Syarat Ganti E Paspor 2024

Adi

Updated on:

Syarat Ganti E Paspor 2024
Direktur Utama Jangkar Goups

Maka, jika kamu sedang merencanakan perjalanan ke luar negeri, paspor tentunya menjadi dokumen wajib yang harus kamu persiapkan. Sehingga, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia telah mengadopsi paspor elektronik atau e paspor. Namun, seperti halnya paspor biasa, e paspor juga memiliki masa berlaku yang terbatas. Maka, jadi, jika paspor kamu akan segera habis masa berlakunya, kamu harus memperbarui atau ganti e paspor sebelum berangkat. Berikut adalah syarat dan persyaratan yang harus kamu penuhi untuk ganti e paspor di tahun 2023. Paspor Di perpanjang 10 Tahun

  Cara Pembayaran Paspor di ATM

 

Cara Ganti E Paspor 2023

 

1. Masa Berlaku Paspor Lama | Syarat Ganti E Paspor 2024

Maka, hal pertama yang harus kamu perhatikan saat akan ganti e paspor adalah masa berlaku paspor lama kamu. Sehingga, untuk bisa mengajukan permohonan ganti paspor, kamu harus memiliki paspor lama yang masa berlakunya akan habis dalam waktu kurang dari 6 bulan ke depan. Jadi, jika paspor kamu masih memiliki masa berlaku lebih dari 6 bulan, kamu tidak bisa mengajukan permohonan ganti paspor.

2. Mengisi Formulir | Syarat Ganti E Paspor 2024

Maka, setelah memastikan bahwa paspor lama kamu memenuhi syarat untuk diganti, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir permohonan ganti paspor. Kamu bisa mendapatkan formulir ini di kantor imigrasi atau mengunduhnya melalui situs web resmi Kementerian Hukum dan HAM. Sehingga, pastikan kamu mengisi formulir dengan benar dan lengkap, serta menyerahkan dokumen-dokumen pendukung yang di minta.

3. Membayar Biaya | Syarat Ganti E Paspor 2024

Setelah mengisi formulir dan menyerahkan dokumen-dokumen pendukung yang di minta, kamu harus membayar biaya untuk ganti e paspor. Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis paspor yang kamu ajukan dan tempat pengajuan. Namun, umumnya biaya untuk ganti e paspor berkisar antara Rp 355.000 hingga Rp 655.000.

  Perpanjang Pasport Online di Bandung

4. Fotokopi Dokumen Penting

Maka, sebelum mengajukan permohonan ganti paspor, pastikan kamu sudah menyiapkan fotokopi dokumen penting seperti KTP, KK, akta lahir, dan akta nikah (jika kamu sudah menikah). Fotokopi dokumen-dokumen ini harus kamu serahkan bersama dengan formulir permohonan dan paspor lama kamu.

5. Pendaftaran Online | Syarat Ganti E Paspor 2024

Untuk mempercepat proses pengajuan ganti e paspor, kamu juga bisa melakukan pendaftaran online melalui situs web resmi Kementerian Hukum dan HAM. Dengan mendaftar online, kamu bisa memilih waktu dan tempat pengajuan sesuai dengan ketersediaan kamu. Namun, pastikan kamu sudah mempersiapkan semua dokumen dan biaya yang di perlukan sebelum melakukan pendaftaran online.

6. Pengambilan Sidik Jari dan Foto

 

Pengambilan Sidik Jari dan Foto, Syarat Ganti E Paspor 2024

Setelah menyelesaikan semua persyaratan dan membayar biaya, kamu akan di jadwalkan untuk pengambilan sidik jari dan foto. Proses ini di lakukan untuk menghasilkan data biometrik yang akan di simpan di paspor baru kamu. Pastikan kamu datang tepat waktu dan mengikuti petunjuk dari petugas imigrasi yang akan melakukan pengambilan sidik jari dan foto.

  Formulir Isian Paspor Indonesia: Syarat dan Tata Cara Pengisian

7. Pengambilan Paspor Baru | Syarat Ganti E Paspor 2024

Setelah semua persyaratan selesai di penuhi dan data biometrik kamu telah di kumpulkan, kamu akan di informasikan tentang waktu pengambilan paspor baru kamu. Pastikan kamu datang tepat waktu dan membawa tanda pengenal asli untuk mengambil paspor baru kamu. Paspor baru kamu harus di ambil langsung oleh pemohon, kecuali jika kamu memiliki kuasa untuk mengambil paspor atas nama orang lain.

Dengan memenuhi semua persyaratan dan mengikuti prosedur yang di tetapkan, kamu bisa dengan mudah ganti e paspor di tahun 2023. Pastikan kamu mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan teliti, agar proses pengajuan bisa berjalan lancar dan kamu bisa segera menikmati liburan atau perjalanan bisnismu ke luar negeri.

PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor