah.

 

Dokumen Untuk Syarat Menikah Di Portugal

Berikut ini adalah beberapa persyaratan administrasi yang harus Anda penuhi saat merencanakan menikah di Portugal:

  • Pertama Anda harus membuat SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  • Surat izin menikah dari orang tua atau wali
  • Surat pengantar untuk menikah dari RT/RW tempat tinggal Anda sesuai dengan domisili yang tertera pada KTP
  • Surat pengantar yang di keluarkan oleh lurah meliputi N1 atau surat keterangan akan menikah, N2 atau surat keterangan asal usul dan N4 atau surat keterangan orang tua
  • Surat pernyataan single atau surat pernyataan belum menikah baik bagi Anda yang berstatus lajang maupun yang sudah berstatus janda atau duda. Surat pernyataan single ini harus ditempel materai 6000 dan juga di sertai dengan bukti akta cerai untuk yang sudah berstatus duda atau janda.
  • Visa negara Portugal atau tempat Anda melangsungkan pernikahan bersama pasangan
  • Untuk pengantin yang beragama islam mendaftarkan diri ke KUA sesuai dengan domisili sambil membawa fotokopi KTP orang tua, fotokopi KTP Anda dan pasangan serta fotocopy kartu keluarga.
  • Anda juga harus membawa pas foto berwarna dengan background biru berukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar, 4 x 6 sebanyak 3 lembar dan 2 x 3 sebanyak 3 lembar.
  • Akta kelahiran yang sudah diterjemahkan
  • Paspor
  Kalau Nikah Ditujukan Semata Mata Hanya Kepada Kepuasan Biologis

Setelah dokumen lengkap selanjutnya Anda datang ke kantor kelurahan untuk meminta surat pengantar lalu baru ke Kantor Urusan Agama bagi Anda yang beragama muslim dan ke Kantor Catatan Sipil untuk Anda yang beragama non muslim.

Syarat-syarat yang Dibutuhkan untuk menikah di portugal

Tujuan Anda ke Kantor Urusan Agama atau kantor pencatatan sipil yaitu untuk meminta surat keterangan numpang nikah yang nantinya akan diberikan ke pihak kedutaan besar negara Portugal.

Sesuai dengan undang-undang yang berlaku, untuk warga negara asing yang melangsungkan pernikahan dengan warga negara Indonesia maka harus melaporkan pernikahan mereka ke Konsulat Jenderal Indonesia. Hal tersebut merupakan syarat agar Anda bisa menikah di luar negeri dengan warga negara Portugal.

 

Pendaftaran Untuk Syarat Menikah Di Portugal

Setelah melakukan pendaftaran pernikahan selanjutnya Anda harus datang ke kedutaan besar Portugal sambil membawa dokumen-dokumen yang diperlukan. Tujuan Anda datang ke kantor kedutaan besar yaitu untuk meminta surat izin nikah di Portugal.

Setelah Anda berhasil mengantongi surat izin nikah biasanya pihak kedutaan akan segera memprosesnya ke instansi atau lembaga pernikahan di negara Portugal sehingga pernikahan Anda akan bisa segera diselenggarakan.

  Perjanjian Pra Nikah Diatur Dalam

Pendaftaran Pernikahan di Kedubes Portugal

Pelaporan Untuk Syarat Menikah Di Portugal

Setelah pernikahan selesai di gelar Anda masih perlu mengurus agar pernikahan Anda tercatat secara hukum Indonesia. Pelaporan untuk pencatatan pernikahan harus segera di lakukan selambat-lambatnya 30 hari setelah Anda menikah ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Portugal.

Selain melakukan pelaporan pernikahan di kedutaan RI yang ada di Portugal, Anda juga harus melaporkan pernikahan setelah kembali ke Indonesia selambat-lambatnya 30 hari sejak kedatangan Anda di Indonesia ke instansi yang bersangkutan. Jika hal tersebut tidak Anda lakukan maka pernikahan yang telah berlangsung akan dianggap tidak pernah ada.

Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus anda tahu saat akan melakukan pelaporan pernikahan:

  • Fotocopy akta lahir suami istri
  • Fotocopy paspor suami/istri
  • Fotocopy kartu keluarga dan KTP
  • Surat keterangan menikah yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada di Portugal
  • Pas foto berukuran 4 x 6 dengan background merah sebanyak 3 lembar
  • Marriage certificate atau akta nikah dari negara Portugal yang telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Akta nikah tersebut harus sudah ada stempel super legalisasi dari perwakilan RI di Portugal.
  • Surat keterangan perwakilan apabila saat pernikahan berlangsung wali nikah tidak hadir
  • Fotokopi sertifikat beragama islam untuk pengantin yang mualaf

bagaimana Prosedur Pengurusan

Prosedur untuk Syarat Menikah di Portugal

  1. Pertama Anda harus mengisi formulir pendaftaran
  2. Selanjutnya menyerahkan dokumen-dokumen yang di minta ke petugas
  3. Petugas akan melakukan verifikasi tentang keabsahan dokumen yang Anda berikan jika telah memenuhi syarat dan di anggap sah maka akan di kembalikan
  4. Anda harus menunggu dokumen di legalisasi
  5. Setelah legalisasi surat keterangan selesai di buat maka akan langsung di serahkan kepada Anda
  Persyaratan Menikah WNA Afrika Selatan di Indonesia

Biasanya proses pendaftaran berlangsung sekitar 5 menit dan verifikasi dokumen paling cepat 30 menit sedangkan paling lama 1 hari. Untuk proses pembuatan dan juga penyerahan surat keterangan yang telah di legalisasi akan memakan waktu sekitar 10 menit. Jadi untuk mengurus dokumen tersebut kurang lebih Anda butuh waktu sekitar 45 menit.

Tips Untuk Syarat Menikah Di Portugal dan di luar negri

Mempersiapkan Sejak Jauh Hari

Jika melihat syarat-syarat di atas tentu Anda akan menyadari bahwa menikah di luar negeri bukanlah sesuatu yang simpel karena ada banyak sekali syarat yang harus Anda penuhi sehingga alangkah lebih baik jika di persiapkan sejak jauh-jauh hari.

Menggunakan Wedding Planner

Tips selanjutnya yaitu Anda sangat disarankan untuk menggunakan jasa wedding planner karena jasa profesional akan sangat membantu Anda dalam memilih keputusan yang tepat.

Anda akan sangat terbantu untuk menyelesaikan beberapa hal seperti menyewa jasa penerjemah, mencari venue yang cocok hingga menemukan lokasi yang bagus untuk menikah.

Apa Saja Syarat Menikah di Portugal

Menyiapkan Transportasi yang Tepat

Untuk menggelar pernikahan di Portugal tentu Anda akan mengundang keluarga atau teman terdekat supaya bisa menjadi saksi di acara pernikahan. Pastikan Anda sudah mempersiapkan transportasi yang tepat selama mereka berada di Portugal terutama untuk hari spesial.

Hal tersebut harus Anda pertimbangkan untuk menghindari keterlambatan mereka saat menghadiri pesta pernikahan. Tentu Anda tidak ingin mereka yang sudah datang jauh-jauh dari Indonesia ke Portugal tidak bisa mengikuti prosesi pernikahan secara lengkap.

Menggunakan Jasa Profesional

Jika Anda tidak ingin di repotkan dengan berbagai macam dokumen yang di butuhkan untuk bisa menggelar pernikahan di Portugal maka Anda bisa mempercayakan hal tersebut pada jasa profesional.

Jangkar Group merupakan perusahaan layanan jasa pengurusan dokumen untuk syarat menikah di Portugal yang telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. Jadi Anda bisa mempercayakan kami untuk memenuhi semua dokumen-dokumen yang diperlukan sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi mempersiapkan segala sesuatunya.

Adi